badge

Selasa, 17 Januari 2023

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Bagi Ibu dan Anak

 

Saya masih ingat ketika hamil anak pertama, badan saya gatal-gatal lalu muncul bercak merah di sekujur tubuh. Serius, rasanya ngga nyaman sama sekali. Karena sudah ngga nyaman sama sekali, akhirnya saya ke dokter kulit. Dokter menjelaskan kalau kondisi saya disebabkan hormon kehamilan. Memang, saat hamil, ibu akan menghadapi masalah-masalah yang berbeda. Ada yang gatal-gatal, berjerawat, kulit menghitam, dan banyak lagi. 

Sudahlah berat membawa bayi di dalam perut, masih harus merasakan kondisi yang ngga jarang bikin bad mood. Perjuangan ibu ketika hamil memang ngga mudah ya. Yang paling banyak dirasakan oleh para ibu hamil, memang masalah kulit. Ada yang berusaha untuk merawatnya biar ngga makin parah, tapi ya ada juga yang merasa yasudah lah ya, nanti pun akan hilang sendiri setelah bayinya lahir. 


Kesehatan kulit memang ngga boleh diabaikan loh buibu. Baik yang muncul saat kita sedang hamil, menyusui, bahkan yang dialami oleh anak. Bicara soal kesehatan kulit ibu dan anak, ada loh buku yang bahas lengkap soal itu. Penasaran?

Jadi Sabtu (14/1) kemarin, saya diundang ke peluncurun buku dr. Tina Wardhani Wisesa SpKK (K), FINSDV, FAADV. Acaranya berlangsung intimate dan hangat deh. Karena yang hadir itu keluarga, rekan-rekan sejawat, dan koleganya dr. Tina. Ada 2 buku yang diluncurkan hari itu : Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik dan Kulit Terawat Anak Sehat. Kedua buku ini merupakan serial buku #solusisehatdancantik yang merupakan rangkaian buku pengetahuan mengenai kesehatan dan gangguan kulit serta kelamin, dari bayi dilahirkan sampai usia dewasa. 

buku solusi sehat dan cantik

Kedua buku yang diluncurkan ditulis oleh dr. Tina berdasarkan pengetahuan dan pengalamannya sebagai dokter kulit selama lebih dari 26 tahun. Jadi, sangat recomended untuk dijadikan bacaan sebagai ilmu pengetahuan, atau sebagai solusi bagi buibu yang sedang berhadapan dengan masalah kulit. 

Dr. Tina berpraktik di klinik milik pribadinya, yaitu Klinik Utama Sakti Medika Tebet yang sudah berdiri sejak tahun 1996. Concernnya di bidang kesehatan kulit, memang didasari karena pengalaman masa kecilnya. Dimana, dr Tina pernah bermasalah pada kulitnya, hingga dia bertekad ingin membantu banyak orang yang punya masalah kulit. 

Kehadiran 2 buku yang diluncurkan ini merupakan impiannya, agar dapat membagikan ilmu baik medis maupun faktor lain yang memengaruhi kesehatan kulit. Dr. Tina ingin agar lebih banyak orang tahu tentang bagaimana tata laksana sehari-hari dan edukasi yang tepat agar dapat mencegah terjadinya masalah atau gangguan kulit. 

Pada acara launching kedua bukunya, diadakan juga talkshow yang dihadiri oleh dr. I Gusti Ayu Nyoman Partiwi SpA, MARS dan Caca Tengker, selaku public figure yang anaknya pernah mengalami masalah kulit. Dalam sesi talkshow, dr. Tina banyak sekali memberikan insight soal kesehatan kulit. Tentang bagaimana ibu hamil dan menyusui rentan sekali mengamali masalah kulit. Banyak juga pertanyaan dari audiens tentang masalah kulit yang dialami anak, seperti dermatitis atopik. Masalah kulit yang satu ini, banyak sekali dialami oleh bayi saat ini. 

(sumber : instagram @tina_wardhani)

Acara peluncuran buku dr. Tina diakhir dengan launching ceremonial yang meriah, pembagian hadiah yang super keren-keren, dan sesi book signing. Kedua buku karya dr. Tina bisa didapatkan melalui jaringan toko buku di Indonesia yaitu gerai.kompas.id, webiste gramedia, offcial store (tokopedia & shopee) Harian Kompas, toko buku Gramedia, dan bisa juga didapatkan di Klinik Utama Sakti Medika. Untuk harga, buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik bisa dibeli dengan harga Rp. 189.000 sedangkan untuk buku Kulit Terawat Anak Sehat harganya Rp. 159.000. 

Kupas Tuntas Seputar Kesehatan Kulit Ibu dan Anak Lewat Buku Serial #SOLUSISEHATDANCANTIK

Mengutip dari buku Ibu Hamil & Menyusui Berhak Tampil Cantik, 90% perubahan kondisi kulit pada ibu hamil terjadi karena perubahan homonal yang dialaminya. Di setiap trimesternya, ibu hamil bisa mengalami gangguan kulit yang berbeda-beda. Umumnya, gangguan kulit itu terjadi lebih berat di trimester pertama. 

Perubahan kondisi kulit yang berhubungan dengan kondisi kehamilan bisa dibagi dalam 2 golongan, yaitu:

1. Perubahan kulit fisiologis (normal) yang merupakan gangguan ringan pada kulit yang umum dialami ibu hamil. Terjadi karena perubahan hormonal selama masa kehamilan. Perubahan tersebut diantaranya : perubahan pigmentasi seperi linea nigra, perubahan kelejar minyak yang menimbulkan jerawat, perubahan pembuluh darah seperti wasir atau varises, perubahan jaringan ikat seperti strecthmark, perubahan kulit kepala seperti ketombe. 

2. Perubahan kulit selama kehamilan yang merupakan gangguan kulit yang terjadi karena dipicu oleh kondisi kehamilan. Contoh dari kondisi ini diantaranya : Erupsi Kehamilan Atopik. Erupsi Kehamilan Polimorfik

Selain memang hormon kehamilan, penyebab gangguan kulit selama kehamilan juga bisa disebabkan karena beberapa hal, diantaranya : 

  • Lingkungan yang kurang bersih sehingga memicu infeksi. Jadi, pastikan bahwa lingkan sekitar ibu hamil tetap terjaga kebersihannya agar terhindar dari kuman dan penyakit 
  • Kebersihan tubuh ibu hamil yang kurang terjaga. Jadi, ibu hamil harus menjaga kebersihan tubuh minimal dengan mandi 2x sehari
  • Asupan nutrisi yang kurang terkontrol selama kehamilan. Asupan ibu hamil juga memengaruhi, makanya pastikan ibu hamil mengkonsumsi makanan lengkap gizi sesuai kebutuhan ibu hamil setiap hari
Penasaran dengan berbagai bahasan seputar kulit ibu dan anak lainnya? langsung aja order bukunya dr. Tina ya buibu. Benar-benar recomended karena segala permasalah kulit untuk ibu hamil & menyusui serta anak, dibahas tuntas dalam buku serial #solusisehatdancantik ini. Rencananya, buku serial #solusisehatdancantik ini akan ada 4 buku, 2 buku lagi akan segera dilaunching, soon. Wah, ngga sabar juga nih. buat dapetin buku serial lainnya.


1 komentar:

  1. Rentan juga memang soal kulit pas hamil, mungkin karena dipengaruhi oleh hormon juga. Begitu pula kulit anak yang masih lembut sensitif pastinya saat dipakein apa-apa jadi perlu dijaga banget. Wah solusi banget buku ini untuk merawat kulit bumil dan anak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...