badge

Senin, 25 April 2022

Aplikasi Ruangmom Dampingi Mom di Setiap Fase Kehidupan

 

Jadi orangtua itu kan ngga ada sekolahnya. Jadi, memang belajarnya ya otodidak. Ada yang menjadikan pola asuh orangtua sendiri sebagai contoh. Namun, ya ngga sedikit juga yang menemukan gaya pengasuhan sendiri. Buat yang menjadi mom di era yang serba digital ini, buat dapetin informasi seputar parenting itu sudah gampang banget. Istilahnya, semua informasi ada di ujung jari. 

Ruangmom

Media sosial pun saat ini mudah sekali diakses. Banyak mom yang gawainya sudah sangat mumpuni, buat scrolling dan searching apapun di internet. Jadi, kalau sedang butuh referensi apapun ya tinggal buka internet aja. 

Tapi, ngga semua informasi yang kita baca itu valid dan terpercaya ya. Kita sebagai pengguna internet dan media sosial harus bijak dalam mengambil informasi. Salah-salah, malah jadi bahaya kita dan keluarga. Kita harus kroscek dan memastikan, kalau informasi yang kita baca itu benar dan dapat dipercaya. Caranya? jangan terpaku pada satu sumber. Kita bisa mencari informasi serupa tapi dari sumber yang berbeda.

Sebagai ibu, kita tuh butuh banyak informasi seputar parenting. Ada banyak hal yang perlu ditanyakan oleh ahlinya. Tentang kesehatan anak misalnya. Kan, ngga mungkin juga bolak balik rumah sakit, ketemu dokter, untuk sekadar tanya-tanya. Padahal apa yang kita perlu tahu jawabannya, bisa banget dicari di internet. 

Kita bisa loh unduh aplikasi ibu dan anak, which is itu bisa kita jadikan rujukan. Tapi, aplikasinya harus terpercaya dan ada expert yang bekerjasama di dalamnya. Nah, salah satu aplikasi ibu dan anak yang bisa jadi rujukan adalah Ruangmom. Sudah kenal belum sama Ruangmom?

Ruangmom's Expert Launch 

Jadi, minggu lalu saya dan beberapa teman blogger hadir di Ruangmom's Expert Launch. Di event yang cukup intimate itu, kami diajak kenalan sama aplikasi Ruangmom berikut fitur-fiturnya. Selain kenalan sama fitru aplikasi Ruangmom, ada mini talkshow dari expert yang hadir, diantaranya: 

  • Nadia Harsya, CFP
  • dr. Amarylis Febrina Choirin Nisa Fathoni, Sp. OG, IBCLC
  • dr. Citra Amelinda, Sp.A, IBCLC
  • Yasmin Edwina, M.Psi 
Ruangmom


Keempat narasumber yang hadir di Ruangmom's Expert Launch, merupakan para expert yang akan memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para ibu 

Ruangmom sendiri adalah platform yang menyediakan informasi kesehatan fisik, mental, dan finansial untuk perempuan. Menghadirkan berbagai informasi dan fitur, Ruangmom diharapkan bisa menjadi sahabat setia mom dan para perempuan. Ruangmom bercita-cita membangun ekosistem yang sehat agar para perempuan bisa saling membantu untuk berkembang. 

Ruangmom sendiri memiliki website, mobile apps, akun media sosial, dan komunitas. Jadi, kita bisa mengakses Ruangmom dari channel mana saja, sesuai kebutuhan. 

Sedangkan Ruangmom's Expert sendiri merupakan fitur yang ditawarkan oleh Ruangmom untuk para pengggunanya. Ruangmom berkomitmen untuk memberikan informasi yang valid dari sumber yang terpercaya. Karenanya, Ruangmom bekerjasama dengan expert seperti dokter, psikolog, dan certified financial planner untuk memberikan edukasi sesuai dengan kebutuhan para ibu. 

Ruangmom rutin mengadakan webinar dengan para expert. Temanya juga menarik dan layak buat diikuti. Ada forum tanya jawab, yang pastinya akan sangat membantu kita dalam mendapatkan informasi yang akurat dan terpercaya. 

Saat launch kemarin, Nadia Harsya sempat memberikan tips keuangan yang bermanfaat. Terlebih jelang hari raya seperti sekarang. Ada uang THR yang penggunaanya jangan sampai kebablasan. Maksudnya, ya jangan langsung dihabiskan gitu aja. Ya memang sih, THR itu untuk Hari Raya. Tapi kalau kita sudah punya alokasi yang baik untuk THR. Berikut tips penggunaan THR dari Nadya, 
  • Buat batasan budget dari tiap post pengeluaran Hari Raya. Misal untuk beli baju, bagi-bagi saudara, mudik, masak, dan bikin kue. Jangan lupa keluarkan zakat, infaq, dan sadaqohnya juga ya. Sebisa mungkin, pengeluaran dari tiap post itu ngga keluar dari budget. Syukur-syukur masih ada yang bisa ditabung. 
  • Uang THR juga bisa digunakan untuk membayar hutang konsumtif. Lumayan kan bisa mengurangi budget dari gajian. Budget hutang yang biasa diambil dari gaji, bisa dialihkan untuk tabungan, dana darurat, atau dana pendidikan. 
Ada satu kalimat yang diucapkan Nadia dan jleb banget, kalimatnya :
'Jangan sampai nyari duitnya setengah mati, ngabisinnya setengah sadar' 

Relate ngga sih? Seringnya kita tuh gitu ya. Pas nyari duit itu kaya setengah mati, eh pas belanjainnya malah kaya orang ngga sadar. Kalap dan sering implusif. Beli sesuatu karena diskon, padahal ngga butuh. Beli sesuatu karena packagingnya lucu, padahal di rumah masih ada yang sejenis. Ya, kadang saya juga gitu sih, tapi ngga sering. Karena sekarang sudah mulai belajar investasi, jadi pas ada transferan dari kerjaan, langsung buru-buru dialokasikan buat top up investasi dulu.

Fitur Unik Ruangmom

Kenapa saya bilang unik, karena memang fiturnya ini kaya ngga kepikiran aja. Dengan fitur yang ditawarkan oleh Ruangmom, kita ngga perlu bolak-balik sekadar konsultasi tentang masa subur. Atau, cari tahu soal biaya melahirkan hingga dana pendidikan. Semuanya bisa kita cari tahu lewat fitur-fitur yang disediakan oleh Ruangmom. 

Fitur Aplikasi Ruangmom


Kalender Masa Subur dan Sikslus Haid 

Lewat fitur ini, kita bisa bisa menghitung masa subur dan mengetahui kapan waktu terbaik untuk berhubungan intim dengan suami. Karena, masa subur adalah periode penting. Di periode itulah kita bisa memiliki peluang untuk hamil. Jika tidak ingin hamil pun, kita bisa tahu kapan masa subur dan bisa menghindari untuk berhubungan intim dengan suami. 

Jadi, ngga perlu bolak balik ke dokter buat konsultasi tiap bulan. Ruangmom sudah menyediakan fitur masa subur dan siklus haid yang bisa kita gunakan sebagai acuan. 

Tracking Tumbuh Kembang Janin 

Untuk mom yang sedang hamil, fitur prediksi kelahiran bisa digunakan untuk memantau perkembangan janin. Selain itu, kita juga bisa memprediksi hari kelahiran bayi. Sehingga, kita bisa memiliki persiapan dalam menyambut kehadiran si buah hati. 

Penggunaannya cukup mudah. Tinggal masukkan aja hari pertama haid terakhir (HPHT). Setelah itu, kita sudah bisa memantau pertumbuhan janin dalam kandungan dan memperkirakan hari lahirnya. 

Kalkulator Dana Pendidikan dan Biaya Melahirkan

Sadar ngga sih kalau biaya pendidikan itu naik tiap tahunnya? Bahkan naiknya suka ngga kira-kira gitu. Kalau dipikirian aja sih, mumet ya. Terlebih buat yang punya anak lebih dari 1. Tapi, kita bisa kok mulai nabung biaya pendidikan sejak anak masih bayi. Melalui fitur Dana Pendidikan, kita bisa mendapatkan perkiraan dana pendidikan yang dibutuhkan, sesuai jenjang pendidikan. 

Selain itu, kita juga bisa mendapatkan prediksi target dana pendidikan, target menabung setiap bulan, lama menabung, hingga penawaran menarik bila menabung di bank rekanan Ruangmom. 

Selain Dana Pendidikan, fitur biaya melahirkan pun bisa sangat membantu. Fitur ini memudahkan kita untuk mengalokasikan biaya persalinan. Dengan begitu, kita dan pasangan bisa mulai menabung dana melahirakan dari jauh-jauh hari. 

Kita juga diberikan pilihan rumah sakit terdekat, yang sesuai dengan budget. Ada pilihan tipe kamar juga, jadi perhitungannya bisa mendekati akurat. 

Kelas dari Para Expert 

Buat mom yang selalu ingin belajar, cocok banget nih ikutan kelas-kelas dari para expert. Kelas yang diadakan temanya seputar ibu dan anak. Ada juga kelas seputar bisnis dan keuangan yang cocok banget buat para ibu. Kelasnya ada yang free dan ada juga yang berbayar. Walau berbayar, harga tiketnya masih sangat terjagkau kok. 

Artikel dari Para Expert 

Banyak artikel bermanfaat yang bisa kita baca di Ruangmom. Kategori artikelnya pun beragam, ada tentang pernikahan, perisapan kehamilan, parenting, dan keuangan. Artikel ada yang ditulis dan direview oleh para expert. Jadi, artikelnya bisa lebih terpercaya dan akurat. 

Fitur-fitur yang disediakan sama Ruangmom, pastinya sudah disesuaikan dengan kebutuhan kita sebagai perempuan dan juga ibu. Jadi, worth it untuk punya aplikasi Ruangmom di handphone kita. 

Gimana cara unduh Ruangmom? Gampang aja kok. Ruangmom bisa diunduh secara gratis di playstore atau apple store. Tinggal search aja Aplikasi Ruangmom dan unduh deh. Setelah unduh, bisa langsung registrasi dengan memasukan data seperti email dan nomor telepon. Bisa masukkan kode referal saya TAZ5138 untuk bisa dapetin poin. 

Dengan Ruangmom,  kita kaya punya sahabat yang menemani perjalanan kita sebagai ibu. Banyak hal yang bisa kita ambil manfaatnya dari apa yang diberikan oleh Ruangmom. Dengan begitu, kita punya banyak acuan dan referensi dalam menjalankan peran kita sebagai perempuan dan juga ibu. 



1 komentar:

  1. Wah mudah, ya, ada aplikasi yang bisa menemani Moms buat melakukan beberapa hal. Aplikasi kayak gini mempermudah Moms memutuskan sesuatu dan memberi informasi yang benar. Terima kasih informasinya, Mom.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...