badge

Selasa, 03 April 2018

Bagaimana Sih Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan?


Bisa ngga ya manusia hidup tanpa makan?

Rasanya sih ngga bisa ya. Karena, manusia seperti juga makhluk hidup lainnya, butuh asupan makanan agar bisa tetap hidup. Manusia butuh makan supaya organ di dalam tubuhnya bisa bekerja dengan baik. Tapi, ngga bisa makan sembarangan juga. Makanan yang kita konsumsi pasti akan berpengaruh pada kesehatan. Terutama pengaruh pada kesehatan saluran pencernaan.  Makin sehat makanan yang dimakan, maka kemungkinan sehatnya juga makin besar.



Salah satu organ di dalam tubuh kita yang punya peran penting dalam mengolah makanan adalah pecernaan. Bayangin deh kalau pencernaan kita bermasalah. Huuu, mau makan ini itu pun jadinya ngga bisa. Makanya, kita benar-benar dianjurkan banget buat selalu jaga saluran cerna kita. 

Makan yang random banget dan ngga terkontrol sangat bisa jadi penyebab penyakit saluran pencernaan. Saya udah pernah beberapa kali kena masalah pada pencernaan. Rasanya? ngga enak banget. Badan rasanya lemas, perut melilit, dan bolak-balik ke kamar mandi. Capek. So, sekarang saya agak tahu diri juga untuk ngga terlalu sering makan makanan pedas. Kasian juga perutnya. 

Apa ya yang bikin saluran cerna kita bisa selalu sehat?


Karena pernah ngerasain betapa ngga enaknya sakit di saluran cerna, makanya saya perlu banget jaga kesehatan si pencernaan ini. Salah satu yang bisa jaga kesehatan saluran cerna adalah Probiotik. Pasti familiar dong sama probiotik, ya minimal pernah denger gitu ya.



Jadi, Probiotik itu didefinisikan sebagai mikroba yang dapat memengaruhi tubuh manusia secara menguntungkan, khususnya di saluran cerna. Probiotik ini merupakan unsur terpenting dalam pertahanan sistem pencernaan. Nah, secara fisiologis, probiotik dapat bertahan hidup dalam saluran cerna karena memiliki 'ketahanan relatif' terhadap asam lambung dan cairan empedu. 

Probiotik ini dapat melekat erat dengan sel epitel lapisan mukosa saluran cerna. Probiotik biasanya digunakan buat mengatasi penyakit saluran cerna dan aman buat dikonsumsi. 

Buat jaga kesehatan saluran cerna, selain makan makanan dengan gizi yang seimbang, menambahkan probotik (dalam kemasan) sebagai suplemen ngga ada salahnya juga. Kalau tiba-tiba kena diare, perut kembung, atau sembelit, penggunaan probiotik ini bisa sangat membantu. Bakteri baik yang terkandung dalam probiotik, bakal mendorong bakteri jahat untuk keluar dari usus. Huss...husss... pergi deh bakteri jahat.

Gimana supaya probiotik tetap banyak dan bisa jaga kesehatan saluran pencernaan kita?


Hindari stress. Karena, orang yang mengalami stress biasanya asupan makanannya jadi ngga terkontrol. Bahkan ada yang ngga makan sama sekali. Duh, walaupun lagi banyak pikiran, jangan sampai ngga makan yaa.

Hindari minuman bersoda dan alkohol. Karena, kedua jenis minuman ini bisa mematikan bakteri baik dalam tubuh.

Hindari merokok. Karena, merokok itu bisa mengurangi produksi bakteri baik. Ini sih emang racun banget deh. Ngga ada satupun yang baik dari aktivitas merokok. Yang ada kita malah numpuk penyakit yang tinggal nunggu meledak aja. 

Hindari gula berlebihan. Selain berpotensi menyebabkan diabetes, gula juga bisa menyebabkan penyerapan makanan jadi ngga baik.



Banyak-banyak makan makanan yang mengandung serat seperti buah dan sayur.

Hindari makanan yang berkolesterol tinggi seperti lemak dan jeroan. Kurangi juga  konsumsi makanan cepat saji.

The last, konsumsi suplemen probiotik . Salah satu suplemen probiotik yang saya rekomendasi adalah BioPlus yang diproduksi oleh CNI. 

Kenapa BioPlus jadi rekomendasi probiotik pilihan keluarga?



Karena, BioPlus ini punya 3 jenis probiotik yang terkandung di dalamnya, yaitu : Clostridium Butyricum, Bacillus Mesentericus, Bifidobacterium Breve. Selain itu, BioPlus juga mengandung Oligosakarida, media untuk pertumbuhan probiotik dan bakteri menguntungkan.

Serat makanan yang terkandung dalam BioPlus bisa membantu fungsi pencernaan kita. Ada kandungan Ester C nya juga loh yang dipercaya bisa menjaga daya tahan tubuh dan mempunyai antioksidant tinggi.

Kandungan vitamin B1, B2, B6 di dalam BioPlus membantu proses metabolisme tubuh. Dan, kandungan enzim di dalamnya bisa membantu proses pencernaan.



Selain punya kandungan yang sangat baik bagi kesehatan saluran cerna, kelebihan BioPlus adalah kemasannya yang sangat simple. Berbentuk serbuk yang dikemas dalam stik alumunium untuk mempertahankan kestabilan bakteri baik. Satu box berisi 12 stik alumunium yang masing-masing berisi 1.2 gram

Siapa saja yang boleh konsumsi BioPlus?


Siapa saja boleh kok konsumsi BioPlus. Untuk anak-anak, mulai usia 3 tahun sudah bisa diberikan. Mereka yang punya masalah pencernaan seperti perut kembung, kotoran berbau busuk, dan sering sembelit, sangat direkomendasikan buat konsumsi BioPlus.


Mereka yang sering diare atau menderita lactosa intolerance juga bisa diberikan BioPlus ini. Ibu hami yang mengalami sembelit, perokok, pengguna antibiotik, orang-orang dengan tingkat stres tinggi, dan sering berpergian jauh juga disarankan untuk konsumsi BioPlus.

Anjuran konsumsi untuk dewasa 2 stik per hari. Sedangkan untuk anak-anak cukup 1 stik saja perharinya.

Stay Healthy With Healty Life 


Simple saja ya. Kalau mau sehat, ya gaya hidupnya juga harus sehat. Jangan jajan sembarangan, kurangi makan makanan cepat saji di fast food resto gitu contohnya. Selain ngga sehat, kalau kebanyakan bisa bikin dompet kebobolan juga. Apalagi kalau keseringan jajan di tanggal muda, nanti tanggal tua tinggal meringis doang.

Hidup sehat itu ngga susah kok. Salah satunya, menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan makan-makanan yang kaya serat dan vitamin. Yang susah itu mempertahankan gaya hidup sehatnya. Karena kalau ngga kuat iman, bisa give up then balik lagi ke gaya hidup sesukanya.



12 komentar:

  1. Sepertinya untuk makanan berkolesterol masih sulit, soalnya masih suka makan gorengan XD.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga belum bisa berhenti total buat ngga makam gorengan, pelan pelan semoga bisa

      Hapus
  2. Wah, ternyata bio plus juga bisa dikonsumsi anak-anak yaa. Baru tahu nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,bisa buat anak-anak juga mba

      Hapus
  3. Saya masih suka makan makanan tidak sehat :"). Harus berubah nih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan, pasti bisa ya mbak

      Hapus
  4. Aku nih kayaknya butuh juga menghindari makanan yang gak sehat ya badan udah mulai gak fresh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba pelan-pelan buat makan makanan sehat. Insya Allah bisa

      Hapus
  5. akuu pas kemaren pake ini buat kakak raffi \m/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mau kasih ke una, biar imunnya kuat

      Hapus
  6. Buat yang gak suka sayur, Bio Plus juga jadi solusi :)

    BalasHapus
  7. Rasanya tuh kecut asem gimana gitu. Ternyata ada kandungan Ester-C.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...