badge

Jumat, 26 Maret 2021

Sesama Perempuan Harus Saling Dukung, Bukan Nyinyir

Sering ngga sih liat war-war antara para perempuan. Yang mirisnya, adu argumen mereka tuh karena hanya hal yang sepele banget. Jujur, kadang tuh suka ngga habis pikir. Kok ya bisa-bisaanya menghabiskan energi yang berujung emosi hanya untuk mempertahankan pendapat, yang belum tentu juga benar. Capek. 

Saling Support

Mengutip perkataan mba Najwa Shihab "disadari atau tidak, yang menjatuhkan perempuan itu malah sesama perempuan" Intinya, sesama perempuan itu harusnya saling dukung, bukan saling menjatuhkan. Beda pendapat wajar lah. Tapi ya ngga mesti sampai war segala. Merasa pendapatnya yang paling benar, hingga menafikkan pendapat orang lain. 

Peran perempuan, terutama ibu dalam sebuah keluarga itu penting banget. Beban mereka pun ngga ringan. Ada banyak tanggung jawab yang mesti mereka emban. Kalau energinya cuma dihabiskan buat ngurusan hal yang ngga penting, betapa sayangnya. 

Apalagi perempuan itu kan mahluk yang apa-apa pakai perasaaan. Kalau ngga terkontrol dengan baik, bisa-bisa ya semuanya dibawa perasaan. Beberapa waktu yang lalu, saya ikutan webinar bareng FWD Indonesia, dalam rangka Hari Perempuan Internasional. Tema webinarnya adalah Woman Empower Woman. Secara garis besar, peran perempuan itu sangat krusial. 

Kayanya, kalau tanpa perempuan, dunia ini kan ngga bakal jalan ya. Iya ngga sih? Kan, cuma perempuan yang bisa melahirkan penerus-penerus generasi. Dari rahim perempuan lah, lahirlah seorang presiden, menteri, raja, pejabat, ilmuwan, profesor, dokter, dan semua orang-orang hebat di muka bumi. 

FWD

Pada webinar bareng FWD kemarin, narasumber yang hadir itu diantaranya : 

  • Maika Randini, Chief Marketing Officer FWD Insurance
  • Maria Magdalena, Chief Governance Officer FWD Insurance 
  • Indrayana Agustsaputra, Chief Bancassurance Officer FWD Insurance
  • Carol Mary Quertier, Chief of Operation Officer FWD Insurance 
Di webinar, para narsum sharing tentang bagaimana perempuan itu harus berdaya. Di tengah perannya yang banyak, perempuan butuh support agar bisa meraih mimpi-mimpinya. 

Kita tahu kan, kalau tahun 2020 adalah tahun terberat buat kita semua. Setelah negara kita dinyatakan Pandemi, perekonomian negara kita down dan semua lini masyarakat kena dampaknya. Dengan segala perubahan yang terjadi, tantantang yang datang pun jadi semakin banyak. Ada yang kuat dan bertahan, tapi ngga sedikit juga yang terpuruk hingga depresi. 

Dampak dari Pandemi juga pasti dirasakan oleh para ibu pekerja. Apalagi jika, ibu pekerja merupakan pencari nafkah utama di keluarga. Tantangannya juga ngga sedikit. Di tempat kerja dituntut untuk bekerja lebih keras karena banyak terjadi pengurangan karyawan. Di rumah, harus berkutat lagi dengan segala pekerjaan rumah dan anak. 

Makanya, saya salut banget dengan ibu pekerja yang juga bisa menjalani perannya di rumah. Rasanya strong banget. Mereka bisa menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah yang kemudian membuat mereka menjadi lebih kuat dan resilient dengan tantangan-tantangan yang ada. 

Bertepatan dengan Hari Perempuan Internasional yang jatuh pada 8 Maret, FWD Insurance mengajak semua perempuan di Indonesia, untuk bangga dengan keunikan dan keistimewaan masing-masing. Kita ini istimewa, so stop bilang 'yah, saya mah cuma ibu rumah tangga doang yang ngga ada apa-apanya'. 

Mau itu ibu pekerja atau ibu rumah tangga, keduanya sama-sama hebat. Keduanya unik dan istimewa. Jadi kita sebagai perempuan harus bangga. Dengan begitu, muncul deh self love yang akan membuat kita lebih bahagia. 

FWD ingin semua orang berani menghadapi perubahan dan tantangan, sekaligus bisa merayakan hidup (celebrate living) serta dapat mengambil kendali penuh atas hidup mereka. Kalau FWD sih bilangnya "Bebaskan Langkah, Berani!"

Satu lagi, untuk rayakan Hari Perempuan Internasional, FWD Insurance meluncurkan program FWD Community Ladies Talk mengambil tema Woman Empower Woman. Tujuannya adalah sebagai wadah para perempuan untuk memberdayakan dan mendukung satu sama lain, agar dapat terus maju di tengah masa-masa sulit seperti sekarang ini. Program yang dipersembahkan oleh FWD Insurance ini,  mengajak perempuan di Indonesia agar bisa berkembang bersama. Lewat serangkaian workshop seperti literasi finansial, kesehatan mental, karir, dan wirausaha, dan lainnya, diharapkan para perempuan bisa tumbuh menjadi perempuan-perempuan yang tangguh, kuat, dan berdaya. 

Jadi, Bebaskan Langkah, Berani! Berani melangkah untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Perempuan juga sebaiknya bisa mandiri dan ngga terlalu tergantung dengan suami atau keluarga. Bukannya apa-apa, karena jika satu saat dihadapkan dengan masalah, kita ngga terlalu rapuh. 

Yuk Saling Dukung!


Jadi, ngerti yaa kenapa kita harus menghindari war yang ngga penting. Perdebatan yang cuma bikin emosi dan ngga ada faedahnya sama sekali. Perempuan itu aslinya rapuh, yang bikin mereka kuat adalah keadaan dan lingkungan. Dukungan positif dari sekeliling akan sangat berharga bagi seorang perempuan. 

Sesama perempuan harus saling dukung yaa. Bukan nyinyir atau julid, yang berujung pada tindakan bullying. Ngeri ah. Makanya, berkumpul dan berteman dengan mereka yang membawa aura positif itu harus. Karena kita bisa kebawa positif. 















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...