badge

Rabu, 25 Desember 2019

Ajak Anak-Anak Meneladani Kisah Nabi dan Rasul di Jelajah Nussa, Yuk!



makan jangan asal makan, perut buncit langsung kenyang 
makan pakai aturan yang nabi ajarkan

makan jangan asal makan, perut buncit langsung kenyang
carilah keberkahan dalam setiap makan 

lets go.. lets go.. lets go.. lets go..

Hayo.. siapa yang bacanya sambil nyanyi? berarti tahu dong yaa sama serial animasi Nusaa Rara. Lagu 'Jangan Asal Makan' itu hitss banget di kalangan anak-anak. Bahkan banyak orangtua yang hapal juga karena sering denger anaknya nyanyi. Termasuk saya. Dan lewat lagu itu, anak jadi paham tentang adab makan. Walau sebenernya sudah sering diajarin sama bundanya, tetep yang paling nempel ya lewat lagu ini.



Sejak kemunculannya di bulan November 2018 untuk kali pertama, Nusaa Rara sudah mencuri perhatian banget. Ngga cuma anak-anak yang terpesona sama tingkah lucu Nussa dan Rara, saya pun gemess sama kakak beradik ini. Apalagi tingkahnya Rara yang kadang sok tahu dan sok tua. Rasanya pengen cubit pipinya aja deh. 


Sampai sekarang, tiap episode barunya selalu ditunggu sama anak-anak. Tiap jum'at ba'da shubuh, selalu ada notif kalau episode baru Nussa Rara tayang. Biasanya anak-anak bakal nonton di hari sabtu atau ahad, ketika jadwal pegang gadget. Nah, itu nontonya rame-rame dan seru banget. 

Menurut sumber yang saya baca, serial kartun Nussa Rara ini dibuat karena kekhawatiran para orangtua terhadap tayangan televisi saat ini. Tahu sendiri kan, sudah kaya apa acara-acara di televisi. Sangat sedikit banget tayangan yang cocok dan mendidik buat anak. Di rumah, saya ngga punya televisi, ini yang bikin anak-anak jadinya ngga seneng nonton televisi. Paling cuma kartun Upin Ipin dan itu pun streaming pakai gadget. 

Nussa dan Rara (source : @jelajahnusssaofficial)

Mario Irwinsyah yang pertama kali mengagas Nussa Rara sebagai alternatif tontonan buat anak.  Bersama 4stripe production, kartun animasi Nussa Rara akhirnya digarap di studio The Little Giantz. Dan setelah setahun kemunculannya, Nussa Rara sukses digemari ngga cuma sama anak-anak, tapi para orangtua juga. 

Nussa Rara dapat respon yang sangat positif banget dari masyarakat. Terbukti sejak episode pertama 'Tidur Sendiri, Ngga Takut', sudah ditonton lebih dari 22 juta kali dalam kurun waktu kurang dari 3 bulan. Kini, channel youtube @NussaOfficial aja sudah punya subscriber lebih dari 4 juta, Masya Allah Tabarakallah. Pencapaian yang luar biasa buat tayangan yang penuh kebaikan, bukan tayangan hore hore pendulang view tanpa faedah. 

Ketemu Nussa Rara dan Belajar Kisah Nabi di Jelajah Nussa, Yuk!


Tiap kali ada event which is Nussa Rara menjadi salah satu pengisi acara, anak-anak pada minta datang. Pengen lihat Nussa Rara katanya. Walau sosok Nussa dan Rara yang aslinya ngga ada, karena memang cuma animasi kan, mereka tetep kekeuh pengen datang. Biasanya ada beberapa aktivitas buat anak-anak yang bisa diikuti, kaya story telling, mewarnai, sampai games. Anak-anak happy jika bisa jadi salah satu peserta. 

Nah, Ahad (22/12) lalu, saya diundang untuk hadir di acara nonton bareng Nussa Rara episode spesial Hari Ibu. Bukan cuma nonton episode barunya itu, tapi juga buat menyaksikan grand launching Jelajah Nussa. Apaan yaa Jelajah Nussa itu? 

Jadi, Jelajah Nussa adalah Islamic Edutainment Festival yang dipersembahkan untuk keluarga. Ngga cuma anak-anak yang bakal senang diajak ke Jelajah Nussa, orangtua juga Insya Allah bakal ikutan happy. Kenapa? karena acara Jelajah Nussa ini beda banget sama acara anak lainnya.



Menurut Zikri Adyas selaku Product Director Jelajah Nussa, Jelajah Nussa hadir untuk memberikan edukasi Islami dengan cara yang lebih kreatif. Dengan begitu, anak-anak ngga mudah bosan dan bisa punya pengalaman yang berbeda serta menyenangkan. Aditya Triantoro sebagai COO The Little Giantz menambahkan kalau Jelajah Nussa merupkan terobosan dari tayangan Nussa Rara. Harapannya, anak-anak bisa belajar dengan cara yang fun dan beda dari biasanya. Meneladani kisah-kisah para nabi tapi di taman bermain yang disiapakan.



Oh iya, ada ustadz Cahyo Ahmad Irsyad selaku Content Director Jelajah Nussa yang pas acara launching itu ngasih cerita nabi buat anak-anak. Beneran keren banget bawain ceritanya. Ustadz Cahyo bisa menirukan suara-suara, kaya suara ombak, angin, hewan, dan lain-lain. Kayanya perlu latihan banget supaya bisa menirukan banyak suara kaya yang dilakukan ustadz Cahyo. Anak-anak yang hadir diminta buat naik ke panggung buat dengerin cerita. Mereka excited dan beneran duduk manis loh dengerin kisah nabi musa yang diceritakan sama ustadz Cahyo.

Nanti di Jelajah Nussa juga bakal ada story telling 25 nabi yang bakal dibawakan dengan cara yang unik. Pokonya mesti banget deh dateng, secara anak-anak itu kan paling senang kalau dengar cerita. 

Kapan Jelajah Nussa akan diselenggarakan? Jelajah Nussa akan berlangsung pada 28-29 Maret 2020 di JIExpo Convention Centre, Kemayoran Jakarta Utara.

Ada Apa Saja di Jelajah Nussa?


Di Jelajah Nussa, anak-anak bisa belajar sejarah Islam dan kisah-kisah teladan dari para Nabi dengan cara yang unik. Akan ada instalasi seni yang bagus banget nantinya, jadi mendengarkan kisah nabi di Jelajah Nussa bakal beda banget. Anak-anak jadi punya pengalaman belajar sejarah nabi yang seru. 



Selain itu akan ada Medina Market Playpark. Di area ini, anak-anak bakal belajar gimana perniagaan atau jualan dengan cara islam. Adab berdagang, hingga ketika harus menghentikan perniagaan ketika kumandang adzan sudah terdengar. Saya bayanginnya aja sudah excited banget. Karena kayanya belum pernah ada deh event dimana perniagaan secara Islami diterapkan. 

Buat para orangtua, di Jelajah Nussa juga bakal ada Halal Living Bazzar dan Halal Food Centre. Sambil nungguin anak-anak berpetualang, kita bisa cuci mata atau berbelanja produk-produk halal. Ketika capek dan lapar melanda, ada tenant-tenant halal food yang siap memanjakan lidah. Paket lengkap ya jadinya. Anak happy bisa main sama Nussa dan Rara, orangtua yang nganter juga bisa happy lihat dan belajan produk halal. 

Berapa Harga Tiket Masuk Jelajah Nussa?


Bersamaan dengan grand launching Jelajah Nussa kemarin, tiket untuk masuk ke Jelajah Nussa pun akhirnya resmi dibuka penjualannya. Harga tiket masuk Jelajah Nussa itu 125 ribu. Tiket sudah bisa dibeli di website eventholic.id atau klik disini yaa



Masih ada waktu sekitar 3 bulan lagi buat nabung. Supaya nanti pas di Jelajah Nussa bisa sambil beli-beli atau jajan di halal food centrenya :) 

Kalau masih butuh informasi soal event Jelajah Nussa ini, bisa banget loh difollow akun instagramnya Jelajah Nussa di @jelajahnussaofficial atau bisa juga di @nussaofficial . Siapa tahu di akun itu nanti ada giveaway tiket masuk, kan lumayan kalau bisa menang :p 

See You at Jelajah Nussa, Ya 


Insya Allah, jika diberikan keluasan rezeki, saya mau ajak anak-anak juga ke Jelajah Nussa. Karena kan kapan lagi bisa datang ke event yang sesuai dengan visi misi keluarga Islam. Buat saya pribadi, aturan dan ajaran Islam haru selalu ada di setiap kegiatan. Kalau sudah menjadikan Islam sebagai pondasi, Insya Allah bisa selamat dunia akhirat. 

Mengajarkan kebaikan dan nilai-nilai Islam pada anak itu tanggungjawab orangtua. Kita yang bakal dimintai peratanggungjawaban di hadapan Allah. Makanya, menjadikan mereka paham akan aturan Islam itu sebuah keharusan. Salah satu caranya, lewat tayangan, tontontan, dan acara yang mendidik dengan nilai-nilai Islami.



See you at Jelajah Nussa yaa :) 



5 komentar:

  1. Saya jadi pingin nih ajak anak-anak ke sana hihi. Tapi jauh banget ya

    BalasHapus
  2. Pasti dengan mengkikuti jelajah nusa ini akan mendapatkan ilmu yang baru ya

    BalasHapus
  3. Oh ternyata ini masih belum acaranya ya Mbak, ternyata masih tahun depan hihi

    BalasHapus
  4. Wah pasti seru banget nih ya Mbak acaranya Jelajah nusa ini

    BalasHapus
  5. Wah dengan belajar di Jelajah Nusa ini bisa belajar mengenai kisah Nabi ya

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...