badge

Minggu, 23 Desember 2018

Nostalgia Masa Kecil Di Hero Supermarket


Saya masih ingat betul, tiap Ramadhan datang dan jelang Idul Fitri, papah pasti akan bawa semua anak-anaknya buat belanja. 20 tahun lalu, Bekasi belum punya banyak mall atau pusat perbelanjaan. Kami harus 2 kali naik angkutan umum untuk bisa sampai di satu-satunya mall yang ada di Bekasi. Bagi saya, kakak, dan adik-adik, naik angkutan umum demi bisa belanja kebutuhan lebaran adalah hal mewah. Saat itu, papah hanya punya motor bebek yang ngga mampu menampung kami semua. Jadi, angkutan umumlah satu-satunya yang bisa mengantar kami.



Dan, satu-satunya supermarket yang jadi tujuan kami adalah Hero Supermarket. Kami yang tinggalnya di timur Bekasi, harus rela ber-angkot ria menuju baratnya Bekasi. Karena, saat itu supermarket yang paling lengkap dan berada di sebuah pusat perbelanjaan hanya Hero Supermarket. 

Puas belanja, papah akan mengajak kami semua makan di fast food resto. Kenyang makan, ada bonus yang papah berikan yaitu main di arena bermain. Ah, kalau ingat itu semua, saya bakal senyum-senyum sendiri. Walau hanya diajak belanja, bahagianya luar biasa. 

Minggu, 16 Desember 2018

Semarak Festival IKM 2018 : Ketika Industri Kecil Menengah Naik Kelas


Selalu menyenangkan dan suka banget kalau ngumpul atau ketemu sama pengusaha, terutama mereka yang punya Usaha Kecil Menengah (UKM). Kenapa? karena dari mereka, saya banyak banget belajar soal fokus dan kerja keras. Apalagi kalau mereka sudah ngobrolin perjalanan bisnis mereka dari nol hingga bisnisnya berkembang dan bercabang. Rasanya, pengen banget ikut jejak mereka. 

Sebelum terjun jadi blogger, saya juga punya usaha. Saya buka kedai pisang yang semuanya saya handle sendiri. Pelayan, chef, kasir, bagian keuangan, semuanya saya yang urus. Capek sih, tapi menyenangkan banget. Ketemu banyak tipe pembeli dan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik. 

Selasa, 11 Desember 2018

Tips Anti Bete Liburan Ke Bandung



Kalau lagi pengen banget liburan yang tipis-tipis, maksudnya yang agak hemat dan bisa bikin rileks, maka saya akan pilih Bandung buat jadi destinasi liburan. Ngga punya saudara sih yang bisa dikunjungi which is bisa jadi tempat nginep gitu. Tapi kan ada ratusan tempat nginep yang bisa jadi pilihan. Mau yang murah, mau yang mahal, mau yang kelas melati atau bintang 5, ya tinggal pilih aja. Tapi yang paling penting sih, pilih yang sesuai sama budget. Ngga maksa pengen stay di hotel berbintang padahal mah ngga ada budgetnya. Jangan kaya gitu ya gaes (teryutub) :p



Walau Bandung udah ngga ada bedanya sama Jakarta soal kemacetannya, tapi entah kenapa selalu senang berkunjung ke kota yang dapat julukan Kota Kembang ini. Soal macetnya termaafkan dengan sejuknya udara Bandung. Makanya, kalau ke Bandung itu selalu pilih tempat nginep di daerah-daerah yang tinggi kaya Ciwidey atau Lembang. Udaranya sejuk dan enak banget buat pernafasan. 

Minggu, 09 Desember 2018

3 Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Energi Terbarukan


Bicara soal energi memang agak berat buat yang memang ngga biasa. Apalagi buat blogger macam saya yang seringnya ngomongin soal parenting atau bahasan yang ngga jauh dari produk. Kalau mau dibuat pusing, ya pusing juga sih. Soal energi kan tahunya sekadar energi secara umum aja. Tapi, dalam postingan kali ini, saya mau sedikit aja bahas soal energi yang saya ketahui. Saya tulis lagi dengan bahasa yang ringan dan semoga ngga susah buat dipahami. 



Soal energi yang bakal saya bahas di sini, bisa dibilang oleh-oleh dari ikutan talkshow bareng Coaction awal bulan lalu. Saya yang awalnya ngga terlalu peduli banget sama energi, jadi tercerahkan dan mulai berpikir buat peduli sama ketersediaan energi di bumi ini. Bahasan yang diangkat sama Coaction saat itu adalah tentang Energi Terbarukan. Istilahnya memang masih kurang familiar buat saya, tapi penyampaian narasumber yang cukup santai dengan bahasa yang mudah dimengerti, sedikit-sedikit bikin saya paham. 

Jumat, 07 Desember 2018

Trembesi, Ki Hujan Penangkal Polusi


Kalau lagi lewat di jalan-jalan raya, pasti suka deh lihat ada pohon rindang dengan daun yang lebat di pinggir-pinggir. Ada yang tau kah apa nama pohon yang biasa ditanam itu? Kalau yang saya tau sih, nama pohonnya yaitu Akasia. Pohon-pohon itu bukan tanpa alasan loh ditanam, bukan sekadar penghias jalan aja. Tapi, pohon-pohon tinggi dan rindang itu ditanam untuk menyerap polusi dan memberikan nuanasa sejuk di sekitarnya. 



Ternyata, selain pohon akasia yang biasa ditanam, ada juga pohon Trembesi yang ditanam sebagai pohon penyerap polusi. Pohon ini malah jauh lebih baik dalam menyerap polusi dan memberikan oksigen alami. Dari data disebutkan, kalau trembesi bisa menyerap karbondioksida sebanyak 28,5 ton per tahunnya. 


Trembesi mampu hidup hingga ratusan tahun dan tinggi pohonnya bisa mencapai 35 meter. Itu kenapa, trembesi banyak dipilih untuk ditanam di pinggir-pinggir jalan. Bentuk pohonnya yang menyerupai payung dengan banyak cabang, beneran bikin teduh. 

Kamis, 29 November 2018

Yang Dibutuhkan Saat Traveling Bareng Anak


Traveling sama anak khususnya balita itu, sejujurnya emang repot. Banyak banget yang perlu disiapin demi jalan-jalan yang sukses. Jangankan sama balita, sama anak yang udah agak gede yang usianya diatas 7 tahun aja masih bikin repot. Why? karena walaupun mereka bisa nyiapin barang-barang sendiri, tetep aja harus ada campur tangan ibunya.


Pokonya pengalaman banget deh betapa repotnya kalau mau traveling bareng anak. Semua kebutuhan mereka selama traveling itu harus dicek plus disiapin juga. Pernah tuh ngasih kepercayaan sama mereka buat packing baju dan keperluan sendiri, terus pas dicek ulang banyak yang ngga masuk ke dalam tas mereka. Jadilah tasnya dibongkar lagi sama si bunda. 

Minggu, 25 November 2018

Pengalaman Pregnancy Treatment Di Mom N Jo Galaxy, Bekasi



Sebenarnya sih, kehamilan keempat sekarang sama sekali ngga diprediksi dan ngga diniatin juga. Tadinya pengen 'tutup pabrik' aja, karena udah ada anak laki-laki dan perempuan juga. Tapi ya ngga bisa dibilang kebobolan juga sih. Jadinya gimana deh :p akupun bingung juga. Jadi ya kalau ada yang nanya 'emang direncanain yaa anak keempat ini?' ya saya cuma bisa bilang 'hmm..ngga juga sih'


Walau udah merasakan beberapa kali hamil, tetap aja tiap kehamilan punya ceritanya sendiri. Di kehamilan pertama saya sempat ngeflek dan akhirnya saya harus cuti seminggu dari kerjaan. Kehamilan kedua saya lagi bimbingan skripsi dan sidang di usia kandungan masuk 7 bulan. Kehamilan ketiga yang agak bikin sedih juga, karena saya terpaksa menutup bisnis kuliner saya yang baru banget dibuka. Karena mual dan mabok yang parah, ya udah ngga bisa dipaksain juga deh. Dan, kehamilan keempat ini, jadi kaya flashback ke kehamilan pertama. Jadi banyak belajar lagi.

Jumat, 23 November 2018

BNPB Sudah Lakukan Apa Untuk Pemulihan Sulawesi Tengah?



Jum'at, 28 September 2018. Seluruh Indonesia dikejutkan dengan bencana besar yang ngga pernah diduga. Bencananya mengingatkan kita sama bencana belasan tahun lalu di Aceh. Tsunami dan gempa bumi, terjadi di Palu, Sulawesi Tengah ketika senja. Ketika banyak orang yang harusnya beristirahat setelah seharian beraktifitas, bencana itu datang begitu cepat.



Gempa dengan kekuatan 7,4 SR membuat panik semua warga di Palu. Belum habis kepanikan dan ketakutan warga, Tsunami menghantam lalu menenggelamkan ratusan rumah warga. Benar-benar bencana yang sangat mengerikan. Karena hanya dalam hitungan detik, ratusan orang hilang dan banyak ditemukan sudah tak bernyawa, rumah warga terbawa arus dan hancur. 

Selasa, 20 November 2018

Agar Tetap Mesra Dengan Pasangan


Menikah dan berkeluarga itu sebenarnya ngga sesempurna impian kita sebelum nikah. Ya, seengaknya bagi saya, ya. Dulu, mimpinya punya keluarga yang harmonis dan serba sempurna. Hidup bahagia sama suami dan anak-anak tanpa diribetin sama masalah-masalah rumah tangga. Idealis banget deh pokoknya. Dan, ketika benar-benar menikah, lalu punya anak, mulai deh harapan yang terlalu idealis itu bubar jalan.

Sebulan, dua bulan, setahun nikah mungkin masih adem ayem. Kerikil-kerikil kecil bisa lah diatasi dengan cepat. Setelah ada anak, mulai deh ada ribut-ribut kecil. Buat saya sih wajar, lah. Menyatukan dua kepala dengan pola asuh yang beda, dalam satu rumah. Cuma, terkadang ego masing-masing itu yang masih susah dikendalikan. Yah, namanya juga pasangan muda, egonya masih tinggi dan suka merasa paling benar.



Saya dan suami, ngerasain banget gimana rasanya ribut dari mulai yang kecil, sedang, hingga masuk ke yang paling serius. Puncaknya, sampai pengen hidup masing-masing aja. Duh, kalau diingat rasanya malu juga. Tapi ya gimana, namanya dua orang dengan kepala yang beda, cara berpikir dan cara menyelesaikan masalahnya pun beda. Kadang ya itu, masing-masing merasa paling benar aja.

Selasa, 13 November 2018

Smart Mom Punya Cara Smart Hasilkan Menu Sehat Untuk Smart Kids



Memutuskan buat punya banyak anak, artinya saya harus siap punya banyak kerjaan. Apalagi diantaranya ada yang balita which is masih perlu banyak perhatian. Perlu tenaga ekstra, perlu kesabaran ekstra, perlu stamina ekstra. Pokoknya semuanya harus serba ekstra deh. Kalau ngga punya support system bernama 'suami' bakal lelah banget deh pasti.

Dalam mengurus anak, ibu perlu dukungan dan bantuan dari orang terdekatnya, dalam hal ini suami tentunya ya. Kalau ada yang mengikuti berita, pasti tahu kalau belum lama ini ada seorang ibu yang bunuh diri. Apa pasal? menurut informasi, ibu tersebut depresi setelah melahirkan.



Saat ibu melahirkan berbahagia karena kehadiran bayi mungil, ada sebagian kecil ibu yang malah depresi karena punya bayi. Please, jangan salahin si ibu. Karena yang namanya depresi sangat bisa terjadi pada siapa saja. Depresi bisa datang tiba-tiba, tanpa permisi. Kalau ngga ada penguat dari lingkungan sekitar, depresi bisa tambah parah. 

Senin, 05 November 2018

Anak Dengan Diabetes? Ya, Ada


Mungkin banyak dari kita tahunya diabetes atau familiar dengan sebutan penyakit gula, adalah penyakit orang dewasa. Atau, penyakit penderitanya kebanyakan adalah orang dewasa. Tapi ternyata, diabetes tidak lagi menjangkiti orang dewasa saja loh. Karena saat ini, semua orang, termasuk anak-anak bisa kena diabetes. 



Diabatesnya sendiri saja sudah sangat mengerikan. Ditambah jika penderitanya adalah anak-anak. Makin membuat merinding. Lalu, kenapa anak-anak bisa kena diabetes? Sama dengan orang dewasa lainnya, ada banyak faktor yang menyebabkan penyakit gula ini bisa diidap oleh anak-anak. Salah satunya ya pola makan. 

Makanan punya kontribusi penting untuk kesehatan tubuh kita. Jika, yang masuk ke dalam tubuh sehat dan berimbang, kemungkinan terjangkit penyakit pun kecil sekali. Bukan tidak mungkin kena penyakit sih, karena penyakit bisa datang kapan saja. Tapi, risikonya mungkin sangat kecil. 

Kamis, 01 November 2018

Ketika Una Akan Jadi Kakak


Di kehamilan keempat ini banyak banget yang nanya 'emang direncanain hamil lagi ya, ci?' Kadang bingung juga tuh jawabnya. Akhirnya ya jawab 'yaa, gitu deh'. Padahal sih sebenarnya ngga terlalu berharap juga bakal hamil lagi. Jadi kondisinya ya nerima takdir aja sih sebenarnya.


Pas udah dapat anak perempuan, rasanya udah puas gitu. Merasa cukup aja dengan 3 anak, ngga sedikit dan ngga terlalu banyak juga. Apalagi kan udah ada anak laki-laki dan perempuan juga. Terus, pas agak abai dengan 'KB Kalender' yang biasa saya dan suami terapkan, tiba-tiba malah 'jadi' lagi. Ya udah, disyukuri aja. Berarti kan Allah masih percaya yaa sama kami. 

Jarak Una dengan adiknya ini nantinya 6 tahun. Jarak yang menurut saya cukup jauh. Karena antara anak pertama, kedua, dan ketiga jaraknya ngga lebih dari 3 tahun. Alhamdulillahnya, anak-anak excited sama kehadiran bakal adik mereka. Termasuk Una yang memang suka banget sama anak bayi.

Selasa, 30 Oktober 2018

Kenapa Penting Banget Buat Tanam Pohon?


Kenapa kita perlu banget tanam pohon? Semua pasti tahu ya kalau pohon itu sumber oksigen alami. Kita bisa dapat asupan oksigen kalau berteduh di bawah pohon. Pohon juga berjasa banget dalam penyerapan polusi. Makin banyak pohon yang ditanam, maka udara makin sejuk dan bersih.



Kalau pohon yang biasa dipilih buat ditanam di rumah sih biasanya pohon buah. Ngga cuma ngademin rumah, buah yang nanti tumbuh juga bisa dikonsumsi keluarga. Di rumah saya deh contohnya, ada pohon mangga dan rambutan. Tiap kali berbuah, sekeluarga besar plus tetangga bisa ikutan makan buahnya. Rumah juga jadi adem karena dapat asupan oksigen alami dari pohon. 

Pohon punya peran penting loh dalam kehidupan kita. Bayangin deh kalau di bumi ini ngga ada pohon sama sekali. Betapa kering dan gersangnya bumi kita. Belum lagi polusi yang bertebaran dimana-mana. Kebayang kan betapa ngga sehatnya hidup dan lingkungan kita tanpa pohon? 

Senin, 29 Oktober 2018

Yang Harus Diketahui Tentang Nutrisi Ibu Hamil


Nutrisi Ibu Hamil. Jujur, tadinya sih pengen punya anak 3 aja. Apalagi sudah ada perempuan dan laki-laki, jadi sudah berasa lengkap. Tapi, ternyata Allah masih percaya sama saya dan suami. Alhamdulillah, sekarang saya lagi hamil anak keempat. Kehamilan yang boleh dibilang ngga direncanakan, karena saya sendiri merasa sudah cukup dengan 3 anak. Tapi karena menurut Allah saya dan suami mampu, akhirnya dikasih lagi. 

(source pic : pixabay)

Ada yang surprise banget saat tahu saya hamil lagi, karena memang sudah ada 3 anak. Mereka agak amaze karena saya kok mau hamil lagi, padahal jumlah anak yang ada sudah banyak juga. Buat saya anak itu sama dengan rezeki lain yang Allah kasih, jadi sombong banget kalau sampai nolak rezeki ya kan. Yang jelas, hamil itu bukan buat ajang banyak-banyakan anak, tapi soal kepercayaan. 


Di kehamilan keempat ini, saya ngerasa kaya hamil pertama lagi. Mualnya parah sampai harus banyak bedrest. Sebulan kemarin terpaksa ngga ikutan shaum Ramadhan, karena beneran ngga sanggup sama mualnya. Ngga bisa minum air bening, makan nasi, dan payah banget kalau ke kamar mandi. Karena saat masuk kamar mandi, bisa dipastikan saya bakal muntah. 

Sabtu, 27 Oktober 2018

Berasuransi Se-Happy Mainan Gadget


Sebagian dari kita pasti pernah deh ngerasain diprospek sama agent asuransi. Baik yang secara langsung, atau pakai sambungan telepon. Kadang, si agent ini maksa sampai kita dibuat kesal. Demi kata 'iya, saya tertarik ikut asuransi ini' dari calon pelanggan, agent ngga segan umbar janji-janji manis. Which is, pada akhirnya ada janji yang meleset ditepati. Itu yang bikin banyak orang 'alergi' sama asuransi. Janji manis di awal aja, tapi pahit di belakang. Giliran mau klaim asuransi, susahnya kebangetan.


Itu yaa, masalah yang sering dihadapi soal asuransi. Saya sendiri sih sebenarnya ngga alergi kok sama asuransi. Buat saya, asuransi bakal berguna kalau kita cerdas dan teliti memilih perusahaan asuransi. Ngga sekadar iming-iming premi murah dengan jumlah klaim berlimpah, tapi kredibilitas sebuah perusahaan asuransi juga jadi poin penting. Makanya, penting bagi kita buat cari tahu dulu atau baca-baca review tentang perusahaan asuransi yang kita incar. 

Minggu, 21 Oktober 2018

Delivery Sameday, Pexel-in Aja!


Sejak e-commerce dan online shop menjamur, rasanya kita jadi makin familiar sama jasa pengiriman barang. Udah lah belanja di olshop dan ecommerce itu mudah, barang juga cepet banget sampainya. Semua yang kita butuhkan, bisa kita dapatkan dengan cepat. Beli tas, sepatu, dan baju ngga mesti ke mall atau panas-panasan di pasar lagi. Tinggal pesan pakai gadget, terus tunggu deh barang yang kita pesan sampai di rumah. 



Tapi, yang namanya beli barang tapi ngga bisa pegang dan lihat langsung barangnya, kita mesti siap dengan segala kemungkinan. Bisa aja barang yang kita pesan ngga sesuai ekspetasi, bahkan jauh dari dugaan. Sekalipun kita bisa komplain sama si penjual, tapi kalau ngga ada tindak lanjut, ya ikhlasin aja. 

Ada lagi nih masalah yang mungkin bisa kita hadapi saat belanja online. Pengiriman barang yang lama dari yang dijanjikan. Janjinya 2 hari sampai, malah seminggu ngga sampai-sampai. Huhuh..kesel banget sih. Tapi ya itu risiko yang lagi-lagi mesti kita terima juga. 

Jumat, 19 Oktober 2018

KIN Fresh Milk, Susu Tanpa Eneg Nyaman Di Perut


KIN Fresh Milk, Susu Tanpa Eneg. Di postingan sebelumnya, saya sudah tulis tentang kenapa sebaiknya kita minum susu setiap hari. Di postingan itu pun saya tulis kenapa ada sebagian orang yang eneg ketika minum susu. Kalau ada yang masih penasaran kenapa ada susu yang menyebabkan masalah di pencernaan, langsung aja klik disini ya. 

Kalau di kehamilan pertama sampai ketiga saya masih bisa minum susu, di kehamilan keempat ini saya ngga bisa sama sekali minum susu. Entah kenapa saat seteguk susu masuk ke tengggorokan, pasti akan keluar lagi. Jadi, benar-benar ngga bisa ketelen deh. Saya agak sedih dan worry juga sama janin yang lagi saya kandung. Gimana pun juga, si bayi ini perlu asupan kalsium. Kalau ngga terpenuhi, bisa berpengaruh pada tumbuh kembang dia di dalam perut. 


Untungnya sih saya masih bisa konsumsi yogurt, which is masih turunannya susu. Masih punya kandungan kalsium juga. Jadi, kebutuhan kalsium janin masih bisa saya penuhi walaupun tentu beda kali ya kalau minum susu aslinya. 

Rabu, 17 Oktober 2018

Lebih Rendah Gula, MILO Baru Lebih Sehat Buat Anak Aktif


Mungkin banyak ya orangtua yang pengen banget punya anak yang aktif. Aktif dalam arti cekatan dan sehat. Apalagi kalau aktifnya dibarengi sama cerdas juga. Terus di sekolah, nilai akademis mereka juga bagus-bagus.Lengkap deh bahagia kita sebagai orangtua. Cuma ya itu, kita perlu kasih stimulasi yang bagus juga buat anak. Supaya apa? Ya supaya semua fungsi motoriknya juga terasah.

Lalu, stimulasi juga belum cukup. Harus banget dibarengi sama pemenuhan nutrisi yang baik juga. Gimana pun juga, anak-anak masih dalam proses tumbuh. Dimana pertumbuhan mereka bakal jadi baik dan sempurna kalau gizi mereka tercukupi. Soalnya kan, gimana mereka bisa tumbuh dengan sempurna kalau kekurangan vitamin, mineral, karbohidrat, dan zat penting lainnya. Jadi ya, PR banget buat kita sebagai orangtua buat memenuhi gizi mereka, ya.



Menyiapkan sarapan yang bergizi tiap kali anak akan berangkat sekolah, jadi salah satu cara buat memenuhi kebutuhan nutrisi mereka. Kalau saya, selalu berusaha menyempatkan bikin sarapan tiap pagi. Kalau lagi ngga sempat bikin sarapan sendiri, ya beli. Yang penting, sebelum anak-anak berangkat sekolah, mereka harus dan wajib sarapan. Menurut saya, sarapan itu penting banget supaya anak-anak tetap bisa fokus belajar di sekolah. Gimana pula kalau belajar dalam keadaan lapar, pasti ngga bakal bisa konsentrasi, deh.

Senin, 15 Oktober 2018

[Review] Baju Hamil Menyusui : Mooimom Button Up Long Sleeve Maternity & Nursing Dress


Jujur ya kalau sejak kehamilan pertama hingga ketiga, saya ngga pernah punya baju khusus hamil, apalagi baju menyusui. Karena terbiasa beli baju longgar, jadi baju-baju yang saya punya itu ya bisa dipakai selama hamil dan menyusui. Ngga pernah secara khusus gitu loh beli baju hamil. Karena saya mikirnya ya ngga penting-penting banget sih. 

Nah, di kehamilan keempat ini yang agak beda dari kehamilan sebelumnya. Saya ngerasa di kehamilan keempat ini saya kok jadi agak-agak ganjen. Saya jadi lebih memerhatikan penampilan dan suka dandan juga. Saya sih ngerasa kalau perubahan penampilan ini karena profesi saya sebagai blogger. Which is, suka pergi dan ketemu orang banyak. Jadi, ngga mungkin kalau ngga dandan walau dikitt. 


Gaya berbusana juga lebih stylish dikit. Ngga kaya dulu, sebelum kenal dunia blogger. Secara khusus, saya beli baju-baju yang bisa saya pakai buat hadir di sebuah undangan. Termasuk beli alat make up seperlunya. Dikit-dikit belajar dandan juga, biar ngga pucat dan kumal aja saat ketemu orang banyak. 

Kamis, 11 Oktober 2018

Saatnya Kita Punya Transportasi Yang Ramah Disabilitas


Kita tahu ya kalau transportasi itu satu hal yang penting bagi sebuah negara. Makin bagus sistem transportasinya, nilai sebuah negara juga jadi makin bagus. Moda transportasi yang ada punya tujuan mempermudah pergerakan kita. Apalagi kalau yang ngga punya kendaraan sendiri. 


Tapi ya, harusnya kemudahan akses transportasi itu bisa dinikmati siapa saja. Berlaku secara umum, baik mereka yang normal dan para difabel atau penyandang diasbilitas.  Karena aktivitas bukan hanya milik orang normal saja ya kan? Difabel juga butuh transportasi. Tentu transportasi yang bisa ramah bagi mereka. Kita tahu kan, kalau difabel adalah kondisi dimana mereka tidak sama dengan manusia normal. Keadaan dimana mereka butuh bantuan kita. Termasuk buat urusan transportasi. Mereka itu butuh banget transportasi yang punya akses bagi kondisi istimewa mereka. 

Jumat, 05 Oktober 2018

Mual Saat Minum Susu? Minum Susu Dengan Protein A2, Deh


Flashback ketika kecil dulu. Tiap pagi sebelum berangkat sekolah, mamah selalu siapin sarapan buat anak-anaknya. Sejak sebelum subuh, mamah sudah bangun buat bikin sarapan. Kalau lagi ngga sempat, biasanya mamah beli sarapan kaya nasi uduk, lontong sayur, atau bubur ayam. Pokoknya, pantang berangkat sekolah tanpa sarapan. 


Selain makanan yang disiapkan mamah buat sarapan, mamah juga siapin susu buat kami semua. Mamah sempat loh langganan susu sapi asli yang diantar ke rumah tiap sore. Saya masih ingat banget deh rasa susunya yang gurih dan ngga bikin eneg. Susunya paling enak kalau diminum pas hangat. Kalau udah dinging, akan ada layer lemak di atas susunya. Tapi saat ngga ada susu, mamah siapin teh manis hangat buat semuanya. 

Sekarang, pas sudah punya anak sendiri, saya ikutin apa yang mamah lakukan ketika saya kecil dulu. Siapin sarapan setiap hari buat anak dan suami. Apalagi ketiga anak saya sudah sekolah semua, jadi sarapan itu memang penting banget. Kasihan kalau sampai mereka berangkat sekolah tapi ngga makan apapun. Khawatir di sekolah jadi lemes dan ngga fokus belajarnya. 

Rabu, 03 Oktober 2018

Ibu Hamil Ngga Boleh Dehidrasi


Jangankan ibu hamil, yang ngga hamil aja ngga boleh dehidrasi. Kenapa? karena akan banyak efek yang bisa terjadi jika tubuh kekurangan cairan. FYI, kalau 70% tubuh kita ini didominasi sama cairan. Jadi, akan sangat wajar sekali kalau kita ngga bisa hidup tanpa minum. Mungkin kita bisa bertahan berhari-hari ngga makan, tapi kalau ngga minum, bisa dipastikan kita ngga bakal kuat. Semaput deh yang ada kalau seharian ngga masuk cairan. 

waspada-dehidrasi-pada-ibu-hamil


Dehidrasi itu kondisi dimana tubuh kita sangat kekurangan cairan. Gejala Dehidrasi biasanya ditandai dengan haus yang berlebihan, mulut dan kulit kering, pusing, serta urine yang berwarna pekat. Kalau kondisi dehidrasi ini dibiarkan, bisa menyebabkan masalah kesehatan yang serius. Efek terburuknya, bisa menimbulkan kematian. Ngeri banget dong ya. 

Kamis, 27 September 2018

Yang Harus Diketahui Tentang Pengaruh Lingkungan Pada Tumbuh Kembang Anak


Sebagai orangtua, kita pasti maunya kasih yang terbaik buat anak. Kita bakal melakukan apa aja yang penting anak bisa bahagia. Kayanya tuh kalau lihat anak senang, serasa dapat hadiah yang gede banget. Rasanya ngga bisa diungkapkan dengan kata-kata deh. 


Selain memberikan makanan yang bergizi buat menunjang tumbuh kembangnya, pendidikan yang baik buat masa depannya, kita juga pasti berupaya memberikan tempat tinggal yang terbaik buat anak-anak. Tempat tinggal yang nyaman dimana mereka bisa berkembang dengan baik. Karena, tahu ngga sih kalau tempat tinggal berikut lingkungannya sangat memengaruhi tumbuh kembang anak?

Saya sangat percaya lingkungan itu punya peran yang sangat penting dalam memengaruhi pertumbuhan anak-anak. Selain pola asuh yang kita terapkan di rumah, pola asuh lingkungan juga punya bagian dalam tumbuh kembang anak. Ngga kehitung berapa banyak anak yang menjadi baik dan sebaliknya, karena terpengaruh sama lingkungannya. 

Selasa, 25 September 2018

Tentang Filariasis Dan Pencegahannya


Pernah lihat ngga ada orang yang kakinya besar sebelah, mirip kaki gajah? Kalau ngga lihat di lingkungan sendiri, mungkin pernah lihat di televisi gitu. Nah, itu yang dinamankan Filariasis. Masyarakat kita lebih kenalnya dengan penyakit 'Kaki Gajah'.



Karena memang, si penderitanya ini punya kaki dan tubuh bagian bawahnya lebih besar dari ukuran normal. 

Tahu ngga, kalau bulan Oktober ini adalah Bulan Eliminasi Kaki Gajah? Jadi, setiap bulan Oktober, masyarakat yang tinggal di daerah endemis di Indonesia, serentak diberikan obat pencegah kaki gajah. 

Rabu, 19 September 2018

SAVASA, Hunian Pintar Untuk Gaya Hidup Lebih Baik


Dulu, sebelum nikah dan masih hidup bebas tanpa beban, saya punya cita-cita buat punya rumah sendiri. Ngga mau lah nanti setelah nikah tinggalnya barengan sama mertua.

Buat saya, seasik dan seluas apapun rumah mertua, tetap ngga enak kalau tinggal bareng-bareng gitu. Jadi walau rumah yang saya tempati sama suami nantinya kecil, ya ngga masalah karena yang penting bisa pisah sama orangtua.



Dan mimpi saya itu terwujud. Setelah nikah, saya dan suami nabung buat bayar DP rumah di lokasi yang kami incar. Memang butuh waktu buat nabung, belum lagi buat biaya renovasi. Karena kan rumah yang kami beli yaa standar perumahan sederhana yang belum siap huni banget. Kami jadi harus nabung lagi dan ekstra kencangkan isi tabungan demi rumah impian. 

Sabtu, 15 September 2018

Kalap Buku Di Indonesia International Book Fair


Kecintaan saya sama dunia nulis dan literasi dimulai sejak masih SMP. Dulu sih bikin tulisannya ngga jauh dari cerpen dan tips ala ala gitu. Walau ngga sempat masuk ke media, tapi cukup bahagia karena karya-karya saya disukai sama temen-temen sekelas. Yaa, seenggaknya masih ada yang mau baca lah ya.



Karena suka nulis, saya juga suka baca buku. Buat saya, buku itu sumber inspirasi dan referensi buat seorang penulis. Gimana mau bikin karya tulis yang bagus kalau malas baca. Jadi ibaratnya, penulis itu gelas dan buku adalah tekonya. 

Kecintaan saya sama buku akhirnya saya tularkan ke anak. Jadi, sejak mereka bayi udah saya beliin buku-buku khusus balita. Saya tau mereka mah belum ngerti apa isi bukunya, tapi mereka bisa merekam dengan baik. 

Rabu, 05 September 2018

Waktu Bersama Keluarga Bukan Soal Banyaknya, Tapi Kualitasnya


Dulu banget, pas jamannya kuliah, saya ngga pernah punya cita-cita jadi full time mom a.k.a ibu yang full di rumah ngurus keluarga. Agak idealis sih cita-citanya, pengen jadi pekerja kantoran yang kerjanya 8 to 5. Dulu kan mikrinya, sayang juga udah kuliah mahal-mahal tapi ngga jadi orang kantoran. Udah lah kuliah pakai biaya sendiri, jadi berasa sayang kalau ngga balik modal. 



Tapi, pas nikah dan punya anak, mikirnya jadi beda lagi. Apalagi kalau lihat si bayi nangis pas ditinggal kerja, huhuuhu melting banget. Akhirnya, dengan tekad yang bulat sebulat tahu bulat, saya undur diri dari dunia kerja. 

Memberanikan diri jadi Ibu Rumah Tangga artinya harus siap dengan kemungkinan disindir  'kuliah capek-capek, cuma jadi ibu rumah tangga aja?' Agak sedih sih pas beneran ada yang ngomong kaya gitu. Tapi, karena sudah niat, ya sudahlah dijalankan saja. 

Senin, 03 September 2018

Traveling Aman Dan Sehat Bareng Anak


Sejak nekat masuk ke hingar bingar dunia blogging, saya ngga punya ekspetasi yang terlalu tinggi. Yang penting saya bisa salurkan hobi nulis saya di tempat yang benar, that's it.

Saya ngga pernah nyangka kalau dunia blogging sebegini luasnya. Ada mimpi-mimpi kecil saya perlahan terwujud lewat jalan ngeblog. Salah satu mimpi saya, traveling yang jauh naik pesawat.


Beberapa kali traveling sendiri, akhirnya punya mimpi bisa ajak anak-anak traveling juga. Alhamdulillah tercapai, walau baru sampai Singapura sama Malaysia doang.  

Sabtu, 01 September 2018

Drama Ibu Hamil Yang Perlu Dimaklumi


Kayanya ngga perlu dijembrengin ((jembreng)) lagi gimana beratnya jadi seorang perempuan. Haid, hamil, melahirkan, menyusui, repeat! Ngga mudah jalanin semuanya tanpa drama. Serius!

Bukan mau nakut-nakutin yang belum nikah, pada kenyataannya ya memang begitu.

Ngga sedikit yang bertaruh nyawa demi sempurna menjadi seorang perempuan. Walau nyatanya, ngga pernah ada yang sempurna :( karena yang Sempurna itu punya Andra and The Backbone. :p



Haid ada dramanya sendiri. Mulai dari sensitifitas yang meningkat, kram perut, jerawatan, sampai ada yang pingsan segala. Lanjut menikah dan hamil. Momen hamil ini ngga kalah dramanya. Lebih banyak malah.  

Rabu, 29 Agustus 2018

Shafira Dan Inspirasi Hidup


Sebelum masuk ke dunia blogging dan akhirnya memutuskan buat jadi blogger, saya lebih fokus menulis fiksi dan non fiksi. Buat saya, menulis itu kaya udah mendarah daging. Apa yang ngga bisa saya ungkapkan secara verbal, saya bisa tuangkan dalam sebuah tulisan. Kadang, kalau emang ide nulisnya lagi bagus-bagusnya, saya bisa nulis berhalaman-halaman.



Waktu masih SMP, saya malah rajin nulis cerpen. Walau yang baca cuma temen-temen sekelas aja, itu udah bikin saya bahagia. Iya, waktu SMP saya ngga punya cukup keberanian plus uang juga buat kirim cerpen saya ke media. Jaman saya SMP juga kan komputer masih jadi barang mewah dan langka. Ada sih komputer di sekolah, tapi ngga mungkin saya pakai buat nulis cerpen karena keterbatasan perangkatnya.  

Selasa, 28 Agustus 2018

Bukan Sekadar Jadi Pengusaha, Tapi Jadilah Sociopreneur


Banyak start up bermunculan sekarang ini jadi bukti kalau minat wirausaha itu jadi makin tinggi. Jadi bukan buibu aja yang hobi jualan, tapi sekarang udah merambah ke anak-anak muda. Lumayan lah ya, jadi lebih banyak kegiatan positif. Daripada ngalay di socmed dan maksa pengen viral. Unfaedah sekali.



Terus, saya tuh suka amaze banget sama anak muda yang udah mikirin masa depan. Bukan masa depan dalam hal menjemput pasangan hidup loh ya, tapi bisnis buat menghidupi masa depan mereka. Masih sekolah udah bisa biayain diri sendiri, bisa beli ini itu dari hasil kerja sendiri, sampai ada yang bisa ngajak orangtuanya traveling segala. Uhh, bangga. 

Sabtu, 25 Agustus 2018

Cerita Saya Tentang Sepatu


Kalau dianalogikan, sepatu yang kita punya itu kaya teman. Dari bayi sampai segede sekarang, mungkin udah ada puluhan sepatu yang kita punya. Terus, model sepatu yang kita punya pun berubah seiring pertambahan usia. Makin gede, makin berubah juga seleranya.

Tentang-Sepatu


Waktu kecil, mamah itu sering dandanin saya jadi cewek banget. Maklum anak perempuan pertama jadi kaya bahagia ada pelampiasan buat didandanin. Pakai dress, dikuncir pakai pita, pakai sepatu cewek, ya pokoknya jadi anak cewek sebenarnya deh.

Terus pas sekarang punya anak perempuan, saya ngga terlalu antusias dandanin dia jadi cewek banget. Bukan didandanin kaya cowok juga sih, tapi ngga terlalu feminin aja. Malah pengennya ya Una bisa punya selera sendiri. Ngga pengen maksa-maksa dia selalu pakai dress atau sepatu ala princess, mentang-mentang cewek.

Rabu, 15 Agustus 2018

Penting Ngga Sih Blogger Belajar SEO?


Penting ngga sih blogger belajar SEO? Jawabannya ya tergantung, sih. It depands on blogger. Ada blogger yang merasa kalau nulis harus SEO friendly, dengan harapan tulisannya bisa masuk page one mesin pencarian. Tapi ada juga yang nulis ya nulis aja, ngga mau ribet sama urusan SEO yang bikin mumet.



SEO (Search Engine Optimization) atau optimasi mesin pencari adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari, menuju situs web tertentu dengan meningkatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. (Wikipedia

Kalau kamu blogger, kira-kira kalau nulis bakal mikirin SEO atau ngga sih? kalau saya sih ya jujur ngga terpengaruh banget sama urusan SEO. Tapi, bukan berarti saya ngga belajar soal SEO. Karena menurut saya, blogger itu ya harus tahu apa itu SEO. Minimal banget ya tahu salah satu unsur SEO. 

Ketika Generasi Z Punya Bisnis Sendiri


Tahu kan ya sebutan anak yang lahir di era digital kaya sekarang ini? Generasi Z ini memang ngga bakal bisa dipisahkan dari akses digital yang cepat banget. Jadi, percuma kalau kita berusaha mejauhkan anak dari gadget. Karena, dunia mereka ya dunia dimana gadget ada di mana-mana.

Indonesia-Student-Company-Competition

Kita emang ngga bisa menjauhkan mereka dari paparan gadget. Tapi, kita bisa kok mengontrol penggunaannya. Itu sih menurut saya jauh lebih bijak, ketimbang menjauhkan bahkan menghilangkan akses gadget dari anak. 

Senin, 13 Agustus 2018

Pilih - Pilih Sampah, Yuk!


Sebenarnya pengen deh aktif ikutan campaign #ZeroWaste gitu. Dan,  udah lama juga pengan membersihkan rumah dari segala macam sampah plastik.

Terutama kantong kresek yang ya ampun makin lama makin banyak aja. Rasanya kaya tertimbun sama plastik tak guna di rumah.


Itu baru kantong kresek yaa. Belum lagi sampah plastik yang lain kaya botol-botol minuman, kecap, saos, dan banyak lagi. Tapi, keinginan buat beresin semua sampah itu sering terhalang sama rasa malas, huhuhu. 

Apa daya, kalau bebersih rumah itu pengennya dikerjain sendiri, tapi baru 5 menit bersih-bersih langsung bersin-bersin. Akhirnya, kegiatan beberesnya cuma bertahan 5-10 menitan, karena berakhir dengan rebahan. 

Jumat, 03 Agustus 2018

Peduli Kanker Serviks Bersama Felancy


'awalnya saya pikir, keputihan yang saya alami itu satu hal yang wajar. Lama-lama kok jadi ngga nyaman. Puncaknya, bukan lagi keputihan tapi gumpalan darah yang keluar. Dan dunia saya seakan berakhir ketika dokter menyampaikan diagnosa kalau saya mengidap kanker serviks'

Penggalan kalimat itu diucapkan seorang ibu yang mungkin kita ngga akan mengira kalau beliau penyitas kanker serviks. Dari luar, terlihat sehat dan baik-baik aja. Tapi siapa yang mengira kalau ternyata beliau ngga sesehat yang terlihat.



Obrolan mengharu biru ini terjadi ketika Ibu Endang Suryani, Cervical Cancer Survivor dari CISC (Cancer Information & Support Centre) menjadi salah satu narasumber dalam acara Educative Talkshow with Felancy. 

Rabu, 01 Agustus 2018

Karena Hamil Bukan Kompetisi



Karena hamil bukan kompetisi. Abis nengok temen yang baru lahiran anak kedua, ternyata anaknya perempuan lagi. Tanpa berdosa nyeletuk 'wah anak ketiga harus laki-laki nih biar komplit' :( terus si ibu yang masih nyeri nahan jahitan bekas jalan lahir cuma bisa senyum, terpaksa.



Ada ngga yang pernah mengucapkan kata-kata itu pas nengok temen yang baru lahiran? Kalau ada, coba itu direm kata-katanya. Karena itu ngga cuma bikin nyeri hati, tapi bikin kamu terlihat jauh dari kata empati. Apa salahnya ucapin selamat aja tanpa embel-embel 'besok adiknya laki-laki atau perempuan ya' , what a bad word menurut saya. Padahal si bayi baru aja launching, udah diminta punya adik lagi. Belum ilang sakit abis lahiran, si ibu harus terima kata-kata 'punya anak lagi ya' oh Allah. 

Selasa, 17 Juli 2018

Mengenal Bitcoin Dan Untung Ruginya



Mungkin sekitar 2 bulan terakhir ini, saya baru dengar ada istilah Bitcoin. Jujur, saya ngga ngerti sama sekali soal apa itu Bitcoin. Karena memang kurang tertarik, saya pun ngga cari tahu soal Bitcoin ini. Tapi, di kalangan mereka yang gemar investasi kayanya sih udah ngga asing lagi. Iya, karena memang kehadiran Bitcoin ini kaya sesuatu yang lagi hits banget. 



Kesempatan buat tahu lebih banyak soal Bitcoin, akhirnya saya dapatkan ketika diundang oleh Luno. Sebuah start up yang focus pada asset digital. Basis perusahaannya sendiri ada di London dengan kantor regional yang berada di Singapore dan Cape Town. Customernya Luno tersebar di 40 Negara di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

Rabu, 11 Juli 2018

Cerita Di MNC Vision Dan Dolby Di Dalamnya



Cerita di MNC Vision. Sekadar menonton tayangan luar negeri yang sedang tayang di negeri asalnya, kita tidak harus terbang ke negeri itu. Menonton drama korea yang juga sedang tayang di Korea, ya tidak perlu jauh-jauh terbang ke Korea. Karena, semuanya bisa kita saksikan tepat di rumah kita sendiri. Asalkan, sambungan nonton jarak jauh (TV berlangganan) sudah terpasang dengan baik di rumah.



Televisi berlangganan kini bukan lagi sebuah fasilitas mewah. Karena, siapa saja bisa menikmatinya dengan membayar tagihan perbulan yang bisa disesuaikan dengan kemampuan. Jika menginap di hotel, hal kedua yang dicari anak-anak setelah kolam renang adalah televisi. Channel anak dari luar negeri memang selalu bisa menghipnotis anak-anak. Tayanganya kartun berbahasa inggris yang walaupun mereka tidak terlalu paham (jika tidak ada running textnya), tapi cukup membuat mereka anteng berjam-jam. 

Selasa, 12 Juni 2018

Lebaran Makin Hangat Bersama Minyak Telon Halal



Jelang Hari Raya, pasti banyak buibu yang lagi pada sibuk ya. Ada yang masih berjibaku sama macetnya jalanan demi sampai kampung halaman, ada juga yang udah sibuk di dapur bebikinan kue dan aneka makanan buat lebaran. Euforia Hari Raya emang ngga bisa dipungkiri deh. Terutama buat yang mudik. Ritual setahun sekali yang menuntut kita buat tetap fit dalam perjalanan. Kalau mudiknya bawa anak kecil apalagi balita, kudu siap alat perang juga. Salah satunya ya minyak kayu putih atau minyak telon halal. Kenapa harus halal? biar nyaman dipakai dong ya.



Berhubung dari tahun ke tahun ngga pernah mudik, jadi ya lebarannya cuma ngider-ngider jabodetabek aja. Ngerasain lengangnya jalanan ibukota yang jarang banget dirasain. Tapi ya walau ngga mudik ke luar propinsi, tetap aja selalu ada ritual silaturahmi sama anak-anak. Yang udah pasti sih, saya dan keluarga tiap tahun pasti ke Tangerang. Karena makam nenek dan kakak tertua mamah ada di Tangerang. 

Sabtu, 09 Juni 2018

Dengan Cek KLIK, Pastikan Pangan Lebaran Kita Aman


Flashback ketika masih bekerja dulu. Kalau sudah dekat Hari Raya seperti hari ini, sudah siap-siap terima bingkisan lebaran dari kantor. Padahal isinya memang lebih banyak makanan sehari-hari yang biasa dikonsumsi juga. 

Tapi karena dikemas dengan sangat cantik, jadi berasa beda aja pas terima bingkisan hari raya itu. Jumlah makanan di dalam bingkisan pun ngga sedikit. Kadang, masih bisa dibagikan ke saudara-saudara juga. Ah, senang banget kalau dapat bingkisan lebaran karena ya cuma setahun sekali aja. 



Bingkisan atau parsel lebaran memang jadi primadona saat jelang Hari Raya. Banyak penjual parcel dadakan yang bisa dengan mudah kita temui. Seiring tingginya permintaan parsel lebaran, membuat pejual parsel pun bermunculan. Mulai dari yang paling sederhana, hingga yang mewah dengan harga selangit. 

Kamis, 07 Juni 2018

Dissy Reborn : Buah Cinta Dan Kerja Keras Andhika Ussy


Siapa yang ngga bangga kalau kita bisa punya sesuatu, yang cara mendapatkannya benar-benar dengan perjuangan. Sesuatu yang didapatkan karena kerja keras itu udah pasti rasanya nikmat. Kadang, susah diungakapkan dengan kata-kata. Begitu juga yang dirasakan sama pasangan selebritis, Andhika Pratama dan Ussy Sulistyawati. Pasangan seleb yang jarang banget kena gosip. Dan, banyak yang ngiri loh kalau lihat kemesraan mereka berdua. 


Tahun 2014, Andhika dan Ussy melebarkan sayap bisnisnya. Setelah ada brand baju dan sepatu, mereka berdua membuka bisnis kosmetik. Brand kosmetik itu diberi nama Dissy, gabungan dari kedua nama mereka. Dissy mengeluarkan varian make up dan skin care yang ngga cuma buat perempuan, tapi buat laki-laki juga. 

Selasa, 05 Juni 2018

Anak Hebat Itu Dimulai Dari Nutrisi Yang Hebat


Una merupakan satu-satunya anak perempuan yang saya milki, seenggaknya buat saat ini. Ngga tau tahun depan ya. Kali aja tahun depan saya punya 2 anak perempuan, mohon diaminkan saja ya

Saya mau throw back saat una kecil (walau sekarang pun masih kecil sih) dulu. Jadi, dari ketiga anak yang saya miliki, Unalah yang perkembangannya menurut saya paling cepat. Una sudah lancar jalan saat usianya masih 10 bulan, giginya sudah tumbuh di usia 4 bulan, dan saat usianya 1 tahun bicaranya sudah sangat lancar.


Minggu, 03 Juni 2018

Belajar Literasi Keuangan Jadi Asik Bareng Keluarga Surya


Belajar Literasi Keuangan. Siapa yang udah males duluan kalau ngomongin soal perencanaan keuangan, or sesuatu yang ada bau-bau keuangan? Ngga sedikit loh orang yang enggan belajar soal keuangan dengan alasan mumet duluan. Banyak dari mereka yang ngga punya perencanaan keuangan yang baik. Saat dapat penghasilan ya habis gitu aja.



Fakta loh, kalau memang masyarakat kita belum banyak yang melek literasi finansial. Menurut data, cuma ada 17% aja yang aware dan melek literasi finansial. Sisanya, menganut paham 'go with the flow' ya mengalir aja kaya air. Pas ada uang yang dipakai aja, soal gimana nanti, ya ngga usah dipikirin. Akhirnya, banyak yang ngga punya simpanan saat ada kebutuhan-kebutuhan yang urgent. 

Sabtu, 02 Juni 2018

From Mom To Be SuperMom With ASUS Vivobook A407


Jadi ibu itu sudah fitrahnya setiap perempuan dan perannya mungkin bisa digantiin laki-laki, tapi tetap ngga akan pernah bisa sama. Dulu sih sebelum nikah, ekspetasi jadi ibu ya menyenangkan. Harapannya yang enak-enak aja kaya bisa main terus sama anak tanpa mikirin hal-hal yang bikin capek. Ngurus anak dibantu nanny, urusan rumah beres tanpa harus turun tangan sendiri, plus masih bisa berkarir tanpa berat mikirin anak.



Nyatanya, ngga seindah ekspetasi. Diharuskan milih antara karir dan anak itu, ibarat terjebak di kemacetan cipali, maju kena mundur kena. Di satu sisi pengen banget tetap ngantor, tapi di sisi lain ada anak yang selalu nangis kejer kalau lihat emaknya udah siap-siap ke kantor. Buat saya, itu dua hal yang kalo boleh sih, ngga usah dijadiin piliihan deh. Pengen dua-duanya aja. Tetap berpenghasilan tapi bisa sama anak-anak terus. 

Jumat, 01 Juni 2018

Mau Laptop Baru? Ikutan ASUS Blog Competition Bareng BloggerCrony, Yuk!


Lomba Blog ASUS. Ramadhan hampir di penghujung, semoga puasanya masih semangat hingga akhir Ramadhan ya. Punya harapan apa nih di Hari Raya besok? Kalau anak-anak kan suka minta hadiah lebaran tuh, nah kalau kamu kira-kira mau hadiah lebaran apa nih?

Buat blogger, alat perang paling penting itu laptop. Nah, buat kamu blogger sejati, gimana kalau hadiah lebarannya itu laptop baru. Uhh, pasti pengen dong yaa. Apalagi buat yang laptopnya udah mati segan hidup pun tak mau. Akhirnya, harus rela ngeblog pake smartphone yang kadang smart, kadang ngga. 

Ada kabar baik di bulan baik buat kamu yang lagi butuh laptop baru. ASUS bekerjasama dengan BloggerCrony ngadain Blog Competition yang hadiahnya pasti bikin mupeng. 

Kamis, 31 Mei 2018

Never Stop Glowing Itu Dimulai Dari Hati


Cantik itu fitrahnya perempuan. Jadi, wajar kalau banyak perempuan yang selalu pengen terlihat cantik. Berjam-jam di depan cermin, poles ini itu, pakai ini itu, dandan hingga menghasilkan tampilan yang layak disebut 'cantik'. 

Standar cantik yang diyakini banyak orang itu masih sebatas wajah mulus tanpa noda, hidung mancung, mata indah, kulit putih, rambut hitam, dan tubuh langsing. Jadi kalau ngga sesuai kriteria itu, ya ngga cantik. Standar cantik yang membuat perempuan yang ngga masuk kriteria cantik itu, kadang jadi minder. Dan, rasa minder itu yang bikin perempuan mau melakukan apa aja demi predikat 'CANTIK'


Kalau saya sih ngga setuju banget sama standar cantik itu. Karena yang benar-benar cantik adalah mereka yang hatinya baik. Kecantikan yang terpancar dari dalam itu yang cantik beneran. Istilahnya inner beauty is a real beauty.

Selasa, 29 Mei 2018

Sebelum Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini Supaya Bebas Masalah


Ada satu momen dimana jalan tol yang harusnya bebas hambatan, jadi super padat dan macet parah. Tradisi setahun sekali yang fenomenal dan terus mengundang perhatian. Jutaan manusia berbondong-bondong pulang kampung yang dikenal dengan istilah Mudik. 



Buat pendatang yang mencari nafkah di Ibukota, mudik jadi tradisi setahun sekali yang ditunggu-tunggu. Apalah makna Hari Raya kalau ngga kumpul bareng keluarga tercinta. Saking banyaknya yang mudik, imbasnya ya macet dimana-mana. Jarak tempuh ke kampung halaman jadi makin lama. Mungkin yang normalnya cuma 4-5 jam, bisa sampai 12 jam bahkan lebih. 

Minggu, 27 Mei 2018

Review Dissy Lipstick Matte Lily


Jarang-jarang deh saya bahas soal kecantikan, apalagi bikin review kosmetik kaya gini. Jujur sih awalnya ngga pede buat nulis, khawatir ngga pada percaya gitu. Terus lebih gawat lagi kalau dibilang Hoax.  Tapi, saya jadiin aja ini semacam tantangan. Harus bisa nulis banyak tema, walau bukan expert, ya seenggaknya bisa lah ya. 

Dissy-Lipstick-Matte


Dari judulnya udah bisa nebak dong apa yang mau saya review. Dissy Lipstick Matte yang varian Lily. Sebelum mulai review, udah pada tahu belum yaa brand kosmetik yang satu ini? 

Kan, ada pepatah yang bilang 'tak kenal maka, kenalan' :p itu bukan pepatah sih, bisa-bisaan saya aja. 

Jumat, 25 Mei 2018

Usia Berapa Anak Mulai Puasa?


Usia Berapa Anak Mulai Puasa? Siapa yang selalu bahagia kalau bulan Ramadhan tiba? berbahagialah mereka yang bahagia menyambut datangnya Bulan Ramadhan, karena mereka termasuk orang-orang yang beriman. Semoga begitu juga dengan kita ya bu. Bahagia karena kedatangan tamu penuh berkah yang memberikan kita berkah ngga ada habisnya selama full satu bulan.



Bagi orang dewasa seperti kita, rasanya puasa satu hari bisa lah ya dijalani dengan mudah. Yang PR banget saat kita mau mengajarkan anak-anak puasa. Udah kebayang si kecil akan rewel di hari pertama puasa. Kita sebagai orangtua harus kreatif cari alasan supaya mereka bertahan. 

Lalu, usia berapa anak bisa mulai puasa? di tulisan ini, saya mau berbagi pengalaman bagaimana saya mulai mengajarkan anak-anak buat puasa. Berharap, semoga tulisan ini bisa bantu buibu dan para orangtua buat mengenalkan puasa pada anak. 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...