badge

Rabu, 01 Mei 2019

Hal-Hal Yang Bisa Bikin Bayi Tidur Lebih Nyenyak



[Agar Bayi Tidur Nyenyak]. Punya anak bayi itu rasanya nano-nano banget. Senang karena ada 'mainan' yang bisa diusel-usel. Rumah juga jadi berasa lebih rame, karena tiap hari pasti si bayi nangis. Setelah bertahun-tahun ngga ngerasain bau bayi, akhirnya ada aroma bayi yang selalu bikin kangen. Dan, masih banyak lagi yang bikin bahagia punya bayi. 



Tapi, diantara rasa bahagia bisa punya bayi lagi, tersimpan rasa capek yang Subhanallah kalau dirasain. Sering kelepasan emosi dan berujung marah-marah sama bayi plus kakak-kakaknya. Kaya ngga sadar aja tau-tau marah sama anak-anak. Dan ujung-ujungnya jadi merasa bersalah dan sedih. 

Selain menyusui, buat saya yang paling capek dari ngurus bayi adalah membuat si bayi tidur. Momen nidurin bayi inilah yang paling menguras emosi. Berasa sudah lama banget nyusuin bayi, tapi si bayi tetap ngga mau tidur. Apalagi kalau si bayi menolak tidur sambil nangis. Uh, itu bikin serba salah deh. Capek, kesel, pengen marah, dan ujung-ujungnya saya jadi nangis. 

Setiap bayi pasti ada deh masa-masa susah tidurnya. Buat ibu baru, mungkin jadi bingung kenapa bayi susah tidur padahal sudah nyusu lama banget. Sampai banyak terjadi baby blues di kalangan ibu yang baru punya bayi. 



Menurut dr. Ridha Kurnia Tejasari, Sp.A dari Brawijaya Hospital & Clinic, bayi susah tidur itu hal yang sangat wajar dan lumrah terjadi. Awalnya kan di rahim itu redup, hangat, dan ngga terlalu bising. Lalu dia lahir ke dunia yang terang, kadang panas kadang dingin, dan berisik. Jadi, si bayi juga kaya harus berjuang buat adaptasi di lingkungan yang baru. 

Sebelum masuk ke tips agar bayi tidur nyenyak, ada beberapa yang perlu buibu hindari dari pola tidur bayi. 
  • Jangan langsung gendong bayi ketika dia menangis. Karena nantinya akan jadi kebiasaan dan si bayi ngga akan berhenti nangis kalau belum digendong. Saat bayi nangis dan kondisinya sedang mengantuk, biarkan dia di atas tempat tidur sambil di puk-puk punggung dan bokongnya. 
  • Ritme tidur yang tidak konsisten. Sebaiknya, ibu buat jadwal tidur bayi. Lalu, buat si bayi tidur di jadwal-jadwal itu. Lakukan itu dengan konisten dan jangan acak jadwal tidurnya. 
  • Hindari memberikan semacam sahabat tidur seperti guling, boneka, atau selimut. Karena itu akan membuat kita repot ketika menidurkan si bayi saat si sahabat tidur itu tertinggal atau hilang.
Bayi, terutama bayi baru lahir itu memang pola tidurnya masih ngga teratur. Nah, kita sebagai ibunya yang punya peran buat atur jadwal tidur si bayi. Kalau bayi sudah punya ritme tidur yang teratur, biasanya dia bakal rewel ketika waktu tidurnya kelewat. Dan, lagi-lagi kita yang jadinya kerepotan saat di bayi rewel. 

Dr. Ridha mengatakan ada beberapa hal yang menyebabkan si bayi rewel ketika mau tidur dan kita mesti aware nih sama hal ini. Bayi rewel saat mau tidur itu bisa jadi karena ;
  • Gerah atau terlalu dingin
  • Baju yang tidak nyaman 
  • Popok basah atau pup 
  • Ada binatang kecil yang menggigit, atau
  • Badannya sakit 
Tips agar bayi tidur nyenyak dari dr. Ridha,  yang disampaikan dalam Mom's Class bareng Mooimom diantaranya ;

Ajari Siang dan Malam 

Kalau di dalam rahim kan si bayi taunya redup aja. Di dunia yang baru dia lihat ini, kita perlu ajari tentang siang dan malam. Ketika siang jangan tutup tirai kamar supaya cahaya matahari masuk ke dalam kamar. Buka selebarnya agar dia belajar melihat cahaya dan tahu kalau itu adalah siang. 

Ketika malam dan bersiap untuk tidur, redupkan lampu kamar. Suhu kamar juga diatur supaya ngga terlalu panas atau terlalu dingin. Kalau newborn atau masih ASI Eksklusif, biarkan dia menyusu dengan kenyang. Boleh sambil dipangku atau tiduran, senyamannya ibu aja sih. 

Atur Suhu dan Cahaya Kamar 

Waktu di dalam perut, bayi selalu ngerasa hangat. Tapi ketika dia lahir ke dunia, suhunya kan ngga sama kaya di dalam perut. Cuaca sekarang ini lagi sering panas, makanya kita perlu atur suhu ruangan tidur bayi. Dibuat agak sejuk tapi ngga terlalu dingin juga. 

Kalau Khal itu paling ngga bisa kegerahan, karena dia bakal ngamuk dan nangis kalau gerah. Jadi, saya atur suhu ruangannya dengan pakai penyejuk udara. Temperaturnya pun dipilih yang ngga terlalu dingin, jadi bobonya nyaman. 

Bayi yang rewel saat mau tidur, bisa jadi karena kegerahan. Jadi jangan biarkan si kecil sampe keringetan dan basah. Karena basah juga bikin bayi ngga enak tidurnya. 

Saat malam, baiknya lampu kamar dimatikan atau bisa juga pakai lampu tidur. Khal saya biasakan tidur dalam keadaan gelap. Karena tidur dengan mematikan lampu jauh lebih baik daripada terang. Tubuh bisa benar-benar istirahat dan tidur pun jadinya lebih lelap. 

Hindari Lapar 

Lapar juga jadi penyebab bayi tidurnya ngga nyenyak dan rewel. Pastikan si bayi kenyang nyusu saat mau tidur. Kalau masih newborn, kita bisa menyusui bayi per 2-4 jam. Kalau udah gedean, cukup saat mau tidur aja nyusunya. Kalau Khal nyusunya ketika mau tidur dan sekali di tengah malam. Ngga lebih dari satu kali, supaya dia belajar kalau malam itu untuk tidur, bukan untuk nyusu. 

Jadi, sebelum tidur pastikan si bayi benar-benar kenyang. Tandanya kalau kenyang, dia akan berhenti nyusu dan tidur. 

Pakaian dan Perlengkapan Tidur Harus Nyaman 

Kalau tiba-tiba tengah malam bayi terbangun dan rewel, jangan buru-buru menganggap si bayi lapar. Bisa jadi, dia ngga nyaman sama pakaian atau popoknya karena basah atau pup. Bisa juga pakaian yang dia pakai basah kena muntah, jadinya dia risih dan rewel deh. 

Perlengkapan tidur yang dipakai bayi juga harus bersih dan nyaman. Sebelum tidur, pastikan tempat tidur bersih dari kotoran atau binatang kecil kaya semut. Bisa dibersihkan dulu pakai sapu lidi supaya benar-benar bersih. 

Selain itu, perlengkapan tidur yang lain kaya selimut dan bantal guling juga harus bersih dan bebas dari kotoran. Pakai yang ngga bikin gerah dan memang cocok serta aman buat bayi. Bantal orang dewasa itu ngga cocok buat bayi karena ketinggian. Jadi jangan dipakein bantal dewasa ya. 



Salah satu bantal bayi yang bisa jadi rekomendasi itu bantal bayi Mooimom. Bantal bayi ini baru aja diluncurin sama brand favoritnya ibu hamil dan menyusui ini. Ada 2 jenis bantal yang bisa jadi pilihan ; Head Shapping Pillow (0-6 month) dan Flat-head Prevention Pillow (0-12month). 

Kenapa Bantal Bayi Mooimom Ini Jadi Rekomendasi? 

Terbuat dari ventilated memory foam yang empuk sehingga mengurangi tekanan pada  leher dan kepala bayi. Busanya bikin tidur bayi jadi lebih rileks. Cover bantalnya terbuat serat bambu yang breathable dan anti bakteri. Ngga bikin gerah jadi bayi tidurnya lebih nyaman.


Serat Bambu Yang Adem
Bentuknya mengikuti kepala bayi dan ngga bikin kepala bayi jadi peyang. Bayi kan bentuk kepalanya masih belum sempurna. Kalau pakai bantal yang salah, bisa-bisa kepala bayi ngga bisa bulat sempurna. 

Walau diperuntukan buat bayi, tapi bantal bayi Mooimom ini bisa juga dipakai sama toddler loh. Karna bantalnya beneran empuk banget. Saya aja jadi pengen tidur pakai bantal bayi Mooimom saking empuknya :p Khal udah cobain bantal bayi Mooimom ini, masih adaptasi sih karena masih baru. 

Bentuknya Mengikuti Kepala dan Leher Bayi 

Bantal bayi Mooimom ini bisa didapatkan di store-store Mooimom atau bisa juga beli online lewat website. Harganya? Untuk Head Shapping Pillow, harganya 299.000 rupiah. Sedangkan untuk Flat-head Prevention Pillow, harganya 315.000 rupiah. 

Dengan memerhatikan perlengkapan tidur bayi, semoga bayi jadi ngga rewel or crancky saat mau tidur. Kita sebagai ibu yang sehari-hari ngurus si bayi, juga bisa istirahat dengan tentram :) Dengan  cukup tidur, kita bisa kembali beraktivitas dengan ceria. Kaya ngurus bayi dan kakak-kakak plus bapaknya :) 









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...