badge

Minggu, 24 April 2022

Rekomendasi Blog Untuk Blogwalking

 

Istilah blogwalking sudah terkenal sih di kalangan blogger. Main-main ke blog blogger lain, terus saling ninggalin komentar. Kegiatan blogwalking diyakini bisa menambah insight blog. Bisa bikin blog kita terlihat aktif dan makin bagus performanya. 

Sekarang juga sudah banyak grup support yang bisa diikuti. Jadi nanti kita share link blogpost, lalu blogpost kita nantinya bakal dikunjungi oleh mereka yang ikutan list. Bisa baca-baca berbagai blogpost dari blogger lain. Nantinya, kita jadi punya inspirasi buat next blogpost. 

Rekomendasi Blog Keren

Ya, walau sekarang banyak yang nulis karena memang kerjaan, tapi ya ngga papa sih. Blogger juga kan perlu cuan buat bayar domain #eh :p Hari gini, blogger yang ngga monetize blognya kayanya jarang banget deh. Malah ada yang jadi blogger memang tujuannya cari uang. Ya ngga papa juga kan, asal diimbangi dengan kualitas, cuan bakal ngikutin kok. 

Jangan sampai, maksa jadi blogger buat dapetin cuan tapi males upgrade diri. Tulisan ala press release, ngga punya ciri khas, image di blog jelek kualitasnya, tulisan berantakan dan ngga enak dibaca. Jangan sampai begitu ya bund. Kalau mau jadi blogger yang profesional, jangan males buat belajar. Belajar dari blogger yang lebih dulu dan punya kualitas tulisan yang baik. Ngga usah malu buat nanya-nanya. Banyak kok blogger yang mau sharing ilmunya. Asal nanyanya juga yang sopan ya, jangan songong amat gitu. 

Sejak monetize blog di tahun 2015, saya ngeberaniin diri buat gabung di komunitas-komunitas blogger kaya Bloggercrony Community, Blogger Perempuan, dan Kumpulan Emak Blogger. dari situ saya punya banyak teman sesama blogger. Saling support dan bisa belajar dari mereka yang lebih duluan jadi blogger. Terus, ikutan berbagai blog competition bisa jadi jalan buat upgrade kemampuan nulis loh. 

Kalau kamu baru terjun ke dunia blogging, banyak-banyakin deh blogwalking ke blogger-blogger lain. Giamna cara dapetin linknya? ikutan komunitas blogger. Kamu bakal dapat banyak banget rekomendasi blog buat blogwalking. 

Di postingan ini, saya mau share beberapa blog yang bisa banget kamu kunjungi. Kamu bisa belajar dari blogger yang pembacanya sudah banyak banget. Mana sering menang lomba pula. Dari blogwalking, kamu akan dapat banyak insgiht buat nulis. Slowly but sure, kamu akan nemu gaya nulis kamu sendiri. 

Annisa Steviani

Saya sudah mengikuti blognya icha (panggilan annisa) sejak icha gabung di komunitas Kumpulan Emak Blogger (KEB). Icha juga pernah jadi salah satu admin di KEB. Postingannya seputar paretning da lifestyle. Sekarang dia concern di finacial karena dia sudah menjadi certified financial planner. Gaya nulis yang santai dan apa adanya, bikin pembaca jadi betah. Jadi berasa ngobrol langsung aja. 

Ibu satu anak asal Bandung ini tadinya seorang jurnalis di salah satu media besar. Tapi sekarang lebih memilih buat berkarir dari rumah dan concern dengan hal-hal yang berhubungan dengan financial. Kamu bisa ikutin instagramnya di @annisast kalau mau belajar soal keuangan. Etapi, di social medianya, Icha ngga hanya berbagi soal ilmu financial sih. Dia share style parentingnya juga. 

visit her blog www.annisast.com 

Tesya 

Kalau blog yang satu ini, niche nya traveling. Seneng banget kalau sudah baca blognya teh Tesya, travel blogger yang cukup famous di kalangan blogger. Saat mau ke Hongkong, saya banyak baca postingan blog Teh Tesya tentang Hongkong. Gaya nulisnya santai dan senang aja bacanya. Even, satu postingan itu panjang banget, jadi ngga berasa aja. 

Teh Tesya mengabadikan traveling ke berbagai negara di blognya. Banyak negara yang sudah dikunjungi sama Teh Tesya dan keluarganya. Pengalaman yang dia tulis jadi rekomendasi banget buat saya. Ketika mau berkunjung ke satu negara yang sudah pernah dikunjungi sama Teh Tesya. 

Selain cerita soal traveling, Teh Tesya juga nulis soal pengalaman wisata kulinenrya. Dia suka banget sama kopi, jadi kalau cari referesi kedai kopi di berbagai daerah, bisa baca blognya. Bisa ikutin dia di instagramnya @tesyasblog juga biar tau tempat-tempat nongkrong yang asik. 

visit her blog www.tesyasblog.com

Helena Safitri 

Kenal ibu 2 anak ini karena sering bareng di sebuah project. Suka ketemu juga saat ada event bareng. Niche blognya lifetsyle parenting. Tapi kini lebih concern dengan pendidikan anak usia dini. Ada banyak ide-ide belajar dan main yang dishare. Selain di blog, dia juga share tentang bagaimana ia mengajarkan anaknya pelajaran dengan cara yang menyenangkan. Bisa difollow aja instagramnya @helenamantra. 

Gaya nulisnya juga santai, jadi enak baca tulisannya. Ya mungkin memang selera saya memang baca blog yang santai-santai aja. Jadi kaya nyambung aja gitu bacanya. Ngga perlu pakai mikir banget. Jadi mau dibaca dalam posisi apa aja ya tetap enak. 

Kamu yang lagi bingung ngajarain anak usia dini, bisa loh mampir dan baca-baca postingannya helena di blognya. Ide-ide permainannya kadang lucu-lucu dan bisa banget dipraktekin buat anak-anak. 

visit her blog www.helenamantra.com


Mungkin 3 blog aja ya yang bisa saya rekomendasikan. Kalau mau lebih banyak lagi rekomendasi blog buat blogwalking, bisa ikutan gabung di komunitas blogger. Atau, bisa ikutan grup-grup support blog yang sekarang banyak banget. Atau, bisa nyari manual lewat google sih kalau mau mah.

Yang penting, kalau blogger itu harus keep in touch dengan blogger lain lah. Jangan sendirian aja. Kan sepi kalau sendirian. Karena, dari network yang mungkin kita jalin lewat blogwalking, bisa buka jalan kita menuju rezeki-rezeki tak terduga. Karena banyak loh peluang-peluang dari hobi nulis blog ini, kalau kita memang tau sumbernya. Jadi, berkomunitas itu ngga ada salahnya kok. 






1 komentar:

  1. Bener banget, jadi blogger itu banyak banget peluangnya sekarang malah ramai penulis artikel yang memanfaatkan blog untuk freelance. Mantep gak tuh, tapi ya lebih asyik memang cari teman blogger lainnya untuk saling dukung dan bantu.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...