badge

Rabu, 10 Mei 2017

Sambut Ramadhan, Kita Bersih-Bersih Masjid Yuk!


Hal yang bisa membuat kita tenang adalah ketika kita bisa one step closer dengan Sang Maha Pemberi Hidup. Walau ngga semuanya merasakan hal itu, seenggaknya saya emang lebih nyaman dan tentram saat bisa lebih dekat dengan Dia. Gimana pun juga nantinya kita bakal kembali kepada Dia, kan. *Di awal aja ngomongnya udah religius banget yaa :) * 

Apalagi sekarang nih Ramadhan udah tinggal hitungan hari. Ada banyak persiapan yang harus kita lakukan untuk sambut bulan penuh berkah itu. Selain persiapan fisik, perisapan rohani juga ngga kalah penting. Hal-hal yang jarang kita lakukan di luar bulan Ramadhan, harus kita coba usahakan untuk dikerjakan. Misalnya aja untuk lebih dekat dengan Masjid.


Dekat dengan masjid bukan berarti kita harus pindah rumah ke samping masjid. Maksudnya, cobalah untuk lebih sering ke masjid. Untuk laki-laki sih emang udah kewajiban ya buat shalat di masjid. Tapi, selain untuk shalat, alangkah baiknya kalau kita coba memakmurkan masjid dengan berbagai kegiatan positif. Salah satunya dengan bersih-bersih masjid.

Membersihkan masjid bukan cuma tugas marbot. Kita, sebagai muslim pun seharusnya punya kesadaran buat ikut membersihkan dan menjaga kebersihan masjid. Karena, kalau masjid tempat kita shalat itu bersih, tentu shalat pun jadi nyaman kan. Apalagi kalau masjidnya wangi semerbak, makin betah aja di dalam masjid.

Menyambut bulan Ramadhan yang makin dekat, PT Unilever Indonesia Tbk yang bekerjasama dengan Dewan Masjid Indonesia punya program #BersihBersih1001Masjid loh. Melalui brand home care seperti Vixal, Rinso, Superpell, dan Molto, program ini punya tujuan untuk memberikan kenyamanan jamaah untuk menjalankan ibadah di masjid. Dengan begitu ibadahnya jadi lebih khusyuk dan lancar, demi mendapatkan kesempurnaan Ramadhan.


Kegiatan 'Bersih-Bersih 1001 Masjid' ini diadakan di 33 kota/kabupaten dan 11 provinsi di seluruh Indonesia. Berlangsung sejak tanggal 21 April hingga 23 Mei 2017. Menurut Willy Saelan selaku Human Resources Director PT Unilever Indonesia Tbk, budaya membersihkan masjid yang dilakukan masyarakat itu merupakan suatu rutinitas. Apalagi jelang bulan Ramadhan, biasanya masyarakat secara bersama-sama membersihkan masjid. Untuk itulah, Unilever memfasilitasi masyarakat yang ingin memberikan kontribusi positif bagi masjid di sekitar tempat tinggal mereka.

Jadwal 'Bersih-Bersih 1001 Masjid' bisa dilihat di www.1001inspirasiRamadhan.com

Biasanya, kalau bulan Ramadhan kan akan banyak banget kegiatan di masjid. Masyarakat berlomba-lomba memakmurkan masjid. Bukan hanya ibadah wajib aja yang dilakukan di masjid. Ada juga yang mengadakan pesantren kilat, kajian islami, ta'lim, tadarus Al-Qur'an, dan lain-lain. Jadi ingat waktu kecil dulu. Saya dan teman-teman kalau abis tarawih dan shalat shubuh pasti bakal duduk melingkar. Bukan buat ngerumpi apalagi kocok arisan. Tapi buat tadarusan bareng-bareng.



Saat press conference program 'Bersih-Bersih 1001 Masjid' (3/5) di Masjid Sunda Kelapa Jakarta, ada seorang papah muda yang kebetulan artis :) Dude Herlino yang hadir, ikut berbagi pengalamannya dengan masjid. Menurut Dude yang look so fresh *ehh* salah satu persiapan sambut bulan suci adalah dengan melakukan 'pembersihan diri'. Pembersihan diri yang dimaksud Dude bukan mandi loh ya. Tapi dengan melakukan kebaikan-kebaikan di lingkungan sekitar. Ya seperti bersih-bersih masjid gitu.

DIhadiri Oleh Bpk. Jusuf Kalla (sumber : bloggercrony)
Saya yakin, setiap kita pasti bakal suka dengan kebersihan. Apalagi dalam Islam itu, kebersihan adalah pangkal dari Iman. Maka udah selayaknya kita sebagai muslim bisa menjaga kebersihan. Apalagi untuk tempat ibadah. Coba aja deh, kalau shalat di mushola atau masjd yang kotor dan bau, pasti shalatnya pun jadi ngga nyaman, kan. Saya ini kan orangnya jijik-an, jadi kalau ke masjid atau mushola yang ngga bersih apalagi pakai bonus bau ngga enak, pasti saya mual. Bawannya pengen buru-buru aja shalatnya. Kalau shalatnya buru-buru, bisa jadi shalatnya jadi ngga khusyuk :(

Ide Unilever bikin program ini kalau dipikir-pikir bagus juga yaa. Perusahaan besar harusnya memang lebih aware dengan lingkungan. Malah harus ikut memberikan kontribusi bagi masyarakat. Bukan cuma mikirin keuntungan semata aja. Dalam program ini, Unilever memberikan kontribusi berupa produk-produk kebersihan. Dengan produk yang diberikan, masyarakat bisa terbantu dalam membersihkan rumah ibadahnya. Dengan begitu, akan ada banyak masjid yang bersih dan harum.

Tapi ya, kita sebagai muslim memang udah sepatutnya menjaga kebersihan rumah ibadah. Bukan cuma tugas marbot buat menciptakan masjid yang bersih bebas noda. Lagian kan, bersihin masjid bakal jadi ibadah yang berbuah pahala. Sebenarnya bukan cuma jelang Ramadhan aja baru kita sibuk buat bersih-bersih masjid. Harusnya setiap saat kita mampu, ya bersihkan. Walau cuma mampu nyapu teras masjid aja, ngga papa. Karena sekecil apapun kontribusi kita pada masjid, maka akan diperhitungkan oleh Allah.

Jadi, setuju ya kalau menjaga kebersihan rumah ibadah kita itu bukan cuma tugas marbot. Tapi tugas semua. Terus, kapan kamu bersih-bersih masjidnya? :)

Melatih Anak Untuk Suka Ke Masjid :)

2 komentar:

  1. Setuju mba.. harusnya ngga hanya kegiatan di bulan ramdahan saja di lakukan... dibukan biasa juga perlu dilakukan. Biar menjadi kebiasaan positif sehari harinya.

    BalasHapus
  2. acara keren ya , tp harusnay rutin ya. Sama itu mukena2nay sering kali gak dicuci

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...