badge

Selasa, 30 Oktober 2018

Kenapa Penting Banget Buat Tanam Pohon?


Kenapa kita perlu banget tanam pohon? Semua pasti tahu ya kalau pohon itu sumber oksigen alami. Kita bisa dapat asupan oksigen kalau berteduh di bawah pohon. Pohon juga berjasa banget dalam penyerapan polusi. Makin banyak pohon yang ditanam, maka udara makin sejuk dan bersih.



Kalau pohon yang biasa dipilih buat ditanam di rumah sih biasanya pohon buah. Ngga cuma ngademin rumah, buah yang nanti tumbuh juga bisa dikonsumsi keluarga. Di rumah saya deh contohnya, ada pohon mangga dan rambutan. Tiap kali berbuah, sekeluarga besar plus tetangga bisa ikutan makan buahnya. Rumah juga jadi adem karena dapat asupan oksigen alami dari pohon. 

Pohon punya peran penting loh dalam kehidupan kita. Bayangin deh kalau di bumi ini ngga ada pohon sama sekali. Betapa kering dan gersangnya bumi kita. Belum lagi polusi yang bertebaran dimana-mana. Kebayang kan betapa ngga sehatnya hidup dan lingkungan kita tanpa pohon? 


Alasan kenapa pohon sangat penting buat ditanam, terutama di lingkungan dan sekitar kita. 
  • Pohon mampu menyerap C02 dan polusi. Penghasil oksigen dan mengurangi karbondioksida.
  • Sebatang pohon mampu mengurangi zat pencemaran udara.
  • Mampu menurunkan suhu di jalanan dan rumah. Itu sebabnya, kalau ada pohon di rumah, udara berasa lebih sejuk dan adem. 
  • Pohon mampu mencegah polusi pada sumber air. Karena, pohon mampu mengolah air menjadi lebih bersih.
  • Pohon bisa menahan laju air dan erosi, serta menjaga kesuburan tanah. 
  • Pohon seringkali dijadikan tempat berteduh. Bukan hanya buat manusia, tapi juga hewan dan sebagian dari mereka menjadikan pohon sebagai tempat tinggal.

(sumber : hijauku.com)
Banyak kan manfaat pohon buat kehidupan kita. Jadi jangan anggap remeh pohon-pohon di pinggiran jalan. Karena, kehadirannya bukan tanpa tujuan loh. Bukan sekadar penghias jalan supaya lebih enak mata memandang. Tapi, lebih dari itu. Pohon sebagai salah satu sumber kehidupan kita juga. 

Salah satu pohon yang kehadirannya sering kita lihat di jalan-jalan adalah Trembesi. Tahu ngga kaya gimana pohonnya? Itu loh, pohon besar dan rindang yang bentuknya menyerupai payung. Pohon Trembesi ini banyak banget ditanam di pinggir-pinggir jalanan. Kita tahu dong kalau jalanan yang dilalui kendaraan itu pasti udaranya penuh dengan polusi. Nah, kehadiran Trembesi ini sebagai penyeimbanganya.


Dari beeberapa sumber yang saya baca, ada banyak manfaat pohon trembesi, diantaranya : 
  • Peneduh. Pohon yang punya nama latin Albizia ini mampu hidup hingga ratusan tahun loh. Tinggi pohonnya bisa mencapai 35 meter, tinggi banget kan. Bentuk pohonnya yang kaya payung, bikin trembesi jadi favorit ditanam di area gedung atau sebuah bangunan kaya di Istana Negara.
  • Penyerap Karbondioksida Terbaik. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Endes N. Dahlan, seorang dosen dari fakultas kehutanan Institut Pertanian Bogor, sebatang pohon trembesi mampu menyerap karbodioksida sebanyak 28,5 ton pertahunnya. Jika dibandingkan dengan pohon lain seperti beringin atau bambu, trembesi ini jauh lebih baik dalam penyerapan polusi. Jadi, wajar tuh banyak ditanam di jalan raya dimana kendaraan banyak berlalu lalang.
  • Obat Herbal. Selain kemampuannya sebagai peneduh dan penyerap polusi, trembesi juga dinyatakan mampu mengobati beberapa penyakit. Bijinya yang menyerupai kuaci bisa dijadikan obat pencuci perut. Sedangkan daunnya, bisa dijadikan ekstrak yang berfungsi menghambat pertumbuhan mikrobakterium tuberculosis yaitu bakteri yang menyebabkan TBC. 

Trembesi Untuk Kehidupan 


Mengetahui banyaknya manfaat dari sebatang pohon Trembesi, menginspirasi Djarum Foundation untuk melakukan gerakan penghijauan. Sebuah program yang diberi nama Djarum Tress For Life ini sudah ada sejak tahun 2010. Diawali dengan penanaman pohon trembesi di sepanjang jalur Pantai Utara Jawa Tengah. 



Kenapa jalur Pantura yang dipilih? Karena, jalur Pantura menjadi salah satu jalur utama yang menjadi nadi bagi transportasi darat. Ada puluhan ribu kendaraan baik roda dua, empat, hingga kendaraan berat melintas tiap harinya di jalur pantura. Nah, saking banyaknya kendaraan yang lewat, kita bisa bayangin deh betapa banyaknya polusi dan kualitas udara juga tentu jadi ngga bagus.

Tiap tahun Djarum Trees For Life menambah jumlah titik penanaman trembesi. Tahun 2017, beberapa titik tanam tersebar di Pulau Jawa, Lombok, Madura, dan Sumatera Utara. Penanaman trembesi yang dilakukan Djarum Tress For Life setidaknya sudah mampu menyerap 2,6 juta ton karbon per hari. Bisa dibayangkan kan yaa kalau trembsi makin banyak ditanam, tentu kualitas udara kita bakal jadi lebih baik.


Program penghijauan yang dilakukan ini merupakan bukti dari Bakti Lingkungan Djarum Foundation untuk pelestarian lingkungan. Pemilihan pohon trembesi karena daya hidup dan manfaatnya bagus buat lingkungan. Pohonnya mampu beradaptasi pada lingkungan dan bisa tumbuh dengan cepat. Dalam satu tahun, trembesi bisa tumbuh 0,75 hingga 1,5 meter. Trembesi dewasa yang usianya mencapai 10 tahun, tingginya bisa mencapai 15 - 20 meter dengan bentangan tajuk hingga 25 - 30 meter. 

Untuk lebih jelas tentang pohon trembesi, lihat infografis di bawah ini aja yaa. 






Yuk, Tanam Pohon 


Kalau di rumah belum ada pohon atau tanaman, yuk ah mulai cari pohon dan tanam. Pilih yang mampu beradaptasi sama cuaca yang lagi menentu kaya sekarang. Banyak kok pohon yang bisa pilih buat ditanam. Mau pohon buah, sayur, atau sejenis pohon trembesi silakan aja.

Banyak manfaat yang bisa kita dapat dari pohon. Udah saya jelaskan di atas yaa kenapa tanam pohon penting bagi kita. Ngga perlu lahan yang luas, kok. Karena dengan lahan terbatas pun kita bisa mulai tanam. Pakai pot salah satu alternatif yang bisa kita gunakan. Yang penting mah, mulai aja dulu. Kalau ngga ada pot, kita bisa tuh pakai botol-botol plastik bekas air minum kemasan. Susun yang rapih di teras dan mulai rutin dirawat. Kalau tanamannya tumbuh, kita bakal merasakan happy dan puas gitu.

Jadi, demi lingkungan yang lebih hijau, bersih, dan minim polusi, mari kita tanam pohon. Bukan sekadar bikin adem, tapi bikin lingkungan lebih sehat lagi, kan. 


7 komentar:

  1. Wuaaah kalo ada tanahnya di rumah, aku mau deh tanam menanam lagi. Dulu wkt aku kuliah, rajin bgt nanem tanaman. Skrg udah berkeluarga gak pernah lagi berkutat di tanam menanam :) ya karena tanahnya gak adaa LOL.

    Makanya skrg lagi mau bikin teras kecil depan rumah buat penghijauan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah pake pot pot kecil gitu juga bisa ya mbak. Yang penting di halaman ada yang ijo ijo

      Hapus
  2. Di depan rumah saya juga mulai menananm pohon, biar gak terlalu panas juga. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai sumber oksigen kan yaa pohon itu

      Hapus
  3. Trembesi terbukti banyak manfaat

    BalasHapus
  4. Tulisannya bagus mba, semoga semakin banyak dari kita yang sadar akan pentingnya peran tanaman atau pohon yang ada disekitar kita.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...