badge

Selasa, 21 Februari 2017

Blogger Dan Penuaan Dini



Tua sebelum waktunya. Kayanya hampir semua orang ngga mau deh. Bagaimanapun, garis halus yang timbul sebelum waktunya itu ngga cantik banget. Wajah yang harusnya masih segar, akan terlihat jadi layu. Bagi seorang perempuan, mungkin akan berpengaruh sama make up yang digunakan. Bisa aja sih diakalin pakai 'alat perang' yang super lengkap dan mahal, tapi tetep aja kan ya kalau make up nya hilang, kondisi kulit yang aslinya kelihatan.

Biasanya, garis halus dan tanda-tanda penuaan sudah kelihatan di usia 30an. Duh, saya dong ya -___- Tapi, kalau kalau rajin merawat kulit, tanda-tanda penuaan dini itu bisa dihindari. Bukan berarti kita bebas sih dari kulit keriput, karena kondisi itu pasti datang. Kita hanya bisa 'menunda' kehadiran tanda-tanda penuaan itu sebelum waktunya.





Siapa aja yang rentan terkena penuaan dini? Nah, tanggal 14 februari kemarin, saya diundang makan malam dan ngobrol-ngobrol cantikk soal penuaan dini ini. Ada dokter Eddy Karta, SpKK yang hadir sebagai nara sumber. Dokter berbadan tegap ini mengatakan kalau seharusnya kita sudah harus melakukan perawatan anti-aging sedini mungkin. Kenapa? karena perawatan yang dilakukan lebih awal bisa memperlambat proses penuaan diini. Menurut dr. Eddy, menggunakan produk anti-aging sudah bisa dilakukan ketika masuk usia 25 tahun. Iya, bukan di usia 40an baru pakai anti-aging. Telat itu mah :) Karena, sebenarnya kulit kita sudah mengalami proses penuaan ketika masuk usia 25 tahun.

Dr. Eddy Karta, SpKK
Lalu, apa saja yang memengaruhi penuaan dini pada kulit? Berikut ini adalah faktor-faktor eksternal yang bisa membuat kulit kita tua sebelum waktunya.
  1. Polusi dan udara yang kotor akan mengurangi elastisitas kulit hingga 20%.
  2. Menginjak usia 30 tahun, kulit akan kehilangan elastisitas hingga 0,5%
  3. Terpapar sinar matahari yang terus menerus, akan mempercepat hadirnya kusam dan kerutan hingga 20%
  4. Pola makan yang kurang baik atau sering makan makanan cepat saji bisa membuat kulit wajah 1,8 tahun lebih tua dari usia sebenarnya. 
  5. Terpapar asap ketika memasak bisa menyebabkan kerutan tampak lebih nyata sekitar 5-8%
  6. Berhadapan dengan layar monitor (laptop/komputer/handphone) hingga 10 jam/hari, bisa melemahkan struktur kolagen kulit. Biasanya rentan dihadapi oleh para pekerja yang berhubungan langsung dengan layar monitor. 
  7. Kurang tidur atau stress dengan pekerjaan, bisa melemahkan kolagen hingga 70%. dapat mempercepat munculnya keriput dan membuat wajah lebih tua 2,5 tahun dari usia sebenarnya. 
  8. Terlalu sering tidur malam atau bahkan tidak tidur (begadang) membuat kulit wajah kehilangan waktu untuk regenerasi hingga 10%. As we know, kalau malam hari adalah waktu dimana seluruh organ tubuh melakukan pekerjaannya. Begitu juga dengan kulit yang melakukan regenerasi ketika malam hari. Karena itulah, kita disarankan untuk sudah istirahat minimal 6 jam dan waktu terbaik untuk tidur adalah pukul 10 malam. 
Coba deh perhatikan faktor penyebab penuaan dini yang saya tulis berdasarkan presentasi dr. Eddy diatas, hampir separuhnya itu biasa dikerjakan oleh seorang blogger. Coba tunjuk tangan yang ngakunya blogger :p pasti semuanya melakukan point 6 sampai 8. Iya kan? Ngaku aja deh. 

Apalagi kalau blogger perempuan atau ibu-ibu blogger. Makin rentan aja sama penuaan dini. Kalau menurut dr. Eddy, perempuan yang multitasking itu sangat berpotensi untuk meraskan penuaan dini. Kalau pernikahan dini sih enak yaa :p Tapi kalau penuaan dini, saya rasa banyak perempuan yang ngga mau. Makanya, banyak perempuan yang melakukan perawatan maksimal demi mendapatkan kulit tetap muda.

Tapi kalau saya, walau perempuan masih belum bisa rutin melakukan perawatan terhadap kulit wajah. Bukanya ngga mau sih, tapi males *sama aja ya*. Akibatnya, saat ada kesempatan cek kesehatan kulit wajah, ternyata kulit saya lebih tua dari usia saya, hikss. Itu karena saya emang ngga aware sama sekali dengan kulit wajah. Padahal kan, yang pertama jadi perhatian orang kan pasti wajah dulu. Merasa kalau saya bukan perempuan cantik dengan kulit flawless, saya jadi kurang pede kalau deket-deket sama perempuan sempurna, maksudnya cantik.

Dr. Eddy berpesan untuk setidaknya pakai pelembap setiap hari, pagi dan malam. Bagaimanapun, kulit perlu tambahan nutrisi supaya dia bisa tetap sehat. Cari pelembap yang mengandung SPF ketika kita hendak berpergian. Udah tahu kan ya kalau SPF itu bisa melindungi kulit kita dari sinar matahari dan UV yang bisa membuat kulit kusam dan rusak.

Selain mengandung SPF, cari juga pelembap yang mengandung Retinol. Kalau kata dr. Eddy, Retinol ini zat yang aman dan bermanfaat mencegah penuaan dini. Pelembap yang mengandung Retinol banyak dijual bebas ko, karena memang zat yang satu ini aman untuk kulit wajah.

Pond's Age Miracle Dengan Retinol C- Complex 

Salah satu produk perawatan kulit wajah yang mengandung retinol dan aman digunakan yaitu Pond's Age Miracle. Produk terbaru dari Pond's ini mengandung Retinol C-Complex yang akan bekerja selama 24 jam non-stop untuk mencegah penuaan dini.


Pond's Age Miracle dengan Retinol C-Complex memiliki 3 jenis yang fungsinya berbeda, day cream untuk dipakai di pagi dan siang hari, night cream untuk membantu regenerasi kulit di malam hari, dan eye cream yang digunakan untuk digunakan di sekitar mata. Semua jenis Pond's Age Miracle dibekali dengan wrinkle corrector yang berfungsi untuk mengoreksi garis halus yang baru dan sudah muncul. Jika digunakan secara rutin, bukan ngga mungkin ya kalau tanda-tanda penuaan dini bisa kita hindari.

Gaya hidup serta penggunaan berbagai macam make-up menjadi salah satu habbit yang menyebabkan kulit lebih tua sebelum waktunya. Vivi Tri Andari, selaku R&D manager PT Unilever mengatakan berdasarkan riset kalau gaya hidup aktif yang non-stop bisa mempercepat kerutan pada wajah. Jika tidak ditangani sedini mungkin, maka jangan heran kalau tanda-tanda penuaan akan makin banyak. Kalau menurut Fiona Anjani Foebe, Head of Marketing Face Care PT Unilever Indonesia, Tbk, semakin bertambahnya usia seorang perempuan, terutama bagi mereka yang aktif, tanpa sadar mereka akan memforsir dirinya untuk bekerja. Dan itu akan membuat mereka rentan terhadap faktor eksternal penuaan dini.



Makin banyaknya perempuan urban yang aktif melakukan bermacam aktifitas, menjadi alasan kenapa Pond's mengeluarkan produk ini. Perawatan kulit anti-aging menjadi salah satu kebutuhan bagi perempuan aktif. Seperti Jenahara, seorang designer muda dan ibu dari 3 orang anak ini, aktifitasnya pun cukup padat. Menurut Jena, sepadat apapun aktifitasnya, perawatan kulit harus tetap dilakukan. Apalagi dirinya kan sering sekali berhadapan dengan banyak orang. Penampilan, terutama wajah tentu harus enak dilihat.

Termasuk para blogger perempuan yang aktif. Selain aktif berkegiatan di luar rumah, blogger pun aktif di depan layar monitor. baik laptop, komputer maupun smartphone. Kalau dihitung rata-rata, mungkin dalam satu hari, interaksi dengan gadget bisa lebih dari 10 jam. Saya ngaku deh kalau itu saya banget. Tapi, janji deh saya akan mulai aware pada kesehatan kulit supaya ngga terjadi penuaan dini. Walau pada kenyataannya saya mah emang udah tua, tapi garis halus mah harusnya belum ada di wajah.

Ngga ada kata terlambat ya untuk mulai merawat wajah. Selain buat diri sendiri, kulit yang sehat dan bebas kerut pasti akan membuat pasangan jadi makin sayang ya :) Apalagi pas mau pulang dari acara ngobrol cantik itu, saya dan teman-teman blogger dibekali dengan beauty box berisi paket perawatan wajah dari Pond's Age Miracle plus beauty massager yang harus banget dicoba di rumah. Jadi, sesibuk apapun kita sebagai perempuan, kita ngga boleh lupa sama hak kulit wajah kita. Allah menciptakan perempuan dengan sangat cantik. So, sudah selayaknya kita jaga apa yang udah diberikan Allah pada diri kita.

Reminder, jangan pernah merasa diri kita tidak cantik. Karena, semua perempuan itu ditakdirkan cantik (bukan ganteng) Selamat menjadi cantik yaaa :)







10 komentar:

  1. Semua wanita pasti selalu ingin terlihat muda terus ya. Aku sejak beberapa waktu lalu memang sudah pake ponds. Membantu merawat keelasitasan kulit wajah. Cocok sih kalo aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Produk perawatan emang kadang cocok-cocokan ya mba. Alhamdulillah, aku juga cocok pakai ini :)

      Hapus
  2. Ahh,, baru tahu kalo ternyata blogger rentan penuaan dini.. Ga mauu ah 😭😭

    Oke sipp.. Mulai sekarang akan lebih aware sama kesehatan dan kecantikan kulit. Thanks sharingnya mba uci, bermanfaat sekali 😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Multitasking people itu memang rentan sama penuaan dini. Karena, kadang mereka jadi lupa merawat diri terutama wajah :)

      Hapus
  3. Mbk Uci yg 30an aja ngerasa takut apalg aku yg udah 40an ya? Harus lebih aware ya ma kulit sendiri...



    BalasHapus
    Balasan
    1. Yupp.. semua harus mulai aware sama kesehatan kulit ya :)

      Hapus
  4. Asli aku pangling loh liat mba uci dandan gini, beda euy...tapi cakep kok :)
    Duuuh nda nyangka ternyta banyak faktor yg membuat penuaan dini, kudu makin aware sama kulit wajh ini mah biar bebas kerutan hehe

    BalasHapus
  5. Pertama kali liat mbak uchi make up ya di sini, jd lbh fresh. Ternyata urusan penuaan dini dan perawatan ga cuma buat 30 dan 40an aja ya....yang 20an juga udh kudu aware krn elastisitas menurun :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga keliatan aneh kan ya aku dandan :) rada ngga pede juga awalnya. Bener ya kalau penuaan dini udah harus diwaspadai sejak usia 20an.

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...