badge

Rabu, 15 Agustus 2018

Penting Ngga Sih Blogger Belajar SEO?


Penting ngga sih blogger belajar SEO? Jawabannya ya tergantung, sih. It depands on blogger. Ada blogger yang merasa kalau nulis harus SEO friendly, dengan harapan tulisannya bisa masuk page one mesin pencarian. Tapi ada juga yang nulis ya nulis aja, ngga mau ribet sama urusan SEO yang bikin mumet.



SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari, menuju situs web tertentu dengan meningkatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. (Wikipedia

Kalau kamu blogger, kira-kira kalau nulis bakal mikirin SEO atau ngga sih? kalau saya sih ya jujur ngga terpengaruh banget sama urusan SEO. Tapi, bukan berarti saya ngga belajar soal SEO. Karena menurut saya, blogger itu ya harus tahu apa itu SEO. Minimal banget ya tahu salah satu unsur SEO. 


Kalau udah tahu, terserah deh ya mau diterapin atau ngga. Jujur, saya sih kalau nulis memang maunya sesantai mungkin, sesuai dengan style saya aja. Tapi, di beberapa tulisan, saya suka nyelipin unsur SEO. Yang basic aja sihh, ngga sampai yang bikin pusing juga. 

Sekarang banyak loh kelas SEO buat blogger, free pula. Jadi kalau memang minat buat belajar, pas ada kesempatan ya jangan disia-siakan. Langsung cuss lah daftar buat ikutan. 

Saya pun kalau pas ada waktu dan kemauan (baca : mood) ngga akan melewatkan kesempatan buat belajar SEO, apalagi kalau gratis ya kan. Kaya minggu lalu, saya dan beberapa teman blogger ikutan kelas SEO bareng #JadiMandiri dan Medialogy. Ya, itung-itung nambah ilmu juga. 

SEO Buat Blogger 


Sekadar belajar dan tahu, minimal basicnya aja deh, ngga salah juga loh. Karena, blogger itu memang dituntut buat multitalent. Maksudnya, harus tahu semua ilmu pendukung yang berkaitan sama kerjaan sebagai blogger. Walau ngga harus sampai master juga sih. 

Jadi, lewat postingan ini saya mau bagi-bagi materi dasar SEO yang saya dapat dari Rendi Doroii, narasumber di kelas SEO yang saya ikutin. 

Judul 

Setiap tulisan yang dibuat sama blogger, pasti punya judul. Rasanya ngga ada blogger yang bikin tulisan tanpa judul. Kalaupun ada, entah apa maksudnya :p 

Judul jadi point penting dari sebuah tulisan. Ketertarikan orang untuk baca seluruh tulisan kita itu berawal dari judul. Makin menarik, maka makin banyak yang mau baca. 

Kalau ilmu SEO, pilih judul yang paling banyak dicari. Kita bisa gunakan mesin pencari (google) buat mendeteksi judul-judul yang kaya gimana yang banyak dicari. Kadang saya melakukan ini juga, loh. 

Judul ini yang nantinya bakal jadi kata kunci, dimana point penting SEO adalah kata kunci. Letakkan kata kunci di judul, meta deskripsi, dan link url. Buat pengguna blogpost, url kan bisa diubah di bagian 'tautan permanen'. Pilih aja 'tautan permanen khusus' dan masukkan kata kunci di dalam url tersebut.

O iya, gunakan subheading  yang mengandung kata kunci dalam tiap tulisan. Karena, mesin pencari akan membaca subheading sebagai judul. 

Link

Salah satu cara agar blog kita dipercaya sama mesin pencari adalah dengan memasukkan internal lik di tiap tulisan. Internal link ini adalah link tulisan yang ada di blog kita sendiri. Ambil aja satu tulisan yang temanya mendekati dengan tulisan yang kita optimasi.

Sematkan juga outbound link, link dari website yang nilai performanya lebih tinggi dari blog kita. Misalnya ada wikipedia, Quora, dan lain-lain. Seperti yang saya lakukan di awal tulisan ini. Saya menuliskan pengertian SEO yang sumbernya saya ambil dari wikipedia. 

Pakai Plugin Yoast 

Sayangnya, plugin ini cuma buat wordpress aja. FYI, Yoast adalah semacam aplikasi yang membantu apakah tulisan kita sudah layak SEO atau belum. Malah, Yoast ini bisa mendeteksi kesalahan-kesalahan dalam teknik SEO yang kita pakai. Yoast juga akan memberikan saran apa aja yang perlu dilakukan, agar tulisan kita SEO friendly.

Dari 3 trik dasar yang saya share, hanya plugin Yoast aja yang ngga saya gunakan. Kalau diperhatikan, di tulisan ini saya gunakan SEO loh.

#JadiMandiri Dengan Mandiri Online 


Yang berbaik hati mengadakan kelas SEO gratis buat blogger kemarin itu, adalah #JadiMandiri dari Bank Mandiri. Tujuannya, supaya blogger punya kemampuan SEO yang nantinya bisa diterapkan di tiap tulisan.

Nah, Bank Mandiri ini sekarang punya layanan terbaru, dimana layanan ini merupakan peningkatkan layanan terdahulu. Kalau nasabahnya Bank Mandiri pasti tahu dong ya sama Mandiri Mobile. Sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh nasabah buat melakukan aktivitas perbankan.

Sekarang, nama Mandiri Mobile diubah menjadi Mandiri Online. Perubahan dan layanan baru ini dilaunching pada Maret 2017 dan masih akan terus ditingkatkan performanya.


Namanya juga peningkatan layanan, tentu ada dong layanan yang diunggulkan di Mandiri Online ini. Menurut Fushiko, sekarang nasabah bisa top up emoney, buka deposito, buka tabungan Rencana Mandiri, serta bisa tahu tagihan kartu kredit lewat rekening koran. Semua fitur itu ada di Mandiri Online.

Mau tahu lebih lanjut soal Mandiri Online ini, tinggal unduh aja ya aplikasinya di playstore. Atau, bisa datang langsung ke cabang-cabang Bank Mandiri terdekat.

Kabar baik buat kamu yang blogger dan nasabahnya Bank Mandiri. Ceritain deh pengalaman kamu selama menggunakan Mandiri Online lewat sebuah tulisan. Bakal ada banyak banget hadiah yang bikin mupeng banget. Info lengkapnya bisa didapat di link bit.ly/lombaseomandiri ya

Kasih tahu deh sama blogger-blogger lain buat ikutan lomba blog ini. Siapa tahu kan kamu dan teman kamu jadi salah satu pemenangnya. Hwaiting!




1 komentar:

  1. Wah makasih ya infonya, pengen nyoba ikutan lomba SEO biar mengaplikasikan ilmu.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...