badge

Minggu, 12 Juni 2016

Menjelajahi Wisata Bahari di Lombok Barat



Indonesia bagus, Indonesia Indah, DAMN ! I Love Indonesia !. kata-kata tersebut secara spontan terucap ketika melihat keindahan pemandangan alam Indonesia, khususnya Indonesia bagian timur yang terkenal dengan ekosistem alamnya yang masih terjaga dengan baik. Melihatnya akan memanjakan mata bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Pemandangan pantainya yang biru membuat ikan berenang terlihat jelas dengan mata telanjang seakan aquarium di laut lepas. Keindahan tersebut dimiliki oleh Indonesia, dan Lombok Barat menjadi salah satu primadona wisata bahari di Indonesia Bagian Timur khususnya Nusa Tenggara Barat.


Lombok Barat menjadi pusat pemerintahan dari Propinsi Nusa Tenggara Barat. Hal ini ikut mengangkat potensi wisata dan salah satunya wisata bahari di Lombok Barat dari tahun ke tahun semakin diminati oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Hal ini semakin ditunjang dengan adanya hotel dan penginapan di sekitar lokasi wisata yang bisa dibooking melalui situs Traveloka. Berikut destinasi wisata bahari yang bisa jadi rekomendasi sat berkunjung ke Lombok Barat.


Pantai Senggigi

Pantai Sengigi, adalah salah satu obyek wisata bahari yang terletak di Lombok Barat, tepatnya di Kecamatan Batu Layar. Pantai ini terkenal dengan kejernihan airnya sehingga Pengunjung dapat melihat dengan jelas pemandangan biota bawah lauti. Garis pantai yang panjang, warna pasir yang putih adalah bukti lain keindahan pantai yang juga menjadi tempat transit menuju trio Gili yang terkenal di Lombok.


Menikmati pemandangan biota bawah laut dan pasirnya yang putih belum lengkap jika tak menikmati sensasi berjemur di bawah sinar matahari pantai Senggigi. Saat bulan purnama akan tiba, pantai ini banyak dikunjungi oleh wisatawan untuk berjemur. Masyarakat meyakini pada saat itu pasir di pantai ini dapat menyembuhkan penyakit pegal linu atau bahkan kelumpuhan.

Keindahan Pantai Senggigi (sumber toptourist.com) 

Ombaknya yang tenang juga menjadikan pantai ini salah satu destinasi wisata bahari yang recommended untuk melakukan aktifitas renang. Puas menikmati keindahan pantai dengan segala aktifitasnya, saatnya mencicipi kuliner yang tersedia di pantai ini. Berbagai macam kuliner khas Lombok tersedia di restoran yang berada di sekitar Pantai Senggigi.

Ayam Taliwang adalah salah satu kuliner khas Lombok yang bisa kita cicipi saat berwisata kuliner di sekitar Pantai Senggigi, Lombok Barat. Selain kuliner khas Lombok, di sekitar pantai ini juga terdapat restoran yang menyediakan makanan khas Asia dan Eropa .

Harga yang ditawarkan untuk makan di restoran tersebut juga bervariatif mulai dari Rp. 30.000 sampai dengan Rp. 300.000 per porsi. Harga ini mungkin sewaktu-waktu bisa saja berubah sesuai kebijakan dari restoran tersebut. Selain banyaknya restoran yang tersedia, hotel di sekitar pantai Senggigi juga banyak menawarkan penawaran harga menarik yang patut dicoba.

Untuk booking hotel di sekitar Pantai Senggigi, bisa akses situs booking hotel online ternama, Traveloka. Jangan lupa juga booking tiket pesawat menuju Lombok (Bandara International Lombok) untuk sampai di Pantai Senggigi bagi kamu yang berasal dari pulau Jawa dan sekitarnya.

Dari Bandara International Lombok (BIL), untuk sampai ke Pantai Senggigi, silahkan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus DAMRI dengan tarif hanya Rp 25.000 dan ditempuh dalam waktu kurang lebih 90 Menit.

Pantai Pura Batu Bolong dan Batu Layar

Selanjutnya adalah Pantai Pura Batu Bolong dan Batu Layar. Pantai ini sebenarnya masih menjadi bagian dari Pantai Senggigi, namun wisatawan menjadikan salah satu spot wisata di area ini sebagai tempat wisata tersendiri yang menarik untuk dikunjungi. Batu Bolong merupakan sebuah Pura tempat peribadatan umat Hindu yang dibangun di atas karang di tepi Pantai Senggigi.

Umat hindu yang beribadah di Pura ini akan merasakan kesejukan tersendiri karena ditemani oleh desiran ombak dari Pantai Senggigi. Menurut kisah zaman dahulu, Pura Batu Bolong adalah tempat pengorbanan para wanita perawan. Pura ini juga kerap dijadikan tempat bunuh diri wanita yang patah hati untuk menerjunkan dirinya ke laut.

pantai-pura-batu-bolong
Menikmati Senja (sumber beautytour.info)

Tak Jauh dari Batu Bolong, terdapat Batu Layar yang merupakan lokasi makam seorang ulama. Letaknya juga masih di sekitar Pantai Senggigi. Makam ulama ini dianggap suci dan keramat bagi masyarakat setempat penganut Wetu Telu. Biasanya banyak masyarakat mendatangi tempat ini satu minggu setelah hari raya Idul Fitri.

Pantai Senggigi menjadi obyek wisata bahari yang menarik dengan keindahannya serta area disekitarnya yang memiliki nilai sejarah yang kuat. Wisata bahari yang berbeda sensasi akan kita temukan saat berkunjung ke Pantai Senggigi Lombok. 

Dengan begitu banyak keindahan yang ditawarkan, rasanya tidak akan rugi jika destinasi ini dimasukkan kedalam wishlist perjalanan kita. Menjelajah keindahan negeri sendiri rasanya tidak akan pernah rugi.

16 komentar:

  1. Kapan aku ke sana ya.. Aamiin.. Moga kesampaian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun mimpi bisa ajak anak-anak main di pantai senggigi ;)

      Hapus
  2. bagus sekali pemandangannya suka,semoga bisa kesana ya teh bareng2 :)

    BalasHapus
  3. Bagus banget ya jd tempat tujuan wisata selain Bali ya,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau kata kakakku yang tinggal di lombok, bagusan lombok daripada bali.

      Hapus
  4. Salah satu destinasi yang menjadi impianku nih...pengen banget ke Lombok, semoga suatu saat tercapai..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga tercapai ya mbakk

      Hapus
  5. pengen banget bisa ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga terwujud ya mba, ngajak nay samaa keke snorkling seru tuh

      Hapus
  6. Duh, ngileeer memang kalau lihat pantai-pantai di timur Indonesia...
    (ngintip dompet) masih belum cukup. Huehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. nabung ya rii. Biar bisa ke lombok bareng. Bareng istri gitu *eaa

      Hapus
  7. Kapan yaaa bisa ke sana
    Bayik cepatlah gede biar bisa jalan2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Puk..puk.. nanti kalau baran gede, kangen pas dia jadi bayiik.

      Hapus
  8. Semoga, kapan-kapan saya bisa ke sana

    BalasHapus
  9. Atau, Mbak Suci bisa ngajak saya ke sana
    #NgarepBanget :D :P

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...