badge

Kamis, 30 Maret 2023

Ide Main Bareng Anak Sambil Nunggu Waktu Buka Puasa


Sambil nunggu waktu buka puasa, kira-kira apa sih yang seru dilakukan bareng anak? Biasanya sih pada nonton tivi sambil nunggu adzan Maghrib, ya ga sih? Apalagi anak-anak, kadang sudah ngga ada tenaga dan terkapar lemas, berharap waktu buka segera tiba. 

Ide Main Sambil Nunggu Buka Puasa

Tahun ini, ada Khal yang bakal ikutan puasa untuk pertama kali. Walau sudah punya pengalaman di anak pertama hingga ketiga, tapi tiap kali ada yang baru pertama kali puasa, rasanya ya deg-degan juga. Khawatir ngambek, merengek, hingga ngga mau lanjut puasa. Beda anak, beda treatmentnya. Jadi, memang dari sekarang sudah mikirin strategi banget nih. Biar Khal puasanya lancar dan ngga banyak drama. 

Sudah dari beberapa bulan lalu, di sounding kalau Khal sudah harus ikutan puasa. Anaknya sih bilangnya 'iya, oke aku mau puasa'. Tapi, kita lihat aja kenyataannya nanti. Berharap Ramadan pertamanya ini, bisa memberikan kesan yang baik. Sehingga, di Ramadan tahun-tahun berikutnya, dia bisa selalu excited dengan puasa. 

Supaya Ramadannya jadi lebih berkesan dan ngga membosankan, saya sudah mikirin beberapa aktivitas yang bisa dilakukan nanti sama Khal. Ya sambil nungguin waktu buka puasa, Khal bisa saya ajak melakukan hal-hal yang seru. Ada beberapa ide main yang bakal saya atau kakak-kakaknya nanti lakukan sambil nunggu waktu buka puasa. 

1. Tebak-tebakan 

Ini seru banget sih menurut saya. Dari permainan tebak-tebakan, bisa jadi cara buat nambah pengetahuan anak. Banyak content creator yang bikin game tebak-tebakan. Ada yang seputar pengetahuan umum, sejarah, sampai kisah-kisah nabi. 

Pertanyaan buat tebak-tebakan ini bisa kita cari dari internet atau buku yang kita punya. Bisa juga cari referensi dari YouTube, Reels, atau TikTok. Pastikan aja wifi rumah punya koneksi yang baik, biar pas lagi cari referensi ngga pakai nge-lag. 

2. Main Kartu 

Uno jadi salah satu jenis permainan kartu yang cukup populer. Anak-anak di rumah pun senang sekali kalau main uno. Permainan ini bisa jadi ide main sambil nunggu waktu buka puasa. Permainan uno ini melatih daya pikir, kreativitas, dan strategi. Gimana caranya biar bisa menang, perlu strategi dan kecepatan juga. 

Uno banyak dijual di toko-toko aksesoris, toko buku, toko mainan, atau kalau ngga mau ribet ya bisa beli online aja. Harganya juga lebih murah dan banyak pilihan. Tinggal scroll-scroll e-commerce, terus pilih deh jenis uno yang diinginkan. 

3. Boardgame 

Ular tangga jadi salah satu jenis boardgame yang terkenal di Indonesia. Legend banget sih kalau menurut saya. Karena sejak saya kecil, permainan ini pun sudah populer. Permainan ular tangga juga melatih konsentrasi dan strategi. Selain ular tangga, jenis boardgame yang bisa jadi pilihan yaitu monopoly. Ini seru juga sih. Banyak banget yang bisa dipelajari lewat permainan monopoly. Bisa belajar soal uang, pengetahuan tentang negara atau kota, dan masih banyak lagi. 

4. DIY Challenge 

Ini ngga kalah seru. DIY challenge ini bisa kita cari referensinya lewat YouTube atau internet. DIY ini bisa bikin anak lupa waktu saking serunya berkreasi. Bisa memanfaatkan koneksi wifi rumah buat cari-cari berbagai aktivitas DIY yang seru-seru. Lagian, sekarang ini hampir semua rumah sudah punya akses internet sendiri ya. Jadi kalau mau cari informasi apapun, tinggal klik klik aja. 

DIY challenge bisa kaya bikin mainan dari barang-barang tak terpakai. Bisa juga membuat hampers lebaran dari barang daur ulang. Ya pokoknya banyak banget yang bisa dibuat bareng. Dengan begitu, si kecil jadi lupa kalau lagi puasa. Pas kreasinya jadi, eh pas bedug maghrib. 

5. Nonton Bareng 

Ini juga bisa jadi ide seru sambil nunggu buka puasa. Pilihan tontonannya bisa tentang kisah-kisah nabi, tentang keajaiban ciptaan Allah, tentang kebesaran Allah, atau edukasi islami dalam bentuk animasi. Yang penting, ada manfaat yang bisa didapatkan ketika nonton. 

Tapi, perlu dipastikan sambungan internet di rumah berjalan baik ya. Wifi rumah yang dipakai harus punya koneksi yang kuat. Biar pas nonton ngga ada buffering segala. Kalau ada yang belum punya wifi rumah, bisa loh pakai IndoHome dari Telkom Indonesia. IndiHome punya jaringan yang kuat hingga 40 Mbps, karena memang didukung oleh provider besar dengan jangkauan hampir di seluruh Indonesia. Kalau soal sinyal, ngga perlu diragukan lagi sih. Akses wifi rumah jadi lebih kencang juga kalau pakai IndiHome. 

Pas anak sedang nonton, sebisa mungkin ditemani. Selain kitanya jadi ikutan belajar, anak juga merasa lebih nyaman ketika ada yang menemani. Bisa nanya-nanya juga kalau ada yang ngga dimengerti sama anak. Jadi momen yang bagus juga buat mempererat dan menghangatkan bonding antara ibu dan anak. 

Itu dia 5 ide main bareng anak, yang bisa dilakukan sambil nunggu waktu buka puasa. Buat si kecil yang baru pertama kali ikutan puasa, kaya Khal, perlu dikasih treatment yang baik. Biar mereka makin semangat puasanya dan terus semangat hingga akhir Ramadan. Semoga Khal juga bisa lancar puasanya di puasa pertamannya tahun ini. Bismillah juga, semoga kita semua bisa menjalani Ramadan dengan baik dan lancar. 



4 komentar:

  1. Ponakan daku juga gitu sambil nunggu buka puasa ngajakin main puzzle. Bongkar-pasang puzzle yang jumlahnya lebih dari 100 tetep aja gak bosan hehe

    BalasHapus
  2. Wah ide bermain nya sembari menunggu waktu berbuka puasa seru banget ya bunda, bisa Saya contek nih nanti hehehe

    BalasHapus
  3. Keren ide mainnya
    Bisa bikin saya dan anak anak betah selama puasa ini
    Boardgame paling diminati

    BalasHapus
  4. Nemenin anak pas buka puasa ga terasa yah kak tiba2 udah buka puasa aja yah

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...