badge

Jumat, 21 Mei 2021

7 Tips Traveling Saat New Normal


Gimana hampir 1,5 tahun dalam kondisi pandemi? Sudah bosan, kesal, jenuh, atau ya biasa aja? Kalau saya pribadi, berasa banget jenuhnya. Biasanya, hiburan saya kalau sudah jenuh adalah cari-cari tiket murah ke luar negeri. Ya, ngga jauh-jauh juga sih. Palingan ke Singapore atau Malaysia. Kalau beruntung, ya bisa dapat tiket ke negara lain, dengan harga yang murah. Terus sekarang, ya ngga bisa lah. Border negara tetangga kita itu ditutup buat turis asing. Di negara kita, malah aman-aman aja turis asing masuk #ehh :p 

Tips Traveling New Normal



Hampir satu setengah tahun melewati kondisi pandemi. Rasanya, sudah berasa kebal aja. Maksudnya, kebal dengan rasa khawatir. Awal negara kita dinyatakan pandemi, khawatirnya beneran bikin takut. Parno. Lock down di rumah sendiri. Anak-anak ngga ada yang boleh main keluar rumah. Kalau ngga penting-penting amat, ngga keluar rumah. Setiap hari masak. Kalaupun harus delivery makanan, prokesnya ketat. Sekhawatir itu di saat awal pandemi. 
Sekarang, mulai melonggarkan. Tapi, bukan berarti abai. Sudah berani keluar rumah, bahkan traveling buat refreshing. Paling jauh ke Pemalang, itu pun karena ada acara keluarga. Travelingnya tetap dengan prokes yang ketat.

Traveling saat new normal seperti sekarang ini memang beda. Kalau dulu, dengan orang lain bisa ngga berjarak. Sekarang, kalau ketemu dan ngobrol sama orang lain, harus berjarak. Pakai masker dan ngga ada deh segala salam-salaman. Ngobrol seperlunya dan masker harus tetap on point. Tujuannya ya saling menjaga saja. 

Kalau dirasa butuh traveling, butu liburan buat refreshing, silakan lakukan asal prokesnya tetap dijalani. Berikut ada 7 tips traveling saat new normal yang mungkin bisa jadi perhatian. 

1. Pastikan Sehat 

Iya dong ya. Masa traveling saat sakit. Pastikan kondisi badan kita sehat. Tidak sedang flu, batuk, apalagi demam. Kalau punya termometer, better cek suhu tubuh dulu sebelum berangkat. Jika suhu tubuh sedang tinggi, lebih baik ditunda dulu perginya. Daripada makin tinggi, nanti malah jadinya lebih parah. 

2. Dengan Keluarga Dekat 

Kita tahu kan, virus Covid19 ini sangat mudah sekali menyebar. Alangkah lebih baiknya, jika kita berpergian dengan keluarga inti atau keluarga dekat saja. Solo traveling juga bisa jadi pilihan. Pastikan kita tetap patuh pada prokes ketika traveling.

3. Jaga Jarak, Hindari Kerumunan 

Sejak pandemi, jujur saya agak canggung kalau dekat-dekat sama orang. Kalaupun ngobrol sama yang sudah kenal, ngga mau dekat-dekat. Apalagi ketika traveling, which is ketemu banyak orang, lebih baik dihindari ya. Kalaupun harus ngobrol, tetap jaga jarak. Tidak perlu nimbrung dalam kerumunan. Dengan begitu, kita bisa mengurangi risiko terpapar virus yang kita tidak tahu ada dimana. 

4. Gunakan Masker Dimanapun 

Ini salah satu hal yang membuat traveling di era new normal jadi berbeda. Pakai masker kemanapun. Sudah banyak yang sadar, kalau masker adalah tindakan preventif yang cukup ampuh. Masker bisa menangkal virus yang berkeliarkan di udara. Ketika bertemu dan ngobrol sama orang lain, masker bisa menjaga dari paparan virus, yang mungkin saja keluar dari lawan bicara kita. 

Jadi, jangan pernah lupa pakai masker ketika traveling. Bawa masker cadangan yang cukup sesuai waktu traveling. Kalau mau simple, bisa pakai masker medis yang sekali pakai buang. Jadi ngga perlu cuci-cuci masker kain. 

5. Jaga Kebersihan Tangan 

Tangan itu jadi sumber bakteri dan bisa jadi jalan masuknya virus dan bakteri masuk ke dalam tubuh. Jadi, ketika traveling, pastikan kalau tangan kita selalu bersih. Sering-sering cuci tangan ketika ketemu dengan wastafel atau spot cuci tangan. 

Oh iya, jangan lupa untuk selalu bawa hand sanitizer. Sekarang kan gampang banget dapatin hand sanitizer dan murah juga. Ini diperlukan ketika kita ngga nemu tempat cuci tangan. Setelah pegang sesuatu, tangan bisa langsung disteril sama hand sanitizer. 

6. Bawa Perlatan Pribadi Sendiri

Ini maksdunya kaya alat makan seperti sendok, garpu, sumpit, atau sedotan. Kalau harus makan di satu tempat, kita bisa pakai alat makan sendiri. Jadi terjamin bersihnya. Untuk kamu yang muslim, biasakan untuk selalu bawa alat shalat sendiri. Lebih aman karena ya pakai punya sendiri. Lagian, di beberapa tempat shalat umum, sudah ngga disedikan alat shalat. Ini untuk mencegah penyebaran virus ya. 

7. Hati-Hati Dalam Menggunakan Kendaraan Umum 

Sejak pandemi, banyak kendaraan umum mengurangi kapasitas penumpang. Tujuannya biar penumpang bisa jaga jarak, ngga numpuk untuk mencegah penyebaran virus Covid19. Ketika traveling dan harus menggunakan kendaraan umum yang penumpangnya banyak, pastikan kita ngga menyentuh bagian yang sering disentuh banyak orang, seperti gagang pintu, pegangan kursi, atau tiang. 

Kalau mau lebih aman dan nyaman, ya kita pakai kendaraan pribadi atau bisa juga sewa mobil. Tentu akan mengurangi risiko terpapar ya. Dengan menggunakan kendaraan sendiri, kita jadi ngga ketemu sama banyak orang. Mau tidur, mau berhenti dimana-mana jadi lebih enak aja kan. 

Eh ya, ngomongin soal sewa mobil. Kalau mau liburan dan butuh mobil, bisa loh coba pakai TRAC To Go. Jadi, TRAC To Go ini adalah aplikasi dari TRAC, anak perusahaan PT Serasi Autoraya, bagian dari keluarga Astra. 

Sewa Mobil TRAC



Sekarang sudah ada aplikasinya yang memudahkan kita untuk cari-cari kendaraan sesuai kebutuhan. Di TRAC To Go ada fitur Experience yang merupakan fitur terbaru dari aplikasi TRAC To Go. Customer dapat memilih paket wisata yang disediakan oleh masing-masing cabang TRAC yang ada di berbagai kota di Indonesia, seperti Bali, Malang, Jogjakarta, dan masih banyak lagi. Pas banget ya kan kalau berencana mau traveling. 

Di dalam produk Experience ini juga tersedia berbagai pilihan akomodasi mulai dari mobil penumpang berkapasitas 4 orang sampai bus dengan kapasitas hingga 45 orang. Bekerja sama dengan vendor-vendor terpercaya seperti hotel bintang 4 dan 5, tempat-tempat wisata, serta beberapa restoran yang otentik, menjadikan layanan TRAC semakin lengkap untuk mengisi liburan keluarga maupun teman sekantor. 

Untuk unduh aplikasinya, sila klik langsung yang sesuai ya 
 
Jadi, memang lebih amannya sih pakai kendaraan pribadi kalau mau traveling. Apalagi traveling saat new normal kaya sekarang, dimana kita mesti hati-hati dan harus tetap jaga kesehatan. Semoga tips traveling saat new normal yang saya tulis di sini bisa membantu ya. 

Selamat traveling dengan aman!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...