badge

Jumat, 07 Februari 2020

Wake-Wake dan ASI Booster Ala Uchi

Masih inget banget drama pas hamil, perjuangan melahirkan, dan sekarang ada di momen menyusui yang dramanya pun makin aduhai. Tapi yaa gimana yaa, namanya juga sayang. Mau gimana pun dramanya, tetap aja dilewati dengan penuh cinta #asheek. Ya pokoknya, proses alami seorang ibu itu memang penuh warna. Yang perlu dilakukan adalah melewati, bukan menghindari.



Padahal Khal bukan anak pertama which is harusnya saya ngga kaku banget dalam menyusui. Tapi setiap anak yang lahir punya karakternya sendiri. Khal satu dari anak saya yang heboh banget kalau nyusu. Sudahlah anak laki yang sekali nyedot bisa ngosongin payudara, belum lagi kalau sudah kepengen nyusu suka ngga sabaran. Terkadang, saya suka kesal sendiri. Nangis sambil menyusui, rasanya sudah ngga kehitung.

Tapi semakin Khal tumbuh besar, si bayi sudah mulai ngerti kalau diajak ngomong. Saya juga makin ngerti maunya dia, apa yang dia suka, dan apa yang dia ngga suka. Khal mulai ngerti dengan kata 'No' yang diucapkan sama bundanya.

Drama menyusui pun makin makin berkurang. Karena Khal sudah makan, frekuensi menyusui pun berkurang. Walau masih suka ngambek pengen nyusu ketika ngantuk, tapi Insya Allah saya masih bisa bersabar. Semoga Allah selalu karuniakan sabar yang luas buat saya, Aamiin.

Wake-Wake dan ASI Booster Ala Uchi


Ya sebenarnya, perasaan bahagia dan mood yang baik adalah booster ASI yang paling baik. Menyusui dengan happy akan bikin ASI jadi banyak. Jangan terbebani apalagi dengan perasaan terpaksa. Karena, itu ngga hanya berpengaruh pada ASI, si bayi pun bisa ngerasain perasaan ibunya.



Kalau ada yang bilang ngga perlu booster ASI, karena merasa cukup menyusui dengan happy sebagai boosternya, ya biarin aja. Tapi buat saya, variabel ((variabel)) lain diperlukan dan dibutuhkan supaya ASI melimpah ruah. Proses menyusui juga jadi lebih happy karena hormon bahagia (endorfin dan oksitosin) jadi aktif.

Salah satu hal yang bikin semangat terus buat menyusui adalah support dari temen. Kalau dari suami mah off course yaa. Teman yang juga lagi menyusui itu kaya tempat sharing. Kita jadi saling support.

Beberapa hari yang yang lalu, saya dikirimin 'paket cinta' dari Wake-Wake, sebuah brand ASI Booster, which  is brand ini adalah brand yang direkomendasiin teman. Sudah sering lihat dia konsumsi dan terbukti mampu membuat ASInya banjir dan berkualitas.



Bahan utama yang yang dipakai Wake Wake adalah daun bangun-bangun (torbangun herbs). Daun ini dipercaya mampu meningkatkan produksi ASI. Produknya beragam, diantaranya : jus dengan varian rasa, kukis, soes, keripik, dan susu kurma.

Nah kemarin itu saya dikirimin jus dengan 10 pilihan rasa, susu kurma, kukis, dan keripik. Semuanya jujur bikin happy banget, karena stok cemilan busui selama seminggu aman. Kukisnya enak dan jadi rebutan antara saya sama anak-anak.



Selain Wake Wake yang bikin saya makin happy menyusui, beberapa hal di bawah ini lah yang juga bisa bikin saya happy. Bisa dibilang, ini booster ASI ala Uchi


Makan Makanan Kesukaan

Jujur, saya bukan orang yang doyan makan. Tapi kalau pas nemu makanan kesukaan, ya bisa banyak juga makannya. Ketika sedang menjalani ASI Eksklusif, saya makan demi si bayi. Apa saja saya makan, tapi ngga pernah kelewat makan sayur. Eh, sampai sekarang jadi keterusan, setiap makan harus ada sayurnya.



Buat saya, bisa makan makanan kesukaan tapi tanpa diganggu anak itu kemewahan. Kadang suka sampai senyum-senyum sendiri makannya. Biasanya kalau pengen makan, mesti nyuri-nyuri waktu pas si bayi tidur. Kalau ngga gitu, bukannya makan malah momong dan berakhir makan makanan dingin.

Ikut Kajian

Hal yang paling mengasikan dan bisa jadi booster ASI buat saya, ketika bisa ikut kajian tanpa bawa bayi. Saya bisa fokus dengerin ustadz atau ustadzah, sambil nulis tanpa ada yang maksa narik-narik buku terus nyobekin buku.

Ikut kajian jadi cara saya buat belajar, nambah ilmu, dan nambah temen juga. Ada yang bisa diajak sharing yang ngga melulu soal dunia. Saya jadi 'diisi' lagi semangatnya, agar tetap sabar dalam jalani peran sebagai ibu.

Jalan-Jalan Sendiri

Ini baru bisa saya lakukan ketika Khal sudah lewat dari 6 bulan. Karena kan sudah makan juga, jadi ditinggal pun akunya ngga terlalu khawatir. Sudah bisa diberi air bening saja kalau dia haus. Khal juga bisa main sama kakak-kakaknya, tanpa nangis. Saya pun bisa tenang banget perginya.

Walau cuma ke mall dekat rumah dan sekadar window shopping, itu sudah bikin happy. Lihat barang-barang lucu, lihat banyak orang, lihat makanan enak, happy lah pokoknya.

Saya juga suka pakai kesempatan jalan sendiri buat kerja. Kalau weekend, saya berani ambil kerjaan karena ada suami yang bisa jaga Khal. Ketemu temen-temen blogger juga bikin happy. Apalagi kalau sudah lama ngga ketemu.

Lihat Rumah Bersih Rapih

Walau seringnya agak ngga mungkin selagi ada bayi, tapi saya berusaha banget agar rumah ya ngga parah banget berantakannya. Mata saya ngga betah lihat yang berhamburan di lantai. Suka auto gatel pengen bebenah.

(bukan) rumah uchi, sekadar inspirasi saja :p


Bebersih rumah pun saat ini masih sebisanya saja. Dikit-dikit yang penting rumah ngga terlalu kaya kapal pecah. Soalnya bisa pusing sendiri kalau lihat rumah berantakan.

Mimpi sih bisa punya rumah dengan perabot minimalis. Karna makin sedikit barang, makin gampang bebenahnya. Rumah bersih dan rapih itu buat saya kebahagiaan.

Quality Time Sama Keluarga

Bukan soal berapa lama kita bisa kumpul sama keluarga, tapi soal kualitas waktu yang digunakan. Jadi walau cuma punya waktu 15 menit, tapi bisa dimanfaatkan dengan baik, itu bisa bikin saya happy.

Memang sih paling enak kalau bisa qualit time keluar rumah. Di jalan kita bisa sambil ngobrol, bercanda, dan jadinya makin dekat. Tapi ngga selalu bisa begitu, karena kalau keluar rumah sudah pasti keluar budget.

Saya suka ngobrol sama anak-anak, jadi yaa saya manfaatkan itu sebagai quality time.

Jadi, ASI Booster Perlu atau Ngga? 


Ya kembali pada keyakinan masing-masing yaa bu. Buat yang merasa ngga perlu pakai booster-booster an, ya ngga perlu nyindir-nyindir sama yang merasa perlu pakai. Masing-masing punya keyakinan sendiri, kan.

Intinya sih, menyusui itu harus happy. Rasa happy itu bisa didapatkan dengan banyak cara. Yang pasti, sesama ibu menyusui ya harus saling dukung. Jangan sampai ada war-waran yang jujur ngga penting banget. Buang-buang energi dan waktu. Saling menghargai saja, dengan begitu ngga akan ada 'perang ibu'.

Semangat mengASIhi yaaa buibu. 

2 komentar:

  1. Terima kasih sudah mempercayakan wake wake untuk booster asi terbaik mommy

    ❤❤❤

    BalasHapus
  2. bener tuh mba asi booster itu cocok2an makanya banyak pilihan, aq sampe sekarang belum nemu yang pas bener2 bisa bikin asi mengalir deres karena pakai booster, yang penting asi cukup buat debay

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...