badge

Rabu, 29 September 2021

Main ke Dufan Lagi Setelah 4 Tahun Berlalu

 

Setelah 4 tahun berlalu, akhirnya saya bisa menginjakkan kaki lagi ke Dunia Fantasi (Dufan). Ya Allah, berasa kaya mimpi bisa main lagi ke Dufan. Padahal ya ngga susah-susah banget juga sih kalau mau ke Dufan. Eh pas kemarin itu, momennya pas aja. Akhirnya bisa ke Dufan lagi walau harus sendirian banget. 

Dufan Buka Lagi

Karena masih Pandemi belum pulih banget, jadi di Dufan ada banyak sekali peraturan baru. Tujuannya ya biar sama-sama aman aja. Anak di bawah 12 tahun belum boleh masuk, jadi itu alasan saya terpaksa harus pergi sendirian. Lah wong anak-anak saya di rumah, usianya di bawah 12 tahun semua. Tapi ya ngga masalah lah pergi sendirian juga. Malah enaknya bisa bebas nentuin mau main apa aja :p 

Masuk ke gerbang Ancol, petugas minta buat scan barcode lewat aplikasi pedulilindingi. Hanya yang sudah vaksin minimal dosis 1 aja, yang dibolehkan masuk. Pas sudah di Area Ancol, agak bingung juga nyari pintu masuk Dufan. Ingatnya, pintu masuk Dufan persis di samping Hotel Discovery. Eh, ternyata pindah dong. Pintu masuknya bergeser ke gerbang yang jauh lebih besar. Mana area parkirnya agak-agak spooky dengan rumput-rumput yang meninggi. Ngga dijamah hampir 2 tahun, bikin kawasan Ancol jadi gimanaa gitu. 

Masuk Dufan

Masuk ke gerbang Dufan, saya disambut lagi sama petugas. Mereka minta ditujukan e-ticket masuk Dufan. Jadi for your information, tiket sudah ngga bisa beli langsung di loket, kaya dulu. Semua proses pembelian tiket harus dilakukan online. Bisa beli tiket lewat website Ancol atau bisa lewat aplikasi semacam traveloka, tiket, dan sebagainya. 

Setelah itu, masih harus masuk agak lumayan untuk sampai di pintu masuk. Tapi karena happy, jadi ngga masalah lah kudu jalan lagi. Toh, nanti pas mau main dari wahana satu ke wahana lain pun, kudu jalan juga. 

Di pintu masuk Dufan, petugas memeriksa tas dan barang bawaan. Setelah itu, langsung diarahkan buat cek tiket. Setelah scan barcode tiket, baru deh bisa masuk. Sekarang ngga pake dicap-cap segala tangannya. Padahal dulu, cap Dufan idi tangan tu keren banget loh. Pas kecil malah suka dijaga jangan sampai hilang capnya. Biar keliatan sama temen-temen kalau abis ke Dufan. 

Dunia Kartun Dufan

Ontang Anting Dufan

Karena sudah lama banget ngga ke Dufan, pas liat kondisi Dufan sekarang langsung bilang 'wowwww, keren'. Karena emang beda banget pas 4 tahun lalu saya ke Dufan. Sekarang kondisi Dufan jauh lebih bersih dan rapih. Senang banget lihatnya. Ada Dunia Kartun yang langsung keliatan mata ketika masuk ke area Dufan. 

Karena setiap hari pengunjungnya dibatasin, makanya berasa banget lebih lengang. Makanya, sebelum ke Dufan, harus reservasi H-1 dulu. Biar kebagian kuota. Karena kalau reservasinya mendadak di Dufan, takutnya full dan akhirnya kamu ngga bisa masuk deh. 

Penerapan Protokol Kesehatan di Dufan 

Kita tau kan ya kalau Pandemi ini belum pulih-pulih banget. Mereda sih, cuma belum dinyatakan selesai. Makanya, area wisata kaya Dufan ini punya tanggungjawab buat menerapkan protokol kesehatan yang benar. Kalau sudah siap buka, artinya Dufan sudah siap dengan segala konsekuensinya. 

Dunia Fantasi

Jadi, pas kemarin saya ke Dufan, saya melihat penerapan protokol kesehatannya cukup baik. Petugas pakai masker dan semua pengunjung dicek lewat aplikasi pedulilindungi. Area cuci tangan di Dufan banyak disediakan. Dan, petugas selalu mengingatkan setiap pengunjung untuk ngga menurunkan bahkan melepas masker. Setiap masuk ke wahana, petugas sudah siap sama hand sanitizer sebotol gede. Semua pengunjung harus disemprot dulu. Saking banyaknya pake hand sanitizer, berasa sih kulit jadi lebih kering. Tapi yaa mau gimana lagi kan. Itu udah aturan yang wajib dipatuh. 

Karena Dufan ditutup kelamaan akibat pandemi, jadinya banyak wahana yang harus diperbaiki. Saya pengen naik Niagara-gara aja akhirnya ngga bisa karena ditutup. 

Kora Kora Dufan

Halilintar Dufan

Jadi, wahana sudah bisa dinikmati oleh pengunjung itu diantaranya : New Ontang Anting, Baling-Baling, Halilintar, Arung Jeram, Tornado, Kora-Kora, Bianglala, Alap-Alap, Gajah Beledug, Zig-Zag, Istana Boneka, Burung Tempur, Pontang-Panting, Ombang-Ombang, Poci-Poci, Turangga-Rangga, Kolibri, dan Paralayang. Semua wahana itu kadang juga sewaktu-waktu ditutup buat maintanance. 

Walau wahananya ngga dibuka semua, tetep aja saya mah ngga bisa naik semua wahana yang dibuka. Saking tiap wahana tuh jauh-jauh, jadi kudu jalan lagi dan lagi. Mana panasnya mentereng banget deh kemarin itu. Lupa bawa topi, jadi berasa banget ke kepala panasnya. Saran saya, kalau ke Dufan jangan lupa bawa topi dan kacamata item kalau ada. Bukannya buat gegayaan, karena kalau pas panas kaya gitu, jadinya silau banget. Terus, jangan lupa bawa air minum, karna kalau gerah itu bawaannya haus aja, kan. 

Lebih Hemat Dengan Annual or Six Month Pass 

Buat kembali menarik pengunjung, serta ngobatin kangennya masyarakat sama Dufan, Dufan banyak ngasih promo nih. Ada annual pass yang bisa didapatkan dengan harga 300ribu atau six month pass yang bisa didapatkan dengan harga 225ribu aja. Promonya berlangsung sampai 30 September aja. Tapi, jangan sedih kalau keabisan promo, kamu harus banget pantengin dan follow akun @infodufan di instagram. Di sana bakal banyak banget ngasih info seputar Ancol dan Dufan. Kalau pas ada promo, pasti dikasih tau lewat postingan. 

Kenapa Annual or Six Months Pass lebih hemat? karena ya dengan punya pass kaya gitu, kamu bisa kembali ke Dufan kapan aja, tanpa harus bayar lagi. Bukan itu aja, kamu juga akan dapat banyak keuntungan kaya diskon di F&B yang ada di area Dufan, diskon restoran di sekitar Ancol, sampai diskon pembelian merchandise. 

Cara beli annual or six months pass gimana? masuk aja ke web www.ancol.com lalu cari deh opsi pembelian tiket. Transaksinya semuanya online yaa. Jadi nanti pun bayarnya pakai sistem transfer. Tiket yang sudah dibeli akan dikirim lewat email. Jadi pastiin tuh punya alamat email yang valid. 

Gimana, gimana udah pengen ke Dufan lagi? rasanya kemarin itu kurang puas karena kok ya tiba-tiba udah sore aja. FYI, Dufan buka jam 10 dan tutup jam 17.00 ya, jadi 30 menit sebelumnya tuh kita harus sudah siap-siap keluar sebelum diusir :p 

Masih kurang puas deh seharian kemarin itu, next mau ke Dufan lagi tapi pengennya janjian gitu sama temen. Biar punya nyali naik Baling-baling hahahha. Karena saya sudah punya six months pass, jadi bisa balik lagi deh ke Dufan puas-puas. Ada yang mau bareng? 

11 komentar:

  1. Wah, sudah dibuka lagi nih Dufan sudah rindu banget buat liburan, alhamdulillah juga sudah vaksin. Sudah lama butuh hiburan seru kayak gini.

    BalasHapus
  2. Rindu ke Dufan,ternyata dufan sekarang banyak paketannya ya. Jadi kangen deh mainan kora2. Makasih ya mak infonya.

    BalasHapus
  3. Thanks ya kakak Husna untuk informasinya. Aku tuh selama Pandemi ingin jalan-jalan ke Dufan.Liburan ke Dufan bagiku uji andrenalin, deg...deg...deg nikmatnya. Boleh juga nih aku coba six months dari Ancol

    BalasHapus
  4. Waaah tempat rekreasi favorit nih bt basah-badahan di arung jeram, jerit-jerit happy di kora-kora, ketawa-ketawa ah happy bangetlah

    BalasHapus
  5. Akhir dufan bisa dinikmati lagi, salah satu tempat hiburan dan liburan keluarga yang menyenangkan. Tentu sekarang dengan prokes yang ketat dong ya kak, biar semua aman

    BalasHapus
  6. Makin seru aja ya main ke Dufan..Terakhir ke Dufan kayaknya pas jaman anakku masih balita hahaha sekarang udah SMP.. Perlu nih ke Dufan bawa anak-anak remaja...

    BalasHapus
  7. Wah asik Dufan udah buka lagi ya, kangen banget seru-seruan di dufan, aku jadi pengen ajak anak anak kesana, yakin bakalan seharian sih kalo udah main ke dufan

    BalasHapus
  8. Artikel nya bikin kangen main ke Dufan . Dan sudah lebih dari 4 tahun malah aku gak ke Dufan .

    BalasHapus
  9. Oh jadi sekarang gak pake cap pakenya apa mbak? Pengunjung dibebasin aja gitu? Aku ke Dufan tahun 2013an, masih pakai cap ituu, dan bener capnya tak jaga-jaga biar gak ilang, haha..

    Wah annual pastnya menarik, cuma 300k. Padahal kalau beli tiket terusan sekali masuk 300ribuan juga kan ya? Atau berapa sih sekarang, lama gak update euy😁

    BalasHapus
  10. Waktu itu aku cuma berdua kakak karena adik-adiknya belum boleh masuk, belum vaksin, sekarang update nya sudah boleh bawa anak-anak dibawah 12tahun ya, apalagi prokesnya tetep dijaga di sini, asli seru deh pengen ke sini lagi

    BalasHapus
  11. yeayyy! Dufan udah dibuka lagi. Sebelum pandemi udah mau ke sana, eh ga jadi. Terus pandemi. Udah lama banget rasanya ga ke sana jadinya

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...