badge

Jumat, 20 Mei 2016

Melatih Motorik Si Kecil Melalui Petualangan Boci



Saya termasuk ibu yang agak strech dalam penggunaan smartphone bagi anak-anak. Iya, saya memang tidak terlalu suka memberikan gawai pada anak. Banyak pertimbangannya. Salah satunya, mereka jadi malas bergerak karena terfokus pada layar kecil di depannya. Jadi, saya memang sangat membatasi mereka berinteraksi dengan gawai. 

Tapi, itu malah membuat mereka jadi penasaran dan beberapa kali sempat mengambil gawai saya secara diam-diam. Una, misalnya. Ia suka memanfaatkan kesempatan ketika saya sedang ke kamar mandi atau shalat untuk mencari gawai milik saya. Bermain di balik pintu atau di pojok kamar. Ketika saya memergokinya, ia hanya tersenyum dan berkata "pinjam ya bunda... " -___-

Ternyata, memberi batasan pada anak dalam hal penggunaan gawai bukan dengan cara main 'kucing-kucingan' seperti yang saya lakukan. Fitrah anak-anak kan memang selalu penasaran dengan sesuatu yang baru. Jadi, seketat apapun kita sebagai orangtua melarang atau membatasi, anak akan selalu mencari cara untuk mendapatkan apa yang mereka mau.



Untuk mengatasi itu semua, cara yang saya lakukan adalah memilihkan games edukatif. Saya mengunduh beberapa games yang bisa mereka mainkan bersama dan bisa menambah kemampuan mereka. 

Salah satu game yang saya unduh adalah Boci. Ada banyak varian game yang bisa dipilih seperti Boci Pasar Malam, Boci Petualangan, dan Boci Menulis Alfabet. Boci bukan sekedar permainan. Tapi, Boci juga menawarkan nilai edukasi. Anak akan diasah motoriknya sehingga kemampuannya pun bertambah.

Una dan Boci 

Una senang sekali saat tahu ada games baru di smartphone saya. Setiap hari dia selalu ingin bermain bersama boci. Kalau saya melihat ekspresinya saat bermain, dia selalu penasaran dan ingin menyelesaikan semua permainan. Saya mengunduh 3 seri game dari Boci.

Ada Boci Pasar Malam, Boci Petualangan, dan Boci Menulis Alfabet. Semuanya selalu dimainkan una secara bergantian. Dalam Boci Pasar Malam, una akan dihibur dengan wahana-wahana seperti yang ada di pasar malam. Seperti kincir angin, roller coster, rumah hantu, dan mandi bola. Semuanya full music dan suara efek yang ceria.

Kalau Petualangan Boci, Una diajak untuk bertualang melalui cerita tentang Boci. Ada 2 pilihan, 'dibacakan' dan 'baca sendiri'. Kalau memilih 'dibacakan' maka ada suara orang yang otomatis membacakan ceritanya. Tapi, kalau 'baca sendiri' artinya ya harus dibaca sendiri. Untuk urusan baca membaca ini biasanya Una meminta abangnya untuk membacakan.



Selain cerita tentang Boci, ada juga pilihan Eksperimen. Di sini, Una ditantang untuk mencampur warna. Warna yang diberikan adalah warna-warna primer seperti merah, kuning, dan biru. Lalu ketika dua warna dicampurkan, kira-kira berubah jadi warna apa ya. Una senang banget mencampur warna-warna yang ada. Bahkan sampai kepala dan badannya ikutan miring-miring.


Eksperimen ini sangat bermanfaat untuk mengenalkan anak tentang warna dan perubahannya ketika dicampur. Bermanfaat juga bagi yang sedang mewarnai tetapi ada warna yang hilang. Tinggal mencampur dua warna yang berbeda, maka akan kita dapatkan warna yang baru.

Selain Eksperimen, ada fitur lain lagi yaitu Soundtrack. Disini Una bisa nyanyi bareng Boci. Musiknya ceria dan bikin Una goyang-goyang. Ada teksnya juga loh, jadi bisa nyanyi bareng. Tapi, Una kan belum bisa baca, jadi ya dia hanya melihat gambarnya saja.

Walau Una suka sekali bermain bersama Boci, saya tetap memberi batas waktu untuknya. Una tidak boleh terlalu lama berinteraksi dengan smartphone. Maksimal saya berikan waktu 15 menit untuk bermain. Dari waktu yang memang tidak lama itu, Una sudah banyak belajar. Dia sudah hafal tentang pencampuran warna, seperti warna merah dan kuning yang bila disatukan akan berubah menjadi warna jingga. Begitu juga dengan warna yang lain,

Petualangan Boci ini menjadi game edukatif yang menyenangkan. Una bisa belajar sambil bermain. Dan saat ini kemampuan motoriknya pun semakin terasah. Sebagai orangtua, saya juga tidak mau memberikan yang asal-asalan pada anak. Termasuk dalam pemilihan games digital.



Selain petualangan si boci yang lucu, Una juga suka sekali menulis huruf alfabet bersama Boci Menulis Alfabet. Disini una belajar untuk menuliskan huruf-huruf alfabet. Una jadi tahu bagaimana cara menulis huruf-huruf dengan bantuan pesawat, kapal, atau kereta. Una tinggal memilih kendaraan yang akan membantunya menuliskan huruf. Setelah itu, Una tinggal mengikuti arah saja.

Sekarang, Una sudah mulai hafal huruf alfabet walau belum semuanya. Bersama Boci, Una jadi makin semangat buat belajar. Karena belajarnya sambil bermain, pastinya tidak akan bosan. Yuk, yang belum punya game ini, bisa loh diundah lewat playstore secara gratis. Tinggal masukkan saja kata kunci 'petualangan boci' maka akan banyak sekali varian game Boci yang bisa diunduh.


5 komentar:

  1. Moga Una makin pintar ya belajar dengan Boci ��

    BalasHapus
  2. Boci emang sahabat si kecil buat belajar dan bermain :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, anak-anak dirumah suka rebutan buat main Boci.

      Hapus
  3. Juna juga suka main sama Boci loh, Mak...
    gamenya beneran mengedukasi :)

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...