badge

Rabu, 21 Juli 2021

Main Seru ke Planet Jupiter Bareng Paddle Pop Mochi

 

Apa kabar liburan anak-anak kemarin? Karena tiba-tiba ada PPKM darurat, which is banyak tempat-tempat umum yang ditutup, akhirnya ya liburan tetap di rumah aja deh. Qadarullah, saya dan anak-anak dikasih nikmat sakit. Sehingga harus isolasi mandiri di rumah. Jadinya ya selama hampir 2 minggu, ngga bisa kemana-mana. 

Liburan bareng Paddle Pop

Main itu kan fitrahnya anak-anak, jadi walau harus di rumah dulu, mereka mah tetep seru aja main di rumah. Mereka kadang bikin permainan sendiri. Walau rumah jadinya berantakan banget, berisik, ya udah ngga papa. Asalkan mereka tetap di rumah. 

Minggu lalu, saya ngajak anak-anak buat ikutan main-main virtual bareng Paddle Pop. Dari 4 tema Liburan ke Planet Mochi, saya pilihin anak-anak buat ikutan Main ke Planet Jupiter, bareng keluarga Melki Bajaj dan Buumi Playscape. Lewat media Zoom, ada sekitar 100 anak yang ngumpul buat main bareng. 

Paddle Pop Mochi

Oh iya, untuk ikutan kegiatan Liburan ke Planet Mochi ini, kita harus daftar terlebih dulu. Infonya ada di akun instagramnya Paddle Pop. Ada kotak main yang dibagikan free bagi 100 pendaftar pertama. 

Sebelum acara utamanya dimulai, anak-anak dihibur dulu sama dance ala ala luar angkasa. Ada kakak-kakak dari Buumi Playscape yang nari pakai baju astronot dan alien. Una sih anteng ngeliatan kakak-kakak pada nari. Khal yang saat itu ikut nimbrung, malah heboh banget ngikutin gerakan tariannya. 

Planet Jupiter

Selesai nari, ada penjelasan dulu soal planet Jupiter. Ada fakta-fakta menarik soal planet Jupiter yang diterangkan oleh kakak-kakak dari Buumi Playscape. 

  • Jupiter merupakan planet terbesar
  • Nama Jupiter diambil dari nama dewa di mitologi Romawi
  • Planet Jupiter punya cincin. Namun, karena tipis sekali, seringnya tidak terlihat oleh pandangan

Masuk ke acara utama, yaitu games yang sudah disiapkan oleh Buumi Playscape. Sebelumnya, para peserta tuh sudah dikasih tau bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan. Ketika mendaftar lewat whatsapp, ada balasan dari Paddle Pop tentang games yang akan dimainkan, berikut penjelasan soal bahan-bahannya. 

Paddle Pop Mochi

Ada 3 games yang disebut sebagai Misi Penyelamatan akan dilakukan oleh anak-anak. Ini bisa jadi ide main, buat mengisi waktu liburan sekolah atau di akhir pekan loh. 

Risalah Husna


1. Moon Dough Pottery

Permainan ini tujuannya melatih motorik halus anak, karena ada proses mengulen dengan tangan. Selain itu, kemampuan berhitungnya juga diasah. Tentu saja kreativitas anak juga ikut terlatih. Bahan yang diperlukan untuk permainan Moon Dough Pottery diantaranya : 

  • 15 sdm tepung terigu 
  • 1sdm kopi bubuk
  • 15 sdm air hangat
  • Cetakan kukis
  • Rolling pin untuk menggiling adonan
  • Wadah atau mangkuk 
  • Gelas bermulut bundar
Cara mengerjakannya : tepung terigu, kopi, dan air dicampur jadi satu. Diulenin dengan tangan hingga kalis. Lalu dough atau adonan yang sudah kalis digiling menggunakan rolling pin. Kalau ngga tidak ada rolling pin, bisa pakai botol sirup ya.

Setelah adonan digiling, dibentuk menggunakan mulut gelas. Nah, di sini kreativitas anak dilatih.  Buat semacam jalur planet, lalu adonan dicetak menyerupai planet. Kemudian disusun di jalurnya. Seru banget mainan adonan gini. Kalau kata Una, kaya main slime. Iya, karena kenyal-kenyal gitu kan. Motorik tangan anak juga jadi terlatih.

Paddle Pop Mochi


2. Alien Egg Game 

Permainan ini melatih fungsi tangan dan kaki. Karena cara mainnya, anak diminta memindahkan balon berisi air dengan tangan dan kaki. Ini sih paling seru buat anak-anak, karena pakai air. Rasanya, semua anak kalau sudah kena air, suka susah udahannya. Maunya terus-terusan aja main air, sampai semuanya basah dan becek. 

Di permainan ini, kemampuan berhitung anak juga dilatih. Jadi bisa sambil ngajarin anak berhitung juga ya bund. Bahan-bahan yang diperlukan dalam Alien Egg Game ini, diantaranya :

  • 10 pcs balon warna-warni 
  • 10 gr glitter 
  • Air 
  • 2 buah ember besar 
  • Kursi 
Cara mainnya : balon warna-warni diisi dengan air. Cukup buat seukuran telur aja, ngga usah terlalu besar. Lalu, masukkan telur-telur balon itu ke dalam ember berisi air yang sudah dicampurkan dengan glitter. Nah, untuk mainnya, anak-anak duduk di kursi. Lalu pindahkan telur-telur balon di dalam ember berisi air, ke ember kosong, menggunakan tangan dan kaki secara bergantian.

Paddle Pop



Kalau main yang basah-basahan kaya Alien Egg Game ini, better di luar rumah atau teras. Karena pasti bakal basah dan becek banget. Cuma ya itu, seru. Karena anak-anak itu suka banget main air.

3. Mochi Sugar Swirl 

Nah, game yang satu ini yang bikin anak-anak pengen buru-buru nyaplok Paddle Pop Mochi. Karena apa? karena salah satu bahan yang digunakan adalah Paddle Pop Mochi. Sampai ngerjainnya pengen buru-buru,  biar bisa segera dimakan gitu. 

Mochi Sugar Swirl

Game Mochi Sugar Swirl ini punya manfaat melatih motorik halus anak. Selain itu, kreativitas anak juga diuji. Gimana bikin tampilan mochinya jadi cantik, yummy, dan eye catching. Bahan-bahan yang digunakan dalam game ini, diantaranya : 

  • Paddle Pop Mochi Choc Vanila
  • Gula halus 
  • 1-2 sdm air / susu cair 
  • Pewarna makanan 
  • Wadah atau mangkuk 
  • Piping bag (opsional) 
Cara membuatnya : Di dalam wadah, campurkan gula halus dengan susu cair. Aduk rata sampai benar-benar tercampur. Lalu, teteskan 1 -2 tetes pewarna makanan ke dalam campuran gula dan susu. Aduk rata sampai warnanya tercampur semua. Bisa dibuat menjadi 3 warna ya. Warnanya bebas aja, sesuai keinginan dan kreativitas anak.

Letakkan Paddle Pop Mochi di atas piring. Lalu siramkan campuran gula dan susu yang sudah diwarnai,  ke atas mochi. Bisa diselang-seling warnanya biar cantik. Dan, selesai deh. Sebelum makan jangan lupa berdoa dan difoto dulu ya :p 1, 2, 3, cheseeee 

Paddle Pop Mochi



Ada Apa Dalam Sebungkus Paddle Pop Mochi?


Mochi dari Paddle Pop ini, jadi varian es krim Paddle Pop yang paling saya suka. Susah diungkapkan deh enaknya si kenyal mochi ini. Kalau cuma sebungkus, rasanya kurang lah. Kalau anak-anak sih, varian apapun doyan aja. Mau yang rainbow, pisang, choco lava, vanila, pokoknya semua varian rasa dari Paddle Pop, bisa dimakan semua sama anak-anak. 

Dalam event Liburan ke Planet Mochi bareng Paddle Pop ini, varian Paddle Pop yang dipakai adalah Mochi. Yeayyy, kesukaan emaknya banget ini. Makanya, pas game Mochi Sugar Swirl, bikinnya lebih dari 1, biar emaknya bisa ikutan makan juga dong. Nah, buibu tau ngga sih dalam sebungkus Paddle Pop Mochi itu ada apa aja? simak di infografis sederhana yang saya buat ini ya bund. 

 
Paddle Pop Mochi

Gimana.. gimana? Sudah ngiler pengen makan Paddle Pop Mochi? Tenang ya bund, Paddle Pop Mochi ini aman dimakan setiap hari kok. Kandungan sebungkus Paddle Pop Mochi ngga lebay, jadi mau makan tiap hari juga oke aja. Bisa nambah energi dan bisa jadi menu buat snack time. 

Sudah gitu, harganya sangat sangat affordable alias terjangkau kantong. Apalagi cara dapetinnya juga gampang. Tinggal melangkah ke minimarket samping rumah aja. Buka freezer es krim, pilih Mochinya Paddle Pop. Ett, jangan lupa dibayar dulu. Baru deh bisa dimakan :p 

Ayo Main!

Bermain itu memang fitrahnya anak-anak. Jadi, kalau ada anak-anak yang ngga suka main, rasanya ada yang salah. Ngga perlu pakai mainan berharga super mahal, dengan barang-barang yang ada di rumah aja, anak-anak bisa happy banget main. Siapa yang anaknya hobi mainin toples, remote tv, panci, baskom? Mereka bisa loh, anteng dan seru sendiri dengan barang-barang itu.

Imajinasi kita dengan anak-anak tentu beda ya. Anak-anak bisa menganggap panci adalah topi perang, lalu berubah jadi tamborin yang nyaring. Menjadikan remote tv sebagai mic, handphone, bahkan mobil limosin. Jadi, apapun bisa dijadiin bahan main sama anak-anak. Kadang, yang dibutuhkan sama anak itu momennya, bukan alatnya. 

Manfaat main

Kalau memang tidak sibuk dengan urusan dapur dan lainnya, boleh lah temenin anak-anak main ya bund.  Sambil dijelasin manfaat permainan yang lagi dimainkan. Misalnya mereka lagi main masak-masakan, bisa dikasih tau deh nama alat-alat masak, beserta fungsinya. Jadi dari main, mereka bisa sambil belajar. 

Anak yang sering main juga akan terlatih kreativitas dan daya pikirnya. Ini bisa sangat membantu mereka untuk memecahkan satu masalah. Mereka ngga gampang nyerah karena mereka cenderung akan mencari solusi dari masalah yang mereka hadapi. Jadi bisa dibilang, anak yang senang main akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri, suka eksplorasi, dan kreatif. 

So, biarkan anak-anak main. Pastikan saja, apa yang dimainkan sesuai dengan tahapan usianya. Jangan lupa juga bund, untuk meminta anak membersihkan dan merapihkan apa yang sudah ia mainkan. Biar kitanya ngga spaneng gitu ya bund. 

Oh iya, kalau mau cari-cari ide permainan yang seru buat anak, bisa loh mampir ke instagramnya Paddle Pop di @paddlepop.idn . Selain banyak ide permainan, sering banget ada informasi acara yang sayang kalau dilewatkan. Kaya informasi acara Liburan ke Planet Mochi yang saya dan anak-anak ikuti. Jangan sampai ketinggalan acara-acara seru dari Paddle Pop lainnya ya bund. 

Ide main anak



Sumber 
www.fatsecret.co.id 
Infografis Risalah Husna



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...