badge

Kamis, 14 Januari 2016

Menjelajah Keindahan Hokkaido, Prefektur Terdingin di Jepang


Akan ada banyak alasan yang akan terurai kenapa saya selalu bermimpi bisa menjejakkan langkah ke berbagai negara. Bisa menjelajah ke belahan bumi yang lain adalah mimpi saya yang masih terus saya bangun. Karena saya memang seorang pemimpi yang bukan sekedar pemimpi. Saya selalu berusaha mewujudkan apa yang menjadi mimpi saya. Salah satunya bisa menjelajah ke seluruh dunia. Menikmati setiap perjalanan lalu merenung. Bahwa dunia ini ternyata luas dan sarat akan pesan. 

Saya memiliki daftar negara impian yang ingin saya kunjungi. Saya menuliskannya di selembar karton putih dan menempelkannya di lemari yang juga menjadi partisi di rumah. Setiap hari saya memandangi deretan negara yang saya tulis. Merapalkannya dalam hati, bahwa satu hari nanti semua negara dalam list itu akan bisa saya kunjungi. 

Namun, Dari sekian banyak negara di dunia, ada 2 negara yang membuat dada saya selalu bergemuruh ketika ada yang menyebutnya. Atau, ketika secara tidak sengaja saya membaca tentang negara tersebut, Jepang dan Australia. Dua negara itu yang membuat saya kadang tidak bisa tidur. 

Sekarang, saya akan bercerita kenapa saya ingin sekali bisa mejelajah Jepang. Terlepas dari keunikan negara dan keramahan para penduduknya, Jepang punya banyak sekali magnet. Magnet yang menarik para manusia untuk berbondong-bondong datang ke Jepang untuk mengahabiskan waktu liburan atau memang untuk sekadar berlibur. 

Seperti kita ketahui, Jepang merupakan negara yang paling cepat perkembangan teknologinya. Jepang selalu membuat terobosan yang banyak mengundang decak kagum. Tapi, saya tidak akan membahas soal teknologi terkini yang dimiliki Jepang. Bagi saya, budaya dan keindahan alam Jepang jauh lebih menarik. Saya selalu terkagum dengan masyarakat Jepang yang sepenuh hati menjaga dan melestarikan budaya  yang  mereka miliki. Itulah sebabnya Jepang menjadi negara besar yang sangat maju. Bukankah bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budayanya? Dan Jepang, melakukan itu. 

Jepang terdiri dari banyak prefektur. Prefektur adalah yurisdiksi di Jepang. Kalau di Indonesia disebut dengan propinsi. Ada kurang lebih 47 prefektur di Jepang dan dibagi menjadi beberapa tingkatan prefektur, kota, dan desa. Prefektur juga sering dikelompokan menjadi sembilan wilayah yakni Hokkaido, Tohoku, Kanto, Chubu, Kansai, Chugoku, Shikoku, Kyushu, dan Okinawa

Menelisik Keindahan Hokkaido


Dari sembilan prefektur tersebut, ada satu yang sangat menarik perhatian saya. Hokkaido. Sebenarnya, semua sudut Jepang sangat worth it untuk dieksplorasi. Semua daerah memiliki keistimewaan yang sayang untuk dilewatkan begitu saja. Namun, saya pikir akan butuh waktu lama untuk bisa menyambangi semua daerah di Jepang. Mungkin saya akan berpikir untuk menetap saja di Negara sakura yang memesona itu. Agar bisa menjelajah tiap sudutnya tanpa khawatir ada satu daerah pun yang terlewat. 

Hokkaido berada di utara Jepang. Hokkaido menjadi prefektur terbesar di Jepang dengan Ibu Kota Sapporo. Hokkaido juga adalah sebuah pulau yang menjadi daerah asal suku Ainu. Menurut sejarah, suku Ainu adalah penduduk asli Jepang . Namun saat ini, populasinya semakin berkurang dan ini menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Jepang. 

Kembali pada alasan saya memilih Hokkaido sebagai prefektur yang ingin saya kenal lebih dekat. Bagi yang sudah mengetahui tentang Hokkaido, pasti akan langsung teringat dengan saljunya. Ya, Hokkaido adalah prefektur yang paling indah ketika bersalju. Apalagi jika kita menyambangi Sapporo ketika musim dingin tiba, saya bisa membayangkan bahwa siapapun tidak akan pernah melupakannya. Sensasi bermain salju atau melihat festival musim dingin di Sapporo, membuat petualangan di Jepang menjadi petualangan yang tidak akan pernah terlupakan. 

Hokkaido dikenal karena menjadi daerah tujuan wisata ketika musim dingin tiba. Bagi masyarakat yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia, menikmati salju akan terasa mewah sekali. Mungkin akan sedikit norak ketika baru pertama kali bertemu dengan salju. Membuat boneka salju mungkin hal yang mainstream tapi akan seru jika dilakukan oleh orang yang baru pertama kali melihat tumpukan salju. Atau, jika boneka salju terlalu kekanakan, kita bisa membuat bola salju dan membawanya berlari lalu membiarkan jejak boots yang kita gunakan meninggalkan jejaknya. 

Pulau yang disebut-sebut sebagai pulau terindah ini, akan jauh lebih indah ketika musim dingin tiba. Banyak orang berbondong-bondong datang untuk bermain ski. Hokkaido memiliki banyak ski resort untuk memfasilitasi keinginan orang yang ingin bermain ski. Kalau belum pernah bermain ski seperti saya, bisa menonton mereka yang asik berseluncur. Perhatikan tiap gerakannya sebelum bisa mencobanya sendiri. 

Selain terkenal dengan salju dan musim dinginnya, Hokkaido memiliki destiniasi wisata yang luar biasa indah dan mungkin belum banyak diketahui. Apa saja itu? saya akan mengurainya walau tetap dengan dada yang bergemuruh membayangkan saya bisa menapaki semua destinasi tersebut. 

1. Danau Shikotsu

Danau Ajaib Shikotsu Yang Tidak Pernah Membeku (sumber:jalan2kejepang)
Siapa yang tidak suka memandangi langit senja, menunggu matahari pulang ke peraduan sambil menikmati semilir angin danau di dermaga kayu yang membentang. Menikmati secangkir kopi yang kepulan asapnya mampu memberikan kehangatan.

Danau Shikotsu merupakan danau yang unik karena sekalipun musim salju tiba, danau ini tidak pernah membeku. Sekalipun salju menerjang semua sudut Hokkaido dan menjadikannya prefektur paling dingin, Danau Shikotsu tetap memberikan kehangatan. Fenomena ini sangat langka karena ketika semua laut, sungai dan danau lain tertutup salju, Danau Shikotsu tidak pernah membeku. Dimana lagi kita bisa menikmati musim dingin tanpa kepungan es? Hal mustahil itu bisa didapatkan di Danau Shikotsu.

Berada di area Chitose, danau ini awalnya adalah sebuah kawah. Terbentuk sekitar 40 ribu tahun akibat letusan gunung vulkanik. Lalu, kawah ini mulai digenangi air meskipun tidak dialiri air sungai yang ada di sekitar danau.

Selain tidak pernah membeku, Danau Shikotsu merupakan danau terdalam kedua di Jepang yang memiliki kedalaman 363 meter dan tidak pernah surut. Bisa dikatakan, danau ini danau yang ajaib. Airnya pun sangat jernih sehingga kita bisa melihat kehidupan bawah laut hingga kedalaman 25 meter. Bagaimana tidak menyenangkan jika kita bisa memandangi aktifitas mahluk laut tanpa membuat pakaian basah.

Untuk akses agar bisa mencapai Danau Shikotsu, kita bisa naik Chuo Bus dari Bandara New Chitose menuju terminal Shikotsu-Kohan selama kurang lebih 1 jam 30 menit.

2. Taman Nasional Shiretoko


Pemandangan di Taman Nasional Shiretoko (sumber:jalan2kejepang)
Taman Nasional ini terletak di Shiretokomikasi, Rausu, Distrik Menashi. Taman yang sangat indah ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Alam Dunia oleh UNESCO pada Juli 2005. Bukan tanpa alasan UNESCO menetapkannya sebagai Warisan Dunia, Taman Nasional Shiretoko tidak bsa dipungkiri bahwa pesonanya memang sungguh memikat.

Terdiri dari pegunungan di semenanjung Shiretoko Peninsula yang berderet sangat rapih dan indah. Tidak hanya itu, diantara pegunungun itu kita bisa menemukan beberapa danau yang menjadi tempat tinggal fauna khas musim dingin.

Dilengkapi dengan area pejalan kaki sejauh 3 km, kita bisa menikmati keindahan alamnya. Menghirup udara segar sambil memerhatikan fauna yang berkeliaran bebas. Ketika musim dingin, seluruh danau yang ada di Taman Nasional Shiretoko ini membeku. Berjalan di atas danau yang membeku sepertinya menarik sekali, seperti dalam film-film saja.

Mau mencoba yang lebih ekstrim? kita bisa berendam di dalam lubang-lubang air yang ada ketika musim dingin. Tentu saja rasanya tidak akan sama ketika berendam di air hangat. Kita bisa berendam sambil bermain dengan ubur-ubur. Tidak perlu terlalu lama berendamnya jika tidak mau tubuh kita pun membeku seperti bongkahan es. Walau pun sekejap, sensasi berendam dalam air es pasti akan menjadi ingatan yang tidak akan terlupakan.

3. Bukit Biei

Bunga Warna-Warni Nan Cantik di Bukit Biei (sumber:jalana2kejepang)
Siapapun pasti suka melihat sesuatu yang indah-indah. Termasuk juga saya. Bukit Biei memberikan keindahan yang tiada duanya. Tidak salah memang jika Bukit Biei dinobatkan sebagai ratunya wisata alam di Hokkaido. Bagaimana tidak, jika hamparan padang bunga yang sangat cantik itu terhampar jelas di depan mata.

Bunga berwarna-warni tumbuh dengan subur. Terdiri dari bunga matahari, cosmos, lavender dan hydrange. Kita bisa menyewa sepeda lalu berkeliling menikmati harumnya bunga dan semilir angin yang sejuk. Atau jika tidak mahir bersepeda, bisa berjalan-jalan saja di sekitar padang bunga. Jangan bayangkan adegan film bollywood yang pasti langsung bernyanyi jika menemui spot indah. Karena, berjalan di Bukit Biei akan jauh lebih menyenangkan daripada adegan film bollywood.

Namun, kita hanya diizinkan menikmati padang di area-area tertentu saja. Karena Bukit Biei ada di wilayah desa wisata yang masih memegang kuat adat istiadat, jadi kita harus mematuhinya. Ada area  yang kita tidak boleh memasukinya karena merupakan area pribadi dari petani. Para petani di Bukit Biei sepenuh hati mempertahankan area pertanian sebagai tumpuan hidup.

Bukit Biei Ketika Tertutup Salju (jalanjalankejepang.com)
Ketika musim dingin tiba, Bukit Biei berubah menjadi padang salju yang menakjubkan. Kita dibawa untuk lupa bahwa Bukit Biei ini adalah sebuah padang bunga yang cantik. Hamparan salju yang membentang sejauh mata memandang. Seakan menghipnotis siapa saja yang melihatnya.

Akses untuk mencapai Bukit Biei cukup mudah karena terletak di jantung prefektur Hokkaido. Dari Sapporo, kita bisa naik JR Hakodate Line sampai stasiun Asahikawa dengan waktu tempuh sekitar satu jam. Lalu, naik JR Furano Line sampai stasiun Biei.

4. Tenguyama


Unkai, Gerombolan Awan Cantik di Tenguyama (sumber:jalan2kejepang)
Melihat gerombolan awan yang berarak pelan, memandanginya sambil mendongak ke atas langit. Itu sudah biasa. Setiap hari kita bisa menyaksikannya. Namun, pernahkan kita membayangkan bisa sangat dekat dengan awan-awan itu. Melihatnya berarak bagaikan ombak yang berkejaran seperti ditengah lautan. Samudra awan ini biasa disebut "unkai" oleh masyarkat Jepang. Ketika naik pesawat, kita memang bisa menyaksikan awan-awan itu. Tapi, tetap tidak bisa secantik kumpulan awan di Tenguyama.

Kita bisa menyaksikan kumpulan awan hanya dengan sebuah kereta gantung, ropeway. Dengan teknologi yang sangat canggih, Otaru Tenguyama Ropeway mampu mencapai gunung (gunung Tengu) yang memiliki tinggi 532 meter itu.



Ropeway akan melaju perlahan menuju puncak. Kita akan diajak melihat betapa indahnya kuasa Sang Pencipta. Awan yang berkumpul menjadi satu layaknya ombak yang bergemuruh di lautan. Kita tidak akan pernah berhenti mengucap syukur ketika menyaksikan lautan awan itu. Ada kursi yang bisa kita gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan bersama sahabat. Satu ropeway bisa menampung sampai 30 orang. Ropeway akan bergerak sejauh 735 meter dengan ketinggian 251 meter.

Bersantai Bersama Sahabat Sambil Melihat Samudra Awan (sumber:jalan2kejepang)
Pemandangan indah di Tenguyama tentu terlalu berharga untuk dilewatkan. Ketika siang hari kita bisa menyaksikan indahnya Ishikari Bay dan Shakotan Peninsula. Dan ketika matahari terbenam dan langit mulai gelap, keindahan kerlip lampu dari Kota Otaru akan membuat pengalaman mengujungi Tenguyama menjadi sangat berharga. Jika berkesempatan ke Hokkaido, jangan pernah melewatkan untuk bisa menaiki ropeway lalu memandangi keindahan alam sekitarnya ya.

5. Kebun Binatang Asahiyama


Hallo Pinguin! Tunggu Kedatangan Saya (sumber:jalan2kejepang)
Ada satu tempat dimana kita bisa menyaksikan sekelompok pinguin yang berbaris rapih. Berjalan dengan gaya khasnya yang lucu. Memakani ikan-ikan kecil pemberian penjaganya. Kebun Binatang Asahiyama adalah tempatnya.

Di tempat inilah para satwa khas daerah dingin tinggal. Bukan cuma pinguin yang menjadi penghuni Kebun Binatang Asahiyama ini, namun aneka satwa lainnya pun ada. Seperti beruang kutub berwarna putih yang tidak kalah menggemaskannya. Bulu putih tebalnya pasti membuat siapa saja yang melihatnya ingin segera memelukknya. Sangat mirip dengan boneka beruang yang biasa dimainkan anak-anak. Ada juga anjing laut, burung hantu, dan macam amur.

Kebun Binatang Asahiyama memiliki 700 satwa dari 124 spesies. Tidak seperti kebun binatang lain yang meletakkan binatang pada sebuah kandang, di sini para binatang dilepas secara bebas. Kita seakan masuk ke habitat asli mereka. Kita bisa berdekatan tanpa merasa khawatir tentang keselamatan. Semua satwa sangat baik dan sepertinya memang mereka sudah akrab dengan manusia. Mereka juga tidak merasa terganggu dengan kehadiran para pengunjung. Seperti pinguin yang bebas berlari mengejar mangsa, menyelam, dan berenang. Mereka seperti berada di habitat asli dan benar-benar alami.

Kebun Binatang Asahiyama dibagi menjadi beberapa zona. Diantaranya; Ezo Deer Forest, Chimpanzee House, dan Hokkaido Animal House. Ada juga zona Emus, Monkey House, Gibbon House, Seal House dan masih banyak yang lainnya. Kebun binatang ini ketika musim dingin (awal November-awal April) buka mulai pukul 10.30 sampai 15.30 sedangkan ketika musim panas (akhir April-awal Oktober) 09.30 sampai 17.30. Tiket masuk bisa dibeli dengan harga 820 yen untuk dewasa, sedangkan harga tiket untuk anak-anak 720 yen.

Penasaran ingin merasakan memberi makan pinguin atau melihat mereka berbaris, berlari mengejar mangsa atau bermain air? Artinya, kita harus segera mengunjungi Kebun Binatang Asahiyama. Lokasinya ada di Higasiasahikawacho Kuranuma, Asahikawa, Prefektur Hokkaido. Akses menuju kebun binatang ini bisa naik bus Ashaikawa Denki Kido dari Stasiun JR Asahikawa dengan waktu tempuh sekitar 40 menit. Dan bandara Asahikawa pun bisa naik bus yang sama dengan waktu tempuh hanya sekitar 30 menit.

6. Odori Park

Odori Park Yang Cantik Ketika Salju Mulai Turun (sumber:jalan2kejepang)
Sepertinya sayang jika menghabiskan liburan musim dingin tapi tidak mengunjungi Odori Park. Rasanya seperti ada yang kurang. Odori Park adalah sebuah tempat rekreasi yang terletak di Odorinishi, Chuo ward, Sapporo. Area ini membentang dari barat ke timur. Awalnya, Odori Park adalah sebuah area pembatas yang memisahkan antara daerah Administratif (utara) dengan area komersil dan industri (selatan). Dibangun sepanjang 1,5 kilometer pada tahun 1871. Lalu, Odori Park pun beralih fungsi. Ketika musim dingin, Odori menjadi tempat berkumpulnya orang-orang yang bersemangat menyaksikan Yuki Matsuri atau festival musim dingin.

Itulah sebabnya, kita tidak boleh melewatkan untuk berkunjung ke Odori Park ketika winter nanti. Di Yuki Matsuri ada banyak iluminasi berbagai patung es yang dibentuk sedemikian rupa. Tidak boleh terlewat melihat berbagai pahatan es yang memukau. Pasti kita akan dibuat terpesona dengan kreativitas para seniman berbakat. Menurut informasi yang saya dapat, di Yuki Matsuri juga ada karya dari seniman Indonesia juga. Ah... jadi makin ingin melihat deretan patung-patung es di Odori Park saat winter nanti.

Akses ke Odori Park sangat mudah. Cukup berjalan kaki sekitar 10 menit dari stasiun Odori atau stasiun JR Sapporo. Atau mau naik subway pun bisa. Semua jalur subway di Sapporo terintegrasi dengan stasiun subway Odori.

Odori Park harus masuk ke dalam itinerary ketika mengunjungi Hokkaido saat musim dingin. Karena, hanya di Odori kita bisa menyaksikan meriahnya Yuki Matsuri yang hanya ada ketika musim dingin. Melihat-lihat indahnya patung-patung es yang memenuhi taman yang berada di pusat kota ini. Tentu pengalaman menghadiri Yuki Matsuri di Odori Park akan menjadi pengalaman yang tidak akan pernah terlupakan.

Lezatnya Kuliner Khas Hokkaido

Sebagai seorang muslim, ketika berkunjung ke negara lain, yang mungkin kadang dikhawatirkan adalah makanan. Tentu saja, saya pun begitu khawatir. Karena, ketika mengunjungi negara yang bukan mayoritas beragama muslim, mungkin akan sangat sulit menemui makanan halal. Biasanya, sebelum mengunjungi negara lain, saya akan mencari referensi apakah cukup sulit menjumpai makanan halal. Jika iya, mungkin saya akan mempersiapkan bekal yang bisa dimakan.

Saya pun mencari referensi soal makanan halal di Hokkaido. Ternyata, sudah cukup banyak juga yang menjual makanan halal atau makanan yang memang aman dimakan oleh muslim. Karena Hokkaido terkenal dengan hasil lautnya, jadi makanan khas Hokkaido banyak didominasi dengan seafood. Makanan lezat Hokkaido yang patut dicoba, diantaranya;

1. Ishikari Nabe


Ishikari Nabe (sumber:jalan2kejepang)
Ini adalah olahan berbahan dasar ikan salmon yang lezat. Dulunya, Ishikari Nabe ini adalah makanan khas para nelayan. Mungkin, ketika para nelayan yang sedang melaut mencari ikan tiba-tiba lapar, mereka hanya tinggal menangkap ikan di laut lalu merebusnya. Membuat Ishikari Nabe ini tidak terlalu sulit. Memilih ikan salmon yang segar pasti akan membuat hidangan ini terasa lebih nikmat. Ikan salmon direbus di dalam kaldu miso dan dimasak bersama sayuran. Sayuran yang menjadi pelengkapnya adalah bawang, lobak dan kentang.

Campuran ikan salmon dan sayur pasti sangat segar sekali. Mungkin kita bisa memilih untuk memakannya di tepi laut atau danau. Bisa juga menjadi sajian hangat yang bisa membunuh dingin ketika salju turun. Hidangan ini sangat digemari dan terbukti menjadi satu dari 100 makanan populer di Jepang.

2. Salmon Chan Chan Yaki


Salmon Chan Chan Yaki, Salmon Berpadu Dengan Sayuran Segar (sumber:higumaisme)
Sajian ini adalah olahan lain dari ikan salmon. Salmon diiris kasar lalu dimasak dengan uap bersama sayuran segar diatas wajan besi besar. Setelah matang, barulah dituangkan miso manis saus bumbu lalu diaduk rata agar bumbu terserap sempurna. Terakhir, hidangan ini ditambahkan mentega untuk menambahkan rasa gurih.

Chan Chan Yaki ini adalah makanan yang berasal dari desa nelayan. Namun kini populer dan sangat digemari oleh masyarakat Hokkaido. Berkunjung ke Hokkaido, jangan lupa untuk mencicipinya ya.

3. Hakkaido Zangi 


Hakkaido Zangi, Krispi dan Lezat (sumber:jalan2kejepang)
Bagi yang suka ayam goreng, wajib dicoba sajian yang satu ini. Saya termasuk yang senang sekali dengan ayam goreng. Hakkaido Zangi ini mirip dengan karaage. Perbedaannya hanya dibumbunya saja. Ada campuran rasa kecap, bawang putih dan jahe yang berpadu menjadi satu. Memberikan rasa segar dan sedikit pedas karena jahe.

Sama seperti di Indonesia, ayam goreng pasti sedap jika dimakan bersama nasi. Dan sepertinya Hakkaido Zangi inipun cocok dimakan bersama nasi hangat. Atau mau dijadikan sebagai cemilan layaknya tempura pun tidak menjadi masalah. Pasti akan sama-sama lezat.

4. Imo-Mochi


Imo-Mochi, Cemilan Teman Minum Teh (sumber:jalan2kejepang)
Hidangan yang satu ini lebih tepat disebut cemilan. Kalau biasanya mochi dibuat dari tepung sagu, Imo-Mochi ini dibuat dari kentang rebus yang dibentuk menyerupai roti. Rasanya manis dan gurih. Cocok disantap sambil ditemani teh atau kopi panas. Apalagi jika Imo-Mochi ini dimakan ketika salju tengah turun, pasti akan membuat suasana lebih hangat.

Ada beberapa yang mengganti kentang dengan ubi jalar atau labu. Apapun bahan dasarnya, sepertinya ini cemilan yang sangat enak untuk dinikmati sambil memandangi salju turun dari langit, sedikit mengurai cerita bersama sahabat atau keluarga, atau sambil duduk di depan perapian.

5. Kue Sus Krim


Kue Sus Dengan Krim Segar Yang Meleleh di Mulut (sumber:japanesestation)
Saya adalah salah satu pengemar kue sus. Di Indonesia biasanya kue sus diisi dengan fla manis yang berbahan dasar susu yang dicampur dengan tepung agar kental. Di Hokkaido ada kue sus yang sudah terkenal enaknya. Kenikmatan kue sus berisi krim yang terbuat dari susu segar ini meleleh di mulut. Membayangkannya saja saya sudah menelan air liur.

Kue sus krim ini bisa didapatkan di Milk-kobo Takahashi Farm di daerah Niseko. Krim yang menjadi isian kue sus ini dibuat dari susu segar yang diperah pada pagi hari. Lalu susunya langsung dibuat menjadi krim dan kemudian diisi ke dalam kue sus. Pemilik toko yang membuat sendiri kue sus lezat ini. Dia berpesan bahwa kue sus harus segera dimakan pada hari yang sama. Alasannya, agar kenikamatan krim susu di dalam kue sus bisa terasa enaknya.

Saat ke Hokkaido nanti, jangan pernah melewatkan untuk mencoba kenikmatan krim dalam kue sus yang meleleh di mulut. Tidak perlu malu jika kue sus itu membuat mulut kita penuh dengan krim. Sayangnya, kue sus ini sepertinya tidak bisa dijadikan oleh-oleh. Karena pasti ketika sampai di Indonesia rasanya sudah tidak seenak jika kita makan langsung di toko.


Bagaimana Ke Hokkaido?

Sebagian dari kita mungkin tahu bahwa biaya perjalanan dari Indonesia ke Jepang tidaklah murah. Mungkin memang kita harus menabung untuk mengunjungi negeri sakura tersebut. Apalagi jika kita tidak memiliki kolega atau sahabat yang tinggal di Jepang. Biaya hidup yang termasuk tempat tinggal dan makan disana tentu tidak sedikit. Kita harus lebih giat lagi menabung agar tidak sengsara di negara orang. Bukankah perjalanan ke Jepang seharusnya menjadi liburan yang menyenangkan?

Sekarang, impian ke Jepang bisa lebih mudah terwujud. Kita bisa menggunakan H.I.S sebagai teman perjalanan kita ke Jepang. H.I.S adalah agen travel yang sudah sangat terpercaya untuk mengantarkan kita ke Jepang. H.I.S berbeda dari travel lainnya karena banyak memberikan kemudahan bagi kita yang ingin mengeksplorasi Jepang dan kota-kota lainnya seperti Hokkaido.



1. Kenyamanan Servis. H.I.S memberikan pelayanan yang sempurna bagi perjalanan kita. Dimulai sejak reservasi hingga mengantarkan kita sampai kembali di rumah. Staf yang ramah akan membantu mejawab semua pertanyaan-pertanyaan seputar perjalanan kita. Termasuk memberikan solusi yang terbaik atas kekhawatiran kita untuk bagaimana bisa beradapatasi dengan suasana di Jepang.

2. Memiliki jaringan global yang akan mendukung perjalanan kita. Memiliki sistem yang terbaik sehingga kita akan merasa aman hingga sampai kembali ke rumah.

3. Memberikan harga yang terbaik. Tidak perlu khawatir terlalu mahal untuk bisa mengunjungi Jepang. Kita bisa mendapatkan harga terbaik untuk hotel dimanapun. Misalnya saja seperti sya yang akan ingin mengunjungi Hokkaido. H.I.S tentu akan membantu saya dalam mencarikan hotel yang dengan harga yang masuk akal. Tentu bisa disesuaikan dengan budget yang ada.

4. Terbaik dalam pelayanan individual tour. Jika berencana ke Jepang namun tidak sempat dalam mengurus dokumen seperti visa dan yang lainnya maka H.I.S akan melakukannnya untuk kita. Kita hanya tinggal menyiapkan koper atau ransel berisi perlengkapan yang dibutuhkan selama di Jepang. Karena itinerary, tiket pesawat, hotel, tur pilihan, kereta api, atau penyewaan mobil bisa diurus oleh H.I.S.

5. Terbaik untuk perjalanan ke Jepang. Karena, H.I.S memiliki 273 cabang di Jepang jadi kita bisa membuat reservasi perjalanan lewat cabang manapun. H.I.S juga akan membantu cara penggunanan JR PASS dan ini pasti sangat membantu siapapun yang baru pertama kali ke Jepang, seperti saya.



Jika ingin melakukan perjalanan ke Hokkaido seperti saya, ada penawaran paket perjalanan yang sangat menarik. Ada HAnavi yang membantu mengatur rangkaian perjalanan yang kita lakukan. HAnavi adalah kolaborasi antara H.I.S dengan ANA (All Nippon Airways) yang sudah dirancang khusus bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Jepang. Bagi yang baru pertama kali, seperti saya misalnya, pasti ada perasaan khawatir dengan rute. Bagaimana mencapai daerah-daerah di Hokkaido yang kita ingin kunjungi kalau rutenya saja tidak tahu.


Dengan HAnavi, rencana perjalanan kita bisa berjalan dengan lancar. Jadi, tidak perlu khawatir tersesat atau bingung mencari transportasi. HAnavi menyediakan paket penerbangan domestik dan juga hotel dengan harga yang sangat terjangkau. Misalnya saja perjalanan ke Hokkaido, HAnavi memiliki 3 paket perjalanan yang bisa dipilih. Menggunakan pesawat ANA yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya. Semua penerbangan berangkat dari Tokyo dan Osaka.

Selama menulis ini, saya seakan terbawa oleh HAnavi ke Hokkaido. Saya masih membayangkan bisa bermain salju, memberi makan pinguin, naik ropeway di Tenguyama, berendam di dalam lubang es lalu menggoda ubur-ubur, dan melihat senja di Danau Shikotsu. Menghabiskan segelas kopi panas sambil menunggu matahari kembali ke peraduan. Sungguh liburan yang tidak akan pernah bisa terlupakan seumur hidup. Semoga impian si pemimpi ini bukan sekedar impian.



visit HIS on Facebook http://www.facebook.com/HISTravelIndonesia

Sumber Tulisan

  • https://id.wikipedia.org/wiki/Prefektur_Hokkaido
  • http://www.jalan2kejepang.com/destinasi/hokkaido
  • http://his-travel.co.id/japan-tour-hanavi
  • http://his-travel.co.id/
  • http://japanesestation.com/20-pemandangan-super-indah-dari-hokkaido-yang-membuat-kalian-ingin-pergi-kesana/
  • http://japanesestation.com/5-hal-yang-wajib-kalian-lakukan-saat-berwisata-ke-hokkaido/
  • http://higumaisme.blogspot.co.id/2015/07/12-makanan-khas-dari-hokkaido-yang.html


39 komentar:

  1. Moga bisa ke Jepang bareng ya Mbak Uci. Yuk yuk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk tehhh.. mau banget. Semoga ada rezeki biar bisa kesana ya.

      Hapus
  2. Enjoy banget aku baca tulisannya, walau panjang tp kece..SEmoga apa yang dipanjatkan menjadi kenyataan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah.. ada yang suka. Makasih mba sari, makasih doanya.

      Hapus
  3. Mantap pisan kak. SUkses ke hokkaidonya ya. nitip harapanku juga yaa. next pengen kesana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. segala doa yang baik wajib diaamiinkan. Semoga bisa jadi kenyataan.

      Hapus
  4. Pada posting Jepaaanggg. Bikin mupenggg. Semoga menang, ya? ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mba anisa, semoga doanya terkabul :)

      Hapus
  5. aahh..aahh..lagi2 bikin mupeng liat potonyaa
    aku mau ke bukit Biei, ikotlah biar bisa main saljuu :D


    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo kita bikin boneka salju, walau mainstream tapi seruuu :)

      Hapus
  6. Semoga kesampean jalan ke Jepang ya, Mak. Aku juga daari dulu pengen jalan-jalan ke Jepang, dan pengen banget nyaksiin Festival Hanami yang keren itu. Duh itu makanannya menggoda sekali. Pengen cicipin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga teh efi diberi rezeki yang banyak biar bisa ke Jepang sekeluarga :)

      Hapus
  7. Samaan kita mba, mupeng juga liburan ke Jepang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, kita nabung mba biar bisa ke Jepang sama-sama :) lebih seru lagi kalo bisa bareng-bareng sama keluarfa juga.

      Hapus
  8. Samaan kita mba, mupeng juga liburan ke Jepang.

    BalasHapus
  9. Waaah, semoga bisa ke Jepang

    BalasHapus
    Balasan
    1. whuaa.. kelewat balas komentar si akang. Makasih doanya :)

      Hapus
  10. Semoga bisa ke Jepang yaaaa. Aamiin.

    BalasHapus
  11. Aku juga pengeeen banget ke Jepang, pengennya sih pas musim semi gitu biar bisa menikmati sakura yang sedang bermekaran...pasti romantis banget yak...
    semoga mimpinya jadi nyata ya mbaa....bisa ke Jepang segera.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, pengen juga tuh liat sakura pasti cantik banget deh. Makasih buat doanya, semoga mba ika juga bisa ke Jepang ya

      Hapus
  12. Wahh... jepang... aq jg pengen kesana.

    BalasHapus
  13. Keren tulisannya. Semoga bisa ke Jepang yaaaaaa.. aku juga pengen banget ke Jepang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga mba ella diberi keluasan rezeki biar bisa ke Jepang bareng keluarga ya ^___^

      Hapus
  14. Pinguinnya lucu. Aku juga mau ikut doong. Ah, kalo ke Jepang aku pengen maenan salju hahha *norak bin lebay*

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru tuh ngajak aisyah ngasih makan pinguin :) berdoa sama-sama ya mba, semoga ada rezeki bisa ke Jepang.

      Hapus
  15. Feb 2017 nanti aku k jepang ;) dapet tiket promo murah bgt dr airasia des kmrn.. Tp krn aku dan suami trbiasa traveling sndiri, kita ga pake tur sih mba. Mw explore segalanya berdua aja :D. Hokkaido tdnya udh msk ke list kota yg wjib didatangi... Tp suami agak ragu, krn dia lbh pgn k prefacture lain. Tp toh kita msh lama berangkat jd aku msh bs ngebujukin dia utk jd k hokkaido jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah... asiknya yang mau ke Jepang :D pasti bakalan seru banget deh travelingnya, apalagi kalau bareng pasangan. Duh, jadi tambah pengen nih. Nanti bagi-bagi cerita ya mba fanny. Semoga perjalanannya menyenangkan.

      Hapus
  16. Feb 2017 nanti aku k jepang ;) dapet tiket promo murah bgt dr airasia des kmrn.. Tp krn aku dan suami trbiasa traveling sndiri, kita ga pake tur sih mba. Mw explore segalanya berdua aja :D. Hokkaido tdnya udh msk ke list kota yg wjib didatangi... Tp suami agak ragu, krn dia lbh pgn k prefacture lain. Tp toh kita msh lama berangkat jd aku msh bs ngebujukin dia utk jd k hokkaido jg

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa.. senangnya yang udah punya tiket ke Jepang. Hokkaido harus masuk list nih mba fanny, soalnya emang banyak destinasi wisata yang keren-keren banget. Tapi, semua sudut di Jepang sangat indah sih jadi sayang kalau ada yang terlewat. Selamat traveling ya, doakan saya bisa ke Jepang juga xixixi :)

      Hapus
  17. Chi, Hokkaido bagus banget ya haha. Tadinya naksir Toyama. Kalau ke Jepang beneran, pengen ke semuanya deh. Pengen bulan Maret biar bisa Golden Week dan puas nonton anime di sana (lho, emang ngerti bahasanya?).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau ke semuanya, kayanya sebulan pun ga akan cukup yaaa.. Kita pindah ke Jepang aja yuukk hahhahah :D

      Hapus
  18. All bout japan memang selalu menarik ya. Sukses lomba nya ya

    BalasHapus
  19. ih aku juga mauu ke jepaaang :D
    semoga menang ya makkk:D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya Jepang jadi negara impian banget ya buat dikunjungi. Makasih udah mampir ya.

      Hapus
  20. Panjang amat ya, harus pelan2 bacanya supaya dapat infonya.

    buat anakku ni, infohnya supaya motivasi buat ke sana
    ma kaish ya mB

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dibaca dari awal sampai akhir ya mba *ngarep* karena banyak info menarik loh :)

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...