badge

Sabtu, 29 Juni 2019

Pijat Bayi Nyatanya Tidak Sulit


Saya sering banget bilang dan men-sugesti diri kalau 'repot' dalam mengurus anak itu hanya sebuah mindset. Ya, walau pada kenyataannya memang repot banget tapi sebagai ibu kita berhak ngga ngoyo. Kita berhak santai dalam mengurus anak, suami, dan keluarga. Kalau memang sudah capek, ya istirahat ngga dosa kok. Jadi, tiap kali ada yang curhat kalau repot banget ngurus anak satu, saya hanya bisa kasih nasehat buat sabar. Karena yang punya anak empat pun pasti lebih repot :p 



Puas-puasin main, ngobrol, bercanda sama anak selagi mereka masih suka dekat-dekat sama ibunya. Karena, waktu itu berjalannya cepat. Tau-tau anak kita gede aja, terus mereka akan selalu punya alasan ketika orangtuanya ajak jalan-jalan. Sibuk dengan dunianya sendiri. 


Salah satu dari sekian banyak momen ngurus anak, saya paling suka saat bisa usel-uselan di kasur. Apalagi sekarang lagi punya bayi yang super aktif. Kayanya gemes banget pengen ciumin dan bercanda terus. Mumpung si bayi ini masih pasrah diapain aja sama ibunya. Karena saya sudah memutuskan dan tentu memohon sama Allah untuk ngga perlu dikasih bayi lagi :p  Jadi, ibunya ini puas-puasin deh. 

Termasuk puas-puasin gendong sana sini. Kayanya ngga mau deh ninggalin Khal di rumah walau bisa saja dia minum ASIP yang saya stok di kulkas. Jadi, ketika kemarin (26/6) diundang hadir di acara Jhonsons Baby, Khal off course dibawa. Sekalian ibunya bisa meet up sama teman-teman blogger, biar masih tetap semangat ngeblog.  

Tema acara yang akhirnya mempertemuakan kami para ibu berbayi adalah Manfaat Pijat Bayi Bagi Tumbuh Kembang Si Kecil. Temanya pas banget buat kami yang punya bayi. Karena namanya bayi yang masih sangat butuh stimulasi buat tumbuh kembangnya. Nah, salah satu stimulasi yang bagus banget buat bayi adalah sentuhan cinta atau pijat. 



Momen pijit, satu dari momen menguatkan bonding antara ibu dan bayi. karena ada banyak sekali manfaat dari momen memijat bayi. Alhamdulillah, Baby Khal ini senang banget dipijit. Walau makin besar, makin ngga bisa diam karena gerakannya cepet banget. Tapi saya tahu, dia suka banget dipijit. 

Manfaat Pijat Bayi 


Buibu netizen pasti tahu dong yaa betapa sangat berpengaruhnya 1000 hari pertama kelahiran (HPK) bagi seorang bayi. Karena di 1000 pertama itulah, masa depan selanjutnya ditentukan. Kalau kita aware dan mampu memberikan stimulasi yang terbaik, maka Insya Allah pertumbuhan bayi selanjutnya bisa berjalan dengan baik. 

Dr. Bernie Endyarni Medise, SpA (K) mengatakan ada banyak cara yang bisa dilakukan buat memberikan stimulasi demi golden momen (1000 HPK). Ya salah satunya dengan rutin memberikan sentuhan cinta buat bayi. Memijat adalah cara yang baik untuk stimulasi tumbuh kembangnya. Terutama buat bayi yang sering ngga nyenyak bobonya, suka kolik, atau suka rewel. 

Salah satu faktor paling penting untuk perkembangan bayi yang sehat dan bahagia adalah sentuhan penuh kasih dari ibu. Penelitian menunjukkan bahwa sentuhan dan pijat bayi rutin dari orang tua atau pengasuh adalah faktor yng krusial untuk pertumbuhan, komunikasi, serta proses belajar si kecil.

Setidaknya, ada beberapa manfaat pijat bayi yang bisa didapat
  • Memberikan rasa nyaman pada bayi 
  • Melancarkan proses pencernaan bayi, mengurangi sembelit, dan sakit perut 
  • Meningkatkan berat badan bayi 
  • Membuat bayi tidur lebih nyenyak di malam hari 
  • Meningkatkan sistem imunitas 
  • Membantu pembentukan, koordinasi serta kelenturan otot
Dan manfaat yang paling berharga dalam momen memijat adalah bonding antara ibu dan bayi. Ada saling tatap-tatapan, senyum, dan saling bersentuhan yang bisa meningkatkan hubungan diantara keduanya. Bayi juga jadi lebih nyaman dan merasa aman ketika disentuh sama ibunya. 

Jhonson's Baby merupakan satu brand baby skin care yang peduli pada pentingnya memijat bayi. Hingga hadirlah Campaign Sentuhan Cinta yang sudah berjalan kurang lebih 3 tahun ini. Dan pertama kali campaign ini diluncurkan, Alhamdulillah bisa ikut serta. 


Waktu Memijat 


Nah, sekarang kita bahas soal waktu yang tepat. Biasanya, saya pijat Baby Khal setelah dia mandi. Pijatnya pakai minyak telon supaya dia berasa lebih hangat. Setelah pijat, dia bakal nyusu dan langsung tidur. Jadi tiap habis mandi, saya pasti pijat Khal. 

Sebenarnya ngga ada waktu yang saklek buat pijat bayi. Bisa disesuaikan dengan kondisi bayinya saja. Boleh dilakukan sebelum mandi pagi menggunakan baby lotion. Dan ini sih yang umum dilakukan. Tapi, harus lihat kondisi bayinya ya. Jika bayi ada reaksi menolak, ya jangan dipaksa. Karena bukannya happy, nantinya bayinya malah crancky. 

Terapis pijat bayi yang hadir sebagai narasumber di acara Jhonsons Baby, sharing step by step pijat bayi. Pijat bayi dilakukan mulai dari area wajah, perut, kaki, sampai punggung. Pokoknya semua bagian kena pijat deh. 

Oh iya, yang perlu kita ingat, kita sedang pijat bayi bukan boneka. Jadi, usahakan selalu ajak bayi bicara, tatap matanya, dan kasih senyuman. Kitik-kitik dikit boleh lah supaya dia tertawa dan lebih relax. 

Sentuhan Cinta, Dari Ibu Untuk Bayi 


Campaign Sentuhan Cinta yang diadakan oleh Jhonsons Baby merupakan wujud nyata kepedulian Jhonsons pada bayi-bayi Indonesia. Lewat edukasi yang diberikan, diharapakan banyak ibu yang sadar pentingnya sentuhan pada bayi. Sentuhan yang dimaksud adalah pijat pada bayi. 

Pijat bayi yang dilakukan secara rutin, akan memberikan stimulasi sensorik pada bayi. Menguatkan ikatan pada ibu dan bayi, hingga bayi akan merasa nyaman. Perkembangan bayi menjadi lebih optimal karena sistem saluran cerna berjalan dengan baik. 



Devy Andri Yheanne, C and PA Leader Jhonsons Indonesia serta Wynne Lukman, Brand Manager Jhonsons Baby Indonesia mengatakan, bahwa campaign Sentuhan Cinta ini ingin sekali mengajak banyak ibu di seluruh Indonesia terbiasa menyentuh bayi dengan sentuhan cinta. Walau cinta ibu  pada anaknya sudah ngga perlu diragukan lagi, tapi memperbaharui cinta itu ngga ada salahnya. 

Jhonsons Baby berkomitmen untuk meningkatkan kualitas hidup pada bayi di seluruh Indonesia. Salut juga dengan apa yang dilakukan Jhonsons. Bukti nyatanya, Jhonsons Baby aktif memberikan edukasi di posyandu-posyandu. Agar lebih banyak ibu yang terjangkau untuk diberikan edukasi. 

Pijat bayi itu nyatanya ngga sesulit yang kita kira. Kalau sudah dirutinkan, bakal terasa menyenangkan loh. Gerakan pijatnya pun ngga rumit, jadi kita bisa lakukan sendiri di rumah. Dengan begitu, anggaran spa baby di salon bisa dicoret dari list ya kan. Apalagi pijat sendiri bisa membuat si bayi lebih nyaman. Karena dia tahu, orang yang sedang memijatnya adalah orang yang paling dia butuhkan. 


1 komentar:

  1. Sehat-sehat ya Dek, kangan dengan Uci walau belum pernah ketemu, aku fans setianya hehe...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...