badge

Selasa, 31 Oktober 2017

Gurihnya Susu Karena Pakai Garam, Benar Ngga Sih?


Judul postingan ini adalah sebuah pertanyaan yang mungkin jadi pertanyaan beberapa buibu. Termasuk saya yang awalnya berpikir kalau susu yang gurih itu karena ada tambahan bahan lain. Kaya masakan, kalau mau gurih perlu ditambah garam dan gula. Nah, saya pikir untuk susu juga begitu. Ternyata saya salah.



Alhamdulillah, anak-anak di rumah semuanya suka susu. Walau ada sih satu anak yang pilih-pilih dulu kalau minum susu. Tapi ya menurut saya sih ngga masalah, namanya juga selera ya. Pada dasarnya semua anak pasti suka susu. Karena kan makanan pertama mereka ketika terlahir ke dunia ya cuma susu.  Sebelum usia merka 4 atau 6 bulan, anak-anak ngga dapat makanan lain selain susu. Makanya, anak-anak itu pasti akan familiar dengan susu.

Susu kemasan pada umumnya itu punya rasa yang bervariasi. Ada juga kan yang ditambahkan perisa buah atau cokelat segala. Tapi buibu tahu kan ya kalau cuma susu asli aja yang sebenarnya baik. Susu asli itu susu yang ngga ada tambahan apa-apa. Murni.  Susu asli itu udah punya rasa gurih yang asli dan alami. Rasa gurihnya itu berasal dari kandungan laktosa dan garam mineral dari si susunya itu sendiri. Jadi tanpa perlu tambahan garam, susu asli itu udah gurih. Lalu, kalau ada susu yang ada tambahan garamnya gimana? Coba deh, cek video ini ya.




Susu yang punya ada tambahan garamnya itu akan membuat rasa susu jadi berubah. Rasa alami susu juga akan berkurang karena tambahan bahan lain. Gurihnya susu dengan campuran garam, akan membuat tenggorokkan jadi kering dan jadinya cepat haus. Tapi kalau kita lihat di video, Gurihnya Indomilk itu tanpa tambahan garam loh. 

Dalam ilmu kimia, Garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Komponen kation dan anion ini dapat berubah senyawa anorganik seperti klorida (CL-) dan bisa juga berupa senyawa organik seperti asetat dan ion monoatomik sperti flourida (F-), serta ion poliatomik seperti sulfat. Natrium klorida (NaCl) merupakan bahan utama garam dapur. (wikipedia)

Rasanya cukup masakan aja yang pakai garam, ngga perlu susu pula ditambahin garam. Makanya, kita perlu aware ketika memilih susu. Terlebih lagi buat buibu yang suka beli susu kemasan atau UHT. Diperhatikan dulu komposisinya. Jangan sampai konsumsi garam anggota keluarga kita berlebihan. Efek dari konsumsi garam yang berlebih itu banyak banget. Maksudnya, efek bagi kesehatan kita dan anggota keluarga juga tentunya.

Ketika tubuh kita terlalu banyak menerima garam, maka bakal ada penyakit-penyakit yang mungkin nanti bisa menghampiri seperti :

Hipertensi
Stroke
Pembengkakan Jantung
Memengaruhi Sistem Pencernaan
Kerontokan Rambut
Sekresi Empedu Meningkat
Gejala Osteoporosis
Kematian

Jadi kalau untuk susu aja ada tambahan garamnya lagi, bukannya jadi makin banyak tuh garam yang kita konsumsi. Belum lagi kan kalau pas buibu lagi enggan masak, beli deh di fast food, resto, atau kedai-kedai makan. Dimana, kita ngga tau takaran garam yang digunakan. So, mengurangi konsumsi garam itu emang harus kita lakukan. 

Kembali lagi soal susu, susu alami ngga perlu garam sebagai penambah rasa gurih. Karena, susu asli udah gurih dengan sendirinya. Saya jadi ingat kebiasaan waktu kecil dulu. Tiap pagi saya dan tiga saudara saya itu wajib minum susu sebelum sekolah. Susu yang mamah pilih waktu itu adalah susu murni yang mama beli tiap sore, kemasannya Cuma plastik yang dipress. Sebelum dikonsumsi, mamah hangatin susunya dulu dan kita harus segera minum. Karena kalau ngga, bakal ada lemak yang mengambang di atas susunya. Duh, beneran sampai sekarang itu masih berasa rasa susunya. Gurih dan harum. 

Sekarang, buat nemuin susu murni ngga begitu susah sih. Susu asli yang ngga pakai tambahan apa-apa. Itu yang baik. Kita juga bisa lihat dari komposisinya yaa. Diperhatikan dengan seksama, kalau ada tambahan garamnya, ya better jangan dibeli. 

Susu memang bukan satu-satunya nutrisi yang penting bagi tubuh. Tapi susu bisa melengkapi nutrisi buat seluruh anggota keluarga. Kalau keluarga sehat, yang senang kan kita juga ya buibu. Kalau saya sih masih terus berusaha memenuhi nutrisi yang baik buat anak-anak dan suami. Salah satu caranya ya dengan memberikan mereka susu bebas garam. Kalau buibu yang lain gimana? 

3 komentar:

  1. Aku juga suka banget susu. Biasanya beli di peternakan dekat rumah yang udah dipasteurisasi. :D

    BalasHapus
  2. Susu yang tanpa campuran apa pun memang lebih menyehatkan ketimbang yang udah dicampur ma garam atau gula dalam jumlah yang kadang lebih banyak dari kandungan susu itu sendiri. :'D

    BalasHapus
  3. Baru tau kalau susu ada yg dicampur garam...lebih suka susu sapi murni sih atau UHT hehehe, baca post ini jd tau deh kalau milih susu :D

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...