badge

Minggu, 31 Januari 2016

Kids Center, Fitur Yang Membuat Gadget Lebih Ramah Anak


Assalamu'alaikum... Hallo Om, Tante. 

Pasti kaget ya karena bahasanya sedikit beda dengan bahasa yang sering bunda pakai. Aku anak pertamanya bunda. Namaku Abdan, tapi biasa dipanggil Abang. Aku lagi pakai blognya bunda. Aku tahu loh blog itu apa, karena bunda sering jelasin ke aku dan aku juga sering nemenin bunda nulis. Bunda tahu ko kalau aku pakai blognya, jadi om dan tante ngga perlu khawatir. Karena bunda belum bikinin blog buat aku, jadi sementara aku pakai blognya bunda aja buat nulis. 




Beberapa hari ini bunda sempat nanya sama aku soal gadget, kalau kata bunda bahasa Indonesianya gadget itu gawai. Ketika bunda bilang 'gadget', jujur nih om tante, aku ngga tahu apa itu. Akhirnya bunda jelasin ke aku, kalau gadget itu adalah sebuah perangkat elektronik atau piranti yang memiliki pembaharuan dari hari ke hari dan mudah dibawa kemana-mana. Memiliki tujuan dan fungsi praktis yang dirancang lebih canggih dibanding teknologi yang lain. Contohnya kaya telepon selular (ponsel), laptop, tablet, ipad, dan kamera. 

Sampai sekarang, aku belum punya gadget sendiri. Kata bunda, belum waktunya. Jadi, kalau aku lagi pengin banget main game, aku pakai handphonenya bunda atau abi. Itu pun ngga boleh lama-lama. Hihihi.. sedihnya. Padahal kan aku cuma main games aja, ngga pernah buka yang lain. Adik-adikku juga ngga ada yang punya. Biasanya kami boleh pakai handphone cuma buat main games aja, itupun gamesnya dipilihin sama bunda dan abi.

Permainan yang ada di handphone bunda itu hampir semuanya tentang belajar. Yang baru diunduh sama bunda dan katanya khusus buat aku itu aplikasi anak cerdas. Emang sih isinya pelajaran semua, tapi aku seneng loh. Seru karena belajarnya pakai handphone. 

Kadang-kadang sih aku penasaran. Handphone bundaku kan bisa dibilang paling canggih dibanding handphone abi, pasti banyak deh yang bisa dimainin atau diutak-atik. Tapi, kalau bunda bilang ngga boleh ya aku sih nurut aja. Emang galak deh bunda kalau udah urusan handphone. Tapi, walau begitu aku tahu bunda punya alasan kenapa aku ngga boleh lama-lama main handphone.

Main Games Anak Cerdas, Seru Banget  loh
Kata bunda, ada beberapa dampak yang ngga baik kalau anak kecil kaya aku terlalu lama di depan gadget, seperti :

1. Bahaya Radiasi. Kata bunda, sinar yang keluar dari gadget atau handphone itu ngga baik bagi kesehatan terutama kesehatan mata. Radiasi sinyal dari gadget juga ngga baik karena kalau terus-terusan kena radiasi, bisa ganggu kesehatan. Oh... aku baru ngerti kenapa bunda marah kalau aku dan adik-adik kelamaan main games di handphone. Bunda bukannya ngga mengizinkan sama sekali main handphone, tapi tetap ada waktunya. 

2. Resiko Kecanduan. Kalau makin sering anak-anak berinteraksi dengan gadget, malah susah lepasnya. Kata bunda istilahnya kecanduan. Iya sih, ada tuh temen aku yang kemana-mana selalu ada handphone di tangannya. Sebentar-sebentar main handphone, sebentar-sebentar main game. Mungkin itu yang namanya kecanduan. Temen aku itu malah suka asik sendirian aja, ketawa sendiri, kesel sendiri dan seneng sendiri.  Jadinya, dia cuma duduk aja. Padahal kata bunda, anak kecil itu harus banyak bergerak dan bermain dengan teman-teman. 

3. Lambat Belajar. Kata bunda lagi, anak-anak yang sering main gadget akan lambat dalam menyerap pelajaran di sekolah. Otaknya kan terbiasa dengan games yang bergerak cepat, jadi ketika ada pelajaran yang dijelaskan oleh guru dengan perlahan, maka anak itu akan sulit menyerap. Konsentrasi belajarnya juga akan berkurang karena yang ada di dalam pikiran mereka hanya games dan games. 

4. Pengaruh Negatif. Bunda itu sering banget deh bilang "Abang, bunda tuh paling suka kalau lihat abang main yang lain asal bukan gadget" Sebenernya aku tuh penasaran, pengen mainin semua games yang ada. Tapi, aku cuma dikasih waktu paling lama 1 jam buat main games. Setelahnya aku malah disuruh main yang lain saja. Stts.. padahal bunda juga sering main games, ya walaupun cuma bisanya onet sama pet connect saja. 

Itu dampak yang bisa timbul, kalau anak-anak sering main gadget. Yang dimaksud sering itu kata bunda yang hampir setiap saat, setiap hari, setiap jam ngga mau lepas dari gadget. Pantas saja bunda ngga izinin aku main gadget lama-lama. Dan sekalinya boleh main, bunda selalu perahatiin aku dan dikasih waktu.

Bunda pernah tanya sama aku, handphone yang kaya gimana sih yang disukai sama anak-anak. Ini jawaban aku.



Semua anak kalau ditanya handphone seperti apa yang bagus, pasti jawabannya yang banyak gamesnya. Karena kan anak-anak memang sukanya main. Lalu, bunda kasih tahu ke aku kalau ada Acer Liquid Z320 yang cocok buat anak-anak. Terus aku disuruh nonton video ini dulu sama bunda.


Kata bunda, Acer Liquid Z320 punya fitur Kids Center yang aman buat anak. Aku kan jadi penasaran dan aku minta sama bunda buat jelasin kaya apa fitur Kids Center itu. Menurut bunda, Kids Center itu aplikasi khusus yang sudah ada (pre-instal) di dalam smartphone Acer Liquid Z320 yang memang dibuat khusus buat anak-anak yang pengen banget main handphone tapi suka dilarang sama mama-papanya, kaya aku :)


Aku jelasin seiinget aku ya, Kids Center itu seperti apa, soalnya bunda itu kalau jelasin sesuatu suka cepet-cepet. Memang gitu sih bundaku -___-

1. Aman Untuk Anak. Kata bunda Acer Liquid Z320 ini aman untuk anak. Karena apa? karena itu tadi, ada fitur Kids Centernya. Di dalam fitur ini, udah ada banyak banget aplikasi buat belajar yang seru karena bentuknya permainan.

2. Banyak Aktifitas Menarik. Di Acer Liquid Z320 ini ada banyak aplikasi yang bisa mengasah kreatifitas anak (aku niru ucapan bunda aja nih). Ada aplikasi mewarnai yang kayanya lebih cocok buat adikku yang masih TK. Ada juga aplikasi Mari Belajar (Marbel). Terus, buat yang suka foto-foto kaya aku ini, ada juga fitur kamera khusus buat anak-anak. Ada frame-frame lucu jadi kalau kita ambil gambar, sudah ada bingkainya gitu. Yang asiknya lagi, foto-foto yang tadi diambil akan tersimpan di galeri yang berbeda dari galeri utama. Seru ya, jadi ngga bercampur sama foto-foto selfinya bunda :)

3. Parental Control. Aku sebenernya agak susah nih menyebutnya. Tapi, kata bunda tulisannya sudah benar. Jadi, Parental Control ini semacam kunci bagi orangtua buat mengawasi anak-anaknya ketika menggunkan smartphone ini. Semuanya bisa dipantau seperti apa saja yang dibuka, main apa saja dan lain-lain. Aku pikir ini untuk jaga-jaga saja, bukan berarti orangtua ngga percaya sama anak-anaknya.


4. Banyak Kunci. Bunda pernah bilang kalau sekarang ini banyak kejahatan yang ngga diduga. Bunda takut banget kalau itu bakal kejadian sama aku. Itu salah satu alasan kenapa bunda belum siap beliin aku handphone. Di dalam fitur Kids Center ini ada banyak kunci yang bisa mencegah anak-anak keluar dari fitur atau penasaran dengan website lain. Ada Block Mode yang ketika diaktifan, maka anak-anak hanya akan berada di Kids Center. Hihihi.. pintar sekali ya Acer Liquid Z320 ini. Tahu aja kalau anak-anak itu suka penasaran. Kadang, aku juga penasaran sama isi youtube. Kok semuanya bisa ada di situ ya? mau cari apa aja, pasti ada.

5. Extra Safe Zone. Ini yang kata bunda bikin orangtua merasa aman. Karena kalau extra safe zone ini diaktifkan, maka anak-anak ngga akan bisa keluar dari Kids Center walaupun sudah dinyalakan ulang. Nonton youtube juga ngga akan khawatir tersesat. Karena, pilihan video-videonya sudah aman buat anak-anak. Kata bunda, aku ngga akan 'nyasar' ke video yang seram-seram.



Menurut bunda, dengan spesifikasi yang bagus banget, Acer Liquid Z320 ini harganya cukup murah, cuma Rp. 999.000 saja. Bunda sampai nanya ke aku "Abang mau Acer Liquid Z320?" Ya.. aku sih kalau ditawarin gitu, jawabannya sih mau banget. Eh.. ada tapinya, kata bunda "Handphonenya bunda yang pegang dan mainnya ada waktunya" Hihihi.. tetap ya, aku ngga boleh pegang sendiri. Terakhir bunda bilang, kalau Acer Liquid Z320 dengan fitur Kids Centernya ini adalah gadget yang ramah anak. Maksudnya aman buat anak-anak. Bunda juga ngga perlu khawatir lagi kalau aku dan adik-adik aku main gadget.

Buat om dan tante yang sudah menyempatkan waktunya baca tulisan pertamaku di blog bunda, terima kasih, ya. Terima kasih sudah mau baca pendapat aku tentang gadget dan Acer Liquid Z320 ini.


Wassalamu'alaikum

Abdan









27 komentar:

  1. Fitur Kids Center bikin orang tua nyaman dan gak merasa waswas lagi ya mbak. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mba tuty, fitur kids centernya bikin aman.

      Hapus
  2. abdan pinjem acer liquidnya yaaaa. abdan pinter deh. sukses ya abdan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih ammah, makasih udah mau mampir.

      Hapus
  3. Wihiiii.. Keren Mbak Suci. Kreatif bener bikin postingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di saat yang lain berjibaku sama infografis super keren, biarlah saya pake point of view yang beda sendiri. Makasih ya udah mau mampir

      Hapus
  4. Kala smartphone sdh ramah anak
    orang tua ga kawatir lg ya Jeung
    salam sukses :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul pak, jadi ngga papa lah anak-anak main gadget. Yang pegang kendali tetap emak bapak nya ;)

      Hapus
  5. Abdan kerennnn hehehe. Bundanya kreatif sih. Sukses ya chi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dudu juga kereen. Makasih nina :-*

      Hapus
    2. Dudu juga kereen. Makasih nina :-*

      Hapus
  6. waah, hebat abang Abdan udah bisa nulis di blog. Bikin blog sendiri atuh! ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah, kalau bundanya sempet nanti dibikinin deh blog buat abdan.

      Hapus
    2. Insya Allah, kalau bundanya sempet nanti dibikinin deh blog buat abdan.

      Hapus
    3. Insya Allah, kalau bundanya sempet nanti dibikinin deh blog buat abdan.

      Hapus
  7. kids centernya keren ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang ini pass banget untuk anak saya yang mulai pegang smartphone. Sejauh ini sih aman, mereka tahu trik aman memakai gadget dan punya rasa malu yang kuat terhadap sesuatu yang salah secara moral. tetapi sajalan dengan waktu, kids center memang sangat perlu.

      Hapus
  8. Harganya murah ya teh, dan cocok untuk anak-anak

    BalasHapus
  9. Acer Z 320 emang woke ya, udah nyaman digenggam, anak-anak juga bakalan betah berada di Kids Center y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga perlu takut kalo anak kelamaan main handphone, tinggal atur aja waktunya.

      Hapus
  10. iya ya, termasuk murah Acer :)

    BalasHapus
  11. Pingin banget belikan ini buat si kecil. ;D Nunggu uang dulu deh. Semoga menang

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung dari uang jajannya aja mbak :)

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...