badge

Jumat, 13 Agustus 2021

7 Tips Memilih Bimbingan Belajar Untuk Anak

 

Sekarang sudah masuk tahun kedua anak-anak sekolahnya cuma dari rumah. Bosan? pasti. Apalagi buat anak yang tipikal belajar harus berhadapan dengan guru. Belajar dengan metode Dalam Jaring (Daring) pastinya sangat membosankan. Ya jangankan anak yang sekolah, orangtua juga sudah banyak yang ngga sanggup dengan metode belajar jarak jauh kaya sekarang. 

Bimbingan Belajar Untuk Anak

Cuma ya mau gimana lagi kan. Kebijakan pemerintah yang mengubah metode belajar seperti sekarang ini, ya demi kebaikan dan kesehatan bersama. Kita sama-sama berdoa dan berharap, pandemi ini lekas usai. Supaya anak-anak bisa kembali ke sekolah seperti dulu lagi. 

Ketika metode belajar jarak jauh yang diterapkan sekolah masih kurang efektif, banyak orangtua yang akhirnya, memberikan tambahan belajar lewat lembaga bimbingan belajar. Walau saat ini lebih banyak yang menerapakan bimbel secara online. Namun, lewat bimbingan belajar luar sekolah, anak akan lebih terbantu proses belajarnya. Karena biasanya, di bimbingan belajar, jumlah siswanya dibatasi. Malah ada bisa privat juga. 

Jika buibu ada yang berniat memasukkan anak di bimbingan belajar, ada 7 tips memilih bimbingan belajar untuk anak, yang mungkin bisa jadi referensi. 

1. Kredibel dan Berpengalaman

Ini bisa dilihat dari kualitas siswa yang ikut lembaga bimbel yang akan dipilih. Apakah berhasil masuk ke sekolah-sekolah favorit, mendapatkan nilai terbaik di sekolahnya, hingga jumlah siswa yang masuk lembaga bimbel tersebut. Selain itu, kita juga bisa mencari tahu apakah bimbel yang dituju memiliki legalitas dan terpercaya. 

2. Sistem Pembelajaran 

Sistem pembelajaran ini mencakup kurikulum, implementasi dan proses pembelajaran, kompetensi, serta target serta parameter output. Lembaga bimbel yang baik, sistem pembelajarannya biasanya akan sejalan dan sesuai dengan kurikulum dari Dinas Pendidikan Nasional. 

3. Mentor atau Guru yang Berpengalaman

Ini juga jadi poin yang harus dipetimbangkan. Sebelum benar-benar mendafatarka anak di lembaga bimbel, kita bisa cari tahu dulu tentang guru dan mentor yang akan mengajar. Apakah memiliki latar pendidikan yang sesuai, hingga pengalaman mengajarnya seperti apa. 

4. Layanan Pendidikan 

Setiap bimbingan belajar biasaya memiliki layanan yang baik bagi para siswanya. Layanan tersebut berupa laporan hasil belajar, evaluasi rutin dan berkala, informasi perkembangan belajar, pendampingan khusus, hingga problem solving. Semuanya bisa ditanyakan sebelum mendaftar. 

5. Fasilitas 

Secara fisik, mungkin bangunan atau gedung tempat bimbel yang represntatif bisa jadi pertimbangan. Jika didukung dengan fasilitas yang memadai, diharapkan anak bisa belajar dengan nyaman. Selain tempat belajar atau ruang kelas yang nyaman, fasilitas yang mendukung seperti modul, akses internet, serta fasilitas lain yang mendukung proses pembelajaran. 

6. Biaya Belajar 

Biaya juga harus menjadi pertimbangan ketika memilih lembaga bimbel. Sesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang kita miliki. Apakah output yang nantinya dihasilkan, sepadan dengan biaya yang dikeluarkan. Oleh karenanya, kita bisa cari informasi terlebih dulu sebelum benar-benar mendaftarkan anak di lembaga bimbel. Apakah bimbel yang dipilih menerapkan biaya bulanan, semester, atau tahunan. Itu juga bisa jadi pertimbangan agar tidak menyesal di kemudian hari. 

7. Metode Belajar 

Metode belajar tiap bimbel mungkin berbeda satu sama lain. Keunikan metode belajar yang diterapkan setiap bimbel mungkin jadi daya tarik tersendiri. Metode belajar yang dipakai oleh bimbel, tujuannya agar siswa mudah dalam mengerjakan soal dan tugas secara tepat dan cepat. Bimbel yang baik biasanya memiliki metode belajar sesuai kebutuhan siswanya. Siswa tidak hanya bisa mengerjakan dengan tepat, tapi juga paham akan materi yang diberikan. 

Memilih Bimbingan Belajar Online, Kenapa Tidak?

Jika mengkuti kebijakan pemerintah, proses belajar diharapkan bisa dilakukan dari rumah untuk sementara ini. Sekolah belum diizinkan untuk belajar secara tatap muka secara full, seperti dulu. Karena situasi pendidikan formal belum kembali normal, memberikan tambahan belajara lewat bimbingan belajar online, bisa jadi pertimbangan. 

Salah satu bimbel online yang bisa menjadi pilihan adalah Kelas Pintar. Jadi, Kelas Pintar adalah solusi belajar online yang memiliki metode pintar, personal, dan terintegrasi. Didesain untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran. Tujuannya, siswa bisa mendapatkan yang lebih baik. 

Setiap siswa itu punya preferensi dan cara belajar yang beda-beda. Makanya, Kelas Pintar memakai pendekatan personal melalui penyampaian materi yang disesuaikan dengan karakter siswa. Baik itu secara visual, audio, maupun kinestetik. Kelas Pintar menggunakan metode pembelajaran PINTAR yang menggunakan pendekatan Learn, Practice, dan Test. Tujuannya, untuk memastikan siswa bisa menyerap kurikulum pendidikan di Indonesia. 

Bimbingan Belajar Online Kelas Pintar
Fitur Kelas Pintar 

Fokus utama Kelas Pintar adalah untuk menguatkan dan mensinergikan peran guru, sekolah, dan orangtua, dalam proses pembelajaran siswa melalui sebuah platform yang terintegrasi. Kelas Pintar juga menjadi platform yang dapat merekam proses belajar siswa, untuk digunakan sebagai bahan analisa bagi guru, orangtua, dan juga sekolah dalam memahami karakter, potensi, dan kesulitan siswa dalam belajar.

Sambil menunggu sekolah tatap muka kembali dibuka, tidak ada salahnya memberikan tambahan belajar untuk anak. Dengan metode yang menyenangkan, berharap anak ngga bosan untuk belajar. Bimbingan belajar online bisa jadi pilihan untuk anak-anak kita. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...