badge

Sabtu, 19 Mei 2018

Cara Mudah Makan Buah Bagi Si Kecil


Cara Mudah Makan Buah Bagi Si Kecil. Kenapa ya anak-anak itu susah makan buah apalagi sayur? memang sih ngga semua balita itu enggan makan kedua jenis makanan itu. Ada yang makan berbagai macam sayur dan buah dengan lahapnya, tanpa protes. Tapi ngga sedikit yang enggan makan dua jenis makanan ini.



Membuat anak suka makan sayur dan buah itu memang effort. Terutama bagi orangtua yang ngga suka makan buah. Kok gitu? Iya, karena kalau orangtuanya suka makan sayur dan buah, kemungkinan anak pun suka makan sayur dan buah. Anak itu kan peniru yang ulung. Apa yang dilakukan orangtua, bisa dengan mudah ditiru sama anak. Jadi, kalau mau anaknya suka makan sayur dan buah, orangtuanya harus rajin juga konsumsi makanan tinggi serat itu.

Baca Tips Atasi Anak Susah Makan Sayur 


Sejak memutuskan untuk mengurus anak sendiri tanpa bantuan orang lain, otomatis saya harus terima semua konsekuensinya. Termasuk dalam memenuhi asupan gizi anak-anak. Ketiga anak saya bukan yang maniak banget sama buah dan sayur. Walau cenderung picky eater pada beberapa jenis sayuran, ya masih Alhamdulillah mau makan sayur.

Untuk urusan buah juga gitu. Jadi ngga semua jenis buah mereka suka. Biasanya mereka suka dengan buah yang punya rasa manis, seperti pepaya, mangga (harum manis), dan pisang.

Anak Perlu Konsumsi Sayur Dan Buah Agar Tetap Sehat


Bu, kita pasti tahu kan kalau makin besar, kebutuhan gizi si kecil juga makin banyak. Si kecil perlu makan sayur dan buah supaya kebutuhan serat mereka tercukupi. Menurut WHO, balita dan anak usia sekolah itu dianjurkan mengkonsumsi buah dan sayur sebanyak 300-400 gram per hari. Sekitar dua-pertiga dari jumlah anjuran konsumsi tersebut disarankan dalam porsi sayur.

buah


Cuma yaa, pasti banyak anak yang drama banget ngga mau makan sayur dan buah. Kenapa? karena menurut mereka sayur dan buah itu asam dan pahit. Lidah mereka terbiasa mendeteksi rasa manis dan asin saja karena akrab dengan rasa ASI atau asupan MPASI. Jadi, pas ketemu rasa asam dan pahit, jadi berasa asing di lidah mereka.

Sayur dan buah punya peran penting bagi kesehatan. Dalam upaya pencegahan penyakit, konsumsi sayur dan buah secara rutin bisa mencegah dan menurunkan risiko:
  • Insiden Obesitas
  • Penyakit Jantung Koroner
  • Diabetes Melitus
  • Kanker, dan lain-lain
Untuk di Indonesia sendiri, masyarakat kita tergolong kurang makan sayur dan buah. Bahkan ada data dari Riset Kesehatan Dasar tahun 2013 yang menyebutkan bahwa 93,5% penduduk yang berusia di bawah 10 tahun, ngga mengkonsumsi sayur dan buah sesuai anjuran.

Padahal, negara kita punya banyak sekali buah yang bisa dikonsumsi. Tapi minat makan buah dari masyarakat kita nih yang harus ditingkatkan.

Makan Buah Di Mana Saja Dengan Milna Nature Delight 


Sudah tahu ya kalau buah dan sayur itu baik sekali buat kesehatan. Keduanya punya kandungan serat yang berfungsi memperlancar sistem pencernaan. Buat balita yang sistem pencernaanya masih belum sempurna, buah dan sayur seakan jadi penyelamat buat pencernaanya. Hanya saja, takaran saji buah dan sayur memang harus disesuaikan dengan usia anak juga.

Dengan rutin memberikan buah dan sayur pada anak, kebutuhan gizi dan serat harian mereka tercukupi. Buat anak yang usianya baru menginjak satu tahun, biasanya dikasih buah yang sudah dilumatkan dulu atau biasa disebut puree. Tujuan dilumatkan itu supaya anak mudah menelan dan mencerna. Kan di usia satu tahun, gigi mereka juga belum lengkap.



Kebutuhan anak akan buah makin mudah nih dengan hadirnya Milna Nature Delight. Buibu ada yang udah tahu produk terbaru dari Milna ini? Jadi, Milna Nature Delight ini adalah fruit puree yang praktis diberikan untuk si kecil. Dikemas dalam bentuk pouch yang simple dan bisa langsung dikonsumsi. Dengan Milna Nature Delight ini, jadi cara mudah makan buah buat si kecil.

O iya, dalam acara peluncuran Milna Nature Delight ini, saya baru tahu kalau anak di bawah usia satu tahun, sebaiknya ngga dikasih juice buah loh. Jadi, lebih baik diberikan puree atau buah yang dilumatkan.



Kenapa puree lebih baik daripada juice? menurut Dr. dr Conny Tanjung, Sp. A (K), yang hadir sebagai narasumber, karena juice biasanya memiliki kandungan gula yang tinggi. Tingginya kandungan gula itulah yang bisa menyebabkan anak kelebihan kalori, serta menyebabkan karies gigi. Juice juga sangat ngga disarankan diberikan pada anak di bawah satu tahun. Yang disarankan adalah pemberian buah dalam bentuk puree.

Dr. dr. Conny Tanjung & Christoper Samuel Lesmana (source : helena)

Menurut Dr. Conny, belum ada acuan kecukupan serat pada bayi di bawah usia 1 tahun. Namun, dari penelitian dibuktikan kalau paparan terhadap sayur dan buah secara rutin dan berulang, akan membuat penerimaan terhadp sayur dan buah jadi lebih mudah di masa selanjutnya. Dengan kata lain, kalau dari kecil dibiasakan makan sayur dan buah, pas sudah besar mereka juga akan mudah makan sayur dan buah.

Milna Nature Delight ini hadir sebagai solusi buat buibu yang keukeuh mau kasih buah ke anak. Kita memang harus kreatif ya bu dalam memberikan makan buat si kecil. Jangan sampai anak ngga mau makan buah, kita biarkan aja. Padahal kita tahu banget kalau buah itu penting bagi kesehatan.

Peluncuran Milna Nature Delight juga sebagai dukungan campaign 'Cara Mudah Makan Buah Untuk Si Kecil'. Bahwa makan buah itu penting bagi kesehatan. Terutama si kecil yang lagi dalam masa tumbuh kembang.




Ada 3 varian Milna Nature Delight yaitu Carrot Apple Pumpkin (orange), Banana Strawberry Apple (hijau), dan Apple Peach (red). Ketiganya punya rasa yang enak dan segar. Dari ketiga rasa itu, Una paling suka yang Apple Peach. Menurut Una rasanya manis dan ngga bikin eneg. Dengan kemasan buka tutup yang praktis, Una bisa konsumsi Milna Nature Delight sambil main. Kalau belum habis sekali buka, bisa ditutup lagi deh.



Christofer Samuel Lesmana selaku Brand Manager Milna mengatakan kalau Milna Nature Delight ini dibuat sebagai solusi mudah makan buah buat si kecil. Milna Nature Delight 100% buah asli ini tanpa penambahan gula dan tanpa bahan pengawet loh buibu. Dibuat melalui proses Advanced Pasteurization Technology yang menjadikan produk ini higienis dan aman dikonsumsi.




Milna Ahlinya Makanan Bayi 


Sebagai brand unggulan Kalbe Nutritionals, Milna memang sudah terbukti sebagai ahlinya makanan bayi. Milna paling mengerti banget kebutuhan ibu-ibu, bahkan sejak 30 tahun yang lalu. Sejak anak pertama, saya sudah pilih Milna sebagai MPASI.

Di kalangan ibu-ibu Indonesia, kayanya cuma Milna yang paling banyak dipilih. Kaya udah ter-mindset di kepala buibu gitu. Makanan pendamping ASI ya Milna. Mulai dari biskuit, puding, sampai yang terbaru, fruit puree.



Saat bayi udah masuk usia 6 bulan, pemberian Makanan Pendamping ASI (MPASI) harus segara diberikan. Yang namanya bayi tambah besar, pastinya kebutuhan energinya juga makin besar.

Milna, sebagai pelopor MPASI di Indonesia paham, kalau pemberian MPASI itu bukan sekadar memenuhi Angka Kecukupan Gizi saja, tetapi juga kapan MPASI itu diberikan. Karena, jika kebutuhan gizi ngga tercukupi dengan baik pada waktu yang tepat, maka tumbuh kembang anak itu jadi kurang optimal.



Idealnya ya, anak usia 6 sampai 8 bulan itu sudah perlu makan berat (meal) sebanyak 2 kali, ditambah dengan 2 kali snack (cemilan). Sedangkan untuk anak usia 10-12 bulan, boleh 3 kai meal dan 2 kali snack. Untuk anak 12 bulan keatas, snacknya bisa dengan Milna Nature Delight. Makanan selingan yang segar dan menyehatkan.

O iya, Milna Nature Delight ini pas banget loh buat dibawa traveling. Kemasannya yang simple memungkinkan buat dibawa tanpa khawatir tumpah. Una udah siap-siap mau traveling terus mau bekel Milna Nature Delight ini. Jadi, pas waktunya ngemil, tinggal buka aja deh. Praktis.

Ada yang udah nyobain juga? suka rasa apa? Sharing dong :)



Info lebih lengkap tentang Milna, mampir aja ke 
www.milna.com 
Facebook : MilnaID
Twitter : @BundaMilna 
Instagram : @milnaid 


6 komentar:

  1. Sekarang kasih buah dan sayur ke anak jadi lebih mudah dan menyenangkan ya mbak dengan Milna Nature Delight ini. Praktis dan mudah. Varian rasanya juga beragam, jadi ga bosan

    BalasHapus
  2. Una, sama nih SID suka yang merah. Dia lebih tertarik minum pakai sendok.

    BalasHapus
  3. Wah, enaknya sekarang ada yang praktis. Nggak perlu susah-susah lagi ngerayu anak buat makan sayur.

    BalasHapus
  4. Sagara sudah coba dong. Agak asem-asem gitu si buat Sagara. Tapi dia suka.

    BalasHapus
  5. Aku belum punya anak si.. Tapi demne bgt baca2 seputar parenting. Dan.. Kayaknya emang masih banyak kasus anak kurang suka makan buah dan sayur ya mba. Adanya milna bener2 bantu ibu untuk tetep memenuhi kebutuhan sayur dan buah si anak.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...