badge

Selasa, 13 Maret 2018

7 Hal Kenapa Perempuan Rentan Kena Risiko Anyang-Anyangan (Cylisis) & Tips Mengatasinya


Perempuan Rentan Kena Risiko Anyang-Anyangan. Saya masih ingat betul, sekitar satu tahun yang lalu pernah ngerasain sakit perut yang lama banget. Sakit perutnya tuh bukan karena mau BAB (buang air besar), tapi rasanya seperti ditusuk-tusuk. Lalu, letak sakitnya pun di bagian perut bawah. Jujur, rasanya ngga enak banget.



Karena sakitnya sudah lebih dari 3 hari, akhirnya saya ke dokter. Sambil terus nahan sakit, saya masuk ke ruang dokter. Ditanyalah sama si dokter kenapa bisa sakit perut.  Lalu dokter periksa perut saya, sambil menekah perut bawah dan coba melipat satu kaki saya, lalu menekannya hingga menyentuh perut. Saat dokter tanya 'sakit ngga kalau diginiin?" saya jawab "iya, sakit dok" sambil nahan perih. 

Setelah itu, dokter kembali ke kursinya sambil manggut-manggut. Saya tebak, dia sudah bisa menyimpulkan apa yang saya derita. 

"Infeksi Saluran Kemih" 

Begitu diagnosa yang dokter katakan. Saya ngomong dalam hati 'yahh, akhirnya kena penyakit ini juga' Dokter bertanya seakan menyelidik 'suka nahan kencing yaa? jarang minum yaa?..." Dan saya cuma bisa pasrah manggut-manggut. Karena, semua yang dokter katakan itu ya benar adanya.


Sejak aktif jadi blogger dan nulis-nulis artikel pesanan, saya banyak menghabiskan waktu dengan duduk di depan laptop. Kadang saya bisa tahan ngga bangun dari duduk hingga 3-4 jam. Kalau lagi asik nulis dan idenya lagi cemerlang-cemerlangnya, saya bakal bisa tahan untuk ngga ke kamar mandi. Dari tadinya kebelet pengen pipis, sampai akhirnya rasa kebelet itu hilang dengan sendirinya. 

Pas pengen banget pipis dan ngga bisa ditahan lagi (daripada ruang kerja kena banjir wkwkwk), malah susah dikeluarin. Bolak-balik rasanya pengen pipis, tapi kaya ngga bisa keluar semua. Kata dokter, itu yang dinamakan anyang-anyangan atau bahasa medisnya Cylisis.

Soal jarang minum juga benar. Suka lupa aja menyediakan air di dekat meja kerja. Terus pas haus, males ambil air minum. Saya pikir sih biasa aja lah cuma ngga minum doang. Ternyata jadinya sakit, hiks. Kalau inget rasa sakitnya, saya beneran kapok buat malas minum. Buat yang belum tau, ini loh tanda-tanda gejala anyang-anyangan secara umum.

  • Ingin buang air kecil terus-terusan
  • Volume air seni sedikit tapi sering
  • Pada perempuan, ada nyeri pada panggul
  • Jika terjadi pada laki-laki, ada gejala nyeri pada anus
  • Perih ketika buang air kecil
  • Urine berbau, lebih pekat, dan kadang mengandung darah 
  • Merasa lelah dan kurang sehat 
  • Demam

Kalau yang saya baca, perempuan lebih rentan kena risiko anyang-anyangan daripada laki-laki. Penyababnya ngga cuma karena suka nahan pipis aja, tapi ada penyebab anyang-anyangan yang lain.



Lewat tulisan ini, saya mau berbagi dari beberapa artikel yang saya baca soal anyang-anayangan. Berikut 7 penyebab anyang-anyangan bagi perempuan yang mungkin salah satunya bisa juga dialami sama laki-laki. Plus, saya kasih tips cara mencegah anyang-anyangan yang mungkin bisa bermanfaat. 

1. Menahan Buang Air Kecil 


Menurut dokter, nahan-nahan buang air kecil (BAK) adalah penyebab utama terjadinya anyang-anyangan. Buang air kecil itu kan tanda kalau tubuh kita bekerja dengan baik. Air seni yang dikeluarkan merupakan sisa dari pengolahan makanan, juga proses lainnya di dalam tubuh.

Air seni (kencing) itu harus dikeluarkan dengan tuntas. Kalau rasanya masih ada, ya harus dikeluarkan.

Tips : Kalau berasa mau buang air kecil, segera ke kamar mandi (toilet). Jangan sekali-kali ditahan kalau ngga mau kena anyang-anyangan. Akan semakin parah jika akhirnya kena Infeksi Saluran Kemih. 

2. Kurang Menjaga Kebersihan 


Maksudnya, kurang menjaga kebersihan area kewanitaan. Karena, area kewanitaan itu adalah area yang paling sensitif. Area sensitif ini kalau sudah lembap bakal mudah banget dihinggapi bakteri. Nah, bakteri itu yang nantinya akan masuk ke saluran kemih dan akan membuat saluran kemih jadi terganggu.

Tips : Tiap kali buang air kecil maupun besar, pastikan area kewanitaan kita dicuci dengan bersih lalu dikeringkan. 

3. Dehidrasi 


Nah ini penyakit orang yang kerjaannya di depan laptop terus. Kaya blogger seperti ssaya. Kalau sudah keasikan kerja, suka lupa minum. Kalau belum berasa kering banget yaa ngga bakal minum.

Dehidrasi yang terus menerus ini membuat tubuh kita jadi kering. Tubuh kita butuh air buat proses metabolisme dan membantu kinerja organ dalam tubuh. Air juga kan ibarat pelumas buat tubuh kita. Bayangin sendiri aja deh kalau tubuh kita kekurangan air, gimana kerja organ tubuh kita?



Ada yang merasa kalau banyak minum itu bisa beser (sering buang air kecil), dan itu malesin. Padahal, air itu sesuatu yang vital banget buat tubuh. Manfaatnya banyak banget, seperti mencegah banyak penyakit termasuk anyang-anyangan dan infeksi saluran kemih.

Tips : Jangan pernah nahan haus, kecuali puasa. Kita wajib minum air 2 liter dalam sehari supaya tubuh ngga kehilangan cairan. Sediakan tumbler berisi air di dekat meja kerja. Jadi, ketika haus kita ngga perlu bolak-balik ambil air 


4. Menggunakan Alat Kontrasepsi 


Efek yang ditimbulkan dari alat kontrasepsi sebenarnya banyak, salah satunya rasa pengen buang air kecil terus-terusan. Terutama jika alat kontrasepsinya berbentuk spiral.

Tips : Selalu rutin kontrol alat kontrasepsi yang dipakai pada dokter. Tujuannya supaya ngga jika ada sesuatu yang ganjil bisa diketahui sedini mungkin. 

5. Kehamilan


Waktu hamil dulu, saya juga sempat mengalami anyang-anyangan. Dan ternyata memang benar, wanita hamil terutama yang sudah hamil tua itu banyak yang mengalami anyang-anyangan. Penyebabnya adalah kandungan yang membesar itu menekan kantung kemih. Semakin ditekan, maka akan membuat seseorang selalu ingin buang air kecil. Walaupun urin yang dikeluarkan itu sedikit, tapi kalau kantung kemihnya tertekan, ya jadinya pengen pipis terus-terusan.

Buat ibu hamil, bolak balik ke kamar mandi buat pipis itu jadi beban banget. Udahlah perut lagi besar-besarnya, terus kebelet terus mau buang air kecil which is harus ke kamar mandi.

Tips : Semakin tua usia kehamilan, maka ibu hamil memang rentan kena anyang-anyangan. Jika kondisi bolak balik ke kamar mandi hanya buat pipis yang jumlahnya sedikit sekali, mungkin bisa disiasati dengan pakai adult diaper. Namun, jangan terlalu lama juga penggunaanya yaa. Jangan kaya bayi yang dari pagi sampe sore, popoknya ngga diganti-ganti. 

6. Uretra Yang Lebih Pendek 


Uretra adalah saluran yang menghubungkan kantung kemih ke lingkungan luar tubuh. Uretra ini memiliki fungsi sebagai saluran pembuang baik pada sistem kemih atau ekskresi dan sistem seksual. Kalau di pria, fungsinya sebagai saluran pengeluaran air mani dalam sistem reproduksi.

Nah, kalau perempuan yang punya uretra pendek maka kuman dan bakteri itu jadi lebih mudah untuk masuk. Kalau udah ada bakteri gitu, bukan ngga mungkin bikin anyang-anyangan dan sakit buang air kecil

7. Kuman dan Bakteri 


Kalau kebetulan pengen buang air kecil di tempat-tempat umum, coba deh untuk cari yang klosetnya jongkok. Jujur, kalau saya paling jijik sama kloset duduk. Walau keliatannya bersih, kita ngga tau kan kuman dan bakteri yang nempel di kloset. Apalagi itu bekas dipakai orang yang kita juga ngga tau apa orang itu punya penyakit kulit atau ngga.

Selain kuman dan bakteri yang berasal dari kloset, ada nih bakteri yang namanya Chlamydia. Bakteri ini biasanya ada di dalam vagina. Pada saat kita mengalami keputihan, Chlamydia ini bakal masuk ke dalam saluran kemih.

Tips : Selalu aware dengan kebersihan kloset yang akan kita gunakan. Gunakan cairan antiseptik yang model spray untuk membersihkan pinggiran kloset, sebelum digunakan. Kalau ngga punya cairan antiseptik, pakai tisu toilet untuk menutupi pinggiran kloset. Jadi, kulit kita ngga langsung nempel di kloset. 

Lalu, Solusi Anyang-Anyangan Apa?


Setelah tau apa penyebab anyang-anyangan, sekarang kita cari tau solusinya ya. Selain menjaga untuk ngga nahan-nahan buang air kecil, anyang-anyangan bisa diatasi dengan rutin konsumsi buah Cranberry. Wah..wahh, dimana pula ya nyari buah yang masih satu keluarga berry ini.



Kenapa cranberry? karena menurut penelitian, buah berwarna merah yang mirip sama cherry ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu, cranberry itu kaya serat, mineral, flavonoid antosianidin, sinanidin, peonidin,  dan quercetin.

Buah yang tergolong ke dalam tumbuhan semak-semakan pendek ini banyak ditemukan di bagian utara Amerika dan Kanada. Di jaman nenek moyang Indian kuno, buah cranberry digunakan sebagai obat luka akibat terkena panah. Dan kini, cranberry populer digunakan sumber vitamin untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah sariawan, dan antioksidan. Sekarang, ekstraknya mulai dipakai sebagai bahan dasar produk kecantikan dan kesehatan saluran kemih.

Prive Uri-Cran, Ekstrak Cranberry Siap Minum


Sekarang, untuk dapatkan ekstrak cranberry demi mengatasi anyang-anyangan ngga perlu repot lagi. Karena, ekstrak buah cranberry ada di dalam Prive Uri-Cran.



Prive Uri-Cran ini terbuat dari buah cranberry yang terbukti sangat baik untuk kesehatan saluran kemih. Bahkan lembaga pengawas obat dan makanan Prancis, AFSSA sudah meyakinkan kalau buah cranberry memeang teruji bagus buat kesehatan saluran kencing. Dari 4 uji klinis yang dilakukan secara sempuran, hasilnya terbukti kalau buah cranberry mampu buat menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing.

Ekstrak buah cranberry mengandung Proantocyanidin yang berfungsi untuk mencegah dan menangkap bakteri e.colli yang menempel pada saluran kemih. Prive Uri-Cran banyak digunakan sebagai obat bagi mereka yang punya masalah pada saluran kemih. Selain itu, Prive Uri-Cran bisa dijadikan sebagai suplemen makanan.



Prive Uri-Cran diproduksi oleh Combiphar, sebuah perusahaan terpercaya di bidang perawatan kesehatan yang sudah berdiri sejak tahun 1971.

Ada 2 varian Prive Uri-Cran, kapsul dan bubuk. Yang kapsul digunakan untuk membantu memlihara kesehatan saluran kemih dan mengatasi susah buang air kecil. Kalau saya, minum Prive Uri-Cran Plus (bubuk) yang menurut saya punya rasa yang segar. 



Kandungan ekstrak cranberry dalam kapsul Prive Uri-Cran adalah 250 mg. Sedangkan untuk yang bubuk, kandungan ekstrak cranberrynya 375 mg. Selain ekstrak cranberry, komposisi dalam satu sachet Prive Uri-Cran diantaranya : Vitamin C, Bifidobacterium Bifidum, Lactobacillus Acidophilus, Fructo Oligo Saccharides, Calcium Lactate Glukonate. 



Prive Uri-Cran bisa didapatkan di toko-toko obat seperti guardian atau yang terdekat dari rumah. Karena terbuat dari bahan alami, Prive Uri-Cran ini aman dikonsumsi sebagai suplemen sehari-hari. Rasanya ringan dan ngga nyangkut di tenggorokan.

Semoga tips mengatasi anyang-anyangan yang saya share ini, bisa bermanfaat buat semuanya ya. Khususnya buat blogger yang memang kerjaannya lebih banyak duduk di depan laptop. Sering lupa bangaun dari duduk untuk sekadar meluruskan punggung atau pergi ke kamar mandi untuk buang air kecil.

Semoga setelah baca ini, jadi lebih aware lagi yaa kalau nahan-nahan buang air kecil itu sungguh sangat ngga baik. Karena itulah yang menjadi penyebab sakit saat buang air kecil. Jadi, cukup rindu aja yang ditahan, buang air kecil jangan.




source 
image 
risalahhusna 
pixabay 
reference
www.uricran.co.id 
www.alodokter.com
www.halosehat.com




38 komentar:

  1. wonderful issues altogether, you јust received a new reader.
    What ⅽould you recommend in regardss tо your post that
    you just made a fеԝ days ago? Any certain?

    BalasHapus
  2. Iya nih, jangan kejadian lagi deh ya. Rasanya pasti enggak nyaman. Kalau aku pas mudik yang ngeri kalau jalan darat susah nahan pipisnya huhuhu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga enak bangett yaa mbak kalau pas pergi malah kena anyang-anyangan

      Hapus
  3. Kalo mau pergi ke luar rumah, aku usahain BAK dulu biar nyaman hihi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kadang walau udh BAK, kalau udah kena anyang-anyangan ya repot juga ya mba

      Hapus
  4. Іt's gоing too be ending of mine daʏ, howeѵer befⲟre ending Ӏ аm reading tһis fantastic piece of writting to increase mmy knowledge.

    BalasHapus
  5. Waktu ke jepang kemarin aku bawa Uri Cran, buat jaga2 biar gak kena anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wowww.. Uri Cran udh sampai Jepang yaa :)

      Hapus
  6. Saat hamil dulu aku juga ngalamin anyang-anyangan dan belum tau ada Uri Cran next time udah tau kalau anyang-anyangan beli Uri Cran deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ibu hamil emang rentan kena anyang-anyangan. Akupun kena juga :(

      Hapus
  7. wah, bahaya juga ya kalau suka nahan minum dan pipis
    thanks infonya, mbak

    BalasHapus
  8. Ingat Bunda Mbak. Beneran saat setiap hamil selalu datang acara anyang - anyangan. Menderita ? Tidak ?! justru jawaban tepatnya sangat menderita, jika ada obatnya waach beruntung sekali yaa ibu ibu masa kini . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu siap uri cran ya bun, sebagai pertolongan pertama buat anyang-anyangan

      Hapus
  9. Informative article, totally ѡhat I wqnted to fіnd.

    BalasHapus
  10. Aku salfok sama fotonya. Keren keren mbak. Hahaha. Eh tapi aku baru ngeh ternyata anyang2an itu termasuk penyakit toh? Huhuhu, ak kira bukan penyakit. Untungnya ada uri cran yaa mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, anyang-anayangan itu penyakit yang kalau didiamkan aja bisa jadi infeksi saluran kemih :)

      Hapus
  11. Kalau anyang2en sy pakai balsem saja, skrg ada yg lebih praktis ya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh bisa ya pakai balsam? tapi sekarang ada yang lebih enak ya mas, tinggal minum :)

      Hapus
  12. Wuih nggak enak banget anyang-anyangen itu, apalagi jika bepergian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bener banget, kalo pas pergi-pergian itu sengasara banget kalau kena anyang-anyangan.

      Hapus
  13. baru tau kalau alat kontrasepsi bisa jadi penyebab anyang-anyangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, salah satu efek pemakaian alat kontrasepsi. Hikss...

      Hapus
  14. dulu jamannya hamil kena anyang2an dan belum ada uricran, pakai resep dokter aja ... sekarang mah ada uri-cran ya, tinggal seduh air anget, minum deh seger2

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, tinggal seduh dan minum. Rasanya segerrr bangett :)

      Hapus
  15. Sekarang saya lagi mulai rutin minum ini. Khawatir juga kena anyang-anyangan lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga enak banget ya mbachi kalau kena anyang-anyangan.

      Hapus
  16. Pernah anyang-ayangan dan nggak enak banget! Tapi sayangnya dulu belum kenal Uricran :(

    BalasHapus
  17. Aku biasanya minum air putih sebanyak 2L kalau sudah terkena anyang-anyangan. Anyang-anyangan tuh membuat kita serba salah menjalani aktivitas

    BalasHapus
  18. Aku anyang-anyangan pertama waktu masih blm nikah dan itu sampe berdarah, paraaah banget deh. Pengobatannya sampai 6 bulan dan rajin minum obat. Nah yang kedua waktu hamil kemarin. Semoga Ka Uci sehat terus ya....dan tetap produktif.

    BalasHapus
  19. Makasih infonya ya Ci.
    Aku juga dulu pernah anyang2an tapi belum kenal si Uricran ini sih,.

    BalasHapus
  20. Aku nih sering banget nahan pipis. Padahal gak bagus ya..

    BalasHapus
  21. Kalau anyeng-anyengan emang nggak enak

    BalasHapus
  22. Saya juga pakai uricran nih mbak. Dulu sempat anyang2an. Habis itu alhamdulilah sembuh.n

    BalasHapus
  23. Gak enak banget ya klo terkena infeksi saluran kemih, dlu saat kecil aku pernah ngerasain. Hrus sedia uricran buat jaga2 terkena Anyang2an.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...