badge

Senin, 03 Februari 2020

Jadi #PahlawanSenyum Bareng Pepsodent Siwak Baru,Yuk!





لَأَنْ أَشُقَّ عَلىَ أُمَّتِي لأَمَرْتُهُمْ باِلسِّوَاكِ عِنْدَ كُلِّ وُضُوْءٍ

"Kalau bukan karena akan memberatkan umatku, maka akan kuperintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan wudhu (shalat)" 
Hadits riwayat Bukhari Muslim



Pepsodent Siwak


Ribuan tahun lalu, Rasulullah menggunakan siwak untuk membersihkan mulut. Sebagai muslim yang taat, kan memang sebaiknya mengikuti apa yang diperintahkan, atau dikerjakan oleh Rasulullah. Karena ngga ada satupun keburukan di dalamnya, ketika Rasulullah memerintahkan sesuatu. Salah satu sunnah yang diajarkan adalah membersihkan mulut dengan siwak. Mengapa disunnahkan? karena Rasulullah tahu ada banyak manfaat yang bisa didapat jika dikerjakan. 


Manfaat siwak ngga cuma diakui oleh Rasulullah, para ahli kesehatan mulut pun akhirnya membuktikan kandungan dan manfaat siwak. Kayu siwak atau miswak adalah batang yang berasal dari pohon Salvadora Persica yang digunakan untuk membersihkan gigi, gusi, dan mulut. Yang digunakan adalah batang yang lembut agar ketika digunakan ngga merusak gusi dan email gigi. Serat yang terlihat dari batang siwaklah yang berfungsi layaknya sikat gigi. 

Seperti yang saya tulis di atas, ngga ada satu pun keburukan dari ajaran atau sunnah Rasul. Saat Rasulullah memerintahkan satu hal, pasti akan ada kebaikan di dalamnya. Termasuk soal membersihkan mulut dengan siwak. Siwak mengandung antibacterial acid yang melindungi mulut dari bakteri. Selain itu, siwak juga mengandung klorida, pottasium, sodium bicarbonate, fluoride, sulfur, vitamin C, trimethyl amine, salvadorine, tannis, dan beberapa mineral lain. 


kayu siwak


Dari banyak sekali kandungan dalam batang siwak, berikut manfaat yang bisa kita peroleh ketika rutin menggunakan siwak untuk membersihkan mulut dan gigi. 
  • Mencegah munculnya plak gigi
  • Membunuh bakteri yang bisa menyebabkan penyakit gusi dan radang gusi
  • Menjaga warna putih gigi alami supaya ngga mudah pudar
  • Mengurangi risiko gigi berlubang dan kerusakan gigi lainnya
  • Membersihkan sela gigi dari kotorang tersembunyi
  • Menghilangkan bau mulut tidak sedap, membuat napas jadi wangi alami
  • Bekerja sekaligus sebagai dental floss (benang gigi) karena serat kayunya ikut menjangkau sela gigi
Nah, itu manfaat siwak yang bisa kita rasakan jika menjadikan siwak sebagi alat untuk membersihkan mulut dan gigi. Namun, seiring perkembangan teknologi dan jaman, para ahli kesehatan mulut dan gigi, membuat terobosan dengan memasukkan siwak sebagai bahan campuran pasta gigi. Seperti yang dilakukan oleh Pepsodent yang mengeluarkan variant baru yaitu Pepsodent Siwak

Pepsodent Siwak Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi Sesuai Anjuran Nabi


Varian baru yang dikenalkan oleh Pepsodent ini secara resmi diluncurkan pada Jum'at (31/01) yang lalu. Saya dan teman-teman dari Indonesia Hijab Blogger ikut menyaksikan acara peluncurannya. Yang beda, ngga cuma kami yang jadi saksi tapi ada adik-adik dari Panti Asuhan Rawa Sari. Setiap blogger, ditemani oleh satu adik dari panti. Saya ditemani oleh Denna, anak perempuan berusia 9 tahun yang lucu banget.

Kakak Uchi dan Denna :p

Saya bertanya banyak hal sama Denna soal kehidupannya. Ah, jadi kaya ngobrol sama anak sendiri. Sayangnya, Denna ngga mau manggil saya dengan sebutan 'bunda', dia memanggil saya dengan sebutan 'kakak'. Ya mungkin karena muka saya ngga ibu-ibu banget kali yaa hahaha :p 

Dalam acara launcing Pepsodent Siwak Baru, ada Ustadzah Aini Aryani, Lc yang memaparkan pentingnya menjaga kesehatan mulut dan gigi dari sudut pandang agama. Menurut ustadzah yang wajahnya muncul tiap pagi di televisi, Rasulullah itu sangat memerhatikan kesehatan gigi beliau, bahkan setiap menjelang waktu shalat, Rasulullah selalu membersihkan mulutnya dengan siwak.



Keutamaan bersiwak yang dianjurkan Rasulullah, akan mendapatkan pahala jika dikerjakan. Menurut Ustadzah Aini, berdasarkan apa yang Rasulullah ajarkan, menjaga kesehatan mulut dan gigi menjadi salah satu yang diutamakan karena menyangkut kesehatan diri, serta adab ketika berhadapan dengan orang lain. 

Namun, anjuran bersiwak menggunakan kayu siwak memunculkan perbedaan pendapat di kalangan utama. Sebagian ulama mengatakan, yang ditekankan adalah membersihkan rongga mulut dengan alat apapun. Walau ngga menggunakan kayu siwak secara langsung, pasta gigi yang mengandung siwak pun temasuk mengikuti teladan yang diberikan Rasulullah. Insya Allah. 

Dari sisi medis, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent, MDSc selaku pakar kesehatan gigi dan mulut mengatakan, siwak merupakan bahan alami yang mampu menghentikan pertumbuhan bakteri. Dari berbagai penelitian modern, ditemukan fakta bahwa siwak pun mampu menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi. Siwan juga bisa menghentikan pendarahan pada gusi, menstimulasi peningkatkan air liur yang bisa menetralkan kondisi asam di mulut. 

Saking banyaknya manfaat yang sudah dibuktikan dari sebatang siwak, sejak tahun 1984 World Health Organizatition (WHO) merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi. 

Sebagai ummat Islam, kita sepatutnya bangga yaa karena apa yang diajarkan oleh suri tauldan kita, Rasulullah SAW, diakui membawa kebaikan. Makanya, ngga akan pernah rugi mengikuti apa yang diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya. 

Jadi #PahlawanSenyum Bersama Pepsodent Siwak Untuk Kesehatan Mulut dan Gigi Anak Yatim


Acara peluncuran Pepsodent Siwak juga ditandai kick off program #PahlawanSenyum. Jadi, Pahlawan Senyum adalah program dari Pepsodent Siwak bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS). Setiap pembelian Pepsodent Siwak, 2.5% akan didonasikan untuk memperbaiki dan menjaga kesehatan mulut dan gigi anak-anak yatim berbagai wilayah di Indonesia.

Pepsodent Siwak


Menurut Distya Tarwono Endri, selaku Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk, peluncuran varian baru Pepsodent Siwak untuk menjawab kebutuhan akan kesehatan mulut masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim. Kandungan siwak dalam Pepsodent Siwak sebagai alternatif masyarakat, yang ngga hanya ingin mendapat kebaikan dan manfaat dari siwak, tapi juga untuk meneladani apa yang diajarkan nabi. 

Sedangkan program #PahlawanSenyum adalah wujud kepedulian pada kesehatan mulut dan gigi masyarakat. Kali ini yang menjadi sasaran adalah anak-anak yatim piatu. Kegiatan yang diadakan diantaranya : edukasi kesehatan mulut dan gigi, membangun dan memperbaiki fasilitas tempat cuci tangan, penyediaan produk, hingga cek kesehatan gigi dengan dokter gigi.



Menurut saya, ini langkah baik yang diambil oleh PT Unilever dalam hal ini Pepsodent Siwak. Semoga dengan program yang diluncurkan, makin banyak anak yang memiliki gigi sehat. 

1 komentar:

  1. Alhamdulillah bisa datang ke acara ini, kenalan sama Wita teman kecil yang mendampingi aku. Bisa nyobain pepsodent siwak dan aku suka, kayanya sih akan repurchase

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...