badge

Minggu, 07 Februari 2021

Tips Memilih Camilan Yang Baik Untuk Anak

 

Ada jam diantara waktu makan, dimana biasanya dipakai kita bisa menikmati kudapan atau makanan ringan. Nah, jam itulah yang kita kenal sebagai jam atau waktu ngemil. Diambil dari bahasa camilan atau cemilan, yang artinya makanan ringan yang dinikmati ketika senggang. Bentuknya pun bisa beragam banget yaa. Mulai dari yang ringan banget kaya biskuit hingga yang agak berat seperti roti. Yang lucunya sih, ada yang makan mie instant sebagai camilan. Yha, terserah aja sih sebenarnya. Tapi ya kaya ngga pas aja gitu :p 


Nah, buat yang punya anak, biasanya ngasih camilan apa ke anak? Yang paling simple sih semacam biskuit-biskuit gitu ya. Selain yang manis-manis, camilan crunchy dan gurih juga banyak jadi pilihan. Ya kalau itu sih, ngga cuma anak-anak yang suka, tapi orang dewasa juga suka banget. 

Beberapa waktu yang lalu, saya ikutan webinar bareng yang mengangkat tema bagaimana memilih camilan yang baik untuk anak. Nah, dari situ saya dapat insight kalau ternyata, memilih camilan juga ngga boleh sembarangan. Maksudnya, ada yang perlu diperhatikan ketika memilih camilan. Mikirnya jangan sekadar enak, murah, atau yang penting anak suka. 


Dari webinar yang saya ikuti itu, ada 4 poin penting yang perlu diperhatiakan ketika memilih camilan. Jadi, ini tips memilih camilan yang baik untuk anak

  • Sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk anak. Perlu diketahui, berdasarkan rekomendasi dari WHO, kebutuhan kalori anak tidak lebih dari 20% dari total kebutuhan energi harian. Misalnya untuk anak 7-9 tahun kebutuhan kalorinya hanya 330. Gula tidak boleh lebih dari 50 gram, dan lemak jenuh tidak lebih dari 10% total energi. 
  • Memiliki ijin edar dari BPOM dan tidak mengandung Bahan Tambahan Pangan (BTP) berbahaya. Bahan berbahaya yang dimaksud itu seperti : asam borat, asam salisilat, dulsin, kalium klorat, dietilpirokarbonat, kloramfenikol, minyak nabati yang dibrominasi, nitrofurazon, formalin, hingga pewarna tekstil Rhodamin B. 
  • Mengandung tinggi serat. Cemilan yang mengandung buah-buahan bisa menjadi pilihan yang baik. Karena, buah-buahan memiliki kadar serat yang tinggi dan mudah dicerna anak. Buah juga banyak mengandung vitamin yang baik bagi tumbuh kembang anak. 
  • Mengandung kebaikan susu. Susu bisa menjadi sumber energi bagi anak-anak. Kandungan kalsium dan kalori yang terkandung pada susu, juga baik untuk menunjang pertumbuhan tulang anak. 
Itu 4 tips memilih camilan yang baik untuk anak. Tips di atas mungkin bisa jadi rekomendasi bagi orangtua, agar ngga salah dalam memilih camilan untuk anak. 

Kenapa Harus Memilih Camilan Yang Baik Untuk Anak ?


Camilan bukan sekadar makanan yang dimakan asal happy aja. Camilan pun sama kaya makanan pokok, harus diperhatikan banget nutrisinya. Biasanya, orangtua lebih fokus pada gizi dalam makanan pokok aja. Padahal, camilan juga ngga kalah penting loh. 

Hasil studi SMERU menunjukkan, ada sekitar 97.7% anak Indonesia yang mengkonsumsi lebih banyak camilan daripada sayuran. Lebih lanjut, hasil studi juga menunjukan kalau camilan yang dikonsumsi itu mengandung gula, lemak jenuh, dan kalori yang berlebihan dari AKG. Camilan asin dan gurih juga sering jadi camilan yang banyak dikonsumsi. Padahal rasa gurih itu punya semacam zat adiktif. Jadi ngga heran kalau anak itu suka ketagihan sama camilan yang gurih. 

Tips Memilih Camilan



Kenapa buat urusan makan camilan aja mesti dipikirin banget? dan kenapa kita sebagai orangtua harus bisa memilih camilan yang baik untuk anak?

Menurut dr. Atilla yang hadir sebagai narasumber, camilan punya peran penting juga dalam meningkatkan tumbuh kembang anak. Bayangkan kalau porsi camilan itu lebih banyak dari makanan pokok, lalu, orangtua ngga aware sama apa yang dimakan anak. Apa yakin kebutuhan nutrisi mereka bisa terpenuhi? Padahal, anak-anak itu kan masih dalam pertumbuhan. Dimana, kita sebagai orangtua punya peran penting buat memantau pertumbuhan mereka.

Camilan yang sesuai dengan AKG akan membantu anak tumbuh dengan baik. Kalau mereka tumbuh baik, kitanya juga happy kan. Camilan juga bisa membuat mood anak jadi lebih baik. Nah, di era belajar ngga hadapan sama guru a.k.a belajar daring #dirumahaja, mood anak jadi hal yang penting juga. Kalau mereka ngga mood belajarnya, dipaksa pun hasilnya jadi ngga baik kan. 

Paddle Pop dengan Logo 'Cemilan Baik Untukmu'


Agar orangtua ngga bingung milih camilan untuk anak, sekarang ada loh camilan yang ada logo 'Cemilan Baik Untukmu'. Artinya, camilan ini sangat bisa jadi pilihan camilan yang tentu sehat. Nah, logo itu hanya ada di kemasan es krim Paddle Pop

Jadi, harus ngemil es krim terus gitu? oh ya ngga papa. Menurut dr. Atilla, eskrim baik dikonsumsi walau setiap hari. Asal anak ngga punya alergi susu dan dalam kondisi sehat, silakan aja makan eskrim. Etapi, bukan sembarang eskrim juga ya. Pilih eskrim yang memang terbuat dari bahan yang tidak membahayakan. 




Paddle Pop meluncurkan logo 'Cemilan Baik Untukmu' sebagai wujud nyata dalam menerapkan standar camilan sehat, sesuai dengan Angka Kecukupan Gizi. Logo baru ini juga untuk mendukung orangtua dalam memilih camilan yang sehat untuk anak. Hanya dengan melihat logo "Cemilan Baik Untukmu' pada kemasan Paddle Pop, kita bisa memastikan bahwa kandungannya sudah sesuai standari WHO. Kalori yang terkandung dalam es krim Paddle Pop hanya 110 kkal, 12 gram gula, dan 3 gram lemak jenuh. 

Yuk, Main Bareng #PaddlePopMainYuk 


Selain camilan yang mendukung tumbuh kembangnya, bermain juga bisa jadi stimulasi untuk pertumbuhan anak. Anak yang aktif bermain, motoriknya bisa berkembang dengan sempurna. Nah, selain menyediakan camilan yang sehat, Paddle Pop juga mendukung anak untuk bermain lewat campign #PaddlePopMainYuk 

Tips Memilih Camilan Untuk Anak



Nah, beberapa waktu yang lalu, anak-anak dapat hampers dari Paddle Pop. Isinya itu beneran bikin anak-anak happy. Ada sekotak es krim Paddle Pop dengan berbagai pilihan rasa. Box hampersnya ngga kalah seru. Karena boxnya itu adalah papan permainan yang terdiri dari ular tangga, teka-teki silang, dan asah otak lainnya. Jadi, sambil ngemil eskrim, anak-anak bisa sambil main juga. Ngga cuma anak-anaknya yang happy, bundanya juga ikutan happy, karena kebagian es krim dan bisa ikutan main juga. 

Selain es krim dan papan permainan, ada papan jadwal ngemil yang bisa ditempel di kulkas. Anak-anak bisa bikin jadwal ngemil setiap harinya, dengan menempelkan magnet berbentuk buah dan es krim. 



Sekotak hampers dari Paddle Pop, beneran bisa bikin mood anak-anak jadi bagus. Mereka senang bisa main lewat papan permainan. Lalu, yang paling bikin mereka happy, mereka bisa ngemil es krim favorit tanpa dicerewetin bundanya. Karena, sekarang bundanya sudah tau kalau bagaimana memilih camilan baik untuk anak. Pilih yang ada logo 'Camilan Baik Untukmu' aja. 


30 komentar:

  1. setuju banget, sebagai seorang ibu harus paham cara memilih cemilan yang tepat, sehat, dan enak untuk anak-anak di rumah :)

    BalasHapus
  2. Seneng banget ternyata selain enak dan terjangkau, paddle pop juga termasuk camilan sehat untuk anak-anak. im a happy consumer!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy too. Karena eskrim termasuk camilan favorit anak-anak

      Hapus
  3. Tanggung jawab orang tua yang sesungguhnya adalah bisa memberikan yang terbaik untuk buah hatinya ya. Ditambah sudah ada jaminan camilan baik dari logonya ini, bikin makin tenang saja nih dalam menemani nih hatinya....

    BalasHapus
  4. Kalau anakku dapat hampers ini pasti girang bukan main. Soalnya dia penyuka eskrim. Apalagi hampersnya bisa dipake main dan tidak perlu ragu soal kandungan nutrisinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anakku sampe senyum-senyum terus liat hampersnya

      Hapus
  5. Ini sih aku juga sukaaa. Klo krucils mau ngemil es krim, aku memang selalu saranin paddle pop aja. Karena dia tuh gak cuma manis tapi juga sehat. Jadi aku tenang banget deh klo mereka jajan es krimnya paddle pop. Harganya pun bersahabat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, harga juga penting buat buibu. Paket komplit, udah enak, sehat, harganya terjangkau pula

      Hapus
  6. Wah Paddle Pop kalorinya sesuai standar ya? Jangankan buat anak2, buat emak2 yang lg program diet pun bisa nih ya nyemil2 paddle pop tanpa khawatir akan lemak dan gulanya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibu Bapaknya juga bisa girang banget makan eskrim.

      Hapus
  7. Memang kudu hati2 memilih cemilan untuk anak, no satu kandungan gizinya yah

    BalasHapus
  8. cemilan yang baik untuk anak pastinya kadar gula dan kalorinya berimbang, plus karena lagi masa pertumbuhan perlu banget yang bergizi kaya Paddle Pop dengan kandungan buah dan susunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas buat anak yang lagi dalam masa pertumbuhan.

      Hapus
  9. awalnya aku sering kawatir ponakanku makan paddle pop yang rainbow sering2. eh baca2 gini kan jadi ngerti klo paddle pop termasuk cemilan yang baik buat anak. harganya juga ramah di kantong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang udah ngga ragu lagi yaa kak. Karena aman kok

      Hapus
  10. Paddle pop ini es krim favoritku sejak kecil, karena rasanya lebih segar dan gak bikin eneg. Paling suka yang varian pelangi, enak bangeett

    BalasHapus
    Balasan
    1. Paddle Pop memang mewarnai masa masa kecil kitaa semua ya

      Hapus
  11. Memilih cemilan yang baik sesuai angka kecukupan gizi ya kak. AKu kalau beli camilan juga suka lihat di bagian kemasan, mengenai protein, karbo dan lemaknya. Hehe.
    Paddle pop ini enakkk, anakku semua suka. Termasuk emaknya sih wkkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, aku juga suka baca juga kandungan gizi dari camilan yang aku beli. Biar ngga salah pilih

      Hapus
  12. Kalau dulu suka was-was anakku minta es krim sering-sering, tapi sekarang semenjak Paddle Pop ada logo cemilan baik untukmu jadi gak worry deh.

    BalasHapus
  13. Nggak cuma anak2, akupun jg suka es krim. Bhkn selalu nyetok di kulkas hehehe. Jd makin yakin deh sama es krim paddle pop ini krn ternyata mengandung gizi yg baik bagi anak2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sampe nyetok yaa. Seneng banget pasti anak-anak, pas buka kulkas bisa langsung nemu eskrim

      Hapus
  14. Iya dong buat anak harus dipikirkan benar-benar karena anak-anak investasi terbaik orang tua. termasuk urusan asupan makanan yang masuk ke dalm tubuhnya

    Akupun cukup ketat loh urusan makanan atau camilan untuk anak-anak

    BalasHapus
  15. Paddle Pop mah cemilan untuk semua haha bukan cuma untuk anak2 soalnya semua suka. Orang dewasa kyk aku suka bgt Paddle Pop hohoho

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...