badge

Minggu, 03 September 2017

GERMAS, Karena Blogger Pun Harus Sehat



Dengan rutinitas yang selalu duduk berhadapan dengan laptop, netbook, tablet, atau smartphone, blogger harusnya lebih aware sama kesehatannya. Duduk anteng dan hanya fokus pada layar di hadapan, bahkan berjam-jam, sebenarnya bukan satu aktivitas yang menyehatkan. Kalau cuma duduk aja tanpa diselingi dengan aktivitas lain yang menggerakkan anggota tubuh yang lain, jangan heran kalau blogger nantinya bakal terserang penyakit. Salah satu penyakit yang mungkin sering dialami adalah sakit pinggang atau nyeri punggung.


Mungkin ada yang anggap kalau cuma nyeri-nyeri gitu, kecil lah. Bisa diobatin dengan obat pereda nyeri. Tapi, tau ngga sih sesuatu yang kecil itu kalau dianggap remeh bakal berubah jadi sesuatu yang bisa berakibat buruk. Saya pernah ngalamin nyeri perut yang awalnya saya pikir cuma nyeri biasa. Etapi kok udah hampir 3 hari ngga ilang-ilang sakitnya. Jadilah saya ke dokter buat periksa. Ternyata, sakit perut saya itu karena ada infeksi di saluran kencing, hiks. Dokter cuma nasehatin buat banyak minum dan jangan pernah menunda buat Buang Air Kecil (BAK). 

Nahan-nahan pipis itu beneran jadi penyakit loh. Dan, itu yang sering banget dilakukan oleh para blogger. Kalau udah keasikan nulis dan mood lagi bagus-bagusnya, suka ngga sadar kalau kita mengabaikan kesehatan. Duduk berjam-jam, kurang minum, kurang gerak, dan akhirnya kurang istirahat. Ngga sadar yaa, kita sebagai blogger udah numpuk penyakit. Kalau dibiarkan, bukan ngga mungkin kita malah ambruk. So sad 😓😓

Blogger Harus Sehat 

Karena pekerjaan kita rentan terhadap penyakit, ada sebuah gerakan yang bisa kita lakukan, supaya kita-yang-kerjaannya-duduk-aja jadi lebih bugar dan sehat. Nama gerakannya adalah GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Gerakan yang digagas oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia ini lagi gencar banget disounding ke tengah masyarakat. Blogger adalah bagian dari masyarakat yang juga jadi sasaran GERMAS ini.



It's so simple movement. Melihat aktivitas blogger yang lebih sering duduk berhadapan dengan layar monitor, seharunya gerakan yang digagas oleh Kemenkes ini jadi solusi supaya kita lebih sehat. 

Germas adalah suatu tindakan yang sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. 

Pada akhir agustus kemarin, ada sekitar 30 blogger yang dibawa oleh Kemenkes menuju Semarang untuk mensosialisasikan GERMAS ini. Dalam kunjungan 2 hari ke Semarang (28-30 Agustus 2017), blogger diajak untuk lebih aware pada kesehatan. Acaranya juga melibatkan blogger Semarang yang semangatnya top banget. Agenda kunjungan ke Semarang, selain ada talkshow, ada kunjungan juga ke Puskesmas di Salatiga.



Ada 7 poin yang dimaksud dengan GERMAS. Tenang, semua poinya ngga susah buat dilakukan kok. Asal ada niat buat sehat, semuanya pasti bisa dieksekusi. 

1. Lakukan aktivitas fisik. Bisa tuh jalan santai tiap pagi atau sore. Keliling komplek aja yang deket kalau ngga bisa jauh-jauh. Atau bisa lakukan Yoga, olahraga yang lagi ngehits itu tuh. Kalau ngga bisa datang ke kelas yoga, bisa lah cari tutorialnya di youtube. Setidaknya, kita rutin melakukan peregangan kalau dirasa udah kelamaan duduk. Peregangan itu diperlukan supaya tubuh kita ngga kaku, yang pada akhirnya bisa jadi 

2. Konsumsi Sayur dan Buah. Ini sih ngga terlalu sulit ya. Tinggal masukin budget lebih buat beli buah dan ada kemauan buat belinya, beres lah. Yang susah kan kalau budget ada tapi males jalan ke tukang sayur atau ke swalayan buat beli. Ahh, itu mah kelewatan aja sih. Bisa sih kita pesen lewat aplikasi belanja, tapi kualitasnya kan kita ngga tau juga. Saya pernah beli buah lewat aplikasi belanja, kecewa. Karena buah yang dikirim itu kualitasnya ngga bagus. Makanya ngga mau lah kalau belanja buah sama sayur lewat aplikasi. Macam ngga ada tukang sayur keliling dan pasar tradisional aja.



Konsumsi buah dan sayur itu kan supaya kebutuhan serat kita tercukupi. Blogger itu kadang makannya ngga terkontrol. Kadang ya senemunya aja. Nemunya fastfood ya udah, itu yang dimakan. Apalagi kebanyakan kita itu kerjanya di resto, cafe, fastfood resto,  ya udah yang ada disitu ya dimakan aja. Jadi, seimbangkan konsumsi sayur dan buahnya ya. Noted to my self juga sih. 

3. Periksa kesehatan secara rutin. Ini yang kadang lalai dari perhatian. Saat ngga ada keluhan apa-apa mungkin kebanyakan dari kita, akan berpikir kalo kita sehat-sehat aja. Padahal mah kalau belum diperiksa ya kita mungkin ngga tau ada penyakit atau ngga. Medical chek up mungkin bisa rutin kita lakukan 6 sampai 1 tahun sekali. Kalau di kantor suami sih, tiap akhir tahun pasti ada medical check up wajib buat semua karyawan.

Dengan rutin memeriksakan kesehatan, kita bisa aware kalau ternyata ada tanda-tanda penyakit. Atau kita bisa lebih siap dengan tindakan pencegahannya. 

4. Tidak merokok. Jangankan blogger ya, semua orang juga harusnya ngga merokok. Rokok itu jahat banget, beneran jahat. Dia menggerogoti kesehatan dikit-dikit dan puncaknya, si perokok bisa ambruk ngga berdaya. Malah bisa berujung sama kematian. Udah ngga kehitung deh berapa orang yang hidupnya berakhir karena rokok. 

Jadi, jangan deket-deket sama rokok yaa. Jauhi dia sejauh mungkin. Kasih tau sama orang-orang terdekat juga buat jauhi rokok. Kalau pas ketemu perokok yang merokok di tempat yang dilarang (sekolah, mall, kendaraan umum, rumah sakit) tegur aja. Karena kita yang ngga ngerokok bakal kena imbas dari asap rokok itu. 

5. Tidak konsumsi alkohol. Bagi muslim, yang satu ini jelas haramnya. Syukur hari ini udah banyak yang aware soal alkohol. Dengan ngga beli makanan dan minuman di tempat yang jual atau pakai alkohol adalah tindakan yang tepat. Itu dari sisi agama. Kalau dari sisi medis, alkohol juga bisa merusak kesehatan. Bisa bikin kecanduan dan efeknya sangat ngga baik buat tubuh. Jadi, jauhi juga alkohol kalau mau tetap sehat. 

6. Bersihkan lingkungan. Minimal lingkungan sekitar rumah yang mana tiap hari kita ada di situ. Beberes rumah, nyapu, ngepel, atau menyingkirkan barang yang udah ngga kepakai itu bisa membuat rumah kita jadi lebih bersih. Blogger yang masih numpuk isi goodie bagi yang sekirannya ngga terpakai, mending kasih ke orang lain aja. Daripada ditumpuk dan malahnya jadi sarang nyamuk, mending dihibahkan aja ke keponakan atau saudara yang lebih butuh. Jadinya lebih bermanfaat kan daripada cuma menuh-menuhin lemari doang. 

7. Menggunakan Jamban. Concern ini lebih ke masyarakat di perkampungan dimana masih ada aja ada yang ngga punya jamban. Mereka masih menggunakan kali buat melakukan aktivitas MCK (Mandi, Cuci, Kakus). Aktivitas mandi, cuci baju dan piring, sampai BAB semua dilakukan di kali yang sama. Itu yang jelas mengganggu banget. Air yang mengalir itu ngga lagi layak buat dipakai.



GERMAS ingin agar masyarakat lebih aware lagi dengan penggunaan jamban. Makanya, Kemenkes yang kerjasama dengan pemerintah setempat memberikan sosialiasi supaya masyarakat sadar pentingnya jamban itu. Goal dari GERMAS ini adalah masyarakat sadar akan pentingnya berperilaku hidup sehat. Menjaga lingkungan tetap bersih supaya aktivitas yang kita lakukan ngga terganggu.



Bagi blogger, gerakan ini juga ngga kalah penting ya. Kalau rutin dijalankan, bukan ngga mungkin kan ya kalau kita bakal senantiasa sehat. Kasih hak juga buat tubuh, jangan terlalu dipush. Kalau dirasa udah ngga enak badan, segera istirahat karena itu sebenarnya alarm buat kita. Mulai deh seimbangkan aktivitas yang lebih sehat kaya olahraga, konsumsi makanan yang sehat, dan istirahat. 

Blogger kan kerjanya suka ngga kenal waktu. Asal ada kesempatan buat kerja, ya udah kerja. Bahkan bisa seharian tuh dari pagi sampai malam. Udah gitu doppingnya cuma kopi. Bukan ngga boleh sih minum kopi, tapi kan ada batasnya juga. Oke, this's a note to my self too. Semoga kita, para blogger juga tetap sehat ya. Walau harus banyak kerja di depan laptop, netbook, tablet, dan smartphone, semoga kita tetap bisa seimbangkan dengan aktivitas lain. 






2 komentar:

  1. blogger sering mendapat kesempatan ikut event2 sehat
    juga selalu tahu info sehat di internet
    jadi, jangan kelewat memperhatikan kesehatan diri sendiri

    tengkyu mbak infonya

    BalasHapus
  2. Tentunya ya mbak blogger itu harus sehat agar bisa nulis dan fit dalam menulis

    BalasHapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...