badge

Selasa, 22 November 2016

Ngeblog-lah Dengan Senang Hati



Saat ini blogger lagi naik daun ya. Lagi nge-hits gitu lah istilah kerennya. Banyak orang yang tiba-tiba tertarik dan mau belajar ngeblog. Semangat banget supaya bisa jadi seorang blogger. Seneng sih lihat banyak yang mau kenal dengan dunia blogging. Dengan begitu kan makin banyak orang yang mau belajar nulis juga. Ko nulis? ya iyalah. Dunia blogging itu kan dunia tulis menulis juga. Bisa dibilang kan blogger itu penulis juga, penulis di blog. 

Tapi, beberapa yang semangat mau jadi blogger kadang ngga diimbangi semangat buat belajar ngeblog yang baik dan benar. Duh, jangan berpikir kalau saya blogger handal apalagi pro ya. Karena sampai sekarang pun saya masih belajar. Baca google analytic aja masih ngeja-ngeja wkwkkwk. 

Jadi blogger itu bukan sekadar bikin blog, selesai. Then, jadi deh blogger. Bukan, bukan sampai di situ aja. Banyak yang harus dipelajari. Wong saya udah mau 3 tahun aja, belajarnya belum kelar-kelar. Gimana yang baru menjajaki dunia blogging, pe er nya banyak. Tapi, itu bisa sambil jalan ko. Ngga perlu ngoyo harus menguasai semua pernak pernik blogging dalam waktu singkat. Karena menurut saya, ngga mungkin bisa. Itu menurut saya loh ya. Kalau pada kenyataanya ada yang bisa menguasai ilmu blogging dalam waktu dan tempo yang sesingkat-singkatnya, thumb up deh. Empat jempol saya kasih. 

Blogger itu banyak banget perintilannya. Bukan cuma perempuan aja ya punya banyak perintilan :p blog juga banyak bener yang perlu dipelajari. Mulai dari yang paling basic kaya belajar nempatin titik koma, huruf besar kecil, spasi, atur paragraf (rata kanan, kiri, tengah), sampai EYD. Kenapa saya bilang itu basic banget, karena kalau itu salah satu dari sekian banyak yang akan bikin pembaca blog kita betah. Coba lah kalau kita main ke blog yang kalimatnya dempet-dempet macam penumpang Commuter Line di jam pulang kerja. Gimana ngga bikin mata sakit. Baru lihat aja mungkin udah mental duluan. Jadi, hal-hal basic itu perlu banget dipelajari. 

Selesai urusan yang basic itu, masih harus belajar tampilan blog yang eye-catching. Yup, ini daya tarik sebuah blog. Gimana pun juga, blog itu ya rumahnya blogger. Kalau rumahnya rapi, bersih, enak dilihat, pasti menarik buat dikunjungi. Itu pe er lagi. Cara bikin tampilan blog yang enak diihat gimana? udah banyak banget yang nulis. Jadi silakan hunting aja. 

Belum selesai sampai disitu, beres mempercantik blog, kita masih harus belajar tentang trafik. Apa aja yang mempengaruhi trafik blog, gimana cara bagusin trafik, gimana trafik blog bisa melesat dan rame, bagaimana dan bagaimana. Dan bahasan soal trafik dan rank ini nih yang sekarang jadi tema paling hot, menurut saya. Sampai saya agak-agak ngga tahan pengen nyetatus, trus bikin status deh :) 

Belajar soal trafik, rank, analytic itu penting bagi seorang blogger. Kita yang memutuskan buat jadi blogger, emang mau ngga mau ya harus belajar soal begituan. Karena kita juga harus tahu sejauh mana blog kita bisa dijangkau, berapa banyak pengunjung blog, dan berapa banyak yang baca tulisan-tulisan kita. Belajar begituan, ngga cukup sehari dua hari, ngga cukup habisin satu gelas kopi, dan ngga cukup satu episode drama korea *lah :p 

Tapi, please atuh lah jangan terlalu dijadikan beban dalam ngeblog. Iya sih itu penting, tapi ada yang lebih penting yaitu konten atau isi blog. Shinta Ries, salah satu blogger yang yaa you know lah ya, pernah bilang, kalau mau trafik bagus tanpa perlu cape-cape BW, bikin konten yang banyak dicari orang. Kaya gimana konten yang banyak dicari orang? banyak ko yang nulis tentang ini, jadi silakan hunting (lagi). 

Ngeblog lah dengan senang hati dan tanpa beban. Jangan terlalu banget mikirin gimana caranya naikin trafik. Belum selesai mikirin gimana caranya naikin trafik, pusing lagi mikirin soal Domain Authority (DA) sama Page Authority (PA) yang konon sekarang ini selalu jadi syarat buat dapetin job. Merasa blogger paling sengsara kalau punya DA/PA yang pas-pasan. Pas mau daftar job, ngga keterima. Don't be like that yaa. Ngeblog lah dengan hati yang riang gembira tanpa harus kejar target nulis setiap hari demi naikin rank. Bagus sih nulis setiap harinya, tapi kalau tujuannya cuma buat naikin rank, khawatir tulisan yang kita buat jadi ngga ada feelnya. 

"Ah... uchi mah ngomong gitu karena udah bagus aja blognya" -____- Alhamdulillah sih kalau ada yang bilang blog saya bagus wkwkwkwk. Ngga gitu loh, beneran. Saya nulis kaya gini bukan karena blog saya udah bagus sehingga ngga perlu dibagusin lagi. Lah wong, DA/PA aja saya pas-pasan (kalo ngga percaya cek aja di moz hahahah) Saya nulis kaya gini, karena saya pernah banget ada di posisi blogger yang kekeuh ngejar DA/PA dan rank-rank yang lainnya. Trus saya cape sendiri, trus jadinya kesel sendiri dan pundung. Demi apa ngejar semuanya kalau ngga demi J-O-B

Apa artinya kita ngga perlu usaha buat bagusin DA/PA atau alexa? Saya ngga bilang itu ngga perlu loh ya. Kita perlu usaha juga dong buat naikin, tapiiiiii.... jangan terlalu ngotot banget gitu loh. Update aja terus blognya, tetap BW ke blog-blog temen, dan ikutan komen. Abis publish tulisan jangan lupa share di sosmed. Begitu aja. Cek berkala aja DA/PA, alexa dan lain-lainnya. Saya juga sering ko ngecek, tapi sekarang mah udah santai aja lihat hasilnya. Kalau tiba-tiba alexa gendut, ya berarti kurang jalan-jalannya, ya udah saya jalan-jalan. Begitu aja. 

Lakukan dengan happy dan tanpa merasa terbebani. Ini blog loh ya bukan situs berita online yang flat dan kaku, yang selalu kejar target. Ngga usah baper saat ngga kebagian job karena kurang nilai DA/PA nya. Ngga usah merasa paling sengsara dan rendah diri saat DA/PA dan alexa temen lebih bagus daripada punya kita sendiri. Tenang aja. Pasti akan ada rezeki dari jalan yang lain. Kita harus percaya dong kalau Allah itu Maha Adil saat nyebarin rezekiNya. Jangan berpikir kalau kita ngga bakal kebagian. Pasti ada gilirannya deh. Percaya. 

Saat saya memutuskan untuk happy dalam ngeblog tanpa mau cape mikirin printilan itu, saya malah banyak dapat kesempatan yang mungkin ngga didapat blogger lain. Berangkat ke Malaysia Fashion Week sebagai blogger itu anugerah banget buat saya. 


Dan banyak kesempatan-kesempatan yang lain yang saya dapat yang mungkin ngga bisa saya share di sini. Semuanya saya dapat, saat saya benar-benar memutuskan buat kembali ke tujuan awal bikin blog. Ngeblog seasik mungkin tanpa terlalu banget mikirin semua rank-rank. Job-job dateng dengan sendirinya dan sampe ada yang terpaksa saya tolak, karena ngga sanggup. 

Rank perlu dipikirin dan diperbaiki, tapi sambil jalan aja ya. Trus apa lagi dah itu, broken link segala lah itu. Hapus mah hapus aja. Ngga perlu ngambek apalagi marah-marah sampe bikin status segala karena cape ngapusin broken link :p kan buat bagusin blog sendiri, jadi lakukan dengan senang hati aja lah. 

So, teman-teman blogger tercinta, yuk ahh ngeblog dengan senang hati. Soal rezeki mah nanti bakal ngikutin ko. Percaya? kalau saya sih percaya, ngga tau kalau mas anang :) 


53 komentar:

  1. Kalau mengejar sesuatu di blog cape ya..have fun aja dan luruskan niat

    BalasHapus
  2. Mas Anang, Mas Anang hihihi. Ngeblog sejak pas masih kerja, sampe skrg uda resign seperti stress relesed buat saya. Kalo lagi cupet, enaknya nulis trus happy syalalala :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. jadi, terbukti nulis bisa bikin happy yaa mba :)

      Hapus
  3. Yuhuuu..setuju banget, Mba Uchi^^

    Aku belum setahun serius ngeblog, kayaknya masih di dasar banget yaitu belajar nulis yang bener biar postingannya enak dibaca. Belajar bikin konten bagus biar trafiknya juga bagus. Yang ternyata nggak mudah ya, wkwkwk.

    Tapiiii aku juga mulai mikirin trafik, alexa dan DA karena aku...blogger daerah.

    Nggak kaya blogger kota apalagi ibukota yang banyak banget kesempatan dapet job tanpa melihat alexa DA atau trafik, yang penting bisa dateng ke sebuah event atau campaign gitu kan (cmiiw Mba Uchi), blogger daerah kaya aku ya dapat job masih dengan syarat alexa DA dan trafik yang joss. Hahaha *nyengir*

    Ajarin Mba, ajarin bikin konten bagus biar trafiknya rame :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wwkkwkwk... kamu udah keren banget. Aku suka ngintipin Dapur Nyak Rotun yang kece banget deh. Blogger daerah dan blogger kota menurut saya sama aja. Yang bisa membedakan cuma kualitas blognya aja.

      Hapus
  4. klo saya suka baper klo udah permintaan usia...agak gimana gitu wk wk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkkw.. samaan kita mba. Apalagi kalau mintanya di bawah 30, langsung melipir lahh :p

      Hapus
  5. Pada dasarnya dulu buat blog ngga ada kepikiran buat apa2, tempat nulis & menyimpan memori aja terutama tentang anak. Malah baru tahun ini ikutan komunitas & belajar memaksimalkan blog, baru ngerti ikutan acara, sempet diajak ke beberapa event alhamdulillah, tapi banyak jg skip karena kerjaan. Sempet datang ke acara dikala wiken, tapi keluarga merasa ngga diperhatikan. Pernah jg ngerasa kewalahan dengan 'kerjaan blog' dan semua keteteran...
    Akhirnya sekarang mengerem keinginan ikut acara2 dan bener2 seleksi banget, keluarga tetap yg utama & lbh slow menyikapi urusan ngeblog :D kembali ke masa dulu, ngeblog sesuai yg disenangi, tanpa beban & alhamdulillah rejeki tetap ada :D *jadi panjang.. jadi curcol* hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sekarang jadi lebih selektif buat ikutan acara. Ngga kaya dulu yang 'serakah' semuanya diambil :) Alhamdulillah, jadi makin enak ngeblognya. Dan, kaya gini seharunya ngeblog itu ya ka :)

      Hapus
  6. sekarang ngeblog lebih banyak tantangannya yak. heu

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya.. harus kita hadapi sih bukan malah dihindari :)

      Hapus
  7. Yang penting ngeblog dengan tulus dan ikhlas. Hehehe :D

    BalasHapus
  8. Ada banyak manfaat ngeblog. Jadi jelas akan dilakukan dengan senang hati. Hehehehe Jadi punya banyak teman dan pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nambah teman walau masih sebatas di dunia maya yaa mba :)

      Hapus
  9. Setujuuuu, ngeblog yang asyik karena sharing is caring. Bagaimana menyisipkan cerita pengalaman kita kepada pembaca dan menyapa pembaca blog kita sebagai teman bicara. Makasih mba diingatkan. Semoga berkah dan rejekinya lancar utk blog kita ya. Aaamiinn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, yang kaya gitu mesti kita pelajari terus. Tulisan yang sesuai pengalaman, apalagi kalau diselipi sama tips-tips yang bermanfaat.

      Hapus
  10. Bner banget mbak. awalnya emang niat ngejar2 itu rank2... tapi lambat laun jadi mikir, mending ngeblog scara santai aja, sambil jalan, sambil belajar, smbil bewe, sambil posting, dan kita tak akan tahu kdpenanya gimana, pokoknya skrg tetep dibikin happy aja nulis skaligus ngeblognya hhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yeayyy...... begitulah seharusnya ngeblog :)

      Hapus
  11. Nah, ini ni harus bisa melapangkan hatinya biar gak mengejar embel" DA, PA atau lainnya. Tapi syarat buat job review mengharuskan itu sekarang jadi mau gak mau pikiran kita akan ke sana juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh dipikirin, tapi jangan jadi beban. Santai aja.

      Hapus
  12. Sebenernya segala sesuatunya kalau dijalani pakai hati mah lancar - lancar aja kak. Aku ngeblog karena ngeblog aja ahahha apasih yagitu deh. DA dibawah 20? Aku sebodo amat karena aku pengen membagikan apa yang aku tau ke orang lain biar sama - sama tau gitu :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang pun aku yaa cuek aja mau DA ngga naik2 wkwkkwwk... Udah pernah ngerasain capenya ngejar rank, dan itu ngga enak banget.

      Hapus
  13. di bawa santai dan dibawa hepi, tapi tetep kerja keras wkwkk, njuk piye kalo kayak gitu. Mbak uci, jalan-jalan kerumahku dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, rank tetep dipikirin tapi ya mikirnya ngga usah serius banget. Santai ajaa.

      Hapus
  14. serius..tapi mesti santai.. kalo ga ..stress sendiri apalagi sana sini pamer alexa pamer DA hahahah

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ada yang pamer-pamer DA/PA, Alexa ya biarin aja, ngga perlu dimasukkan ke hati. Ngeblog aja dengan terus tingkatkan kualitas. Nanti rank-rank itu pasti akan ngikutin.

      Hapus
  15. setujuu mba saya jg ngeblog dengan santai saja enggak mesti setiap hari posting, pas lagi mood lagi enak aja. Paling yg tiap hari BW aja buat ngilangin suntuk dirumah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangatttt terus yaa ngeblognyaa ;)

      Hapus
  16. Dulu waktu masih ngeblog di multiply, ngeblog mah ngeblog ajah.. cerita curhat ngalor ngidul.
    Sekarang setelah punya blog berdomain TLD, baru ngeh apa itu DA, PA, alexa, spam score.. Akhirnya mau gak mau ya belajar juga :D
    Tapi tetep, yang penting ngeblog dengan hepi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, aku juga masih terus belajar soal printilan blogging. Tapi tetap dibawa happy aja yaa mba biar ngga cepet stress :)

      Hapus
  17. Saya newbie pisanlah nggak ngerti DA sama PA sama Alexa hahahaha. Abis ini saya Google ah. Nice post, salam kenal!

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti pasti ngerti, pasti. Salam kenal mba gita :)

      Hapus
  18. Teh Uchiii, aku padamu lah teh. Memang kalau mikirin banyak tetek bengeknya ngeblog jadi nggak happy. Aku sekarang pun nggak ngoyo buat dapetin job. Prinsipnya memang kalau rezeki nggak akan kemana.

    BalasHapus
  19. bener mba kalo di awal ngeblog yang penting bikin content aja dulu gak usah mikirin trafik. Kalo konten dah bagus pasti trafik bakalan dateng sendiri dari google sisanya di posting ke medsos dan juga forum

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget. Kalau konten bagus, trafik pasti datang sendiri :)

      Hapus
  20. mbaaak love this article to the moon and back. Bener2 booster banget buat kita blogger geje (saya maksudnya) pas lagi sedih n iri liat achievement orang2 lain yg bertubi-tubi. Tiap down kayaknya perlu baca artikel ini lagi dan lagi deh. Oiya satu lagi, saya salut banget ternyata masih banyak loh mbak blogger di luar sana yang bener2 nulis ngalir apa adanya, enggak puyeng ikut lomba ini itu, enggak puyeng mikirin alexa dll etc. Mereka murni nulis aja apa adanya. Duh padahal kalo kita mah, ada lomba atawa giveaway dikit aja, langsung gercep (gerak cepat) buat ikutan yes? Maaf komennya panjang. Salam kenal ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih udah mampir ke blog aku yaa mba imelda :) duluuu.. aku pun suka maruk ikutan ini itu, kalau ada lomba blog, getol banget ikutan. Makin kesini, aku jadi milih-milih. Maksudnya milih yang sesuai kemampuan aja. karena kalau makasain trus ngga menang, malah stress sendiri.

      Hapus
  21. Saya termasuk yang terlambat sekali memutuskan serius blogging. Sudah punya domain blogspot dari jaman baheula padahal. Saya juga happy banget kalau lihat perkembangan dunia blogging saat ini. Terlepas dari trafik, DA, PA dll saya yakin, menghasilkan tulisan yang berkualitas tetap yang paling penting. Karena tulisan semacam ini yang paling "menyentuh" pembaca. Happy blogging! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghadapi dunia blogging kalau ngga dengan hati yang lapang, bisa baperan terus. Jadi, dibawa asik aja yaa ngeblognya. Happy Blogging :)

      Hapus
  22. Aaaakkk PR aku masih banyak banget mba. DA PA mah belakangan deh. Yang penting kualitas konten dan konsisten update. Tapi kok ya baru segitu aja udh ngos2an..

    BalasHapus
    Balasan
    1. belajar soal rank itu sambil jalan aja mba. Terus aja nuliss konten-konten yang bermanfaat, rank mah nanti ngikut sendiri :)

      Hapus
  23. Kalau aku berasa miss perfect banget soal tampilan. Padahal mah blog itu kontennya sih ya. Eh tapi coba deh bertamu ke rumah orang yang rumahnya kayak kapal pecah sama bertamu kerumah orang yang desain interiornya ala2 boneka barbie. Pasti lebih suka yang kayak boneka barbie hehehe

    BalasHapus
  24. Tulisan Mbak zupeerrr sekali! Iya betul ngeblog asik dari hati malah bikin gak sadar tau-tau udah panjaaang aja tulisannya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaa.... begitu lah kalau ngeblog tanpa beban :)

      Hapus
  25. Ya hana pernah stress soal trafik dan alexa rank juga.. Kalau pa/da mah ngga karena bukan TLD.. Sekarang jadi belajar sih yang penting happy pas ngeblog :) makasih remindernya mba uchi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. so... happy blogging aja ya hanna :)

      Hapus
  26. Happy blogging mbaa uchi... Baru main lagi ksni ^^
    Dulu ngeblog nyantai, sekarang juga :)) tfs ya mba

    BalasHapus
  27. Idem mba dulu sempat saya ada di titik pusing mikirin alexa, da, pa dll terus mulai slow down ingat lagi tujun awal saya nulis apa? jadi inget karena hobi nulis dan ingin sharing hal hal bermanfaat ke orang lain. Jadi sekarang saya nulis dengan happy saja yang lain nantinya akan mengikuti rejeki sudah diatur ga perlu baper hehe. Thanks for sharing mba

    BalasHapus
  28. Hai kakaa...selama ini saya ngeblog gak pernah tuh ngejar rank ato perintilan lainnya. Tp semakin saya tau banyak tentang dunia blog, saya malah penasaran pngn ikutan tau caranya DA/PA ato alexa. Karena sampai sekarang saya gak tau perintilan itu sgt penting. Pengen bgt punya tmn sharing tnt blog. Kunjungi blog saya ya kak dianjuarsa dot com mohon kritikan pedasnya kalau tulisan saya jelek heheheee...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...