badge

Selasa, 16 Februari 2016

4 Langkah Memilih Jaket Motor Yang Benar


Ada banyak kelengkapan penting dalam berkendara yang memberikan perlindungan kepada pelakunya untuk lebih aman saat berada di jalan. Memilih mengenakan jaket motor menjadi bagian yang penting pula untuk menunjang kebutuhan keselamatan tersebut. Meski seolah menjadi atribut biasa namun pemakaiannya dapat melindungi dari terik sekaligus gesekan dengan aspal. Ketika terjadi kecelakaan yang tentunya oleh semua pengguna sepeda motor tidak diharapkan.



Pemilihan jaket motor dan bodyprotector biker  untuk keperluan berkendaraan dengan menggunakan sepeda motor ternyata tidak bisa dilakukan dengan sekedar memilih jaket saja. Ada aturan-aturan tertentu yang menunjukkan bahwa jaket tersebut memang melindungi pengendara motor. Aturan tersebut meliputi:

1. Bahan yang memberikan perlindungan

Banyak orang menggunakan jaket saat bepergian dengan motor untuk berlindung dari teriknya sinar matahari. Maupun dari dinginnya udara saat berkendara di malam hari atau saat sedang hujan. 

Perlindungan yang efektif akan lebih terasa jika bahan jaket tersebut pun mendukung, misal tidak terlalu tebal sehingga tidak terlalu berat. Atau bahan yang terlalu tipis sehingga hanya menunjang penampilan fisik semata.

2. Ukuran yang sesuai kebutuhan

Kita tentu tahu bahwa jaket motor kini sudah menjadi benda yang wajib. Biasanaya. jaket motor memiliki beberapa pilihan ukuran agar dengan ukuran yang pas penggunanya tetap merasa nyaman dan tidak terganggu dengan keberadaannya. 

Idealnya sebuah jaket untuk kebutuhan berkendara memiliki ukuran yang pas. Sehingga tidak terlalu kecil sehingga sempit dan membuat gerak tubuh terbatas dan kurang nyaman. Maupun tidak terlalu kebesaran karena justru akan membahayakan penggunanya untuk berkonsentrasi ke jalan selama menempuh perjalanan.

3. Desain jaket yang juga memberikan keamanan

Saat berkendara maka kita akan membutuhkan konsentrasi yang fokus ke depan. Artinya kita memiliki kewajiban utama melihat medan jalan yang dilalui. Tujuan menggunakan jaket sebagai pelindung diharapkan tidak mengurangi konsentrasi penggunanya. 

Maka pilih desain yang tepat, dimana sebaiknya dianjurkan memilih desain yang simple saja. Terlalu banyak aksesoris atau bahkan tali yang lumayan justru akan membuat gerakan terbatas. Konsentrasi pun tidak sepenuhnya dituangkan ke jalan tapi malah justru kepada jaket yang dikenakan. Jika berada di jalan besar atau yang ramai dengan pengguna jalan lain maka akan sangat berbahaya.

4. Jaket harus membungkus tubuh secara total

Dalam memilih jaket untuk keperluan berkendara dengan motor, kita pun sebaiknya memilih jaket yang cukup aman dikenakan. Standard aman sebuah jaket khusus pengendara motor ialah yang kerahnya cukup tinggi hingga membungkus leher. Lengannya pun lumayan panjang sehingga menutupi pergelangan tangan sekaligus cukup panjang di bagian belakang. Sehingga diharapkan pantat Kita pun akan tertutup oleh material jaket motor tersebut. 

Tak hanya dari jaket saja, perlindungan ekstra juga harus diperhatikan dengan menggunakan helm full face SNI agar berkendara menjadi jauh lebih aman. Pilihan yang demikian akan memberikan perlindungan yang lebih baik untuk menghindari cedera ketika terjadi kecelakaan. 

Semoga dengan pemilihan jaket yang tepat, kita akan semakin aman berkendara. Tetap hati-hati dalam berkendara ya. Jadilah pelopor keselamatan di jalan raya :)

6 komentar:

  1. sip sip makasih tipsnya teh Uchi ngebantu banget untuk saya nih bikers sejati hehe

    BalasHapus
  2. Gpp deh milih jaket dan helm yg mahalan dikit, tp bnr2 melindungi :). Apalagi kalo srg plg malam. Angin malam itu bener2 ga bgs soalnya..

    BalasHapus
  3. harus nih beliin Papanya Alfath jaket kayak gini lagi, secara kemana2 momotoran aja, anginnya kan lumayan ya. Thank you teteh for sharing :*

    BalasHapus
  4. Belum punya jaket motor yang pas sih. Katanya dari kulit lebih bagus

    BalasHapus
  5. Harus fashionable juga biar bisa dipakai juga untuk nongki nongki canci ^_^

    BalasHapus
  6. penting bgt emang yg melindungi terutama dr dinginnya angin dan klo bisa yg ada fluorescent-nya, eh apa sih yang bisa bersinar dikeadaan gelap hehe
    TFS mbak
    Salam kenal
    Selamat ya jadi Blog of The Month-nya KEB

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...