badge

Jumat, 25 Mei 2018

Usia Berapa Anak Mulai Puasa?


Usia Berapa Anak Mulai Puasa? Siapa yang selalu bahagia kalau bulan Ramadhan tiba? berbahagialah mereka yang bahagia menyambut datangnya Bulan Ramadhan, karena mereka termasuk orang-orang yang beriman. Semoga begitu juga dengan kita ya bu. Bahagia karena kedatangan tamu penuh berkah yang memberikan kita berkah ngga ada habisnya selama full satu bulan.



Bagi orang dewasa seperti kita, rasanya puasa satu hari bisa lah ya dijalani dengan mudah. Yang PR banget saat kita mau mengajarkan anak-anak puasa. Udah kebayang si kecil akan rewel di hari pertama puasa. Kita sebagai orangtua harus kreatif cari alasan supaya mereka bertahan. 

Lalu, usia berapa anak bisa mulai puasa? di tulisan ini, saya mau berbagi pengalaman bagaimana saya mulai mengajarkan anak-anak buat puasa. Berharap, semoga tulisan ini bisa bantu buibu dan para orangtua buat mengenalkan puasa pada anak. 

Puasa Anak Pertama 


Karena saya punya 3 anak, jadi saya mulai dari anak pertama dulu ya. Abang, mulai puasa saat usianya 4 tahun. Saat itu dia udah sekolah TK dan termasuk anak yang cukup aktif. Dari tiga anak yang saya punya, cuma dia yang badannya paling besar. Makannya banyak dan bukan anak yang picky eater. Minum susunya juga kuat, belum lagi ngemilnya. Sampai pernah ada yang nyeletuk iseng 'Abdan gede banget badannya, kok bunda abinya kecil-kecil' dan saya cuma tersenyum kecut. Sebagai penghiburan, saya cuma bergumam 'Alhamdulillah, bukan kebalikannya'

Karena badannya yang besar, saya sampai mikir 'nih anak bakal kuat ngga ya diajak puasa. Dia kan bawaannya laper mulu' hahahah. Agak ragu juga, tapi karena harus mulai diajarkan, akhirnya saya tega-tegain aja lah. 


Hari pertama puasa, kebetulan di TK nya juga ngga dibolehkan bawa makan dan minum saat puasa. Walau ada anak yang ngga puasa, para guru dengan sabar melatih anak-anak buat menghormati temannya yang puasa. Sampai rumah, abdan langsung tepar tak berdaya. Kasian sih lihatnya lemas begitu, tapi ya memang harus tega. 

Puasa hari pertamanya dibatalkan pada saat adzan dzuhur. Saya izinkan dia minum susu dan makan sedikit kue, kadang minta makan nasi juga hahaha. Beres makan, saya memintanya buat lanjut puasa sampai maghrib. Ada beberapa hari dia bolong puasa karena sakit. Sisanya, dia sukses puasa dengan pola itu.

Abang baru full puasa sampai maghrib ketika masuk Sekolah Dasar. Alhamdulillah, full hingga satu bulan. 

Puasa Anak Kedua 


Anak kedua saya bisa dibilang yang paling kurus dari dua saudaranya. Makan banyak tapi susah banget gemuk, mirip bundanya :p Tapi Si Kakak ini yang paling aktif dari yang lain. Diamnya pas tidur dan sakit aja. Sampai saya suka capek sendiri liat dia ngga bisa diam. 

Kakak mulai puasa di usia yang sama kaya Abang. Walau badannya kecil, dia lebih survive dari abangnya. Kakak lebih tahan puasanya dan ngga banyak mengeluh. Di hari pertama, puasanya masih setengah hari. Buka dzuhur terus lanjut sampai maghrib. Namun, ada beberapa kali kakak puasa langsung sampai mahgrib.

Kakak puasa dengan senang hati dan memang jarang merengek minta buka. Lemes sih wajar, tapi dia ngga sampai merengek apalagi nangis minta minum dan makan. Paling dia tiduran, nonton tivi, baca buku, atau main mobil-mobilan.

Usia 5 tahun dan udah masuk TK, kakak udah belajar puasa sampai maghrib. Walau masih ada bolong-bolongnya dikit. Tapi, Alhamdulillah dia kuat. Padahal kalau ke sekolah dia jalan kaki atau naik sepeda sendiri. Ngga pernah ngeluh capek dan haus. Pulang sekolah, taruh tas, tiduran aja.

Puasa Anak Ketiga 


The one and only daughter. Si cewek satu-satunya ini mulai ikutan puasa saat usianya 3 tahun. Waktu itu masih ikut-ikutan aja. Biar kalau ada yang nanya 'Una puasa ngga?' dia bisa dengan bangga jawab 'puasa dong' hahahah. Tapi Una emang senang banget saat dia bisa jawab 'aku puasa'. Walau puasanya baru sampai jam 10 pagi aja.



Saat usianya 4 tahun, Una udah mulai puasa beneran. Polanya masih sama kaya abang dan kakaknya. Buka dzuhur lalu lanjut lagi hingga maghrib. Ada beberapa kali Una sanggup puasa hingga maghrib. Udah gitu, ikut saya ke event blogger pula. Dia sama sekali ngga ngeluh minta buka. Amaze sama anak ini. Kemauan buat puasanya itu tinggi banget. Jadi pas minta dia buat puasa, ngga ada kata 'ngga mau' yang keluar dari mulutnya.

Timbulkan Kesadaran, Jangan Memaksa 


Puasa itu adalah ibadah wajibnya umat islam yang cuma 1 bulan aja diperintahkan. Dalam 12 bulan yang ada, Allah cuma minta satu bulan buat kita menjalankan ibadah puasa.

Saat saya meminta anak-anak buat puasa, saya ceritakan dulu kenapa puasa itu wajib buat orang islam. Cerita juga tentang apa itu puasa, apa manfaatnya, apa yang didapat kalau kita puasa, dan cerita-cerita lain seputar puasa. Jadi yang saya lakukan, timbulkan kesadaran mereka dulu soal puasa. Biarkan mereka mencerna kenapa Allah memerintahkan umat islam buat puasa.

Kalau mereka puasa dengan senang hati, keluhan akan jarang muncul dari mereka. Namun, kalau mereka mengeluh, bujuk dengan kata-kata yang bisa membangkitkan semangat. Bukan kata-kata seram penuh ancaman kaya 'kalau ngga puasa nanti ngga dapat uang lebaran loh' 

Semoga yang sedang mengajarkan anaknya buat puasa, bisa termotivasi yaa. Karena, puasa itu memang harus dibiasakan. Kalau ngga diajarkan, mereka ngga akan pernah bisa puasa. Jangan terlalu kasian sama anak yang akhirnya membiarkan aja mereka ngga puasa.

Timbulkan juga rasa malu kalau ngga puasa, atau makan di depan teman-temannya yang lagi puasa. Anak bisa puasa, kalau biasa. Yakin deh, mereka sanggup puasa. Kitanya ngga usah lebay takut anak kelaparan dan apalah. Insya Allah mereka lebih kuat dari yang kita bayangkan.

Jadi, tahun depan bisa dong yaa minta si adek buat ikutan puasa? :)


2 komentar:

  1. Seneng deh baca ini, pas bagian puasanya Una apalagi sampe senyum-senyum sendiri hehehe. Aku juga mulai puasa sekitaran usia segitu. Awalnya pun sama, setengah hari. Pelan-pelan tapi pasti, anak memang harus diajari sejak dini.

    BalasHapus
  2. Anak-anak memang harus dilatih berpuasa ya mba, walaupun hanya kuat 1/2 hari sudah Alhamdulillah. Semakin bertambahnya usia akan semakin kuat, anakku pas kelas 1 SD baru bisa sampai magrib.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...