badge

Senin, 15 Juli 2019

Better Safe Than Sorry


Pepatah 'sedia payung sebelum hujan' itu rasanya memang harus banget diterapkan di rumah. Terutama buat urusan kesehatan keluarga. Terlebih lagi buat buibu yang punya anak kecil. Tahu sendiri dong ya kalaua anak kecil itu mainnya kadang suka ngga kekontrol. Jangankan anak laki-laki, anak perempuan pun banyak yang ngga kalem.



Saking aktifnya mereka, ngga heran kan kalau tiba-tiba mereka sakit. Yang paling sering sih demam, batuk, dan pilek. Saya sendiri, menganggap wajar lah kalau sakit. Kita kan manusia, bukan robot. Sakit itu kaya 'sinyal' kalau tubuh perlu istirahat. Jadi kalau anak-anak sakitnya cuma demam atau batpil, saya sih ngga terlalu khawatir. Ngga yang buru-buru bawa mereka ke dokter, yang ujung-ujungnya palingan dikasih antibiotik :( Apa saya anti-dokter? oh tentu tidak. Kalau saya anti-dokter mungkin saya ngga bakal lahirin anak-anak di rumah sakit, tapi di dukun beranak. 

Kalau anak cuma demam, yang saya lakukin adalah banyakin kasih minum. Terus, ada satu minyak  herba yang memang jadi andalam di rumah. Jadi kalau mereka deman, semua badan diolesin minyak itu. terus besokan paginya mereka seger lagi. Kecuali, kalau panasnya sudah lebih dari 3 hari dan naik turun, barulah pakai opsi terkahir yaitu ketemu dokter.



Prinsip saya, kalau masih bisa ditangani di rumah, ya ngga perlu ke dokter. Jadi yang akan saya lakukan ketika anak sakit itu : 
  • Tetap tenang dan berusaha ngga panik. Karena anak itu bisa banget merasakan kekhawatiran orangtua. 
  • Gunakan obat atau herba yang ada di rumah. Makanya, penting banget loh kita tuh punya obat-obatan basic kaya penurun panas atau pereda nyeri. Untuk herbalnya, madu bagus banget buat selalu ada di rumah
  • Perbanyak minum. Terlebih lagi jika anak demam. Berikan anak minum air hangat atau suhu ruang. Nanti, suhu tubuhnya Insya Allah beranjak turun lewat pipis
  • Minta anak untuk istirahat. Full istirahat ya, jangan dianya tiduran tapi masih dikasih gawai. 
Ketika 3 hari dirawat di rumah, tapi ngga menunjukkan perubahan, baru deh yaa ke dokter. Tapi tetap tenang agar anak pun bisa tenang, ngga rewel. Beritahu gejala yang dialami anak pada dokter dan penanganan yang sudah kita lakukan di rumah. Dengan begitu, dokter bisa ambil tindakan yang tepat dan memberikan obat yang sesuai.




Beberapa waktu yang lalu, saya diundang sama The Urban Mama di acara yang ngobrolin seputar kesehatan keluarga. Ada dr. Sarah Audia Hasna yang jadi narasumber. Menurut dr. Sarah, penyakit yang paling sering dialami dalam kehidupan sehari-hari itu antara lain:
  • Demam karena infeksi 
  • Demam biasa 
  • Diare
  • Nyeri haid
  • Sakit perut 
  • Sakit gigi
  • Sakit kepala
  • Trauma fisik 
Penyakit-penyakit tersebut biasanya masih bisa ditangani di rumah, asal memang kita sedia obatnya. Kalau baru demam biasa, bisa dicoba pakai obat penurun panas yang bisa dibeli bebas. Dr. Sarah mengatakan, kita dianjurkan ke dokter ketika demam ngga turun selama 48-72 jam. Untuk bayi <3 bulan jika suhunya mencapai 38 decel, bayi 3-12 bulan dengan suhu >39 decel, dan anak /dewasa dengan suhu >40,5 decel. Jika suhunya tetap segitu saja, boleh segera dibawa ke dokter. 

Kita kan maunya anak dan anggota keluarga selalu sehat-sehat saja ya. Karena sedih juga kalau sampai lihat mereka sakit. Tapi namanya manusia, sakit itu jadi sunatullah. Kaya sesuatu yang pasti terjadi. Karena kita kan bukan robot yang ngga bisa sakit.



Dr. Sarah menambahkan, terapi demam yang bisa dilakukan di rumah yang bisa kita lakukan adalah 
  • Pemberian cairan dalam jumlah banyak untuk mecegah dehidrasi
  • Istirahat yang cukup 
  • Tidak memberikan pakaian yang tebal sehingga menimbulkan panas yang berlebih 
  • Memberikan kompres air hangat. Pemberian kompres hangat ini efektif terutama setelah pemberian obat. Jangan kompres pakai air dingin, ingat ya buibu karena itu salah banget. Kompres air dingin itu malah bisa meningkatkan kembali suhu inti. 
Penggunaan parasetamol juga diperbolehkan sebagai pereda demam dan nyeri. Menurut dr. Sarah, parasetamol paling aman digunakan sebagai antipiretik (penurun panas) dan analgesik (pereda nyeri). Kalau menggunakan parasetamol yang dijual bebas tanpa resep dokter, selalu perhatikan petunjuk penggunaannya ya. Karena, pemberian parasetamol yang berlebihan akan menyebabkan hepatotoksik dan nefropati analgesik. 

Biogesic, Pereda Nyeri Yang Aman Untuk Keluarga


Penurun panas dan pereda nyeri merupakan obat-obatan dasar yang perlu ada di kotak P3K. Apalagi buat yang punya anak kecil. Demam itu jadi penyakit yang wajar dialami. Tinggal penanganannya saja yang perlu diperhatikan.



Demam juga kadang dibarengi sama nyeri. Nyerinya memang bikin ngga nyaman. Kita saja yang orang dewasa bakal ngeluh kalau lagi nyeri badannya, gimana anak kecil  kan. Tidak ada salahnya, selain sedia obat penurun panas, sediakan juga pereda nyeri. Salah satu pereda nyeri yang bisa jadi pilihan adalah Biogesic.

Biogesic ini sudah bertahun-tahun direkomendasikan oleh dokter untuk meredakan nyeri. Obat pereda nyeri ini mengandung 100% paracetamol tanpa kafein, jadi aman dikonsumsi oleh semua anggota keluarga. Untuk dewasa, pakainya Biogesic Tablet yang mengandung 500mg paracetamol. Sedangkan untuk anak-anak, bisa gunakan Biogesic Sirup yang mengandung 160mg paracetamol.



Biogesic direkomendasiikan oleh dokter karena aman digunakan, tidak menyebabkan iritasi pada lambung, bahkan aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Kemasan ekonomis yaitu 4 tablet dalam satu strip dan harganya pun terjangkau. Jadi lebih simple kalau mau dibawa-bawa. Kan sakit itu ngga bisa diprediksi, jadi sedia obat sebelum sakit ya.

Karena Mencegah Lebih Baik Dari Mengobati


Sedia sesuatu untuk mencegah sesuatu. Maksudnya kaya gitu. Jadi, jangan nunggu sakit dulu baru cari obat. Iya, kalau sakitnya ketika dimana dokter atau apotik buka kalau lagi pada libur, gimana? Jadi, ngga ada salahnya selalu sedia obat-obatan atau herbal di rumah. Atau saat mau traveling, jangan lupa bawa obat-obatan. Terutama kalau travelingnya ke negara dengan suhu yang ekstrim, obat-obatan wajib dibawa.




28 komentar:

  1. Wah bisa jadi solusi kalau nyeri nih ya Mbak, Biogesic. Untuk si kecil juga bisa

    BalasHapus
  2. Bener banget nih Mbak, lebih baik mencegah memang daripada mengobati

    BalasHapus
  3. Oh jadi kalau belum terlalu sakit dan masih bisa diobati lebih baik diobati sendiri ya di rumah

    BalasHapus
  4. Wah bermanfaat banget nih Mbak artikelnya. Terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  5. Memang biasnya saya juga gitu Mbak, kalau masih bisa diobati di rumah ya di rumah dulu hehe

    BalasHapus
  6. Kesehatan anak emang kudu kita jaga dgn sebaik2nya ya Mba
    Kudu siap sedia untuk menghadapi cuaca yg tdk menentu.
    Bravo, emak setrong!
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  7. Lengkap banget produk Biogesic nya Mbak, Kudu punya di rumah buat kotak P3K nih
    Catet dehhh tips-tipsnya nihh Mbak. Makasih banyak buat informasinya yahh ^_^

    BalasHapus
  8. Biogesic andalanku juga nih. . waktu hamil anak2, dokterku juga kasi resep ini kalo flu dan sejenisnya.. jadi aman buat bumil..

    BalasHapus
  9. Bener banget, kalau anak sakit, Tetap tenang dan berusaha ngga panik. Karena anak itu bisa banget merasakan kekhawatiran orangtua. dan jadinya kalau panik anaknya tambah tinggi demamnya, entah kenapa'


    Biogesic lebih aman toh? Noted, saya selama ini mengaandalkan minyak kayu ptuih aja sih emang, sama peppermint oil

    BalasHapus
  10. Makasih ya mbak, infonya berguna banget nih. Aku suka bingung tuh kalau anak sakit trus badannya nyeri2 gitu. Alhasil jadi begadang semalaman deh buat mijit2 dia. Next aku beli biogesic aja deh

    BalasHapus
  11. Iyaap sepakat banget buat mencegah mba lebih baik daripada mengobati. Dan memang obat penurun panas tuh wajib banget ada di rumah buat anak-anak y

    BalasHapus
  12. oh kandungannya parasetamol ya, lebih aman untuk anak.
    Kalau SID sakit sebisa mungkin treatment di rumah kecuali jika demamnya tinggi atau lebih dari 3 hari.

    BalasHapus
  13. Iya sih. Obat pereda demam dan nyeri begini mutlak harua ada di kotak obat, ya. Karena biasanya itu gejala awal banyak penyakit dan bikin ga nyaman

    BalasHapus
  14. Wah, noted banget yang tidak boleh kompres pakai air dingin. Padahal ada yang kompresnya pakai air es... Salah ya berarti itu...

    BalasHapus
  15. Aku dulu suka suka asal ngasih obat demam (maksudnya, gak dihitung dulu)
    Sejak berteman dengan seorang dokter, beliau sering bilang kalau takaran obat bukan berdasarkan usia, tapi berdasarkan BB anak.
    Oke,
    Sekarang kalo ngasih obat, mamak ngitung dulu.

    BalasHapus
  16. Eh sebelum komen ini tadi aku liat nama blognya siapa, tibake beneran ibuk Suci wkwkwkk :P
    Eh aku taunya Biogesic buat obat pusing dewasa, ternyata ada obat sirup buat anak2nya ya, semacam parcet gtu?
    Iya kalau anak2 sakit mumet, aku biaanya kalau demam jg nunggu 24x3 jam :D

    BalasHapus
  17. Wah ada Fifi Alvianto juga ya itu, lama tak ketemu sama Fifi. Btw aku baru tau kalau Biogesic ini bisa untuk anak-anak juga ya kak?

    BalasHapus
  18. Bisa jadi stok nih buat anak. Sebab kadang meski udah dijagain ada ja yang out of kontrol. Ada aja yang butuh obat yah.selain selalu kasih nutrisi yang baik

    BalasHapus
  19. Baru tahu dengan varian Biogesic anak ini. Aku sering pakai yang gede. Bisa nih jadi referensi obat saat anak sakit.

    BalasHapus
  20. Aku biasanya merek sebelah makenya. Tapi itu aku baru tahu kalau biogesic ada buat anak. Seingatku ini merek buat pusing kepala dewasa. Wuih inovasi ya.

    Walau aku jarang ngasih obat ke anak, bisa jadi salah satu pilihan penurun panas ya

    BalasHapus
  21. Biogesic andalanque dikala badan greges, demam ringan, pusing keliyengan

    BalasHapus
  22. Kalau anak udah sakit duh suka panik apalagi anak satu-satunya, tapi Alhamdulillah untungnya anak saya jarang sakit juga jadi bisapelan-pelan saya dan suami berfikir tenang dan berdiskusi bagaimana penanganan kalau anak sakit lagi.

    BalasHapus
  23. Kadang emak jauh lebih ribet dan cemas ketimbang anaknya yang sakit ya. Tapi memang begitulah seorang ibu, padahal sikap tenang lebih membantu bagi si anak ya hehe

    BalasHapus
  24. Kau selalu nyimpen obat analgesik di kotak obat. Selalu pilih yang aman buat anak. Boleh juga nih informasi ttg Biogesicnya

    BalasHapus
  25. Paling gak tega kalau lihat anak sakit, jadi sebisa mungkin kita mencegah agar anak tidak sakit.
    Andalan saya yang pertama saat anak sakit, memberinya banyak minum dan cukup beristirahat.

    BalasHapus
  26. Menantikan acara ini hadir juga di Surabaya soalnya edukasi soal medis sangat perlu sebab belum semua mampu memahami dengan baik soal pengelolaan obat

    BalasHapus
  27. Wah berarti selama ini saya salah dong. Kalau anak-anak demam tinggi, biasanya saya kompres pakai air dingin

    BalasHapus
  28. setuju banget mbak, mencegah lebih baik daripada mengobati jadi saya lebih memilih untuk cerewet dalam hal mengajari anak-anak minum air putih minimal 2 liter perhari, makan buah dan sayur sehingga daya tahan tubuh mereka bagus. Nice share
    --bundadzakiyyah[dot]com

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...