badge

Jumat, 14 April 2017

Hallo Bumil, Persembahan Cinta Prenagen Bagi Ibu Hamil



Hamil merupakan hal ajaib yang dialami perempuan. Ketika kita merasakan ada sesuatu yang bergerak di dalam perut, saat itulah kita merasakan keajaiban. Momen hamil bagi kebanyakan perempuan, adalah momen yang ngga akan pernah terlupakan. Betapa sulit, berat, dan sakit selama mengandung, akan terbayar dengan tangisan bayi di pelukan. 

Begitupun dengan saya. Tiga kali hamil dan melahirkan, menjadikan saya jadi paham beratnya perjuangan seorang ibu, ketika ada janin di perutnya. Apalagi saat perut sudah mulai membesar. Melakukan pekerjaan rumah saja sudah sangat kewalahan. Berat. lelah, dan capek semuanya jadi satu. Tapi, semua lelah itu terbayar ketika ada tendangan-tendangan kecil dari dalam perut. Momen itu yang kadang membuat saya kangen. Kangen hamil lagi dan merasakan momen-momen ajaib itu.




Menyaksikan perkembangan janin dari bulan ke bulan pun jadi momen yang ajaib. Lewat sebuah layar, kita bisa melihat si bayi bergerak, menunjukan wajah, sampai melambai. Ah, senangya kalau ingat saat-saat pergi ke Dokter buat memeriksakan kehamilan. 

Makanya, ketika ada teman atau saudara yang sedang hamil saya sering kali excited duluan. Sekadar ingin mengelus perut sampai merasakan tendangan halus dari si bayi. Itu adalah amazing moment yang selalu membuat saya senang

Hallo Bumil Dan Cinta Prenagen 

Jadi ibu hamil di era digital saat ini ternyata enak ya. Berkat teknologi yang makin canggih, sampai ada loh aplikasi khusus ibu hamil. Lewat aplikasi yang khusus dibuat untuk ibu hamil, bumil bisa memantau perkembangan janinnya dari waktu ke waktu. Nama aplikasinya adalah Hallo Bumil. Sebelum berganti nama jadi Hallo Bumil, aplikasi ini bernama ILUVBABY.



Hallo Bumil resmi diluncurkan bersamaan dengan rangkaian kegiatan Prenagen Pregnancy Educational Journey di Pullman Hotel, Central Park awal april lalu.

Aplikasi pendamping kehamilan, Hallo Bumil ini bekerja secara interaktif. Bisa diunduh dengan sangat mudah di play store. Aplikasi yang dibuat oleh PT Cakra Radha Mustika ini merupakan aplikasi pendamping buat ibu hamil pertama di Indonesia. Lewat Hallo Bumil, para ibu hamil bisa tahu perkembangan janin dari bulan ke bulan. Ada banyak informasi seputar kehamilan, termasuk menjaga kesehatan dalam masa kehamilan.

PT Cakra Radha Mustika Tbk melalui divisi digital telah melakukan riset kepada lebih dari 1000 responden. Ditemukan bahwa lebih dari 90% calon ibu itu membutuhkan informasi tentang perkembangan janin. Calon ibu butuh informasi bagaimana janin berkembang dari bulan ke bulan. Mulai dari terbentuknya janin hingga menjadi bayi yang sempurna.

Prenagen sebagai ahlinya nutrisi kehamilan dan menyusui turut ambil bagian dalam Hallo Bumil ini. Sebagai pionir nutrisi ibu hamil dan menyusui, bekerjasama dalam meningkatkan kualitas dan kelengkapan fitur-fitur yang ada di aplikasi Hallo Bumil. Prenagen tahu kalau ibu hamil istimewa jadi harus diberikan yang terbaik. Kalbe Nutritionals merupakan sponsor utama dalam apps Hallo Bumil. Kalbe lewat Prenagen menyiapkan banyak informasi yang pastinya dibutuhkan oleh bumil.

Hallo Bumil dikembangkan bersama tim medis yang berpengalaman. Jadi, kita ngga perlu khawatir akan informasi yang disampaikan. Semuanya pasti sudah berdasarkan konsultasi medis yang terpercaya.

Laman antarmukanya diberi sentuhan warna pink yang lembut. Jadi, dari awal membuka aplikasi saja, mata bumil akan dimanjakan. Tidak bikin sakit mata. Kalau di slide, kita akan menemukan banyak fitur yang pastinya useful bagi ibu hamil.

Ada Fitur Timeline Kehamilan dimana ibu bisa melihat perkembangan janin dari minggu ke minggu. Ada juga Fitur Artikel yang memberikan banyak sekali informasi tentang kebutuhan nutrisi ibu dan bayi selama masa kehamilan. Artikel yang disediakan juga dibuat berdasarkan usia kehamilan.

chat sebelum masuk ke fitur selanjutnya :) 

Walau saya belum hamil lagi, tapi saya benar-benar penasaran dengan aplikasi ini. Jadi, saya ikutan unduh dan coba menggunakannya. Karena saya belum hamil, saya ngga bisa login. Kita diberi pertanyaan lewat chat apakah kita sudah dipastikan hamil atau belum. Untuk masuk ke app dan mencoba semua fitur yang ada, perlu masukin usia kehamilan dulu :p







Tapi ya karena saya penasaran, saya coba 'pura-pura jadi ibu hamil' aja. Unik sekalii app yang satu ini. Tampilannya unik dan si kecil seakan-akan lagi cerita tentang perkembangannya dari hari ke hari. Jadi kita juga bisa lihat perubahan-perubahan apa yang terjadi pada si kecil. Ada Fitur Kontrol Kehamilan juga yang jadi fitur penting dalam apps ini. Bumil bisa memonitor kehamilannya lewat berat badan mingguan. Normalkah atau tidak.

klik gambar untuk unduh aplikasi hallobumil


Prenagen Pregnancy Educational Journey 

Sabtu, 8 April kemarin jadi momen yang membuat saya kepingin hamil lagi :) Prenagen Pregnancy Educational Journey (PPEJ) 2017 kembali mempertemukan saya dengan ratusan ibu hamil. That's so awesomePrenagen Pregnancy Educational Journey Siapkan Awal Kehidupan Terbaik Si Kecil & Launch Pregnancy Apps, Hallo Bumil ini dihadiri oleh ratusan bumil dan para ayah. PPEJ ini rutin diadakan tiap tahunnya. Tahun kemarin lokasinya di Senayan City, sedangkan tahun ini lokasinya di Pullman Hotel, Central Park Jakarta Barat.

Ketika sampai lokasi acara, saya langsung disambut lautan perempuan berbaju ungu. Yang membuat mereka jadi lebih cantik, karena hampir semua perempuan itu berperut besar. Ditemani para suami siaga yang ngga mau kalah berbaju ungu juga.

Acara diadakan di ballroom megah yang sudah didesain dengan sangat homey sekali. Dipandu oleh Mona Ratuliu, acara berlangsung dengan sangat hangat. Saya duduk bersama ibu hamil lainnya. Sesekali saya melempar pandangan pada ibu-ibu hamil. Sesekali mereka terlihat mengelus perutnya dengan lembut.

Banyak sekali narasumber yang dihadirkan. Informasi yang disampaikan menjadi ilmu bagi mereka yang sedang mempersiapkan kehamilan dan tentu saja bagi yang sedang hamil. Walau saya kebagian duduk di baris belakang, tapi wajah narsumber di panggung tetap kelihatan dengan jelas dengan bantuan tivi yang dipasang di pinggir-pinggir.



Ada bintang tamu yang turut hadir, Andien dan Ippe, sang suami. Pasti udah banyak yang tahu dong ya kalau Andien baru memiliki buah hati. Di PPEJ ini, Andien berbagi pengalamannya ketika hamil, melahirkan, dan kini sedang proses menyusui.

Menjaga Kesehatan Plasenta 

Ada dr. Boy Abidin, SpOG (K)  yang jadi idolanya para ibu hamil. Karena selain bertubuh tegap dan ganteng :) dr. Boy juga dokter kandungan yang sangat ramah. Wajar kalau banyak fansnya. Tema bahasan yang diangkat oleh dr. Boy pada PPEJ 2017 kali ini mengenai Dampak Penting Kesehatan Plasenta Untuk Perjalanan Kehidupan Si Kecil.



Sebelum memulai pembahasan, dr. Boy bertanya tentang apa itu plasenta. Rasanya semua ibu hamil pasti tahu. Ya, plasenta adalah organ spesifik pada ibu hamil yang berfungsi untuk mengantarkan nutrisi dan oksigen dari ibu kepada janin yang sedang dikandung.  Kesehatan plasenta itu sangat penting. Kalau kata dr. Boy, kehamilan tanpa kesehatan plasenta adalah Semu :)

Plasenta punya peran penting dalam mengantarkan nutrisi pada janin. Apa yang ibu makan, maka akan dialirkan lewat plasenta pada janin. Kalau nutrisi baik dan sehat, maka janin pun akan sehat juga. Makanya, pemilihan makanan dengan nutrisi yang baik itu sangat penting. Kebutuhan nutrisi bagi ibu hamil harus lengkap dan seimbang termasuk makro dan mikronutrisi. Nutrisi tersebut tentu aja sangat diperlukan bagi janin supaya janin tumbuh sehat.


Plasenta memiliki peran penting dalam pembentukan sistem saraf melalui mekanisme transport asam lemak esensial. Salah satunya adalah DHA yang berperan dalam pembentukan kognitif atau kecerdasan. Plasenta juga bisa mengalami masalah seperti preeclampsia, diabetes mellitus gestasional, prematuritas, dan kematian janin. Efek jangka panjang dari plasenta yang bermasalah adalah anak akan mengalami non-communicable disease.

Pengaruh Nutrisi Pada Anak

Selain dr. Boy, ada dr. Herbowo AF Soetomenggolo, SpA (K) yang fokus membahas soal nutrisi pada anak. Sepertinya kita pasti tahu ya kalau nutrisi baik yang dikonsumsi oleh ibu hamil, pasti akan melahirkan anak yang sehat. Tumbuh kembang bayi yang baru lahir itu sangat ditentukan oleh pemberian nutrisi di masa kehamilan dan menyusui.



Nutrisi terbaik bagi bayi adalah ASI. Kita ngga bisa pungkiri ya kalau ASI adalah makanan terbaik dari ibu untuk bayi. ASI memiliki berbagai zat penting yang membantu proses pembentukan sistem saraf. Misalnya aja Laktosa yang berperan dalam pembentukan memori jangka panjang. ASI juga mengandung kolostrum yang mengandung kolesterol untuk menunjang mielin, selubung penghantar implus saraf.

ASI juga mengandung zat besi yang  sangat penting bagi perkembangan otak. Bayi yang kekurangan zat besi pada usia 6 bulan, bisa mengalami keterlambatan perkembangan karena mielin tidak tumbuh dengan sempurna.

Agar ASI yang dihasilkan oleh Ibu berkualitas, maka ibu harus makan makanan yang bernutrisi seimbang. Tambahkan juga dengan konsumsi susu. Lebih baik jika yang dikonsumsi adalah susu khusus bagi ibu menyusui. Karena, susu ibu menyusui biasanya memiliki kandungan nutrisi yang lengkap.

Dr. Herbowo mengatakan kalau pengukuran lingkar kepala pada bayi baru lahir itu sangat penting. Biasanya kan kita hanya fokus pada berat badan, panjang, dan fisik bayi saja. Padahal lingkar kepala ini penting sekali dalam perkembangan syaraf nantinya. Kalau ada masalah pada syarafnya, bisa jadi bayi akan mengalami kelainan. Jadi, penting ya bu untuk ukur lingkar kepala bayi. Jika ditemukan ketidaknormalan, bisa langsung konsultasi ke dokter. Jadi bisa cepat ditangani.

Fit Selama Hamil

Selain materi yang memberikan edukasi, para bumil juga diajak untuk senam. Tentu senam yang dikhususkan bagi bumil. Prenagen memperkenalkan olahraga baru yang dikhususkan bagi ibu hamil muali usia kehamilan 4 bulan keatas, serta ibu menyususi. Nama senamnya adalah Prenafit.

Senam ini akan membantu bumil agar lebih rileks, mencegah kenaikan berat badan yang berlebihan, memudahkan persalinan, mengencangkan otot sebagai persiapan persalinan, mengurangi risiko terjadinya diabetel gestasional dan tekanan darah tinggi, mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan di atas rata-rata (fetal macrosamia).

Sedangkan manfaat senam PRENAFit pada bayi adalah menurunkan risiko obesitas pada bayi di kemudian hari, bayi lebih tenang, memiliki kecerdasan umum yang lebih tinggi, serta memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik.

Prenagen, Nutrisi Terbaik Bagi Yang Teristimewa 

Sebagai pionir nutrisi bagi ibu hamil dan menyusui, Prenagen selalu berinovasi agar kebutuhan nutrisi hamil terpenuhi. Yang terbaru, Prenagen mengeluarkan produknya berupa Juice khusus ibu hamil.

Semua produk Prenagen kini dilengkapi dengan PRENAPRO. Mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan dalam periode emas pertumbuhan bayi seperti asam folat, kalsium, fosfor, magnesium, vitamin D, protein, zat besi, serat pangan (inulin), dan omega.
Menurut penelitian, 9 dari 10 ibu hamil itu pasti mengalami mual. Apalagi di trimester pertama. Nah, kalau ada juice segar khusus ibu hamil rasanya masalah mual pada ibu hamil pasti bakal teratasi. Prenagen Juice mengandung asam folat dan tinggi vitamin C. Saya sempat mencicipi Prenagen Juice rasa Pomegrante & Anggur, wuih rasanya beneran seger banget. Kalau minum juice ini, bumil ngga perlu khawatir lagi soal mual. Prenagen juice tersedia juga varian Fruit & Veggie, dilengkapi dengan ekstrak daun katuk.

Segerr :) 



Sebagai mantan ibu hamil dan menyusui yang pernah mengkonsumsi Prenagen, saya percaya bahwa Prenagen benar-benar sayang sama bumil dan bususi. Terbukti ya dari banyaknya produk yang dipersembahkan khusus. Varian rasanya pun makin variatif, ada rasa kacang hijau yang ternyata enak banget. Walau ngga lagi hamil, saya sempat cobain dan sampai pingin nambah lagi :)

Jadi ngga salah ya kalau Prenagen punya tagline, Terbaik Untuk Yang Teristimewa. Karena setiap ibu adalah istimewa. 


Untuk informasi, kunjungi 
www.prenagen.com
Facebook : Prenagenworld
Instagram : @prenagenworld 
Twitter : @prenagenworld 




13 komentar:

  1. hamil jaman sekarang enak ya ada aplikasi beginian.. dulu mana ada... *generasi 46*

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pas aku hamil dulu juga belum ada kaya beginian

      Hapus
  2. Coba ya pas saya hamil ada aplikasi beginian, tambah asyik

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru ya bisa pantau perkembangan janin :)

      Hapus
  3. Telat tau nih pas hamil kemarin, nanti kalau hamil lagi wajib instal nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau hamil lagi, pakai yaa aplikasinya :)

      Hapus
  4. Coba kalau dulu pas hamil ada aplikasi ini yab..

    BalasHapus
  5. Enak banget ada aplikasi segala buat hamil, jujur aja, jangankan era dulu lagi aku hamil Naqib aplikasi beginian belum ada dan berkembang loh mba Uci

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti buat adiknya naqib, pakai ginian yaa nda :)

      Hapus
  6. Aplikasinya berguna banget. Aku sempat pakai aplikasi serupa, senang sekali bisa tahu perkembangan janin. Meski aku cuma bisa ngerasain sampai minggu ke 5 saja, tapi terasa terbantu sama aplikasi ini.
    Prenagen memang peduli sekali ya sama ibu hamil

    BalasHapus
  7. Weee...baru tau nih
    sangat bermanfaat sekali infonya

    BalasHapus
  8. Ini acaranya bermanfaat banget untuk para bumil ya mbak Uciiii..

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...