badge

Senin, 27 Februari 2023

Mengenal Probiotik dan Manfaatnya Bagi Tumbuh Kembang Anak


Kalau dengar probiotik, buibu pasti sudah familiar ya. Eh atau masih ada yang belum tau nih bedanya antara probiotik dan prebiotik? Kalau suka lihat iklan di tivi, pasti familiar deh dengan istilah probiotik dan prebiotik. Walau terdengar sekilas mirip, tapi keduanya beda loh buibu. Terus, apa bedanya probiotik dengan prebiotik? Semoga artikel saya yang satu ini, bisa membantu buibu untuk lebih memahami dan tau beda dari keduanya. 

Interlac Probiotik

Probiotik merupakan bakteri hidup yang diberikan dalam jumlah tertentu yang dapat memberikan efek kesehatan dengan cara memperbaiki keseimbangan mikroflora saluran cerna. Sedangkan prebiotik, merupakan makanan probiotiik yang tidak dapat dicerna oleh enzim pencernaan, mampu memicu aktivitas dan pertumbuhan yang selektif terhadap bakteri penghuni kolon. Umumnya, prebiotik adalah karbohidrat seperti oligosakarida atau fructooligosaccharide (FOS). 

Ketika keduanya bergabung, dikenal sebagai sinbiotik (eubiotik) yaitu kombinasi antara probiotik dan prebiotik. Kombinasi ini diperlukan oleh anak, terutama di 1000 hari pertama kehidupan. Pemberian probiotik haruslah disesuaikan dengan kebutuhan juga bun. Maksudnya, untuk anak ya yang diberikan adalah probiotik anak. Begitu juga dengan bayi, probiotik yang diberikan harus probiotik untuk bayi. Kenapa? karena pasti, takarannya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Tidak berlebihan. 

"70% kesehatan masa depan anak ditentukan di 1000 hari pertama. 80% dari pertumbuhan otak anak terjadi di 1000 hari pertama".

Probiotik dan Manfaatnya

Setelah mengenal perbedaan antara probiotik dan prebiotik, sekarang kita cari tahu yuk tentang manfaatnya. Tapi, kali ini yang akan dibahas hanya probiotiknya saja ya bun. Next time mungkin akan kita bahas soal si prebiotik. 

Di atas saya sudah jelaskan apa itu probiotik. Bakteri yang tergabung dalam probiotik merupakan bakteri hidup yang baik, yang memberikan banyak manfaat terutama anak yang masih dalam masa tumbuh kembang. Memang ada bakteri baik? bukannya bakteri itu bikin sakit semua? 

Sebelum ikut berbagai seminar, talkshow, webinar kesehatan anak, saya juga berpikir kalau bakteri itu ya bikin sakit. Tapi setelahnya, saya jadi tahu kalau bakteri itu kaya manusia juga. Ada yang baik, ada juga yang jahat :p 

Interlac

Bakteri baik, disebut juga dengan bakteri komensal. Bakteri ini bisa memberikan manfaat kesehatan seperti; menstimulasi produksi antibodi, meningkatkan sistem imun, melawan toksin, alergen, dan mikroorganisme berbahaya, dan membantu proses pencernaan. Sedangkan Bakteri jahat disebut sebagai bakteri patogen. Bakteri ini bisa menyebabkan kerusakan usus, menghasilkan toksin, berisiko sebabkan efek karsinogenik dan menyebabkan sakit terutama gangguan saluran cerna seperti diare atau sembelit. 

Manfaat probiotik terutama bagi tumbuh kembang anak, diantaranya;

1. Meningkatkan imunitas tubuh. Pemberian atau konsumsi probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pemberian probiotik merupakan cara efektif untuk mencegah anak dari gangguan kesehatan. Semakin banyak jumlah probiotik di dalam tubuh anak, maka bisa menyeimbangkan limfosit B dan T pada tubuhnya. Kondisi ini anak memberikan dampak yang positif pada kesehatan si kecil, termasuk mempercepat respon tubuhnya dalam melawan bakteri jahat penyebab penyakit.

2. Melancarkan saluran cerna. Saluran cerna merupakan hal terpenting dalam tumbuh kembang anak. It's like a gate . Gerbang dari baik dan buruknya kesehatan anak, bahkan semua orang. Jika saluran cerna bermasalah maka penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan tidak bisa berjalan dengan baik. Pemberian probiotik bisa membantu mengoptimalkan saluran cerna anak. Jika jumlah bakteri baik dalam usus cukup banyak, maka bisa mengurangi risiko anak mengalami kekurangan gizi. 

3. Baik untuk kesehatan otak dan mental. Ternyata, probiotik tidak hanya baik bagi sistem pencernaan, tapi baik juga baik perkembangan otak anak. Bakteri baik mampu membuat neurotransmitter bekerja efektif dalam proses komunikasi antara otak dan usus. Cukupnya asupan probiotik bisa memicu produksi hormon bahagia (serotonin) dan hormon relaksasi (melatonin). Kedua hormon tersebut bisa menjaga suasana hati, membuat tidur lebih nyenyak, dan mencegah anak alami kelelahan. 

Memilih Probiotik yang Tepat Untuk Anak 


Interlac

Setalah tahu apa itu probiotik dan manfaatnya, pasti buibu juga mau tahu kan tentang bagaimana menemukan probiotik yang tepat bagi anak. Untuk memilih probiotik yang baik untuk anak, buibu harus tahu dulu syarat-syarat probiotik yang baik. Menurut WHO, syarat probiotik yang baik diantaranya:

  • Berasal dari manusi 
  • Dapat tumbuh dan bertahan di mukosa saluran cerna 
  • Tahan terhadap asam lambung dan cairan empedu 
  • Menghasilkan zat antimikroba
  • Mampu melawan mikroorganisme jahat (patogen)
  • Terdokumentasi penelitian klinis yang baik
Terus, untuk bisa tahu probiotik yang sesuai standar WHO atau tidak, gimana? Buibu tidak perlu pusing-pusing, karena semua syarat probiotik yang baik bisa buibu temukan di dalam Interlac. 

Interlac Drop


Interlac merupakan produk impor dari BioGaia, perusahaan asal Swedia yang dikenal sebagai World Leader in Probiotics. Interlac menjadi satu-satunya produk probiotik di Indonesia, yang mengandung probiotik Lactobacillus reuteri DSM 17938. Probiotik ini merupakan salah satu probiotik yang paling banyak diteliti di dunia dengan efikasi dan keamanan yang teruji klinis untuk segala usia. Aman digunakan mulai dari bayi hingga dewasa. 

Interlac bisa didapatkan dalam bentuk sediaan tablet dan drop. Untuk Interlac drop, diformulasikan untuk bayi baru lahir sampai usia 2 tahun. Interlac Oral Drops ini jadi probiotik pertama dengan sediaan oral drops di Indonesia. Karena diformulasikan untuk bayi dan anak, Interlac oral drops tidak mengandung laktosa. Sehingga aman bagi bayi yang mengalami intoleran laktosa. 

Oh ya, buibu harus berhati-hati juga ya. Karena di pasaran ada tersebar produk palsu. Maksudnya, produk Interlac drop palsu. Perhatikan kemasannya seksama. Interlac drop asli bisa didapatkan di apotek dan baby shop yang terpercya. Atau jika mau lebih aman, bisa dibeli lewat Interbat Official Store yang ada di e-commerce

Untuk memudahkan buibu mendapatkan Interlac, langsung klik link pembelian ini ya https://linktr.ee/interlacprobiotics

Produk Interlac sudah mendapatkan sertifikasi dari BPOM, jadi aman digunakan. Bisa sediakan probiotik selalu di rumah. Untuk memenuhi kebutuhan probiotik bagi keluarga. Probiotik bukan obat ya buibu. BPOM mengkategorikan probiotik sebagai suplemen makanan. Jadi penggunaanya bisa sebagai pelengkap dan penyempurna dari asupan yang biasa kita konsumsi. 

So, jadi sudah paham ya buibu soal probiotik ini? Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi buibu yang sedang mencari tahu atau penasaran soal probiotik. Sebagai ibu, melihat anak tumbuh dengan sehat adalah anugerah banget. Bahagianya kadang mengalahkan apapun. Benar kan? 


8 komentar:

  1. Penting sekali ya ternyata probiotik ini, baru tau juga ternyata berbeda dengan prebiotik, padahal ini mirip mirip gitu ya namanya. Calon orangtua harus paham nih sama pentingnya probiotik ini biar 1000 HPK anak bisa sesuai dengan harapan dan nantinya perkembangan anak ke depan bisa lebih baik

    BalasHapus
  2. Begitu besarnya manfaat probiotik ini untuk kita dan anak-anak, maka bisa dilengkapi lewat makanan, atau melalui suplemen ini sehingga daya tubuhnya sehat dan khusus untuk anak² tumbuh kembangnya terjaga

    BalasHapus
  3. Wah nambah ilmu nih tentang prebiotik dan probiotik. Ternyata kita butuh selektif juga ya agar tak terjebak kepalsuan si dia eh probiotik. Untung ada Interlac

    BalasHapus
  4. Musim hujan imunitas anak suka menurun, ya batik pilek hingga diare. Interlac akan membuat tubuh jadi semakin sehat dan kuat

    BalasHapus
  5. Beneran deh orangtua mesti selalu upgrade ilmu demi tumbuh kembang anak-anaknya, apalagi di 1000 hari pertama. Btw, duluuuu banget, aku sempat ngiria probiotik itu typo dari prebiotik. Hehe....

    BalasHapus
  6. Probiotik memiliki peran dlm menjaga kesehatan saluran cerna anak, dan interlac ini sebagai suplemen yang memiliki banyak manfaat untuk dikonsumsi selain itu pun sudah teruji klinis

    BalasHapus
  7. Gangguan saluran cerna bisa berakibat Kekurangan gizi bisa berdampak lebih besar lagi yaitu stunting. Pokoknya anak harus berikan probiotik yang asli dan terbaik biar gak stunting.

    BalasHapus
  8. Beruntung kenal Interlac sejak anak pertama karena drama sembelit yang menyayat hati. Apalagi kala itu pas di perjalanan Surabaya-Bali. Ah kalau ingat rasanya pengen ulang saja...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...