badge

Jumat, 23 Februari 2018

7 Tips Menghafal Al-Qur'an Untuk Anak-Anak


Tips menghafal al-qur'an untuk anak. Anak-anak itu ibarat kertas kosong yang kita bisa menuliskan apa aja diatasnya. Mau nulis yang baik, yang buruk itu tergantung kita. Anak juga ibarat recorder baru yang batreinya masih gress. Apapun yang didengar, bisa ia rekam dengan cepat. Ya, begitulah anak-anak. Jadi, jangan anggap 'ke-cuek-an' anak-anak artinya mereka ngga peduli.



Daya tangkap mereka berfungsi dengan sangat baik, walaupun mereka terlihat ngga fokus. Saking kuatnya daya ingat mereka, bahkan mereka bisa menghafal apa yang kita ucapkan, walau sudah diucapkan berbulan-bulan lamanya. 


Anak itu peniru yang ulung. Soal tiru-meniru pokoknya anak lah jagonya. Jangan heran ya kalau anak bisa menirukan apa saja yang ia lihat, dengan sangat baik. Kita pernah banting piring, anakpun bisa melakukannya di kemudian hari. 

Apa yang mereka lihat dengan matanya, akan terus diingat oleh otaknya. Direkam sedetail mungkin. Hingga satu hari kita bakal dibuat takjub, karena anak mampu menirukan apa yang dia lihat. Bahkan bertahun setelahnya. 

Daya ingat mereka yang masih kuat inilah yang jadi alasan, kenapa kita harus memasukkan yang baik-baik aja. Termasuk untuk kegiatan menghafal al-qur'an. Kalau dilatih, bukan ngga mungkin kan kalau anak hafal al-qur'an dengan sangat cepat. Buktinya udah banyak banget, bahkan ada yang masih balita tapi udah hafal 30 juz.



Allah berfirman dalam Q.S Al Qamar : 17 

"Dan sesungguhkan kami telah mudahkan Al-qur'an untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?"

Saya, satu dari mungkin ribuan orangtua yang mau anaknya jadi penghafal al-qur'an. Rasanya, adem banget kan kalau yang selalu diucapkan anak-anak itu ayat-ayat al-qur'an daripada soundtrack kartun, apalagi mars partai politik itu tuhh.

Rasulullah SAW bersabda 

"Siapa yang membaca Al-Qur'an, mempelajarinya, dan mengamalkannya, maka dipakaikan mahkota cahaya pada hari kiamat. Cahaya seperti cahaya matahari dan kedua orangtuanya dipakaikan dua jubah (kemuliaan) yang tidak pernah didapatkan di dunia. Keduanya bertanya, 'mengapa kami dipakaikan jubah ini?' dijawab 'karena kalian berdua memerintahkan anak kalian untuk mempelajari Al-Qur'an'" 
(HR Abu Daud) 

Mendidik anak untuk mencintai dan menghafal Al-Qur'an itu usaha kita untuk mengantarkan mereka sukses di dunia dan di akhirat.

Tapi, membuat anak mau menghafal al-qur'an, peran orangtua itu penting banget. Berikut tips menghafal al-qur'an untuk anak yang juga saya praktekin ke una dan kakak-kakaknya.

1. Niat yang kuat


Apapun yang kita lakukan, harus didasari dengan niat yang kuat terlebih dulu. Termasuk untuk menghafal al-qur'an. Sampaikan pada anak kalau menghafal al-qur'an adalah sesuatu yang menyenangkan dan disukai Allah. Menghafal al-qur'an itu mudah jika niatnya kuat. 

2. Ciptakan suasana yang kondusif


Kenapa ini saya tempatkan di point awal? karena lingkungan dan suasana rumah itu punya peran penting. Buat anak suka dan familiar dulu dengan ayat-ayat al-qur'an terlebih dulu. Kurangi interaksi anak dengan televisi. Bukan berarti ngga boleh nonton tivi sama sekali, tapi durasi nontonnya aja yang dikurangi. Pilih-pilih tontonan juga penting. Jangan sampai anak nonton tayangan yang ngga ada manfaatnya apalagi tayangan-tayangan yang ngga sopan dan terkesan vulgar.

baca Tips Agar Anak Berlaku Sopan 

Kita juga bisa memasukkan anak dalam kelompok tahfidz. Tapi sih saran saya, bicarakan dulu pada anak sebelum memasukkannya dalam kelompok tahfidz. Karena, kalau dia ngga suka malah bakal menghambat hafalannya. Namun kalau anak suka, itu malah bagus.

3. Gunakan waktu terbaik untuk menghafal. 


Jangan minta anak untuk menghafal ketika mereka capek atau mengantuk. Karena, bukannya nambah hafalan, nanti mereka malah tidur. Waktu terbaik untuk menghafal al-qur'an itu setelah subuh dan setelah maghrib jelang isya. Dua waktu itu adalah waktu terbaik karena mereka masih dalam keadaan segar.

Kita juga bisa buat jadwal sendiri untuk menghafal. Buat kesepakatan dengan anak tentang jadwal mengahafal. Lalu, mulai patuhi jadwal yang sudah dibuat. Ingatkan anak juga tentang jadwal menghafalnya. 

4. Satu hari satu ayat 


Mulai dari ayat yang paling mudah atau pendek. Biasanya, dimulai dari juz 30 yang berisi surat-surat yang ngga terlalu panjang. Minta anak untuk menghafal satu ayat tiap harinya, lalu setor hafalannya pada kita.

Ulangi ayat yang sudah dihafal lalu sambung dengan ayat yang baru dihafal. Begitu seterusnya. Jangan sampai, ayat lama malah hilang dari ingatan karena ngga diulang-ulang.

5. Menghafal di suasana yang baru


Sesekali, ajak anak ke luar rumah untuk menambah hafalannya. Misalnya aja ke masjid raya atau taman kota. Suasana baru akan membuat anak lebih bersemangat untuk menghafal. Bebaskan mereka untuk mencari tempat menghafalnya sendiri. Misalnya aja kaya di bawah pohon atau sambil main air di sungai.



Untuk anak yang melanjutkan sekolah ke pesantren, mungkin akan lebih mudah lagi dalam menghafal. Karena ya lingkungan dan suasananya sangat mendukung.

baca Mempersiapkan Anak Masuk Pesantren 


6. Menghafal dengan suara yang jelas dan lantang 


Biasanya, anak-anak akan mudah menghafal dengan suara yang keras. Makanya kenapa anak TK itu suka baca al-fatihah dengan suara keras. Karena itu bakal memudahkan mereka untuk mengingat.

Begitu juga buat mengahafal al-qur'an. Minta anak untuk bersuara yang jelas dan lantang. Ngga harus teriak-teriak juga sih, sewajarnya aja.

7. Gunakan media menghafal yang menyenangkan 


Selain menggunakan satu mushaf (al-qur'an) yang sama, berikan media menghafal yang menyenangkan. Misalnya aja kaya Hafiz Junior, boneka tahfidz kecil yang bisa dibawa kemana-mana karena bentuknya yang simpel.



Hafiz Junior yang diproduksi oleh Al- Qolam ini jadi referensi teman menghafal al-qur'an buat si kecil. Sebenarnya, kita juga bisa loh ikutan menghafal pakai Hafiz Junior. Jadi ngga cuma anak aja yang jadi penghafal al-qur'an, kita harusnya juga bisa.

Unboxing Hafiz Junior


Sebelum Hafiz Junior muncul, sudah ada boneka Hafiz Talking Doll. Ukurannya lebih besar dari Hafiz Junior dan kebetulan Una punya yang versi Hafizah. Hafiz Junior ini lebih kecil dan memang dikhususkan untuk membantu anak-anak menghafal al-qur'an.



Ada metode mengulang 3 kali sampai 20 kali yang efektif buat menghafal. Karena pengulangan itu adalah metode yang sangat baik buat menghafal. Fitur mengulangnya ada yang per ayat dan per surat.

Hafiz Junior berisi murotal Juz 30 ditambah dengan surat Al-Fatihah. Nah, bedanya dengan Hafiz-hafizah Talking Doll which is ukurannya lebih besar, adalah jumlah juznya. Haifiz Junior ini hanya memiliki juz 30 (Juz 'Amma), sedangkan Hafiz Talking Doll itu memiliki 30 juz Al-Qur'an.

hafiz-junior
Hafiz Junior Seri Profesi 

Selain Juz 30, ada fitur Asmaul Husna, lagu anak-anak islami, dan pengenalan profesi sejak dini. Hafiz Junior ini bentuknya ada 2 profesi yaitu dokter dan pilot. Didesain ramah anak dan ngga mudah pecah. Terbuat dari plastik berkualitas dan udah diuji ketahanannnya. Kalau sekadar jatuh dari genggaman anak sih masih ngga kenapa-kenapa. Beda lagi ya kalau sengaja dibanting sekeras-kerasnya.

Sumber dayanya adalah batrei yang bisa di charge. Pengisian dayanya memerlukan waktu hingga 3 jam untuk full batrei. Dalam kondisi full, Hafiz Junior bisa stand by sampai 3 jam.





Apa yang didapat dalam satu box? Dalam satu box terdiri dari boneka Hafiz Junior, charger, tali boneka yang dapat dikaitkan supaya nyaman dipegang dan ngga gampang jatuh, serta buku panduan pemakaian.

Saat launching Hafiz Junior di Gramedia Harapan Indah, saya sempat nanya soal proses produksinya. Menurut perwakilan Al-Qolam, untuk 'dalaman' atau softwarenya dibuat di Indonesia. Sedangkan untuk bagian bodynya diimport dari China.



Penjualan boneka Hafiz secara keseluruhan ini sudah go international. Jadi ngga cuma dijual di Indonesia aja, yang di luar negeri pun bisa punya boneka edukasi ini. Kirana, si chubby anaknya Retno Hening yang di Oman aja punya loh.


Malah katanya, penjualan di luar negeri itu bagus banget. Di Indonesia, Al-Qalam kerjasama dengan Gramedia dalam penjualan Hafiz Junior ini. Jadi selain bisa didapatkan di reseller-reseller, bisa beli di Gramedia juga dengan harga 600.000 rupiah. Malah ya, kalau belinya di Gramedia ada bonus Mushaf Al-aalam senilai 250.000 rupiah.

Mau tau lebih banyak tentang Hafiz Junior atau produk-produknya Al-Qolam? bisa follow akun sosial medianya ya.

Menghafal Al-Qur'an merupakan kegiatan yang ngga cuma mendatangkan kebaikan, tapi juga sarana agar ingatan tetap kuat. Karena, para penghafal qur'an itu dijamin memiliki ingatan yang tajam dan terhindar dari pikun. Tips menghafal al-qur'an untuk anak ini semoga bisa membantu para orangtuan yang ingin anaknya jadi hafidz-hafidzah.



Al- Qolam 
www.alqolam.com
Instagram @alqolam_official 
Twitter @AlQolamID 




30 komentar:

  1. Lagi nabung buat beliin anak2 hafiz junior. Ini anak2 lg suka menghafal doa dan surat Al Fatihah masih suka kebalik2 hehe. Moga2 kalau dah punya hafiz junior anak2 lbh semangat ngaji dan hafalin Al Quran, emaknya jg aamiin :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa segera punya yaaa :) Una pun mau beli lagi nih

      Hapus
  2. wuah aq punya ini hafiz doll masih yang lama sih, tapi anaknya masih males belajarnya,, lebih sering pake hp,, gemes lihat yang sekarang ukurannya kecil sekali yah mbak dan harganya juga lebih terjangkau...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa ukurannya lebih kecil dari versi lama, harganya lebih terjangkau dan lebih enak dibawa kemana-mana :)

      Hapus
  3. Iya betul kalau anak-anak cuek bukan berarti tidak peduli malahan dia sedang menyerap informasi yang ada lalu mengeluarkannnya dalam bentuk kreativitas.

    Tips-tipsnya bagus banget mbaa..

    tfs

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang kita anggapnya mereka cuek dan ngga perhatian, padahal mereka lagi ngerekam semuanyaa ya.

      Hapus
  4. Iya betul. Anak2 cuek tapi ternyata mereka recording. Jadi... Kakak minat hafiz junior yg mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm.. una katanya mau yang dokter pakai jilbab pink :)

      Hapus
    2. Ini sih buat aku juga bisa nih. Supaya aku juga iku belajar menghafal Al Quran

      Hapus
  5. Wah terima kasih mbak Uchi. Tipsnya bermanfaat banget. Poin terakhir setuju banget. Mengajarkan anak Al-Quran bisa melalui media yang menyenangkan seperti Hafiz Junior

    BalasHapus
  6. Gemezzz lihat Una.... ternyata boneka Hafiz ini lagi hitz banget ya. bagus sih buat anak-anak jadi lebih mudah mengenal dan menghafal ayat suci Al Quran. Keponakanku juga sudah punya niiii

    BalasHapus
  7. Mbak, temenku ada yg beli boneka itu. Di nyalain tiap hari, tiap jam sama maminya. Eh, dia bisa hafal tanpa ada yg ngajarin

    BalasHapus
  8. Amwl naksir sama Hafiz Junior ini, selain edukatif anak2 jadi lebih cepat hafal Al-Qur'an dan tentunya lebih deket sama Allah.

    BalasHapus
  9. Wahh tipsnya berguna banget nih. Bisa aku praktekkan saat Narend udah cukup umur. Saat ini sih dia masih seneng baca Iqro setiap hari sampai hapal :D

    BalasHapus
  10. Makasih tips nya mba, aku jadi mau beli hafidz junior buat AL di rumah.

    BalasHapus
  11. Ukurannya imut ya dan gemes bentuknya lucu wah bagus banget buat anak-anak belajar ngaji niy.

    BalasHapus
  12. Tipsnya sangat bermanfaat, wah bisa dipraktekkan buat anak di rumah nih

    BalasHapus
  13. Ih lucu banget si Una bonekanya. Om juga mau dong. 😱😁

    BalasHapus
  14. Keren bangett Hafiz Junior. Aku baru tau nih ada yang kayak gini. Thanks for sharing, mba!

    BalasHapus
  15. aku salut yang bisa ngajarin anak ngaji ya dirumah. Jaman dulu saya juga diajar sama nenek dan kakek. tapi kehidupan urban dengan hanya berdua istri dan anak emang butuh ekstra. Skrg jadinya tak sekolahin SDIT yang ada hafalan quran karena emak bapaknya dah kecapekan duluan sampe rumah :(

    BalasHapus
  16. , adanya boneka hafiz seperti ini.

    BalasHapus
  17. mengaji sedari dini... bonekanya ngapa mirip una ya

    BalasHapus
  18. Tips yang menarik, semoga masyarakat Indonesia banyak yang punya semangat untuk Menghafal dan berperilaku Al Qur'an...

    BalasHapus
  19. Bonekanya lucu, menggemaskan. Wah tipsnya menarik dan sangat bermanfaat termasuk bagi kalangan dewasa.

    BalasHapus
  20. Aku punya boneka hafiz versi lama, memang lumayan harganya. Untungnya dikasih, jadi aman hehe

    BalasHapus
  21. mada baru hafal 5 surat pendek, targetku sepanjang 2018 ini mada bisa hafal beberapa surat, biasanya aku ajak baca sebelum tidur

    rasanya adem klo anak bisa hafal surat, boneka hafiznya mihil, tapi pengin beli ah

    BalasHapus
  22. Kalau buat bapak-bapak bisa juga kan ya..? aku kan mau belajar juga

    BalasHapus
  23. Pengen banget beli boneka hafiz junior ini untuk anakku, soalnya anakku lebih cepat memghafal dari suara dari pada membaca. Makasih infonya ya mba....

    BalasHapus
  24. Subhanallih, memang benar ya mba anak adalah peniru dan pengingat yang ulung, aku merasakannya sendiri ada beberapa hal yg tenyata ada kejadian yg masih aku ingat smpai saat ini.
    Untuk belajar mengaji skrg bnyak metode yg sangat fun nya buat anak2, jdinya anak gak bosen saat belajar menghafal alquran.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...