badge

Selasa, 23 Januari 2018

7 Manfaat Dauh Sirih Untuk Perempuan



7 manfaat daun sirih untuk perempuanRasanya hampir semua perempuan tahu tentang sirih. Tanaman yang kalau kita cari tahu manfaatnya lewat mesin pencarian, maka bakal kita temukan banyak sekali. O iya, jadi ingat ibu-ibu dan nenek-nenek zaman dulu tuh suka nyirih. Yang bikin mulut mereka jadi merah kaya abis makan darah itu loh. Nenek saya dulu ada tuh yang suka nyirih, udah gitu saya ngeri kalau nenek udah dekat-dekat saya.


Kegiatan nyirih / nginang yang dilakukan perempuan zaman dulu itu bukan sekadar iseng loh. Yakali iseng merah-merahin mulut, mending ngemil kan. Yang bikin merah itu sebenarnya bukan sirih, tapi campuran antara gambir, kapur, dan sirih. Mereka meletakkan gambir dan kapur diatas daun sirih, dibungkus, kemudian digosok-gosokan ke gigi. Terus campuran itulah yang akhirnya mengeluarkan warna merah. Manfaatnya? gigi mereka senantiasa sehat dan putih. Jangan ngga heran deh kalau buibu atau neknenek yang nyirih itu, giginya itu masih sehat, komplit, ngga ompong. 

Selain menguatkan gigi, manfaat daun sirih itu banyak sekali. Nah, karena saya perempuan, jadi untuk postingan kali ini saya mau sharing tentang 7 manfaat daun sirih untuk perempuan. Siapa tahu setelah tahu manfaatnya, buibu jadi banyak yang mau nanam daun sirih di depan rumah. 

1. Anti Penuaan Dini 

Daun sirih itu punya kandungan antioksidan. Seperti yang kita ketahui kalau antioksidan itu baik banget buat menangkal radikal bebas. Antioksidan melindungi sel-sel kulit kita dari radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. 

2. Sebagai Obat Sakit Gigi dan Kesehatan Mulut 

Nah, ini sama seperti yang saya tulis di atas. Sirih mengandung antimikroba yang menghambat pertumbuhan jamur serta mampu membunuh bakteri. Jadikan sirih sebagai obat kumur dengan cara merebusnya. Sirih juga bisa menghambat pembentukan plak pada gigi. Rutin berkumur dengan air rebusan sirih, makan kesehatan mulut dan gigi kita bisa terjaga. Mau dong punya gigi yang kuat dan ngga gampang keropos?



3.  Menghilangkan Bau Badan 

Manusia berkeringat itu wajar dan memang udah seharusnya ya. Yang jadi masalah itu kalau keringatnya berlebih dan menimbulkan bau yang ngga sedap. Itu beneran jadi masalah banget. Ngga cuma masalah buat diri sendiri, tapi buat orang lain yang kena aromanya. Dampaknya, jadi menimbulkan rasa kurang percaya diri deh. 

Daun sirih punya kandungan antiseptik yang bisa menghilangkan masalah bau badan. Antiseptik memiliki kandungan senyawa yang berguna dalam memperlambat pertumbuhan mikroorganisme seperti Escherichia Coli, yang menyebabkan Pneumonia dan Endokarditis. Ada peran Katekin dan Tannin yang juga terkandung di dalam daun sirih. Keduanya merupakan senyawa polifenol yang berguna sebagai antiseptik. 

Campur aja 10-15 lembar daun sirih, campur dengan 4 gelas air, sedikit garam dan madu. Rebus hingga tersisa setengahnya, lalu minum pada pagi dan sore hari. Untuk menghilangkan keringat yang berlebihan, cukup rebus daun sirih lalu pakai deh buat mandi. 

4. Sebagai Obat Batuk 

Sirih punya kandungan anti inflamasi yang berkhasiat sebagai anti peradadangan. Kalau udah batuk yang sampai kering banget tenggorokannya, coba deh rebus sekitar 15 daun sirih dengan 6 gelas air. Setelah airnya menyusut, campur dengan gula batu lalu minum 3 kali sehari sebanyak 1 gelas. 

5. Menstabilkan Gula Darah

Kondisi tubuh yang sehat itu jika semua organ dalam tubuh kita berfugsi dan seimbang. Artinya ngga ada yang terlalu tinggi atau rendah. Termasuk gula darah dalam tubuh, harus seimbang agar ngga timbul penyakit seperti diabetes. Tahu dong ya kalau diabetes ini adalah salah satu penyakit yang mematikan. Jumlah penderita diabetes pun meningkat akhir-akhir ini. Serem ahh. 

Hiperglikemi atau gula darah tinggi adalah kondisi dimana jumlah glukosa yang ada dalam plasma darah itu sangat berlebihan. Daun sirih punya kandungan anti hiperglikemi alami, pastinya baik buat mencegah hiperglikemi. 

6. Mencegah Penularan Penyakit Dari Hewan 

Siapa yang memelihara kucing atau anjing? Buat pecinta binatang, kita memang harus lebih aware menjaga kesehatan ya. Bagaimana pun juga, binatang itu berbeda dengan manusia. Bakteri, kuman, jamur itu hal yang wajar sekali ada. Ngga sedikit kan yang memelihara binatang ini, ikut tertular atau terinfeksi penyakit dari hewan yang dipelihara. 

Filariasis, merupakan zoonosis atau biasa dikenal dengan penularan penyakit dari hewan ke manusia, atau sebaliknya. Filariasis ini biasanya berupa parasit yang bisa menimbulkan infeksi. Daun sirih memiliki kandungan anti filariasis yang bisa membunuh bakteri atau parasit. Rutin aja minum air rebusan daun sirih, untuk mencegah kemungkinan penularan penyakit. 

7. Terbaik Untuk Kesehatan Daerah Kewanitaan 

Nah, ini manfaat yang paling utama dari daun sirih. Rasanya udah sangat familiar ya sama kandungan daun sirih yang katanya baik untuk area sensitif kita. Mbak jamu langganan di rumah selalu nanya kalau saya minum jamu 'mau pakai sirih?' dan ya saya selalu minum jamu pakai air sirih. 

Sirih punya kandungan anti jamur dan anti mikorba. Dua senyawa ini baik untuk menghambat pertumbuhan jamur dan bakteri. Daerah kewanitaan itu kan sensitif dan rentan kena jamur. Kalau kita buang air kecil, lalu ngga dibersihkan dengan benar, maka area kewanitaan kita bakal lembap. Nah, yang lembap-lembap itu yang bikin jamur dan bakteri gampang tumbuh. Efeknya, itu akan jadi penyebab keputihan yang mengganggu sekali. 

Godokan Sirih Praktis 


Dari sekian banyak manfaat daun sirih, manfaatnya untuk kesehatan daerah kewanitaan lah yang paling penting dan paling dibutuhkan. Karena kan area kewanitaan itu area paling vital bagi perempuan. Makanya, setiap perempuan wajib jaga kebersihannya. 

Untuk menjaga area kewanitaan agar tetap sehat, kita bisa pakai air godokan sirih. Tinggal ambil daun sirih, rebus, dan air rebusan itu yang kita pakai untuk membersihkan area sensitif kita. Susah cari daun sirih? Iya, sekarang ini memang udah jarang yaa ada yang nanam daun sirih di rumah. Tapi tenang, kita bisa pakai daun sirih yang sudah jadi. Ada Resik V Godokan Sirih yang siap pakai. Terbuat dari air rebusan daun sirih asli dan diperkaya dengan Ekstrak Rumput Fatimah.


Resik V kan sudah terkenal dengan produk kewanitaannya. Rasanya kalau ada yang nyebut 'resik v' pasti langsung ingatnya cairan pembersih kewanitaan ya. Resik V Godokan Sirih ini berfungsi untuk membersihkan dan memelihara kesehatan area kewanitaan. Tahu dong apa aja masalah-masalah kewanitaan yang sering banget dialami perempuan. Resik V Godokan Sirih ini mampu mengatasi keputihan yang mengganggu dan bikin gatal. Keputihan itu memang hal yang biasa dialami perempuan, tapi kalau jumlahny udah banyak kan malah jadi masalah yang serius.


Warna Cairannya Alami :) 

Godokan Sirih alami yang rutin dipakai, bisa menghilangkan keputihan pada area kewanitaan kita. Efeknya, area kewanitaan itu jadi lebih bersih, keset, dan ngga berbau. Resik V Godokan Sirih ini bisa membantu mencegah dan mengatasi keputihan, gatal-gatal, serta mengurangi bau yang tidak sedap. Sudah teruji juga secara mikrobiologi yang membantu mengurangi jamur Candida Albicans, penyebab utama keputihan. 

Satu yang penting juga nih, Resik V Godokan Sirih halal dan sudah dapat sertifikasi halal dari MUI. Nah, ini yang bikin nyaman karena sudah dijamin kehalalannya. Ngga mengandung bahan yang diharamkan. Nyaman deh dipakai. Karena sebagai muslimah, urusan halal itu wajib.


Karena terbuat dari bahan alami, Resik V Godokan Sirih ini tentunya aman digunakan. Sudah ada label halalnya juga, jadi nyaman di hati juga deh pakainya. Buat yang lagi punya masalah sama keputihan, tetap jaga kebersihan area kewanitaan ya. Supaya jamur dan bakteri ngga mudah tumbuh dan berkembang biak. Resik V Godokan Sirih jadi solusi yang simple dan praktis untuk mengatasi keputihan pada area kewanitaan.


29 komentar:

  1. yang aku tahu cuma buat daerah kewanitaan aja mbak buat manfaat daun sirihnya. selebihnya malah baru tau kalau sirih ternyata bisa juga buat mengobati berbagai macam penyakit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata banyak banget yaa manfaatnya buat kita :)

      Hapus
  2. Kalau ibu saya sirih dipakai juga buat "peureuh" mbak. Airnya ditetes ke mata. Perih sebentar tapi udahnya mata terasa bersih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah,bisa juga yaa. Kebetulan nih aku punya masalah sama mata. Mau coba juga deh

      Hapus
  3. Aku suka minum jamu daun sirih. Kadang dicampur kunyit asam, biar makin enak. Sekarang udah gak perlu lagi ngerebus2 daun sirih buat membersihkan area kewanitaan. Udah ada yang praktis dan khasiatnya pun sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin praktis ya mba, bisa dibawa-bawa pula

      Hapus
  4. betul dan sekarang sudah banyak yg praktis ya, gak usah godok dulu spt dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang masih suka godok sendiri, tapi buat diminum airnya :)

      Hapus
  5. Manfaat sirih banyak sekali ya, bahkan untuk mengobati penyakit. Kalau untuk area kewanitaan sudah lama dikenal dan Resik V terlihag praktis sekali. Kita jadi ga perlu ngerebus rebus

    BalasHapus
  6. Bener banget, daun sirih ini kegunaannya banyak banget dan ada di resik v godokan sirih ya.. wajib pakai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirutinkan pakai supaya bebas masalah kewanitaan ya

      Hapus
  7. Wow ternyata daun sirih bisa untuk batuk juga ya. Aku cuma pakai rebusannya untuk membasuh Miss V aja kalo habis lahiran. Sekarang makin praktis ya dengan adanya resik V Godokan Sirih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Resik V ini alami dan halal juga, jadi kaya pakai yang asli godok sendiri aja ya

      Hapus
  8. Wah banyak banget manfaat daun sirih ya mbak. Oia mbakku pakai resik godokan sirih, katanya praktis gt. Tp aku belum pernah nyobain sih hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya air godokan sirih yang kita rebus sendiri. Alami juga

      Hapus
    2. Sama kaya air godokan sirih yang kita rebus sendiri. Alami juga

      Hapus
  9. Pingin ngikutin kebiasaan orang jaman dulu, biar hidup lebih alami dan tentu yang alami itu sehat.
    Namun belum rutin melakukan.
    Apalagi untuk daerah intim yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah yang alami itu baik yaa

      Hapus
  10. Banyak banget ya manfaat daun sirih. Di rumah ibu nanam daun sirih hijau dan sirih merah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nanam juga eh mati karena suka lupa disiram. Tapi tetangga ada yang nanam dan lebat banget. Buat obat batuk bagus juga nih, obat alami buat keluarga

      Hapus
  11. Manfaat daun sirih banyak banget ternyata ya. Sebagai perempuan, memang harus selalu menjaga daerah intim. Beruntung ada resik V Godokan Sirih, jadi kita nggak perlu ribet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah tinggal pakai aja ya, praktis

      Hapus
  12. Praktis ya jadinya, gak perlu rebus2 daun sirih lagi :D
    TFS info produknya

    BalasHapus
  13. Padahal banyak daun sirih di halaman rumah nih. Tapi malas memanfaatkan haha. Paling cuma buat cuci tangan saja kalau suami abis dari main volley.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada anti bakterinya jadi buat bersih2 pas banget yaa teh

      Hapus
  14. Ternyata daun sirih banyak banget ya manfaatnya. Daun sirih beneran bisa bikin awet muda ya? Daunnya diapain ya mba? He he he penasaran 😁
    Salam kenal Mba Husna 🙏

    BalasHapus
  15. Banyak banget manfaat daun sirih yah mba,aku taunya hanya buat kemaluan wanita aja, makasih sharing nya mba.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...