badge

Jumat, 03 Juni 2016

Mengenal Kulit Sensitif Pada Si Kecil


Punya bayi itu satu hal yang paling mengagumkan di dunia. Ketika manusia mungil itu ada di dalam gendongan, pasti akan memberikan satu kebahagian yang kadang tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Kita sebagai orangtua pun jadi orang yang paling bahagia. Apalagi jika kita bisa menyaksikan tumbuh kembang mereka. Ah, rsanya senang sekali. 

Tapi, jika bayi atau anak kita mengalami masalah pada kesehatannya, pasti kita akan jadi kepikiran terus ya. Misalnya bayi atau anak kita bermasalah dengan kesehatan kulitnya. Mereka pun pasti tidak nyaman dan tentu itu akan mengganggu aktivitasnya. Pada Sabtu, 28 Mei 2016 saya berkesempatan mengikuti talkshow soal kesehatan kulit anak. Acara yang diadakan di Igor's Pastry & Cake ini menghadirkan dr. Liem Hui Ling seorang dokter spesialis anak.  Dalam talkshow ini, dr. Liem sharing soal kesehatan kulit anak. 

Menurut dr. Liem, struktur kulit bayi itu sangat tipis sekali dengan pH yang mencapai antara 6-7. Sedangkan kulit orang dewasa itu pHnya sekitar 4,5-6. Karena alasan itulah, kulit bayi sangat sensitif dan rentan sekali iritasi. Misalnya saja seperti ruam popok, bintik merah, dan gatal-gatal. 
Penyebab iritasi pada si kecil juga bermacam-macam. Menurut dr. Liem, penyebab iritasi penyebabnya adalah :
  1. Pemakaian popok
  2. Bakteri pada pakaian 
  3. Air yang kurang bersih
  4. Debu dan udara yang kurang bersih
(ki-ka) Tara Amelz, dr Liem, MC 

Masalah kulit itu bisa diatasi dengan cara menggunakan pembersih atau sabun yang mengandung anti bacterial. Tapi, sabun pembersih yang digunakan harus memiliki pH rendah dan dalam bentuk cairan. Hal tersebut untuk menjaga tingkat keasaman pH kulit bayi. 

Ketika kulit si kecil iritasi, maka hal yang bisa dilakukan adalah memandikan si kecil dua kali sehari. Lalu, gunakan sabun pembersih yang alami yang sesuai untuk si kecil. Gunakan air hangat untuk mandi. Lalu

Selain dr. Liem, hadir juga mom blogger, Tara Amelz yang ikut berbagi pengalamannya dalam merawat si kecil. Tara yang sejak awal mengurus buah hatinya sendiri (tanpa assisten) mengaku bahwa anaknya, Snow, pernah juga mengalami iritasi pada kulitnya. Tara lalu, mencari tahu dan ketemulah dengan sabun pembersih untuk anak yang ampuh. Akhirnya, kulit snow bersih deh dari iritasi. 

Di sesi terakhir, ada seorang Post & Postnatal Certified Trainer, Adainati Reksoprojo. Dalam sesi ini, Anti berbagi tips agar ibu tetap fit dan bugar walau hanya di dalam rumah. Menurut Anti, seorang ibu itu wajib menjaga kebugaran tubuhnya. Untuk apa? Ya untuk bisa tetap fit dalam menjalani aktifitas sehari-hari. Seorang ibu kan ada saja pekerjaannya. Tidak ada habisnya, dari pagi hingga malam. Kalau tidak menjaga kesehatan, tentu penyakit juga akan mudah mampir. 

Senam Bersama Bayi
Di sini, Anti mengajarkan beberapa gerakan yang bisa dilakukan bahkan sambil menggendong si kecil. O iya, ada juga tips yang diberikan Anti soal menggendong si kecil. Menurut Anti, kita tidak boleh menggendong si kecil di samping dan menopangnya di pinggang (pinggul). Kenapa? karena nantinya akan mengubah postur tubuh. Tulang pinggang juga mudah sakit. 

Sesi Anti, ditutup dengan senam bersama. Anti meminta ibu-ibu yang hadir untuk melakukan gerakan ringan bersama si kecil. Seru sekali. Bayi yang ikut senam sampai tertawa, lucu. Dan talkshow diakhiri dengan pemberian doorprize. 


Acara ini banyak memberikan ilmu baru lagi soal kesehatan anak. Dan ibu memang harus terus belajar dan belajar. Karena, untuk menjadi seorang ibu yang kita butuhkan adalah kemauan untuk belajar. Ibu adalah sekolah yang tidak pernah ada kata 'lulus'. 


5 komentar:

  1. aku juga ikut acaranya seru banget :)

    BalasHapus
  2. Sebagai seorang Ibu memang harus banyak belajar lagi ya teh

    BalasHapus
  3. Sebagai seorang Ibu memang harus banyak belajar lagi ya teh

    BalasHapus
  4. Keponakanku juga pake nih produknya, pas biang keringet...

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...