badge

Kamis, 04 Maret 2021

7 Tips Memilih Mobil Keluarga

Sekarang ini, mobil bukan lagi dikategorikan barang mewah. Buat keluarga yang anggotanya ada lebih dari 3, mungkin akan lebih baik kalau punya mobil sebagai alat transportasi. Seperti saya dan suami yang memutuskan membeli sebuah mobil keluarga saat memiliki anak ketiga. Bisa sih, memaksakan diri buat tetap naik motor kemana-mana. Tapi, kasian anak-anak aja yang harus sempit-sempitan di motor. Belum lagi kena panas dan hujan. Yang apes, kalau kena tilang sama polisi. 

Tips beli mobile online

Akhirnya bagi kami, mobil jadi sebuah kebutuhan. Dengan mobil yang kami miliki, kami bisa membawa orangtua juga saat berpergian. Saat mereka butuh diantar ke satu tempat, kami siap mengantar mereka. 

Bagi kalian yang sedang berencana membeli mobil, berikut tips memilih mobil keluarga yang mungkin bisa jadi referensi. 

1. Menentukan Pilihan Sesuai Kebutuhan dan Budget

Ini poin yang sangat penting. Jangan sampai memilih mobil hanya karena ingin, bukan butuh. Artinya, sesuaikan budget dengan kebutuhan. Jika kalian butuh mobil keluarga dengan kapasitas 6 orang, kalian bisa memilih jenis MPV atau mini bus. 

Mobil Keluarga

Mobil jenis MPV atau mini bus ini sangat cocok untuk keluarga. Karena memang kapasitasnya yang besar. 

Setelah menentukan jenis mobil, kalian bisa memilih merk mobil yang mengakomodir kebutuhan kalian. Sesuaikan dengan budget dan kemampuan kalian. Kalau dibeli dengan cara kredit, jangan lupa untuk memilih angsuran yang terjangkau. Ngga perlu gengsi kalau hanya bisa membeli mobil yang murah. Karena sekali lagi, utamakan kebutuhan daripada keinginan. Kalian bisa cari referensi dari teman, review di youtube, datang ke pameran otomotif, atau bisa juga ikutan test drive di dealer mobil.

2. Memiliki Kapasitas yang Luas dan Fitur yang Nyaman

Namanya pun mobil keluarga, kapasitas ruang di dalamnya pun bisa dipilih yang luas. Ketika berpergian dan membawa barang yang cukup banyak, kita bisa tetap duduk dengan nyaman. 

Apalagi jika seperti saya yang memiliki balita. Kenyamanan tentu jadi hal yang perlu dipikirkan. Saya jadi ingat saat melakukan road trip ke Bali dan Jogja. Bawaan yang sangat banyak, ditambah si balita harus menggunakan car seat, mobil yang luas tentu sangat membantu sekali. 

Kalian bisa memilih mobil keluarga yang memiliki bagasi luas. Agar segala keperluan keluarga bisa masuk dan rapih di dalam bagasi.  

Selain itu, fitur kenyaman seperti AC yang sejuk, bangku yang nyaman, senyap sata berada di dalam mobil, dan suspensi yang empuk juga bisa jadi pertimbangan. Karena mobil keluarga, tentu kita maunya nyaman buat keluarga. 

3. Irit Bahan Bakar 

Ini juga yang saya pikirkan ketika memutuskan membeli mobil. Dengan bahan bakar yang irit, pengeluaran untuk mobil tentu jadi lebih hemat. Kalau dibawa traveling jauh, ngga bikin tekor juga. 

Kebutuhan bakar bakar kendaraan, sangat perlu jadi pertimbangan saat memilih mobil. Bisa cari referensi dari berbagai sumber, mobil keluarga mana aja yang irit bahan bakar. 

4. Mudah Mendapatkan Spare Part 

Ini ngga kalah penting, karena yang namanya mobil dipakai, pasti akan butuh perawatan dan penggantian spare part. Penting banget untuk ditanyakan kepada dealer, apakah spare partnya mudah didapatkan. 

Jangan karena ingin mobil mewah, tapi spare partnya sulit didapat. Bikin susah juga kan jadinya. 

5. Punya Sistem Keamanan yang Memadai

Keamanan saat berkendara itu penting banget. Makanya, penting bagi kalian untuk memilih mobil dengan sistem keamanan yang mumpuni. Jadi pastikan mobil yang kalian pilih sudah dilengkapi dengan sistem keamanan yang lengkap. Seperti sabuk pengaman di tiap baris tempat duduk, airbag, hingga automatic lock yang penting buat kalian yang punya anak kecil.

6. Perhatikan Nilai Jual 

Biasanya, setelah beberapa tahun suka ada keinginan buat ganti mobil. Nah, kalian juga perlu tahu nilai jual mobil yang akan dibeli. Biasanya, mobil yang sudah beberapa tahun dipakai akan turun harga jualnya. Namun ada yang harganya ngga terlalu jatuh banget. 

Makanya, perlu juga dicari tahu tentang harga jual ketika satu saat kalian ingin jual mobil tersebut. 

7. Perhatikan Biaya Perawatan 

Sama kaya manusia yang butuh asupan nutrisi biar tetap sehat. Mobil pun butuh dirawat agar ia bisa tetap prima ketika dikendarai. Biasanya tiap 6 bulan sekali, mobil butuh perawatan. Mungkin bisa lebih cepat dari 6 bulan, jika dirasa sudah tidak nyaman saat dikendarai. 

Kita bisa memilih mobil keluarga yang biaya perawatannya tidak terlalu mahal. Selain itu, bengkel resmi yang mudah ditemui bisa jadi pertimbangan. Kalau di bengkel resmi, biasanya kan lebih terpercaya servicenya. 

Sebagai referensi, kalian bisa coba mencari mobil keluarga yang cocok di Dealer Toyota atau bisa mamipr ke website Auto2000. Ada banyak pilihan mobil keluarga yang bisa dipilih sesuai budget yang kita punya.  

Website Auto2000 yang kini bernama Auto2000 Digiroom, merupakan transformasi baru dari website Auto2000.  Tranaformasi dari website jadi e-commerce website yang didalamnya bisa kita temukan berbagai penawaran mobil, spare part, dan aksesoris resmi Toyota. 

Dengan platform baru ini, kita bisa melakukan pembelian kendaraan baru, purna jual, serta trade in kendaraan lama. Menggunakan konsep "seamless end-to-end customer experience", Auto2000 memastikan pelanggan bisa merasakan pelayanan platform digital yang sama baiknya kaya di cabang Auto2000

Semoga, 7 tips memilih mobil keluarga yang saya berikan bisa bermanfaat ya. Bisa jadi referensi untuk kalian yang sedang berencana membeli kendaraan untuk keluarga. Ingat yaa, pilih yang sesuai kebutuhan. Karena itu akan membuat kendaraan yang kita miliki jauh lebih bermanfaat. 

 

5 komentar:

  1. Hi kak, terima kasih atas tips memilih mobil untuk keluarga. Ini bisa ku terapkan buat keluarga masa depan nih.

    BalasHapus
  2. Bismillah, ya Allah mudahkan aku dalam membeli kendaraan... tapi nanti kalau beli mobil aku pengennya yang gigi ah nggak pengen matic biar nggak kagok klo disuruh bawa truk :D :D :D :D :D

    BalasHapus
  3. Penting banget punya kendaraan pribadi, tapi kan banyak pertimbangan ya mba. Makasih lho tipsnya siapa tahu ada rejeki bisa punya mobil sendiri.

    BalasHapus
  4. Buatku sih SUV car sudah menjadi kebutuhan, karena pak su yang punya usaha jamur di Cipanas, plus my mom yang harus sering didatangi karena tinggal sendirian di Ciputat huhuhu kebayang kan kalo boyongan bawa semua ke sana sini?
    Pake kendaraan umum memang solusi praktis, tapi biayanya sekali perjalanan itu loh, tidak sedikit!

    BalasHapus
  5. Kalau buat aku, konsep mobil keluarga adalah yang muat banyak dan tetap lega. Harap maklum, kami sering kedatangan keluarga yang nginep di sini dan ngajak jalan-jalan

    Toyota sih juaranya kalau urusan ini
    Sejak dulu, pilihan kami selalu toyota

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...