badge

Kamis, 29 November 2018

Yang Dibutuhkan Saat Traveling Bareng Anak


Traveling sama anak khususnya balita itu, sejujurnya emang repot. Banyak banget yang perlu disiapin demi jalan-jalan yang sukses. Jangankan sama balita, sama anak yang udah agak gede yang usianya diatas 7 tahun aja masih bikin repot. Why? karena walaupun mereka bisa nyiapin barang-barang sendiri, tetep aja harus ada campur tangan ibunya.


Pokonya pengalaman banget deh betapa repotnya kalau mau traveling bareng anak. Semua kebutuhan mereka selama traveling itu harus dicek plus disiapin juga. Pernah tuh ngasih kepercayaan sama mereka buat packing baju dan keperluan sendiri, terus pas dicek ulang banyak yang ngga masuk ke dalam tas mereka. Jadilah tasnya dibongkar lagi sama si bunda. 

Tapi yaa, di tengah kerepotan ngurus barang keperluan anak buat traveling, sebenernya di situ sih serunya. Gimana seorang ibu sebagai ahli packing diandalkan semua anggota keluarga. Anak-anak plus bapaknya benar-benar mengandalkan ibu buat ngurus barang-barang buat traveling. 

Terus, apa aja sih barang-barang yang wajib dibawa saat traveling bareng anak, termasuk jika ada anak yang masih balita. Bisa banget dijadiin chceklist supaya travelingnya lancar. 

1. Pakaian

Walau perginya ngga pakai nginep, bawa baju itu is a must a.k.a harus. Anak-anak itu kan hobinya eksplorasi yaa. Kadang mereka tuh suka kepo sama apapun. Jadi, antisipasi saat mereka eksplorasinya di lumpur, masuk kali, atau main tanah. Udah pasti kan baju yang mereka pakai jadi kotor atau basah sama keringat. Jadi, penting buat selalu bawa baju ganti, kemanapun perginya. 

Kalau ada rencana nginep, bawa bajunya tinggal dikali berapa hari nginepnya. Kalau saya perhitungannya gini : dalam sehari anak-anak akan ganti baju 2 kali, jadi kalau nginepnya 2 hari, tinggal 2hari x 2 baju = 4 baju. Plus, saya bawa 1 baju tambahan buat pulang. Untuk underwear pun jumlahnya sama dengan baju yang dibawa. 

*note : kalau anaknya masih pake popok sekali pakai, bawa popok juga ya. Banyaknya disesuaikan sama kebutuhan aja. Kalau nginep, bisa juga dihitung berdasarkan berapa lama nginepnya. Ngga berlebihan, ngga kurang juga. 

2. Toiletress

Sekalipun nginepnya di hotel, peralatan mandi tetap saya bawa sendiri dari rumah. Karena kan fasilitas dari hotel biasanya cuma cukup buat 2 orang dan sedikit banget. 

Yang harus dibawa itu seperti : Sabun cair, pasta + sikat gigi, shampo, minyak kayu putih / telon, bedak, sisir. Itu printilan yang basic banget harus ada di pouch. Kalau saya sih ada pouch khusus traveling which is isinya akan stay di dalam pouch. Jadi pas mau jalan, tinggal ambil aja. Ngga perlu bingung cari-cari barangnya lagi. Harus dibedain yaa sama pouch make up bundanya :p 

3. Mainan - Cemilan 

Waktu liburan ke Bandung bulan lalu, masing-masing anak bawa tas kecil yang isinya mainan mereka. Saya bilang ke mereka untuk bawa 2-3 jenis mainan aja, biar ngga repot. Karena ada 2 anak laki-laki which is mainannya sama, saya minta mereka buat bawa mainan yang berbeda. Jadi, abangnya bawa lego, adiknya bawa hot wheel. Jadinya bisa dimainin bareng juga kan. 

Cemilan itu masuk ke dalam barang yang WAJIB dibawa. Kenapa? karena anak-anak itu doyan ngemil. Mereka bisa loh crancky cuma gara-gara pengen makan coklat chacaha atau sukro. Setidaknya itu yang terjadi pada anak-anak saya. Makanya, kemanapun perginya, belanja cemilan di indomaret atau alfamart itu WAJIB. Jajanannya apa? terserah bundanya aja xixixi. Yang mereka tau, saat mereka pengen ngemil, ada cemilannya. 

O iya, jangan lupa susu. Kalau saya pilih susu UHT aja tiap kali traveling karena praktis. Buat anak yang ngga doyan susu, bisa beli jus atau kacang ijo UHT buat sarapan. Bisa juga beli sereal atau bubur instan yang praktis. 

4. Obat 

Ini buat jaga-jaga kalau si kecil tiba-tiba sakit. Ngga mau juga sih sampai si kecil jadinya sakit pas traveling, tapi sedia tolak angin sebelum masuk angin penting juga kan. Biasanya obat yang selalu saya siapin itu tolak angin anak, minyak butbut (buat luka), madu, sama vitamin C. 

5. Perlengkapan Lain-Lain 

Yang saya maksud perlengkapan lain-lain adalah perlengkapan yang ngga semua orang / keluarga butuh. Contohnya kaya gendongan, hipseat / gendongan kangguru, dan stroller. Tapi, kalau punya anak di bawah 5 tahun which is mereka masih gampang capek dan merengek, maka perlengakapan yang saya maksud itu ya penting juga buat dibawa. 

Waktu traveling ke Singapore - Malaysia, saya bawa stroller buat Una. Saat itu, usia Una masih 3 tahun. Memutuskan buat bawa stroller pun karena tahu jalanan di Singapore itu sangat-sangat stroller friendly. Udah gitu kan, mau ngga mau harus banyak jalan kaki. Turun dari MRT dan mau keluar stasiun aja jalannya jauhhh banget, jadi memang keputusan bawa stroller adalah keputusan yang tepat. 

Kriteria pilih stroller buat traveling itu harus yang simple, ringan, gampang dilipat dan dibawa. Waktu ke Singapore itu saya ngga pakai bagasi loh. Jadi, strollernya tetep ikut ke kabin, tapi ngga ditaro di penyimpanan di atas bangku itu. Entahlah tuh stroller ditaro dimana sama pramugarinya. Yang jelas, pas turun pesawat, stroller udah ready di depan pintu. Yang jelas, stroller yang saya bawa itu simple banget dan gampang dilipat, jadinya tuh ngga makan tempat.


Saya mau kasih tau nih salah satu stroller, yang bisa jadi rekomendasi atau pilihan buat traveling. Siapa tau lagi ada yang butuh atau ada niat buat beli stroller kan. Hamilton Ezze, yang dirancang khusus buat orangtua yang hobi ngajak anaknya jalan-jalan atau traveling. Stroller terbaru dari Hamilton ini punya 2 jenis : Hamilton Ezze Elite Carbon Black dan Hamilton Ezze Basic Series. 

Kelebihannya apa aja? oke, let me tell you yaa.

  • Mudah dilipat hanya dengan satu tangan. Dengan sekali sentuh, dalam waktu kurang dari 5 detik, stoller bisa terlipat sendiri. Itu karena Hamilton Ezze menggunakan sistem magicfold yang otomatis. Melipat sendiri tanpa bantuan batrei atau listrik 
  • Desain yang stylish dan simple 
  • Bagain rodanya punya sistem suspensi yang stabil. Jadi, walaupun stroller melewati jalanan yang ngga rata, si kecil tetap nyaman 
  • Penutup stroller / kanopi dengan sun flap buat menghindari sinar UV
  • Bisa diatur untuk duduk maupun tidur 
  • Didesain untuk new born hingga anak dengan berat 25 kg
Hamilton Ezze baik Basic maupun Elite bisa banget jadi pilihan sebagai essential needs pas mau traveling. Harganya berapa? Untuk yang Elite dibaderol dengan harga 4.999.000 rupiah. Sedangkan untuk yang Basic, harganya 3.999.000 rupiah. Tapi, kalau belinya di iLotte bisa loh dapat promo. Coba aja main-main ke appsnya iLotte. Kalau yang belum punya appsnya, unduh dulu yes. 

Jadi, traveling bareng anak itu emang kudu dipersiapkan dengan teliti. Jangan sampai mood liburannya jadi berantakan gara-gara ada barang yang ketinggalan. JadiJ udah tau ya apa yang perlu dibawa saat traveling bareng anak yaa. Kalau masih bingung mempersiapkan traveling bareng anak gimana, boleh loh nanya-nanya di kolom komentar. Insya Allah, saya bakal jawab. 

Happy traveling yaaa :) 

1 komentar:

  1. Bisa masuk ke comutterline juga nih stroller. Karena aku emak-emak naik kereta.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...