badge

Minggu, 03 April 2022

Ngabuburit Asiknya Kemana?

 

Istilah ngabuburit bakal santer terdengar ketika bulan Ramadan. Maksud dari ngabuburit sendiri adalah jalan sore sambil nunggu waktu maghrib atau buka puasa. Biasanya yang dilakukan itu nyari takjil atau makanan buka puasa. Dan, setelah 2 tahun ngga bisa ngabuburit secara leluasa karena pandemi, tahun ini Ramadan kembali meriah seperti tahun-tahun sebelumnya. Sudah banyak yang jualan makanan-makanan buat buka puasa. 

rekomendasi tempat ngabuburit di Bekasi

Kalau ngabuburit enaknya naik motor keliling sama anak. Lihat pedagang yang berderet-deret jualan makanan dan minuman buat buka puasa. Seru aja lihat beragam makanan khas yang kadang adanya pas Ramadan aja, kaya kolak, lontong isi, atau es buah. 

Kalau ditanya tempat ngabuburit yang asik, mungkin akan banyak yang bilang  di mall. Iya sih, di mall itu adem, resto atau tempat makan banyak, bisa sekalian cuci mata lihat barang-barang bagus. Saya juga suka kok kalau ngabuburit di mall, cuma agak ngga suka pas ngeluarin duitnya aja wkwkwkkw. Beda dong beli makanan di pinggir jalan, sama makanan di mall. Kalau di mall yang kita beli bukan sekadar makanan, tapi kenyamanan juga. 

Selama bulan Ramadan, ngabuburit di mall paling cuma sekali aja. Karena selain tekor juga kalo kebanyakan, buka puasa di mall membuat kami harus tarawih jama'ah di rumah. Nah, godaan banget deh kalau tarawih di rumah. Bakal mudah terserang ngantuk dan bisa berkurang khusyuknya. Apalagi buat yang punya toodler kaya saya. Aduh, itu toodler suka ikutan repot kalau lihat yang shalat. Pengen ikutan shalat tapi ujung-ujungnya malah bikin heboh. 

Pilihan Tempat Ngabuburit di Bekasi

Selain mall, saya sama anak-anak tuh suka kalau ngabuburit dari satu masjid ke masjid yang lain. Itu kaya all in one gitu. Di masjid, kita bisa sambil ikut kajian sebelum buka puasa. Setelah itu, biasanya akan ada buka puasa bersama. After buka puasa, bisa langsung shalat maghrib. Lanjut makan dulu, istirahat. Setelah itu, bisa langsung tarawih. Beres tarawih, baru deh pulang ke rumah. 

Biasanya, saya ajak anak-anak ngabuburit ke masjid di akhir pekan. Ketika abinya anak-anak libur kerja. Kalau menjelang akhir Ramadan, bisa langsung disambung sama i'tikaf. Jadi, pulang ke rumahnya after shalat subuh. 

Ngabuburit di masjid itu kalau dibilang, hemat tapi dapat banyak. Paling kita mengeluarkan uang buat infaq aja. Untuk menu buka puasa, makan malam, biasanya sudah disediakan pihak masjid. Selain ngga kekurangan makan, kita bisa banyak dapat keberkahan. Ada keberkahan dari buka puasa berjama'ah, ada keberkahan dalam setiap makanan yang kita dapat, dan ada pahala saat kita menyegerakan shalat. 

Masjid Al Azhar Jaka Permai Bekasi

Di Bekasi, banyak Masjid yang bisa dijadikan tempat asik ngabuburit. Ada Masjid Al Azhar Jakapermai yang lokasinya strategis karena berada di tepi jalan utama. Masjidnya besar dan nyaman dijadikan lokasi ngabuburit plus ibadah juga dong ya. Di area Masjid juga banyak pedagang makanan, jadi kalau mau makan berat bisa beli dari pedagang sekitaran Masjid. 

Selain Masjid Al Azhar, ada Masjid Agung Al Barkah yang lokasinya ada di alun-alun Kota Bekasi. Masjid ini jadi salah satu Masjid kebanggaan warga Kota Bekasi. Berada di pusat Kota Bekasi, Masjid ini juga jadi ikon Kota Bekasi yang cukup indah. Di depan Masjid, ada alun-alun yang baru selesai dipugar. Ada banyak pedagang makanan di alun-alun, jadi kita punya banyak pilihan. Mau yang jajanan ringan, sampai makanan berat juga ada. 

Masjid Agung Al Barkah Bekasi

Satu lagi Masjid yang bisa jadi rekomendasi tempat ngabuburit asik di Bekasi, Masjid Izzatul Islam. Masjid ini berada di kawasan perumahan Grand Wisata, Tambun Kabupaten Bekasi. Masjidnya masih dalam tahap penyelesaian, tapi sudah cukup nyaman untuk ibadah. Masjid berkubah emas ini kalau Ramadan ngga pernah sepi. Apalagi kalau akhir pekan dan di 10 hari terakhir Ramadan. Yang i'tikaf banyak banget. 

Kalau pas waktu buka puasa, semua yang datang duduk rapi bershaf-shaf. Pihak Masjid menyediakan takjil hingga makanan berat. Masya Allah, euforia buka puasa berjama'ah itu memang bikin happy banget. Apalagi buka puasanya di Masjid. Ngga ketinggalan shalat Maghrib, Isya, dan Tarawih. 


Selain ngabuburit di Masjid, tempat yang asik buat nunggu waktu buka puasa ya di rumah bareng keluarga. Apalagi kalau semua anggota keluarga berkumpul lengkap. Wah, nikmat Allah yang manakah yang kamu dustakan. Rasanya, ngga ada yang lebih nikmat selain bisa buka puasa bareng keluarga lengkap dan dalam kondisi yang sehat. 

So, kalau kamu, lebih suka ngabuburit dimana nih?

1 komentar:

  1. Ini mah bangunin yang di rumah aja sambil rebahan, kayak males mau ngabuburit karena udah puncak-puncaknya lapar. Apalagi di jam-jam itu capek setelah kerja, mantep ini bisa dijadikan inspirasi ngabuburit biar gak hanya cari makan.

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...