badge

Jumat, 25 Maret 2016

7 Cara Ibu Menjaga Kesehatan Keluarga


"Bun, temen aku banyak yang ngga masuk sekolah, sakit."
"Bun, kemarin temen aku masuk rumah sakit. Katanya kena demam berdarah"

Begitu percakapan saya dan si sulung beberapa waktu yang lalu. Musim yang berganti dengan cepat, biasanya dibarengi dengan penyakit-penyakit yang mudah sekali datang. Di musim pancaroba seperti saat ini, jika daya tubuh lemah maka penyakit pun bisa saja menghampiri. Oleh karena itu, peran ibu dalam menjaga kesehatan keluarga sangat penting sekali. 

Ya, walau bukan hanya ibu yang bertanggung jawab atas kesehatan anggota keluarga, namun biasanya ibulah yang selalu diandalkan. Ibu harus memastikan kondisi anggota keluarga selalu fit, dengan berbagi cara. Disini saya akan berbagi tentang 7 cara ibu menjaga kesehatan keluarga.  

1. Menyiapkan Makanan Bergizi

Salah satu tugas seorang ibu adalah menjaga pola makan seluruh anggota keluarga. Menyiapkan makanan dengan gizi yang seimbang dan pastinya penuh nutrisi. Karbohidrat tidak melulu didapatkan dari nasi, ibu bisa mengganti nasi dengan karbohidrat yang lain seperti pasta, kentang, ubi atau singkong. Latih kreatifitas ibu dengan menjadikan menu yang tampaknya biasa, menjadi sajian yang berbeda dari biasanya. Dengan begitu, anggota keluarga terutama anak-anak tidak mudah bosan dengan makanan yang itu-itu saja. 

Penuhi kebutuhan karbohidrat, vitamin, dan mineral selururh anggota keluarga. Tidak perlu menyajikan makanan super mewah. Walaupun hanya sepotong tempe, tapi terbukti memiliki kandungan gizi yang baik. 

2. Menyiapkan Buah Sebagai Sumber Vitamin

Selain menyiapkan makanan dengan nutrisi yang seimbang, buah juga penting untuk disiapkan. Sudah tidak dipungkiri ya kalau buah memiliki kandungan vitamin yang baik. Tidak hanya kaya vitamin, buah juga dipercaya sebagai antioksidan alami yang sangat dibutuhkan tubuh. 

Sediakan buah-buahan yang mudah didapat seperti jeruk, pepaya, atau pisang. Ajak seluruh anggota keluarga untuk rutin mengkonsumsi buah setiap hari. Ibu bisa menyediakan buah-buahan di meja makan dan dinikmati bersama. Waktu yang baik mengkonsumsi buah adalah 30 menit-1 jam sebelum makan, bukan setelah makan. 

3. Olahraga Bersama

Di akhir pekan, seluruh anggota keluarga pasti berkumpul. Gunakan kesempatan itu untuk berolah raga bersama. Kini, di beberapa wilayah sudah ada Car Free Day dimana kita bisa leluasa menggunakan jalan raya untuk berolah raga tanpa gangguan mobil dan kendaraan lain. 

Di Car Free Day ini ibu bisa mengajak semua anggota keluarga untuk sekadar jogging. Manfaat yang didapat dari olahraga bersama ini bukan saja menjadikan tubuh lebih bugar, tapi kehangatan antar anggota keluarga akan lebih terjaga. 

4. Menjaga Psikologis Anggota Keluarga 

Menciptakan kondisi rumah yang hangat tidaklah sulit. Walau beban kerja seorang ibu tidak ringan, tapi seorang ibu harus bisa mengontrol emosinya. Dengan banyaknya pekerjaan yang menguras tenaga dan pikiran, seorang ibu terkadang mudah sekali tersulut amarah. Akhirnya, ibu bisa bad mood dan itu akan mempengaruhi anggota keluarga yang lain. 

Ibu harus berusaha untuk tetap menjaga psikis anggota keluarga agar tidak mudah stress. Suami yang sibuk di kantor dengan tumpukan pekerjaan di kantor, anak-anak yang dibebani pelajaran-pelajaran yang makin sulit, pasti akan membuat mereka lelah. Kalau dirumah mereka menemui ibu dengan wajah bete, pasti mereka pun akan ikut-ikutan bad mood. 

5. Menjaga Hubungan Baik Dengan Lingkungan Sekitar

Pasti bertanya kenapa ini dimasukkan ke dalam cara menjaga kesehatan keluarga. Apa ada korelasinya? Tentu ada. Menciptakan hubungan baik dengan tetangga dapat menjadikan kita terhindar dari stress. Pasti sudah tahu kan kalau stress adalah salah satu penyebab datangnya penyakit. 

Ajak anggota keluarga untuk bersosialisasi dengan tetangga. Sesekali ikut gotong royong bersama atau menghadiri pertemuan-pertemuan warga, karena dari sanalah tercipta interaksi. Kita akan lebih dekat dengan tetangga dan hubungan silaturahmi pun akan tetap terjaga dengan baik. Kalau hubungan dengan lingkungan sekitar sudah tercipta dengan baik, maka kita pun tidak mudah stress. Dan itu yang akan menjaga kita tetap sehat. 


6. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Rumah adalah tempat dimana semua aktivitas terjadi. Dari sana juga semua cerita tericpta. Untuk itu perlu rumah yang nyaman agar setiap cerita yang mengalir bisa dinikmati. Rumah yang nyaman bukan rumah mewah bak rumah barbie :). Rumah yang nyaman adalah rumah yang bersih dan sehat. 

Tidak sulit menjadikan rumah kita menjadi rumah yang sehat. Ibu dapat menggerakkan seluruh anggota keluarga untuk menjaga kebersihan rumah. Buat jadwal dan tugas bagi semua anggota keluarga. Misalnya saja ; Ayah bertugas membersihkan kebun, Kakak kebagian tugas menyapu dan mengepel lantai, Adik bisa diberi tugas membersihkan kamar. Buat jadwal membersihkan rumah ketika hari libur agar pekerjaan rumah bisa diselesaikan bersama-sama dan pasti akan lebih ringan dikerjakan. 

7. Menjaga Kebersihan Tubuh Seluruh Anggota Keluarga

Ini yang tidak kalah penting. Jika tubuh kita bebas kuman, maka penyakit pun tidak akan mendekat. Salah satu cara menjaga kebersihan tubuh adalah dengan mandi secara teratur. Idealnya kita mandi 2 kali dalam sehari. Mandi pun tidak boleh sembarang mandi. Kita harus menggunakan sabun yang higienis dan mampu membersihkan tubuh dari kuman dengan sempurna. 

Ada 2 jenis sabun yang bisa digunakan, batang dan cair dan keduanya memiliki kelebihan. Sabun batang biasanya lebih kesat dan tidak meninggalkan kesan licin. Sedangkan cabun cair, jika kita menggunakan shower puff, mampu membersihkan dengan sempurna dengan daya jangkau yang lebih banyak. 

Kalau menggunakan 2 sabun sekaligus, pasti akan boros. Dan itu pasti banyak dihindari oleh para ibu, karena pastinya akan membuat anggaran belanja bertambah. Ada satu sabun yang bisa memberikan manfaat seperti menggunakan 2 jenis sabun, Lifebuoy Clini-Shield, Shower Gel Concentrate. 

Senang Mandi Bareng Lifebuoy Shower Gel Concentrate
Sabun pertama di dunia yang berbentuk gel konsentrat ini berbeda dari sabun pada umumnya. Sabun keluarga ini seperti perpaduan antara sabun batang dengan sabun cair. Tidak meninggalkan rasa licin dan mudah untuk dibersihkan. Cara penggunanya pun sangat mudah. Cukup satu tetes untuk membersihkan seluruh tubuh. Dengan penggunaan satu tetes dalam satu kali mandi, tentu sabun ini akan hemat sekali. Jika biasanya satu sabun bisa habis dalam waktu kurang dari 1 minggu, dengan Lifebuoy Shower Gel Concentrate, satu tube ukuran 100 ml bisa dipakai lebih dari satu minggu. Tentu ini jadi kabar gembira bagi ibu, jadi bisa berhemat. 

kenapa harus mandi pakai lifebuoy shower gel concentrate

Lifebuoy Shower Gel Concentrate mampu memberikan perlindungan dari kuman 10 kali lebih baik. Dengan busa yang melimpah, sabun anti kuman ini bisa menjangkau bagian yang sulit dijangkau. Aromanya pun sangat segar. Ada 2 pilihan wangi, merah dengan wangi khas Lifebuoy dan hijau dengan wangi baru yang sangat segar. Kebetulan di rumah, saya memiliki kedua varian tersebut. Anak-anak sangat suka dengan yang hijau karena wanginya benar-benar segar. Sabun shower gel ini tersedia dalam 2 ukuran, 35ml dan 100ml. Dengan kemasan tube yang tidak mudah tumpah, cocok untuk dibawa traveling

Itulah 7 cara ibu menjaga kesehatan keluarga yang bisa diterapkan. Sebagai ibu, saya pun selalu berusaha untuk concern menjaga kesehatan seluruh anggota keluarga. Melakukan yang terbaik yang saya mampu. Dengan begitu, seluruh anggota keluarga akan senantiasa sehat dan fit. 

12 komentar:

  1. Wah hemat sekali ya sabun cairnya Lifebuoy itu, saya baru coba yang batangannya.. yang cair mahal banget euy :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dilihat hematnya, seprtinya harganya sama ko mba.

      Hapus
  2. Penting banget ya Mba menjaga kebersihan agar kita tetap sehat..terutama nih pada anak2 kita yg sering main di tempat yang kotor..ntar kumannya ikut menempel.. Untunglah ada solusinya pake lifebuoy cair ya Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anak-anak kan emang hobi banget main kotor-kotoran. Tapi, kan katanya berani kotor itu bagus #ehh

      Hapus
  3. aku belum bisa move on dari lifebouy clinishield ini, wangiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku pun sukaaa sama wanginya, terutama yang hijau.

      Hapus
  4. kebersihan penting banget emang....sabun mandi awalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. karena sabun, bisa menghilangkan kotoran saat mandi.

      Hapus
  5. Kalau udah sehat mau ngapaiin aja enak yah mba, seneng liat keluarga sehat. Cuma klo olahraga bersama iniii yg suka kelewatan :D
    Itu lucu foto pas lagi mandinya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sehat itu berasa mahal banget kalau lagi sakit. Olahraga bareng pas car free day itu seru banget loh.

      Hapus
  6. Sehat jasmani dan rohani yang perlu sekarang ini ya mba. Menjaga konsistensi dan mengajak keluarga olahraga itu tantangannya hehehe

    BalasHapus
  7. Keren banget ya mbak. Cukup hanya satu tetes aja udah bisa melindungi sekeluarga :D

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...