badge

Sabtu, 17 Oktober 2015

Mengenal Lebih Dekat Nusantara Sehat, Pahlawan Kesehatan Indonesia


Sehat adalah anugerah terbesar dari Allah yang kadang luput kita syukuri. Iya, kalau sudah sakit baru sadar betapa pentingnya kesehatan itu. Memelihara kesehatan merupakan tanggung jawab kita sebagai manusia. Menerapkan pola hidup bersih dan sehat merupakan kunci utama dalam menjaga kesehatan. Jadi, jika ingin sehat caranya adalah tetap menjadi pola hidup yang bersih dan sehat. 

Tapi, ada sebagian masyarakat yang belum sadar betapa pentingnya menjaga kesehatan. Kebanyakan dari mereka adalah masyarakat desa yang tinggal di daerah terpencil. Sehingga tidak terjangkau dari informasi dan edukasi mengenai hidup sehat. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia menyadari betapa masalah ini sangat krusial. Oleh karena itu perlu tindakan nyata yang bisa mengatasi permasalahan tersebut.


(ki-ka) Kang Maman, Diah Saminarsih, dan Anjari Umarjianto

Selasa, 13 Oktober 2015 lalu, saya dan teman-teman blogger yang tergabung dalam #SahabatJKN, diundang dalam diskusi bersama Kementrian Kesehatan RI divisi Puskom Publik. Bertempat di Hotel Artotel Jakarta, diskusi ini dihadiri oleh lebih dari 50 blogger. Tema yang diangkat adalah Nusantara Sehat. Hadir sebagai narasumber Diah Saminarsih, Kang Maman, dan Murti Utami dengan moderator Anjari Umarjianto.

 Nusantara Sehat, Tim Pejuang Kesehatan

Nusantara Sehat merupakan sebuah terobosan terbaru dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes) RI. Didasari kekhawatiran pada angka kematian ibu dan bayi serta gizi buruk yang masih tinggi. Oleh karena itu, perlu penguatan pada sistem Pelayanan Kesehatan Primer. Penguatan pelayanan kesehatan ini mencakup tiga hal; Fisik (pembenahan infrastruktur), Sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter). 

Dan, program Nusantara Sehat merupakan satu bentuk kegiatan yang akan mewujudkan fokus kebijakan Kemenkes RI, yaitu penguatan Pelayanan Kesehatan Primer. Program ini dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

Pelayanan Kesehatan Primer merupakan kunci utama dari pelayanan kesehatan masyarakat. Berfungsi untuk memberikan pelayanan kesehatan dan melakukan upaya preventif atau pencegahan penyakit secara luas. Kegiatannya bisa berupa edukasi kesehatan, konseling serta screening.

Tujuan dari program Nusantara Sehat ini adalah menguatkan layanan kesehatan primer. Dilakukan dengan meningkatkan jumlah, sebaran, komposisi dan mutu tenaga kesehatan dengan berbasis pada tim. Diharapkan dengan kuatnya pelayanan kesehatan primer ini, masyarakat bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik dan berkualitas. 


Pada tahun 2015 target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas terutama dengan kriteria sangat terpencil di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan, dan daerah bermasalah kesehatan. Karena, kesulitan yang selama ini dihadapi oleh Puskesmas, khususnya yang berada daerah terpencil adalah kurangnya tenaga kesehatan. Sehingga mereka tidak mampu menjalankan fungsi promotif dan preventif. Dengan adanya program Nusantara Sehat, Kemenkes berupaya untuk memperkuat Puskesmas yang ada di daerah-daerah tersebut. 


Untuk proses perekrutannya dilakukan seleksi berdasarkan resume, tes tertulis dengan esai, wawancara tatap muka, tes psikologi serta Focus Group Discussion (FGD). Mereka yang lolos seleksi adalah mereka yang memperlihatkan kemampuan sosialisasi dan komunikasi yang baik. Seluruh peserta nantinya akan dibekali dengan keahlian medis dan non-medis seperti kepemimpinan, manajerial dan komunikasi. Pengetahuan tentang budaya-budaya lokal dan penguasaan bahasa pun diberikan agar mereka bisa berinteraksi dengan masyarakat dan juga petugas kesehatan setempat. 


Rekrutmen tahap pertama telah tersaring sebanyak 143 tenaga kesehatan yang disebar di daerah-daerah terpencil yang menjadi target. Mereka akan mengabdikan dirinya selama 2 tahun demi membantu meningkatkan kesehatan masyarakat daerah. Dan untuk rekrutmen tahap dua, nantinya akan ada 800 orang lagi yang akan masuk menjadi tim Nusantara Sehat. 

Nusantara Sehat hadir bukan untuk bersaing dengan tenaga kesehatan yang sudah ada. Namun, mereka hadir untuk membantu dan menguatkan kualitas serta pelayanan kesehatan di daerah tersebut. Menurut Diah Saminarsih, tenaga-tenaga kesehatan muda inilah bukti nyata dari generasi muda yang peduli pada bangsanya. Mereka berjuang untuk membantu meningkatkan kesehatan masyarakat. Menghabiskan masa 2 tahun untuk mengabdi bagi Indonesia yang lebih sehat. 



Kang Maman dalam diskusi ini berbicara tentang peran blogger. Walau tidak terlibat langsung dalam tim Nusantara Sehat, namun blogger memiliki peran strategis. Dalam hal ini blogger adalah jembatan informasi antara Pemerintah-- khususnya Kementrian Kesehatan-- dengan masyakarat. Blogger ibarat pusat informasi bagi masyarakat. Melalui tulisan, blogger menyebarkan informasi yang akhirnya bisa dibaca oleh masyarakat di seluruh Indonesia. Di akhir acara, ada sesi tanya jawab bersama Murti Utami, Kepala Puskom Publik Kemenkes RI. Dengan ramah beliau pun menjawab pertanyaan-pertanyaan dari para blogger. 

Tim Nusantara Sehat adalah pejuang kesehatan yang rela menghabiskan dua tahun untuk mengabdi. Mereka berjuang meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia. Walau terpaksa jauh dari keluarga, mereka tetap menjalankan tugasnya dengan baik. Karena, mereka pahlawan kesehatan bagi Indonesia. 

Untuk mengetahui lebih banyak tentang Nusantara Sehat, bisa kunjungi websitenya di http://nusantarasehat.kemkes.go.id/ atau follow akun twitternya di @Nusantara_Sehat

Mari bersama berperan aktif dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan bangsa Indonesia. Walau tidak bisa bergabung dalam Nusantara Sehat, masyarakat bisa memberikan kontribusi positif seperti dukungan bagi tim Nusantara Sehat. Caranya, bisa dengan menyebarkan informasi dan edukasi kesehatan. Dengan begitu, bukan tidak mungkin kalau nantinya Indonesia menjadi Negara dengan kualitas hidup yang baik bagi masyarakatnya. 


7 komentar:

  1. Ini bagusssss gambar - gambarnya mba... Good job. Jadi seru ya, lebih mudah memahaminya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah ada yang bilang bagus. Masih belajar ros, memanfaatkan dan mamaksimalkan tool yang ada dulu.

      Hapus
  2. Semoga terealisir program nusantara sehatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. sama-sama kita doakan ya.

      Hapus
  3. senang banget bacanya gak bosenin, infonya bermanfaat, sukses buat kakak ya

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...