badge

Senin, 04 April 2022

Menu Buka Puasa Praktis, Favorit Sejuta Umat


Menu apa yang selalu ada pas bulan Ramadan? Banyak dijual dan selalu diburu untuk jadi makanan berbuka. Kolak, lontong isi, gorengan plus sambal kacang yang pedas. Kalau kita ngabuburit, pasti deh banyak melihat pedagang yang jualan menu buka puasa itu. Karena memang, banyak orang yang puasa suka banget kalau buka puasa pakai lontong dan gorengan. 

Menu buka puasa praktis


Begitupun di rumah. Saya dan anak-anak suka banget buka puasanya pakai lontong dan gorengan. Tapi, untuk menu buka puasa ini, saya lebih sering beli alih-alih masak sendiri. Karena kalau dipikir-pikir, lebih worth it buat beli aja. Bisa hemat waktu, tenaga, dan uang juga. Waktunya bisa dipakai buat mengerjakan hal lain atau bisa buat tilawah Al-Qur'an biar lekas khatam. 

Baca Kegiatan Buat Isi Waktu Puasa

Tapi, ada kalanya bikin gorengan sendiri juga sih. Pas bahan-bahannya lengkap dan mood buat bikinnya ada. Favorit di rumah itu tempe mendoan dan bakwan. Bikinnya juga simple banget, paling ya effort potong-potong sayurannya aja kalau buat bakwan. 

Di postingan ini, saya mau share resep simple bakwan sayur ala Risalah Husna. Kalau dibandingin gorengan abang-abang, ya lumayan lah. Lebih terjaga kebersihannya juga kan kalau bikin sendiri. 

Bakwan Sayur 

resep-bakwan-sayur
(sumber : sindonews)

Bahan-bahan 

  • 100 gram kol atau kubis 
  • 100 gram wortel 
  • 2 batang daun bawang 
  • 250 gram tepung bumbu (saya biasa pakai yang khusus bakwan sayur. Ngga perlu pakai bumbu lain karena tepungnya sudah gurih dan berbumbu) 
  • 2 sdm minyak goreng
  • Air secukupnya

Cara membuat 

  • Cuci bersih sayuran, lalu potong kasar dan memanjang
  • Dalam wadah, campurkan sayur dan tepung terigu
  • Tambahkan 2 sdm minyak goreng, lalu campurkan air secukupnya
  • Aduk hingga semua tercampur rata. Adonan jangan terlalu encer karena nanti bakal susah gorengnya
  • Ambil satu sendok adonan, lalu goreng. Ulangi hingga adonan habis
  • Goreng hingga golden brown dan kering
Gimana, gampil kan? kalau ada yang simple ngapain dibikin ribet gitu. Sekarang ada tepung khusus bakwan yang sudah ada bumbunya. Jadi ngga perlu ngulek-ngulek bawang dan bumbu lainnya. 

Ya, sebenarnya kembali ke selara ya. Anak-anak saya selalu suka apa aja yang dibuat ibunya. Jadi, dibikinin bakwan simple ini pun ya laris dimakan. Biar tambah mantap, bisa dimakan dengan cabai rawit atau sambal kacang. 

Kalalu kamu team ngulek-ngulek bumbu, silakan aja ya. Kalau saya sih hemat tenaga aja. Apalagi kalau bulan puasa kan berasa banget kalau kelamaan di dapur. 

Menu Khas Buka Puasa

Selain gorengan, ada lontong yang ngga kalah enak. Saya e makan lontong isi campur gorengan buat buka puasa. Tapi makannya setelah makan kurma. 

Lontong, penganan yang terbuat dari beras ini laris deh kalau bulan puasa. Kalau lagi ngabuburit, banyak banget yang jualan lontong sama gorengan. Lontong isi ini ukurannya ngga kaya lontong yang biasa dipakai buat lontong sayur ya. Lontong isi ukurannya kecil. Dibungkus daun pisang, lontong ini punya variasi isi yang beragam. Ada yang isi oncom, sayur, sampai ayam. 

Jujur, kalau lontong sih saya selalu beli jadi. Hampir setiap hari beli dan jadi menu buka puasa. Entahlah, kadang suka aneh kalau di meja ngga ada lontong isi. Berasa ada yang hampa aja gitu. 

Selain lontong isi, ada Kolak yang jadi menu khas bulan puasa. Kolak ini beragam jenis dan isiannya. Yang paling familiar itu kolak ubi dan pisang. Bulan puasa tanpa kolak ya berasa ada yang kurang ya. Jadi kaya sudah jadi tradisi. Malah suka beda aja rasanya kalau makan kolak di luar bulan puasa. 

Cara bikin kolak ini sebenarnya super super gampil. Tinggal cemplung-cemplung aja. Karena kolak ini biasanya pakai santan, jadi kalau ada yang ngga konsumsi santan, bisa diganti sama krimer. Rasanya masih tetap enak kok. 

Lontong, gorengan, kolak, itu menu khas yang selalu ada. Rasanya suka beda aja kalau pas buka puasa ngga ada salah satu di antara 3 menu itu. Kalau ngga sempat bikin sendiri, beli aja sudah. Simple, dan jadi bantu larisin dagangan penjual takjil ya kan. 

Nah, itu sih menu buka puasa favorit saya dan keluarga di rumah. Kalau kamu, menu buka puasa favoritnya apa nih?

1 komentar:

  1. Makanan paling murah, simple, dan enak ya bakwan sayur walau terhitung gorengan tapi kandungan sayur di dalamnya kayaknya bisa ngimbangin. Memang favorit buat camilan sekaligus lauk makan, praktis lagi buatnya bisa dicoba nih mantep.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...