badge

Sabtu, 01 Agustus 2020

Berbagi Kebaikan Kurban Bareng Dompet Dhuafa

Tiap masuk bulan Dzulhijah, pasti sudah banyak yang siap-siap nyari hewan kurban. Di sekitar rumah juga sudah banyak yang jual hewan kurban. Jadi kalau sudah lihat banyak kambing, domba, dan dan sapi di pinggir-pinggir jalan, artinya sebentar lagi mau lebaran haji. 

Kurban di Dompet Dhuafa


Beruntung banget kalau tiap tahun bisa kurban.Terakhir bisa beli hewan kurban sendiri itu 2 tahun yang yang lalu. Mulai dari pilih kambing sampai nganter ke masjid, saya lakukan sendiri. 

Saya pun maunya setiap tahun ada lah hewan kurban yang yang diberikan ke masjid terdekat.Tapi, mentok lagi di budget. Sedih banget sebenarnya. Kalau mau dipaksakan nabung sejak bulan Dzulhijah tahun lalu, pasti bisa aja. Cuma ya gitu deh. Kadang ada aja pengeluaran yang (menurut saya) lebih prioritas. 

Ya Allah. Harusnya buat urusan ibadah, apalagi kurban ini kan ibadah yang khusus buat Allah, lebih diutamakan dari yang lain. Semoga tahun depan dimampukan lagi buat beli hewan kurban. 

Kurban Ngga Repot, Sama Dompet Dhuafa Aja


Ahad (31/07) kemarin, bertepatan sama Idul Adha 1441 hijriah, saya mampir ke Zona Madina Dompet Dhuafa. Etapi bukan sekadar mampir sih, tapi memang mau lihat pemotongan hewan kurban. Hewan kurbanya istimewa karena hasil dari Sedekah Daging yang jadi programnya Dompet Dhuafa. Kemarin itu yang saya saksikan adalah penyembelihan satu ekor sapi. 

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa



Daging hewan kurban yang disembelih di Zona Madina, dibagikan ke warga sekitar. Ada juga yang diolah lalu dibagikan ke tenaga kesehatan Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa. 

Oh iya, daging yang diolah menjadi Tengkleng, menu khas Jawa yang mirip tongseng. Tengkleng ini diolah sama chef Aiko. Hasilnya? Enak banget. Baru pertama makan Tengkleng dan ternyata sedap banget. Tapi karena saya ngga suka daging, jadi saya makan kuahnya aja :p duh, beneran sedap banget. Apalagi kalau pakai nasi hangat #ehh 

Tengkleng


Program Sedekah Daging yang diadakan oleh Dompet Dhuafa ini, buat mengcover mereka yang mau kurban tapi dananya tuh ngga cukup. Tahu sendiri kan, pandemi ini bikin perekonomian kita jadi kacau balau. Banyak yang kena kehilangan pekerjaan dan mata pencaharian. Program Sedekah Daging ini seakan jadi solusi bagi mereka yang mau berbagi hewan kurban dengan dana yang seadanya. Karena mulai dari 100 ribu rupiah aja, kita sudah bisa sedekah. Alhamdulillah, walau ngga banyak, saya bisa jadi bagian dari Sedekah Daging. 


Berbagi #KebaikanKurban Dengan Tebar Hewan Kurban Hingga ke Pelosok Nusantara


Selain Sedekah Daging, program tahunan yang diadakan Dompet Dhuafa adalah Tebar Hewan Kurban (THK). Nah, THK ini sudah berlangsung sejak tahun 1994. Jadi sudah 26 tahun Dompet Dhuafa menyebarkan manfaat hewan kurban. Penyebaran hewan kurbannya sudah sampai ke pelosok nusantara. Masyarakat di daerah-daerah pelosok yang jarang banget makan daging, bisa menikmati daging kurban dari para donatur yang mempercayakan kurbannya di Dompet Dhuafa. 

Tebar Hewan Kurban Dompet Dhuafa


Tahun 2019 lalu, hewan kurban yang disebar oleh Dompet Dhuafa mencapai 23.792 ekor setara kambing dan domba. Penerima manfaatnya mencapai 1.549.552 jiwa di seluruh pelosok nusantara.

Tahun ini, ada sekitar 38 ribu lebih hewan kurban setara domba dan kambing yang disebar oleh Dompet Dhuafa. Penyebarannya akan dilakukan di 33 propinsi dan 140 kabupaten / kota,hingga ke Masamba dan Papua. Sebagai informasi, Masamba ini adalah daerah yang terdampak bencana belum lama ini. Jadi, penyebaran hewan kurbannya tepat sasaran.  

Etika Setiawanti selaku GM Marketing Communication Dompet Dhuafa, menyampaikan terima kasihnya kepada semua orang baik yang mempercayakan kurbannya pada Dompet Dhuafa. Berkat para donatur lah, Dompet Dhuafa bisa menjadi perpanjangan tangan untuk menebarkan kebaikan. Bahkan hingga ke daerah pelosok yang jarang tersentuh. Insya Allah, kebaikan para donatur dibalas pahala yang berlipat oleh Allah SWT. 

Pengalaman Dompet Dhuafa dalam menyampaikan kebaikan, ngga perlu diragukan lagi. Amanah dan profesional. Setiap donatur akan mendapatkan laporan yang transparan dan bisa dipertanggungjawabkan. Jadi ngga perlu ragu yaa kalau mau berdonasi lewat Dompet Dhuafa. 

Tahun depan, yang belum berkesempatan berkurban, semoga dimudahkan rezekinya oleh Allah untuk bisa berkurban. Sungguh, kurban ini bisa jadi bukti cinta kita pada Allah, Sang Pemberi Rezeki. Kalau memang diniatkan, Insya Allah ada aja jalannya. 

Semangat ya nabung buat kurban tahun depan. 

Risalah Husna Dompet Dhuafa



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...