badge

Senin, 14 Maret 2016

Advance Class, Mengenal Digital Marketing



Sejak memutuskan serius menulis di blog tahun 2014, banyak sekali yang sudah saya dapatkan. Bukan, bukan hanya dalam bentuk penghasilan, karena bukan itu yang utama. Tapi, ada banyak ilmu yang saya dapatkan. Perjalanan ngeblog saya yang baru masuk di tahun kedua ini makin saya nikmati. Ada banyak orang-orang dengan beragam keahlian yang sudah saya temui. Mereka menjadi inspirasi sekaligus tempat 'mencuri ilmu'

Selama dua tahun serius ngeblog, saya pun perlahan tahu bagaimana peran teknologi digital memengaruhi orang. Sebut saja sosial media yang jumlahnya kini makin banyak. Saya berani jamin, saat ini jarang ada orang yang hanya memiliki satu akun media sosial.

Sosial media kini sudah menjadi 'konsumsi' harian masyarakat Indonesia. Terlebih lagi bagi seorang blogger yang sehari-hari memang selalu berhubungan dengan sosial media. Sosial media pun kini makin berkembang fungsinya. Tidak hanya digunakan sebagai ajang eksis, tapi juga untuk melakukan strategi pemasaran. Bagi mereka yang berprofesi sebagai pengusaha, sosial media kini berubah menjadi 'tempat jualan' paling menguntungkan. Bukan hanya pengusaha atau penggiat UMKM yang memanfaatkan, brand-brand terkenal pun turut memanfaatkannya. Digital marketing seperti itu tidak hanya menguntungkan tapi juga cepat dan lebih praktis. 

Ada berbagai macam digital marketing yang saat ini bisa dimanfaatkan. Dan ini saya ketahui ketika menjadi salah satu peserta kelas Advance Fun Blogging bersama CNI, pada Ahad 6 Maret 2016. Niko Riansyah yang menangani dan yang berada di balik layar sosial media CNI, berbagi soal digital marketing dan bagaimana cara menggunakananya. 

Niko Riansyah


Dalam sharing ini Niko mengutip sumber dari Google, bahwa pada tahun 2020 nanti, setidaknya ada 30 miliar perangkat yang akan terkoneksi dengan internet dengan lebih dari 7 miliar orang dan bisnis. Artinya, satu orang bisa memiliki lebih dari satu perangkat yang terhubung dengan internet. Ini sudah terbukti saat ini. Saya sendiri memiliki 2 smartphone dan 1 laptop yang selalu terhubung dengan internet. 

Namun dari total populasi penduduk Indonesia sekitar 251 juta jiwa, pengguna internet hanya 15% saja. Namun ada sekitar 25% pengguna facebook dan yang menakjubkan adalah penetrasi mobile yang mencapai 112%, artinya melebihi jumlah penduduk. Ini membuktikan bahwa satu orang bisa memiliki lebih dari 1 perangkat. Kepemilikan gadget yang lebih dari 1 ini, bisa jadi karena keinginan orang untuk memisahkan fungsinya. Satu smartphone untuk urusan pribadi dan untuk urusan bisnis ada di smartphone yang lain.

Urusan bisnis inilah yang menarik saat ini. Sudah berapa banyak brand, media cetak, atau lini bisnis apapun yang akhirnya melakukan pemasaran online? Apa pasal? Tidak lain karena mengikuti perkembangan teknologi. Karena, kalau tetap diam dan bertahan dengan konsep tradisional, sudha bisa dipastikan bisnis yang mereka jalani akan gulung tikar. Terbukti, beberapa media cetak akhirnya harus mengakhiri bisnisnya karena merasa tidak mampu lagi bersaing.

Digital Marketing Saat Ini

Niko memberikan penjelasan pada kami yang hadir tentang perbedaan beberapa digital marketing. Karena Niko adalah orang yang berada di balik layar berjalannya sosial media dan digital advertising CNI, maka bisa dikatakan ia sangat berpengalaman. Menurut Niko, ada beberapa sosial media yang bisa dimanfaatkan untuk marketing. Untuk sosial media yang digunakan oleh CNI saat ini adalah facebook, twitter, instagram, G+, youtube, dan mailchimp.

Ketika Niko menyebutkan mailchimp, jujur saya tidak tahu sama sekali. Dan memang hampir semua yang hadir pun asing dengan mailchimp. Ternyata, dengan mailchimp kita bisa mengirim email otomatis yang berisi artikel terbaru yang telah kita buat. Jadi semacan news letter yang kita kirimkan sesuai dengan database email yang kita punya. Lewat mailchimp ini juga, kita bisa tahu berapa banyak yang klik email yang kita kirimkan dan berapa banyak juga yang subscribe.

Untuk melakuakan digital advertising, kita bisa menggunakan Facebook Ads atau Google Ad. Keduanya memiliki karakter tersendiri, namun tetap sama-sama membantu kita yang ingin beriklan.

Facebook Ads

Tampilan Facebook Ads
Dari namanya saja, pasti sudah bisa ditebak ya kalau ini adalah milik facebook. Di facebook ads ini terdapat pilihan iklan yang bisa kita pilih diantaranya promote page, boost page, dan promote website. Cara menggunakannya pun cukup mudah. Kita hanya tinggal masuk ke fanpage lalu pilih 'create ads' pada dashboard. Soal harga, kita bisa mendapatkan harga yang variatif dan bisa disesuaikan dengan keinginan.

Google Ad


Bebeda dengan google adsense yang biasa dipakai oleh para blogger ya. Karena ini adalah platform milik google yang memang dibuat untuk beriklan. Pilihan iklan dari google ad yang bisa dipilih antara lain, Google Search, Video Ads dan Display Ads. Semunya bisa dipilih dan diatur sesuai dengan keinginan kita. Untuk biaya iklannya sendiri, sama seperti facebook ads yang kita bisa mengaturnya sendiri sesuai dengan keinginan.

Kedua platform tersebut bisa diatur sendiri oleh pengguna. Seperti target konsumen, usia, bahkan lokasi. Misalnya saja, sepatu yang kita jual hanya mau menyasar konsumen yang ada di padang. Maka kita bisa mengatur lokasi di Sumatera Barat.

Sebelum membuat iklan, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. Diantaranya adalah Konten. Sama halnya seperti blog, konten dalam sebuah iklan pun adalah raja. Sebelum mulai beriklan, maka persiapkan dulu konten dengan matang. Siapkan ide yang tidak terlalu mudah ditebak atau antimainstream. Makin kreatif maka makin baik. Setelah itu kita bisa mulai memvisualkan ide yang kita punya, misalnya dalam bentuk gambar, infografis atau video.

Niko berpesan bahwa kita harus membuat iklan yang sesuai dengan konten. Artinya, kita tidak boleh membuat iklan yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan konten yang disampaikan. Karena. tindakan seperti itu akan sangat menyebalkan. Akibatnya, orang akan malas membuka iklan kita lagi.

Saat ini, orang lebih tertarik dengan visual. Maka tidak heran banyak brand atau pelaku bisnis yang membuat gambar-gambar kreatif atau infografis untuk beriklan. Untuk Facebook Ads, tulisan hanya dibatasi sampai 20% saja. Niko menambahkan, kalau waktu yang terbaik untuk beriklan adalah antara pukul 10 pagi hingga pukul 4 sore.

Bagi yang berniat membuat iklan untuk produk yang kita jual, bisa memanfaatkan facebook ads atau google ad. Dengan memanfaatkan digital marketing seeperti itu, kita mendapatkan 'pasar' yang lebih luas. Bukan tidak mungkin, nantinya bisnis yang kita kelola akan bertumbuh menjadi besar. Seperti yang dilakukan oleh CNI saat ini.

Elegan Kelola Dan Produksi Konten Blog

Materi selanjutnya disampaikan oleh blogger favorit saya, teh Ani Berta. Blogger dengan segudang prestasi ini patut dijadikan role model bagi blogger. Perempuan lulusan Akuntansi dari sebuah sekolah tinggi di Bandung ini memang sudah terkenal di kalangan blogger. Prestasi terbaiknya adalah menjadi delegasi dari Indonesia dalam rangka ASEAN Work Life Balance Conference di Malaysia pada 23-25 Februari 2016.

Dalam sesi sharing di Advance Class ini, teh Ani memberikan materi yang sangat padat dan kaya ilmu. Karena materinya yang cukup panjang dan bermanfaat, maka saya membuatkan postingan tersendiri.

(baca materi teh Ani Berta Elegan Mengelola Konten Blog


Belanja Mudah di Gerai CNI


Dalam Advance Class Fun Blogging kali ini, acara di support penuh oleh CNI. Bagi yang belum tahu, CNI adalah perusahaan MLM yang usiannya kini hampir 30 tahun. Menghadapi perkembangan teknologi digital saat ini, CNI pun kini mulai melakukan digital advertising sejak satu tahun ini.

Seperti yang saya sebutkan diatas, jika brand atau pelaku bisnis tidak bisa mengikuti perkembangan dunia digital saat ini, maka bisa dipastikan mereka akan ditinggalkan. CNI tidak mau itu terjadi, makanya CNI mulai melakukan promosi-promosi lewat sosial media. Tidak ketinggalan juga, website khusus yang dibuat agar masyarakat di seluruh Indonesia bisa berbelanja produk CNI dengan mudah.

CNI tidak hanya menjual produk kesehatan, kini CNI pun menyediakan varian makanan dan minuman, produk perwatan diri, produk pertanian dan perikanan, juga peralatan rumah tangga. Dan ini cara mudah belanja di gerai CNI.

1. Klik tombol 'beli' pada produk yang akan dibeli.

2. Klik 'View Cart'.

3. Proses selanjutnya, klik 'Selesai Belanja'. Namun, jika masih ingin berbelanja maka kita bisa klik 'Belanja Lagi'.

4. Selanjutnya, kita akan diminta untuk 'login'. Bagi yang belum mendaftar, maka harus register dengan cara memasukkan alamat email yang valid.

5. Lalu, akan ada pertanyaan apakah kita member CNI atau bukan. Klik 'Ya' jika member atau klik 'bukan' jika bukan member CNI.

6. Lalu, kita akan diminta untuk memasukkan alamat pengiriman produk yang kita beli. Klik 'alamat yang sudah ada' jika alamat pengiriman sudah pernah didaftarkan. Kemudian klik 'lanjut' untuk melanjutkan.

7. Pilih jasa pengiriman lalu klik 'lanjut'.

8. Pilih metode pembayaran yang sesuai dan klik 'selesai'.

9. Lakukan pembayaran segera.

10. Setelah pembyaran dilakukan, maka konfirmasikan pembayaran dengan cara klik 'konfirmasi' pada bagian atas menu website.

11. Lalu akan ada tampilan History Pembelian, klik sesuai pesanana lalu klik 'lihat'.

12. Kemudian isi konfirmasi pembayaran sesuai dengan data bank transfer yang dilakukan. Lalu klik 'konfirmasi'.

13. Setelah konfirmasi, gerai CNI akan mengirimkan email konfirmasi bahwa pembayaran telah diterima dan gerai CNI akan segera melakukan proses pengiriman barang.

Gerai CNI
www.geraicni.com
hotline : (021) 581 8888
SMS : 0815 922 2010 

Advance Class pertama yang saya ikuti ini membuat saya lebih paham bahwa dunia digital marketing memang sangat berpengaruh dalam mengembangkan bisnis. Ketika suatu saat nanti saya membuka bisnis, pasti tidak akan bingung lagi.  



4 komentar:

  1. Kalau google Ads saya pakai keyword plannernya Mbak. Membantu membuat postingan yang rame. Hehehe. Makasih sharing ilmunya ya Mbak. :)

    BalasHapus
  2. Aku pernah jadi member CNI dan yang paling laris di order kopi ginseng nya, dan aku juga suka dgn kopinya ..^eh kok bahas kopi :D

    BalasHapus
  3. aku masih terus belajar ttg ini mbak, makasih ilmunya ya :-)

    BalasHapus
  4. Makasih sharingnya mba.. aku baru tau ternyata nyebutnya mailchimp, yg kaya gituu

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...