badge

Jumat, 06 Desember 2019

Kualitas Nasi Tetap Terjaga Dengan Rice Cooker Cosmos Harmond dan Rice Dispenser Pundi


Sebagai orang yang tinggal di negara dimana nasi adalah makanan pokok, kalau makan belum ketemu nasi, ya artinya ngga makan. Berasa ada yang kurang kalau dalam sehari ngga makan nasi. Kebanyakan masyarakat Indonesia seperti itu yaa. Nasi akan selalu ada di setiap waktu makan. Ya mau itu nasi putih, nasi merah, nasi cokelat, atau nasi hitam, nasi tetap jadi makanan pokok. Soalnya gimana ya, kaya ngga kenyang aja kalau ngga makan nasi :p 



Terus, buibu kalau masak nasi pakai apa sih? kayanya sudah jarang ya yang masak nasi pakai dandang. Bukan ngga ada, tapi memang sudah jarang yang masak nasi pakai kompor. Kebanyakan dari kita, sudah pakai rice cooker buat masak nasi. Tapi, saya ngerasain kok jaman-jaman mesti masak nasi pakai dandang. Butuh waktu 1 jam lebih buat masaknya. 


Sekarang, masak nasi mah tinggal nyolok aja. Cuci bersih beras, masukin ke dalam rice cooker, terus ditinggal pun bakal matang sendiri. Sudah lebih modern dan ngga sampai 30 menit, nasi pun siap. 

Tips Masak Nasi Supaya Lebih Sehat dan Tahan Lama 


Masak nasi pakai rice cooker itu tenyata ada triknya loh. Kalau biasanya kita menemukan nasi yang cepat kering dan gampang bau, bisa jadi metode masaknya yang salah. Mau sebagus apapun rice cooker yang kita pakai, kalau cara masaknya salah, nasi yang dihasilkan bisa bermasalah juga. Kali aja ada yang butuh tips masak nasi pakai rice cooker yang benar, supaya kualitas nasinya tetap baik.
  • Pastikan beras dicuci dengan bersih 
Kita ngga tahu kan beras yang kita beli sudah melewati proses yang seperti apa. Makanya, perlu dipastikan kalau beras yang bakal kita masak, dicuci bersih. Karena, kalau kita kurang bersih nyuci berasnya, nasi yang dihasilkan bisa cepat bau atau basi. 


  • Tambahkan perasan jeruk nipis
Nah, ini rahasia saya kalau masak nasi. Sebenernya sih udah banyak dipakai juga sama yang lain. Setiap kali masak nasi, saya selalu menambahkan perasan jeruk nipis sebelum beras dimasukkan ke dalam rice cooker. Air jeruk nipis ini bisa membuat nasi lebih tahan lama, ngga gampang kuning, dan jadinya lebih wangi. Kalau mamah saya, selain pakai jeruk nipis beliau pakai daun pandan juga. Aroma nasinya jadi lebih wangi. 
  • Aduk nasi setelah 5 menit matang
Kadang saya pun lupa nih buat buka tutup rice cooker ketika nasi matang. Jadi, setelah 5 menit nasi matang ditandai dengan tombol cook yang mati, buka tutup rice cooker. Lalu, aduk nasi dari bagian bawah ke atas. Tujuannya adalah mengeluarkan air yang terperangkap di butiran nasi, sehingga mempermudah proses penguapan air. Dengan begitu nasi ngga cepat basi, ngga kering, dan tahan lama. 
  • Hangatkan nasi 30 menit sebelum makan 
Ternyata, mencolok rice cooker sepanjang hari bisa membuat nasi cepat kering. Namanya juga listrik ya, kalau terus-terusan bisa panas dan akhirnya kering. Rice cooker yang on sepanjang hari bisa membuat nasi di dalamnya kering, cepat basi, dan nutrisinya bisa hilang. Jadi, cukup hangatkan nasi 30 menit sebelum waktu makan. 


Itu tips masak nasi pakai rice cooker yang bisa membuat nasi jadi tahan lama. Baiknya sih masaknya cukup buat sehari aja. Jangan ada sisa yang akhirnya dikonsumsi esok harinya. Lalu, perhatikan juga rice cooker yang digunakan. Karena, kualitas rice cooker juga menentukan nasi yang dihasilkan. Pengennya kan kalau masak nasi itu hasilnya pulen dan wangi gitu ya. Biar makannya semangat. 

Alhamdulillah banget nih, saya kedatangan anggota baru di rumah. Rice cooker yang ngga terlalu besar dengan desain yang yaampun gemes banget. Mereknya sama dengan yang terakhir saya pakai dan sampai sekarang pun masih bagus. Cosmos mah emang udah kaya pasangannya beras dan nasi deh yaa. Jadi kalau ingat beras langsung ingatnya Cosmos. 

Kenalan yuk sama anggota baru di keluarga Tazakka :) 

Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 Untuk Nasi Yang Lebih Sehat 


Karena dari kecil sudah familiar banget dengan produk Cosmos, sampai sekarang sudah berumah tangga pun, maunya pakai Cosmos. Sudah pernah coba pakai rice cooker merek lain, terus ngga bertahan lama karena nasinya kok gampang kering dan bau. Sudah gitu, dalaman pancinya itu lama-lama mengelupas dan berubah jadi putih. Akhirnya pakai rice cooker Cosmos sampai sekarang. 


Cosmos Harmond CRJ-6601 Dengan Teknologi Anti Gores

Sebelum punya Cosmos Harmond CRJ-6601, saya pakai Cosmos CRJ-5231 yang motifnya kayu which is usianya sudah hampir 5 tahun dan masih sangat bagus. Berasa banget bedanya, antara rice cooker yang biasa aja sama rice cooker sehat kaya punya Cosmos. 

Di atas saya sudah tulis gimana caranya jaga nasi sehat walaupun masaknya di rice cooker. Sekarang, saya mau sedikit review rice cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 yang baru banget saya punya ini. Alhamdulillah kaya punya anggota keluarga baru :) Karena kehadirannya bakal berguna banget di rumah. 

Anti Gores Dengan Harmond Technology

Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 ini adalah pelopor rice cooker Anti Gores pertama di Indonesia. Kalau pada umumnya rice cooker yang beredar itu kan menawarkan anti lengket. Tapi tau ngga sih kalau ternyata lapisan anti lengket pada panci rice cooker itu berbahaya. Bahaya kenapa? karena biasanya, lapisan anti lengket itu mengandung zat kimia yang bernama Perfluorooctanoic (PFOA) yang bersifat karsinogenik. Dimana jika lapisan itu mengelupas, lalu tercampur dengan nasi, maka bisa memicu penyakit berbahaya seperti kanker. 



Nah, Cosmos Harmond CRJ-6601 yang saya punya ini ada Harmond Technology di dalam pancinya. Menjadikan pancinya anti gores dan ngga mengelupas, bahkan disikat pakai sikat baja sekalipun. Kalau disikat pakai sikat baja aja tetap mulus dan ngga ada rontokan, artinya aman dong ya kalau digunakan. 

Desain Compact dan Stylish

Rice Cooker Cosmos Harmond CRJ-6601 yang saya punya ini desainnya menyerupai karakter kartun Angry Bird. Pas lihat kok ya gemes amat. Sampai anak-anak pada heboh sendiri dan ketawa-ketawa lihat bentuknya. 




Ada tongolan magicap di bagian atas yang bikin nasi jadi lebih pulen. Kapastitasnya hanya 0.8 liter pas banget buat porsi sehari makan. Jadi, setiap hari bisa masak nasi dan ngga ada istilah nasi sisa kemarin. Daya listrik untuk rice cooker ini hanya 300 watt saja. 

Desainnya dibuat compact dan open matic, jadi tinggal pencet tombol di bagian atas, tutupnya pun terbuka otomatis. Walaupun namanya rice cooker, tapi bisa berfungsi juga buat mengukus dan menghangatkan. Lalu, ada pegangan di bagian atasnya yang menjadikan rice cooker ini gampang dibawa atau kalau mau dipidahin posisinya. 



Di dalam box juga sudah dilengkapi sama gelas ukur dan sendok nasi plus holder buat taruh sendok nasinya, biar ngga jalan kemana-mana :p Kalau yang punya bayi, pasti tahu dong ya kalau centong nasi adalah mainan mewahnya para bayi. Jadi, letakkan selalu centong nasi di tempatnya, kalau ngga mau dijadiin mainan. 

Beras Lebih Bersih dan Bebas Kutu Dengan Rice Dispenser Cosmos 007-Pundi


Siapa yang naro beras di dalam ember atau bak kecil? Saya deh tunjuk tangan :p Iya, sebelum punya Rice Dispenser Cosmos 007-Pundi ini, saya naro berasnya di container kecil. Walaupun dilengkapi sama penutup, tetap yaa berasnya dijadiin sarang kutu beras. Huhuhu... kesel deh tiap kali mau masak nasi, harus cuci berasnya tuh lama banget karena mesti buangin kutunya dulu. 



Cosmos itu dulu terkenalnya kan dengan tempat penyimpanan beras. Inget banget dulu mamah punya tempat simpan beras Cosmos juga. Warnanya hijau dengan ukuran yang besar. Terus sering banget dijadiin mainan sama saya dan adik. Kan kalau dipencet, berasnya langsung keluar. Lalu berasnya  kami masukin lagi ke atas, terus dipencet lagi biar keluar. Gituu aja sampai akhirnya diomelin mamah, baru deh kita kabur :p 

Jadi bisa dibilang, saya kenal Cosmos ya sudah puluhan tahun. Sampai sekarang, kalau ingat beras ya ingatnya Cosmos. Pas punya Cosmos 007-Pundi ini saya happy banget. Akhirnya, bisa taruh beras di tempat yang benar juga. Ngga mau lagi ngasih 'lapak' ke kutu beras yang nyebelin. 




Rice Dispenser Cosmos 007- Pundi ini kapasitasnya hanya 7 kg, simple dengan ukuran yang ngga terlalu besar jadi ngga makan tempat juga. Pas buat saya yang rumahnya imut-imut. 

Teknologi FIFO (First In First Out) menjadikan beras yang masuk duluan, ya bakal keluar duluan. Jadi, ngga ada istilah beras numpuk yang akhirnya beras yang posisinya di bawah jadi apek. Pull N Dispense yang ada di Rice Dispenser 007-Pundi, otomatis mengeluarkan beras sebanyak 150 gram sekali tarik. Kalau saya butuh 4 kali tarik untuk sekali masak. 



Di bagian bawah tempat penyimpanan beras dari Cosmos ini dilengkapi sama anti slip. Jadi dia tuh ngga gampang geser karena melekat kuat. Dengan menaruh beras di Rice Dispenser Cosmos 007-Pundi, kualitas beras jadi lebih tejaga, termasuk kebersihannya. Dengan begitu, beras jadi lebih sehat dan ngga ada kutu yang bersarang. 

Beras Terjaga Kualitasnya, Nasi Jadi Lebih Sehat


Namapun kita tinggal di negara dimana nasi jadi makanan pokok. Sudah pasti, kita akan bertemu dengan nasi di setiap waktu makan. Mau nasi putih atau jenis nasi yang lain deh. Kayanya kalau belum ketemu nasi, berasa ada yang kurang aja ya. 

Agar nasi yang kita konsumsi tetap sehat, selalu tempatkan beras di tempat yang bersih dan baik. Supaya berasnya ngga kutuan yang akhirnya malah jadi kotor. Mengolah beras menjadi nasi pun harus dilakukan dengan benar. Agar kandungan baik dalam nasi bisa kita rasakan. 

Ngga ada yang salah sama nasi, selagi kita konsumsi sesuai kebutuhan. Apapun yang kita konsumsi kalau ngga sesuai takaran even berlebihan, ya ngga baik juga buat kesehatan. Ya, kan :) 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...