badge

Selasa, 26 Agustus 2014

Menggenggam Dunia Dengan Membaca



Saat kecil tidak banyak buku yang bisa saya baca. Terbatasnya jumlah buku anak yang beredar di era 90an membuat anak-anak seumuran saya tidak bisa menikmati bacaan bernutrisi. Jika ingin membaca, biasanya saya membaca koran pagi yang rutin dibeli oleh ayah. Tiap minggu saya selalu menantikan suplemen bergambar yang diselipkan pada koran langganan ayah. Doyok dan Otoy menjadi sangat populer di jaman saya. 

Beranjak dewasa, saya mulai menjumpai banyak buku-buku. Saat SMP saya sering mengunjungi perpustakaan demi meminjam buku cerita rakyat. Buku yang menceritakan asal muasal suatu daerah, adat istiadat dan segala hal yang berhubungan dengan nusantara. Saat itu saya hanya mengandalkan perpustakaan sekolah jika hasrat membaca berkobar karena saya tidak memiliki koleksi buku dirumah. 


Sekarang, banyak buku-buku beredar di pasaran. Tidak hanya buku dewasa, perkembangan buku anak di Indonesia semakin mengagumkan dan luar biasa jika di bandingkan pada saat saya kecil dulu. Pertumbuhannya semakin cepat seiring banyaknya permintaan. Kini, banyak orang tua yang sadar akan manfaat membaca buku bagi anak-anak. Penerbit buku-buku anak pun seakan berlomba menyajikan dan menerbitkan buku-buku berkualitas. Contohnya, paket buku anak "Halo Balita" terbitan Mizan yang berisi 25 seri sudah beberapa kali cetak ulang. Buku dengan hardcover yang menarik dan ilustrasi yang menggemaskan itu membuat si kecil betah berlama-lama memandaginya, dan tanpa sadar orangtua telah mengajarkan anak untuk menyukai kegiatan membaca. 

Melatih atau membiasakan anak-anak untuk membaca bisa menjadi stimulasi yang efektif untuk mempertajam daya ingat, meningkatkan konsentrasi dan mengurangi stress. Dmembaca pun Biasanya anak-anak menyukai buku yang penuh warna dan ada gambar-gambar yang lucu. Buku dengan konten kegiatan sehari-hari, kisah nabi, how to ataupun petualangan masih menjadi favorit anak-anak. 

Jika ada pepatah yang mengatakan, buku adalah jendela dunia, ya.. itu benar sekali. Buku akan membuat siapapun yang membacanya menjadi tahu apa yang sebelumnya tidak diketahui. Buku berkualitas akan mengajarkan banyak hal yang bermanfaat. Mari, genggam dunia dengan membaca.








1 komentar:

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...