badge

Jumat, 18 November 2022

Mengembangkan Inner Strength Anak Lewat Biskuat Academy

 

Buibu tahukah tentang apa itu Inner Strength? Kalau diartikan dari bahasanya sendiri, berarti kekuatan dari dalam diri. Kekuatan yang muncul dari pribadi masing-masing, yang mungkin muncul secara alami. Karena saya merasa tidak puas arti Inner Strength yang saya simpulkan sendiri, akhirnya saya pun googling. Mencari tahu apa arti Inner Strength yang lebih komprehensif. 

Jadi, inner strength adalah kekuatan batin yang tercermin pada kekuatan karakter yang ada pada setiap diri. Kekuatan ini tidak serta merta hadir. Tapi perlu diupayakan dan dilatih agar muncul dan tergambar lewat karakter. 

Biskuat Academy 2022

Pada anak, inner strength tidak muncul begitu saja. Perlu distimulasi sejak dini. Orangtua sangat perlu membantu anak membangun inner strength di masa tumbuh kembangnya. Ini yang akan dijadikan pijakan dalam kehidupan anak, baik individu maupun sosial. 

Bagaimana Membangun Inner Strength Pada Anak?

Mungkin secara tidak sadar, kita sudah melakukan stimulasi agar keberanian anak perlahan muncul. Atau mungkin secara tidak sengaja malah 'memaksa' agar keberanian itu muncul. Padahal, semakin anak dipaksa, mereka malah akan ketakutan dan pada akhirnya tidak mau atau enggan untuk kembali mencoba. 

Melansir sebuah artikel dari laman University of Michigan Health, ada lima tips bagaimana membangun inner strength pada anak, di masa tumbuh kembangnya. 

Inner Strength Anak


1. Rasa Aman dan Selamat 

Anak menganggap orangtua sebagai tempat dimana mereka bisa merasa aman dan selamat. Tidak heran ya kalau ada anak yang selalu bercerita bahkan mengadu, jika terjadi sesuatu pada dirinya. Karena mereka merasa, di pelukan orangtua lah mereka merasa lebih nyaman dan aman. 

Yang pertama perlu dilakukan oleh orangtua, buatlah anak merasa dicintai, aman, dan nyaman. Keluarga inti adalah tempat aman bagi mereka untuk berlindung. Bangun kedekatan pada anak. Bisa dengan menghabiskan waktu bersama di rumah atau sesekali pergi tamasya bersama. Membuat quality time yang walaupun hanya sebentar tapi rutin. 

Tawarkan atau minta pada anak untuk tidak tidak segan atau takut jika ada yang harus diceritakan. Bantu mereka melawan rasa takut dengan penuh kasih sayang. Bukan malah 'melecehkan' rasa takut yang dimiliki. Beri mereka ruang untuk eksplor hal baru, yang mungkin menarik bagi mereka. Beri juga kesempatan untuk mengatasi masalah dengan cara mereka sendiri. 

2. Asah Kemampuan Sosial

Ketika anak tumbuh, mereka tidak hanya jadi anak kita, tetapi juga anak lingkungannya. Maksudnya, anak nantinya pasti akan masuk ke lingkungan, terjun langsung untuk bersosialisasi. Mereka main dengan teman sebaya, mereka berinteraksi dengan lingkungannya hampir setiap hari. 

Biskuat Academy

Yang perlu orangtua ditanamkan oleh orangtua adalah, budi pekerti dan tentang bagaimana menghargai perbedaan. Ajarkan anak untuk tidak merendahkan, mencemooh, bahkan menghina orang lain. 

Pepatah bijak mengatakan 'Adab sebelum Ilmu'

Artinya, posisi adab menjadi prioritas yang harus diajarkan dan dilatih terlebih dulu. Berapa banyak orang berilmu, tapi dengan mudahnya merendahkan orang lain. Kita pastinya ngga mau ya memiliki anak yang tidak sopan kepada orang lain. 

Beri kesempatan pada anak untuk melatih kemampuannya bersosialisasi. Biarkan mereka bermain, berinterkasi sosial, bahasa, dan emosional. Jika ada yang memperlakukannya tidak baik, jangan buru-buru marah. Biarkan anak menyelesaikan masalahnya sendiri dulu. Dengan begitu, mereka akan belajar mengatasi konflik yang terjadi. Ketika mereka terjun ke masyarakat yang jauh lebih majemuk, mereka akan terlatih dan nantinya akan memberikan perspektid baru. 

3. Ajarkan untuk Mandiri dan Percaya Diri  

Saya jadi teringat anak terkecil saja yang usianya baru 3 tahun. Dia sudah bisa melakukan kegiatan sendiri seperti mandi, makan, hingga tidur. Bahkan untuk urusan buang air, dia sudah bisa sendiri. Yang saya lakukan hanya mengajarkan dan memberikan kepercayaan padanya, bahwa dia bisa melakukannya. 

Penting bagi orangtua untuk mengajarkan dan melatih anak agar bisa mandiri, sesuai usianya. Seperti membereskan mainan atau memilih baju yang ingin dipakai. Bantu kemampuan berpikirnya, ikuti perkembanganya di sekolah, serta tunjukan ketertarikan pada hal yang sedang dipelajari anak. Dengan begitu, anak akan merasa kalau tidak mengabaikannya. 

Jika anak dalam kondisi yang sedang tidak baik, bantu dia untuk memvalidasi perasaannya. Biarkan mereka mencurahkan isi hatinya, dengarkan. Jika dia sudah selesai bercerita, tawarkan bantuan untuk mencari solusi dari masalah yang sedang dia hadapi. 

4. Peduli Sesama 

Empati kadang tidak muncul dengan sendirinya, perlu dilatih. Anak itu peniru ulung, jadi apa yang mereka lihat, maka itulah yang akan mereka lakukan. Children see, children do. Jika mereka melihat orangtua atau keluarga inti lain melakukan kebaikan pada orang lain, maka suatu saat anak pun akan melakukan yang sama. 

Biskuat Academy

Ajarkan anak untuk menumbuhkan empati sedari dini. Agar, mereka mampu mengenal dan menghargai perasaan orang lain. Jika ada teman yang sedang sedih, ajak anak untuk menghibur temannya. Mereka juga bisa diajarkan untuk berbagi pada sesama, misalnya saja dengan memberikan sedekah. Bisa juga dengan mengajaknya memilah mainan atau barang-barang yang sudah tidak terpakai, untuk diberikan kepada yang lebih membutuhkan. 

5. Ajarkan Kontrol Diri dan Etika 

Menahan diri untuk tidak marah ketika diganggu teman, bukan perkara mudah. Tapi, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Latih anak untuk bisa mengontrol dirinya ketika sedang marah, berkonflik, atau stress. Penting bagi orangtua untuk bisa mengarahkan anak, untuk tetap bisa bersikap tenang dan tidak bersikap buruk pada orang lain. 

Biskuat Energi

Selain belajar untuk mengontrol diri, anak juga perlu dilatih agar bisa memiliki etika yang baik (akhlaq). Jika orangtua memiliki aturan, ajak mereka untuk patuh dan jelaskan konsekuensinya jika aturan itu diabaikan. 

Disiplin terhadap aturan di mulai dari rumah. Kelak, ketika mereka masuk ke lingkungan yang lebih luas, mereka tidak kesulitan dalam menaati aturan. Mereka akan tumbuh menjadi anak yang beretika. Misalnya saja, ketika naik angkutan umum, tidak berisik dan duduk yang baik. 

Biskuat Academy, Sarana Tumbuhkan Inner Strength Pada Anak

Ingat ya bund, agar inner strength anak muncul, perlu dilatih. Bukan dibiarkan saja dan berharap kalau kekuatan terdalam anak bisa muncul dengan sendirinya. Karena kaya mengajarkan anak bicara aja, kan perlu dilatih terus menerus. Jangan banyak berharap anak bisa pinter ngomong dengan bantuan gawai semata. 

Salah satu sarana mengembangkan inner strength pada anak adalah lewat Biskuat Academy. Wah, saya tuh kalau dengar kata Biskuat, langsung flashback ke puluhan tahun lalu. Jaman SMA, cemilan favorit yang hampir setiap hari saya beli adalah Biskuat. Sampai sekarang aja masih ingat bagaimana saya dulu yang ngga pernah bosan sama biskuit yang satu ini. Tiap ke kantin, yang diambil ya Biskuat. 

Biskuat Academy

Biskuat Academy merupakan rangkaian acara tahunan yang dipersembahkan oleh Biskuat untuk anak Indonesia. Acara ini akan memberikan kesempatan anak Indonesia untuk mendapatkan pembelajaran olahraga. Tujuannya, mengembangkan bukan hanya kekuatan fisik, tapi juga kekuatan baik dari dalam untuk menciptakan #GenerasiTiger Indonesia. 

Kegiatan ini juga dapat menjadi wadah bagi orangtua dalam mengembangkan potensi anak, terutama di bidang non akademik, salah satunya olahraga sepak bola. 

Kenapa Biskuat peduli pada inner strength anak? Karena, Biskuat percaya kalau setiap anak itu pasti punya kekuatan baik dari dalam, yang penting bagi masa depannya kelak. Kita sebagai orangtua punya tugas mendukung hal terbaik yang ada dalam diri anak. Terutama di masa pertumbuhan mereka yang sangat krusial. Jadi, Biskuat mengajak orangtua untuk menciptakan generasi yang memiliki karakter tangguh, baik hati, pemberani, dan percaya diri. Seperti #GenerasiTiger yang diharapkan oleh Biskuat. 

Cara Ikutan Biskuat Academy 


Cara Ikutan Biskuat Academy

Rangkaian acara Biskuat Academy adalah Sekolah Bola Online. Acara ini gratis dan untuk bisa menjadi peserta sekolah bola online ini, caranya mudah aja, kok. 

  • Beli Biskuat kemasan khusus Biskuat Academy ukuran 121.6gr dan 60.8gr 1 bungkus saja atau 2 bungkus ukuran 22.8gr dan 7.6gr. Temukan kode unik di belakang kemasan 
  • Daftar lewat whatsapp ke 0812 1222 5919 dan ikuti instruksi yang diberikan oleh Chatbot Biskuat, untuk mendapatkan akses login menuju Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022
  • Peserta akan dimita untuk mengisi data diri dan mengirimkan kode unik
  • Orangtua boleh mendaftrakan lebih dari 1 anak dengan nomor telpon yang sama, namun dengan kode unik (pembelian Biskuat) yang berbeda
  • Validasi kode unik akan dilakukan 3x24 jam oleh Biskuat 
  • Akses login yang diberikan untuk mengikuti Sekolah Bola Online Biskuat Academy bisa dipakai untuk 6 kelas (seluruhnya) 
  • Semua kelas dilakukan secara online
  • Semua pesert yang ikut Biskuat Academu akan mendapatkan e-certificate

Hadiah

Hadiah yang berikan berupa Hadiah Mingguan, Top 20, Top 10, dan Hadiah Utama. Untuk mendapatkan hadiah mingguan, caranya seperti berikut : 
  • Upload video di Instragram saat memeragakan ulang teknik yang sudah diajarkan di kelas. Sertakan juga saat anak konsumsi Biskuat 
  • Tulis caption semenarik mungkin tentang kekuatan baik dari dalam diri anak
  • Mention @BiskuatIndonesia dan 3 teman, lalu gunakan hestek #GenerasiTiger #BiskuatAcademy2022
  • Akan diundi 20 pemenang setiap dua mingu 
  • Masing-masing pemenang mingguan akan mendapatkan salah satu hadiah berupa bola Biskuat atau voucher Rp. 100.000
  • Juri yang akan menilai video adalah coach Timo dan tim Biskuat
  • Akun Instagram tidak boleh diprivat ya
Hadiah Top 20 
  • Upload video terbaik di Instagram, tentang saat memeragakan ulang teknik yang sudah diajarkan di kelas
  • Tulis caption semenarik mungkin tentang kekuatan baik dari dalam diri anak
  • Mention @BiskuatIndonesia dan 3 teman, lalu gunakan hestek #GenerasiTiger #BiskuatAcademy2022
  • 20 video terbaik akan dipilih untuk maju ke Final Biskuat Academy dan akan mendapatkan hampers Biskuat (jersey, bola, kaos kaki, dan backpack Biskuat), dan sertifikat bertandatangan Kemendikbud dan Kemenpora
Hadiah Top 10 
  • Dari 20 finalis, akan dipilih 10 terbaik yang akan mendapatkan tambahan hadiah, uang tunai sebesar Rp. 5.000.000
Hadiah Utama 
  • Dari 10 terbaik, akan dipilih peserta terbaik yang akan medapatkan tur stadion Internasional bersama satu pendamping 
Jadwal Sekolah Bola Online Biskuat Academy 
  • Minggu, 25 September 2022
  • Minggu, 9 Oktober 2022
  • Minggu, 23 Oktober 2022
  • Minggu, 9 November 2022
  • Minggu, 27 November 2022
  • Minggu, 18 Desember 2022
  • Minggu, 15 Januari 2023
Jadwal kelas bisa berubah-ubah, jadi silakan pantau website Biskuat Academy untuk informasi jadwal kelas berikutnya. 

Yang memiliki anak mulai dari 5-15 tahun, bisa loh didaftarkan untuk ikut Sekolah Bola Online Biskuat Academy 2022. Semua info lengkap terkait Biskuat Academy, bisa didapatkan di webiste resmi Biskuat Academy. Untuk Sekolah Bola Online Biskuat Academy ini, Biskuat mendatangkan coach dan pro player yang akan melatih, mengajarkan, dan membimbing peserta academy. 

Coach Biskuat Academy 2022


Untuk ikutan Biskuat Academy, ngga terbatas hanya buat anak laki-laki saja, anak perempuan yang memang suka atau mau berlatih bola, dipersilakan untuk ikutan. 

Manfaat Bermain Sepak Bola untuk Anak 

Seperti Una nih, yang walau perempuan, tapi suka juga main bola. Pengaruh dari kakak dan adik yang laki-laki semua, jadi suka ketularan hobi bola. Bermain sepak bola ini ternyata banyak manfaatnya buat perkembangan anak loh bund. Bukan sekadar hepi-hepi aja, tapi manfaat bermain bola diantaranya :

Manfaat Main Sepak Bola


1. Meningkatkan kebugaran. Hal penting yang harus dimiliki oleh pemain sepak bola itu harus sehat dan gesit. Kan, anak akan diminta untuk berlari agar bisa mengejar bola di lapangan yang cukup besar. Hal ini bisa melatih kecepatan si kecil dan daya tahannya. 

2. Membangun Kepekaan Sosial. Bermain dengan tim itu butuh strategi dan kerjasama yang baik. Ini akan membangun kepekaan kemampuan interaksi dan komunikasi juga. Dalam permainan sepak bola, seluruh tim harus bisa berkomunikasi dan bekerja sama. Bagaimana seorang striker (lini depan) harus bisa membantu pemain belakang untuk melakukan pertahanan. 

Kerja sama seperti ini akan membangun dan mengembangkan kepekaan sosial anak. Anak yang menyukai sepak bola akan terlatih rasa sosial dan percaya dirinya. 

3. Mengembangkan Kepribadian Anak. Pada permainan sepak bola, kerjasama tim secara keseluruhan itu sangat ditekankan. Semakin kompak, maka potensi bisa mengalahkan tim lawan juga besar. Aktivitas fisik ini sangat mendorong kerjasama tim dan komunikasi antar pemain. 

Hal ini bisa melatih anak dalam memahami kepribadian mereka dan menghubungkannya dengan kesuksesan tim, dibandingkan berpikir untuk unggul sendirian. Selain itu, sepak bola bisa melatih anak dalam membentuk pribadi yang disipilin dan kreatif dalam memecahkan masalah. 

4. Melatih Kekuatan Otot dan Tulang. Dalam permainan sepak bolah, kekuatan fisik sangat ditekankan. Aktivitas berlari yang dilakukna, bisa mengencangkan dan memperkuat otot anak. Ada penelitian yang diterbitkan oleh Scandinavian Journal of Medicine & Science in Sports, bahwa bermain sepak bola secara teratur bisa meningkatkan massa dan kepadatan tulang, memicu peningkatan yang signifikan dalam kesimbangan postur berdiri, serta memperkuat otot. 

5. Mengurangi Stress. Terlepas dari menang atau kalah dalam permainan, bermain sepak boal ternyata bisa meningkatkan mood sebagian besar anak-anak. Hal ini karena endorfin (zat kimia yang berkaitan dengan suasan hati) dilepas dari otak saat seseorang aktif secara fisik. Endorfin juga bisa membuat suasana hati anak jadi lebih rileks. Untuk jangka panjang, bermain sepak bola bisa membantu mengurangi kecemasan dan stress pada anak. 

6. Menurunkan Risiko Penyakit. Anak yang tidak punya cukup kegiatan fisik, sangat berisiko terkena sejumlah penyakit. Kalau bermain sepak bola, tentu saja fisiknya bakal sangat terlatih. Ini bisa menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, serta kelebihan berat badan atau obesitas. 

Ya, rasa-rasanya ngga kan menemukan pemain sepak bola yang gendut. Karena memang ativitas yang mereka lakukan, sangat-sangat membantu mereka dalam mempertahankan postur tubuh. Dengan aktivitas fisik yang cukup, anak bisa terhindar dari tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung. 

Biar lebih termotivasi, ada video dari Coach Aji yang bagus untuk disimak. 



Biskuat untuk Anak Indonesia yang Lebih Sehat 


Aktivitas fisik yang tinggi, jangan lupa untuk berikan anak asupan dengan gizi yang seimbang ya, bund. Termasuk buat cemilan, pilih yang memiliki kandungan yang baik dan cocok untuk anak. 

Di atas saya sudah cerita tentang Biskuat yang jadi cemilan favorit saya jaman SMA dulu. Biskuat ini sudah ada sejak 1999 dengan varian Biskuat Energi dan jadi bagian dari masa sekolah saya. Pokoknya, hampir setiap hari saya beli Biskuat :) Kalau dulu, Biskuat hanya ada yang varian biskuit saja, sekarang makin beragam variannya, salah satunya ada bolu juga. 

Biskuat ini merupakan merek biskuit yang dipasarkan oleh Mondelez Indonesia. Sering dikenal juga sebagai Tiger di negara-negara Asia Tenggara, selain Indonesia. Walau target pasarnya itu anak usia 5-11 tahun, tapi Biskuit ini juga jadi favorit orang dewasa, seperti saya :) 

Biskuat


Kenapa Biskuat baik buat anka? karena, Biskuat diperkaya dengan 9 vitamin yang terdiri dari vitamin A, B2, B2, B3, B6, B9, B12, D, dan E. Serta mengandung 6 mineral yang terdiri dari Selenium, Iodium, Seng, Kalsum, Magnesium, dan Zat Besi.

Kandungan susu dan gandum dalam Biskuat, bisa memberikan energi bagi anak untuk beraktivitas. Terutama anak yang punya aktivitas tinggi. Untuk mendukung aktivitasnya, bisa berikan Biskuat sebagai tambahan energi. Cemilan yang bernutrisi juga sangat membantu anak agar tidak hanya moodnya bagus, tapi membuatnya lebih aktif juga. 

Anak-anak saya suka banget ngemil, jadi sering buka tutup kulkas nyari cemilan. Sambil belajar, main, nonton tivi, pasti ada aja yang dikunyah. Makanya, saya selalu sediakan cemilan yang ngga cuma enak, tapi juga bergizi. Seperti Biskuat yang jadi favorit ibunya sejak jaman sekolah :) 

Sekolah Bola Biskuat Academy


Yuk bund, dukung anak dalam berbagai aktivitas positifnya. Terutama jika anak memiliki potensi seperti di olah raga sepak bola. Bisa diikutsertakan dalam Biskuat Academy 2022. Kegiatan tersebut bisa menjadi ajang menumbuhkan kepercayaan diri anak juga. Siapa tahu, dengan mengikuti Biskuat Academy, potensinya makin terasah dan akhirnya mereka mau menekuni dan fokus. 


 "Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy"



Referensi 
https://biskuatacademy.com
https://parapuan.co
https://hellosehat.com

7 komentar:

  1. Anak perempuan yang satu ini kelihatan ceria dan semangat banget, salihah lagi masyaAllah. Memang bakat yang dimiliki anak sejak dini perlu didukung dengan makanan yang bermanfaat seperti biskuat, dari dulu memang tidak diragukan lagi manfaat camilan yang satu ini, bahkan jadi favorit anak. Terima kasih informasinya!

    BalasHapus
  2. Anak-anak bisa distimulus ya untuk menampilkan kekuatan baik dari dalam dirinya. Kalau dipikirkan dari semenjak dini ya harus diterus didorong seperti itu

    BalasHapus
  3. biskuat academy punya segudang kegiatan positif yang mampu membuat anak siap untuk masa depan. Inner strength perlu dmunculkan dan dikembangkan karena memiliki manfaat bagus untuk menunjang pertumbuhan fisik dan perkembangan otak

    BalasHapus
  4. aku setuju nih, peran orangtua penting banget buat menumbuhkan inner strength anak supaya anak lebih kuat dan percaya diri dalam melakukan banyak hal

    BalasHapus
  5. Banyak ya yang harus diajarkan kepada anak, mulai dari adab ke orang lain, menunjukkan kasih sayang, membantu sesama dan mengendalikan emosi. Perlahan-lahan dilatih sesuai dengan level usia, Insya Allah bisa. Apalagi dengan ikutan Biskuat Academy nih, inner strength pada anak bisa terbentuk sehingga anak siap menjalani hari-harinya dengan penuh kekuatan.

    BalasHapus
  6. Bagus ya acara ini memfasilitasi bakat anak-anak untuk keluar sejak dini dan berkembang, dna juga menjaid motivasi anak-anak lain untuk mengelaurkan bakat dan talentanya, semoga acara ini diadakan setiap tahun ya

    BalasHapus
  7. Suka banget sama brand2 yang mendukung dan memfasilitasi anak-anak untuk mengembangkan potensi atau inner strength anak, hal-hal seperti ini yg jg dapat mendukung kemajuan bangsa si masa depan.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...