badge

Rabu, 13 September 2017

Rayakan Suapan Pertama Si Kecil Bersama Milna


Buibu, adakah yang masih ingat makanan pertama yang si kecil makan di momen MPASI nya? Biasanya kebanyakan ibu pasti akan kasih makanan yang lembut-lembut dulu. Kalau saya, pas Una masuk usia 6 bulan, saya cuma kasih biskuit bayi yang dihaluskan sama ASI atau air hangat. Itu aja anaknya udah gembul banget, sampai saya suka ngga kuat gendong lama-lama. Baru deh setelah lewat beberapa minggu, saya mulai kenalin dia sama bubur saring. Itu pun masih yang bener-bener lembut supaya ngga tersedak. 

Bagi ibu, momen makan pertama anak itu mungkin jadi momen rempong tapi seru. Kita harus punya ekstra tenaga buat siapin makan si kecil. Karena masuk usia 6 bulan kan kebutuhan dia bukan cuma ASI aja. Si bayik lucu itu perlu makan supaya pertumbuhannya juga optimal. ASI tetap diberikan, makanan pendamping supaya kebutuhan nutrisinya terpenuhi. 

Usia 6 bulan, bayi memang sudah harus dikenalkan dengan makanan selain ASI. Karena kan makin besar, tentu kebutuhan nutrisi juga makin banyak. Jangan sampai bayi yang sudah harus makan makanan yang cukup nutrisinya, malah ngga dapat sama sekali. Kalau bayi ngga dapat cukup nutrisi, bakal berpotensi mengalami gizi buruk. 

Gizi buruk adalah keadaan kurang gizi tingkat berat pada anak berdasarkan indeks berat badan menurut tinggi badan (BB/TB) <-3 SD dan atau ditemukan tanda-tanda klinis marasmus, kwashiorkor dan marasmus-kwarshiorkor
Ada 4,5 juta bayi yang lahir tiap tahunnya dan sekitar 19.6% nya mengalami gizi buruk dan 12,1% mengalami wasting. Jumlah itu naik 1,2% dibandingkan dengan tahun 2010. 

Efek yang akan terjadi akibat gizi buruk itu pastinya akan membuat si kecil tumbuh ngga sama dengan anak seusianya. Ada gangguan perkembangan fisik, penurunan sistem imun, gangguan kognitif (penurunan IQ) dan berpotensi terkena penyakit kronis di masa depan. Makanya ya buibu, saat usia bayi mencapai 6 bulan kita harus aware banget sama asupannya.

Una, Versi Baby  :)
 Biasanya, saat ketika anak masuk usia 4 bulan itu dia sudah menunjukan reaksi saat kita kasih sesuatu. Dulu sih, anjuran dokter anak sudah boleh makan di usia 4 bulan ya. Tapi sekarang, dianjurkan untuk memberikan makanan kepada di kecil saat usianya 6 bulan. Nah, kita juga harus tahu nih tanda-tanda si kecil ini sudah siap makan. Si kecil dikatakan siap makan jika : 
  • Kepala sudah tegak jika didudukan. Si kecil sudah bisa mengontrol kepalanya untuk tetap tegak. 
  • Refleks menjulurkan lidah (extrusion reflex) ketika diberikan sesuatu ke mulutnya. Refleks muntah (gag reflex) juga sudah melemah. 
  • Selalu tampak lapar bahkan dengan frekuensi menyusui 8-10 kali per hari. Itu menunjukkan kalau selera makannya makin meningkat. 
  • Tertarik atau ingin tahu apa yang kita makan. Biasanya mereka menatap piring atau mangkok dan mencoba meraih makanan yang sedang kita makan.
Saat si kecil baru masuk ke momen makan pertamanya, ada yang harus ibu perhatikan juga loh. Ada tahapan makanan apa yang harus diberikan pada si kecil di momen makan pertamanya ini. Jangan sampai, segala macam makanan kita berikan karena lihat si kecil yang antusias banget mau makan. 
  1. Mulai dengan makanan yang lumat. Kalau mau bikin sendiri, kita bisa bikin bubur saring yang teksturnya halus banget. Jangan terlalu kental karena akan sulit ditelan. Bikin yang encer dulu, kemudian bertahap dikentalkan saat kita tahu si kecil sudah siap. 
  2. Setelah 2 atau 1 bulan, naikkan teksturnya secara bertahap. Bubur yang kita buat ngga perlu lagi disaring. Biarkan anak mulai merasakan tekstur yang beda dari biasanya. Ini penting buat melatih rahang mereka supaya lebih kuat. 
  3. Bisa juga diberikan finger food. Artinya, mulai dipegangi makanan yang bisa si kecil emut untuk melatih gusi dan rahangnya. Finger foodnya bisa berupa sayur yang dikukus atau buah potong. 
  4. Lanjutkan dengan makanan lunak dengan lauk yang dicincang. Ini bisa diberikan ketika gigi-gigi si kecil sudah mulai tumbuh. Makanan keluarga yang biasa dimakan bisa juga diberikan. Untuk lauknya kita bisa cincang menggunakan chopper agar mudah dimakan. 

Milna, Ahlinya Makanan Bayi 

Sebagai ahlinya makanan bayi, tentunya Milna udah banyak banget bantu ibu Indonesia untuk momen makannya si kecil. Kayanya banyak deh ibu-ibu yang mengandalkan Milna sebagai MPASI, termasuk saya. Waku Una usianya masuk 6 bulan, yang pertama saya kasih itu biskuit Milna yang dicampur sama ASI atau air hangat.

Produk makanan bayi terbaik dari Kalbe Nutritionals ini banyak dipilih para ibu karena memang kualitasnya bagus. Selain mudah juga didapatkan, rasanya pun enak jadi ya disukai sama para bayi.

Yang paling famous dari Milna adalah biskuitnya yang enak banget. Kenapa saya bilang enak, karena saya pun ikut makan Biskuit Milna. Suka ngga tahan gitu pengen ngemilin biskuitnya Una. Walaupun saya tahu kalau budget buat beli biskuit itu jadinya dua kali lipat.

Rasanya banyak banget deh ibu yang memilih Biskuit Milna sebagai MPASI pertama si kecil. Selain mudah sekali didapatkan, Biskuit Milna punya kandungan nutrisi yang lengkap. Ada kalsium yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi, ada vitamin C dan E yang berperan sebagai antioksidan dalam meningkatkan daya tahan tubuh, Zat Besi yang penting buat pertumbuhan sel otak, AA dan DHA yang baik buat perkembangan retina mata dan otak, Prebiotik FOS yang baik untuk saluran cerna, dan ada 11 Vitamin dan 5 Mineral lainnya. Lengkap kan. 

Biskuit Milna punya 6 pilihan rasa diantaranya; original, jeruk, beras merah, kacang hijau, dan apel jeruk. Biskuitnya gampang sekali larut dan lembut jadi si kecil ngga akan tersedak. Biskuit Milna juga bisa jadi perangsang saat si kecil ada tanda-tanda tumbuh gigi.


Milna ngga cuma punya biskuit yang legend, tapi Milna punya rangkaian produk makanan bayi yang bisa menemani momen makan pertama si kecil. Pilihannya banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan si kecil. 
  • Milna Bubur Bayi. Bubur MPASI dengan formula inovasi 'Komposisi Gizi Milna' yang mengandung mineral, protein, kalsium, karbohidrat, vitamin, 5 sumber zat gizi, 9 asam amino esensial, serta omega 3 dan 6. 
  • Milna Bubur Bayi Organik. Bubur MPASI organik pertama dan satu-satunya yang diproduksi di Indonesia. Punya kandungan tinggi protein, serat, omega 3 & 6, zat besi, serta 12 vitamin dan mineral. 
  • Milna Bubur Bayi WGain. Inovasi baru dari Milna untuk meningkatkan berat badan bayi. Ada kombinasi protein ayam dan whey berkualitas, keduanya merupakan complete protein yang mengandung 9 asam amino esensial dan memiliki nilai PER 3.18. Serta ada kandungan coconuut oil yang kaya akan lemal MCT. Lemak ini terbukti meningkatkan penyerapan lemak hingga 33.3%.
  • Milna Bubur Bayi Goodmil. Kalau bubur yang satu ini khusus diformulasikan bagi bayi yang punya alergi. Goodmil punya 3 varian yaitu protein ayam, protein soya, dan protein whey hidrolisa. Bagi bayi yang punya riwayat alergi, bisa diberikan Milna Bubur Bayi Goodmil ini. Supaya kebutuhan nutrisinya tetap terpenuhi. 
  • Milna Toddler Biskuit. Nah, biskuit ini buat cemilannya bayi yang usianya 1 tahun keatas. Bentuknya edukatif yang bisa membantu proses belajar angka dan huruf. Biskuit ini punya kandungan tinggi kalsium, zat besi, prebiotik FOS, serta 11 vitamin dan mineral. 
  • Milna Toddler Pudding. Puding praktis yang cocok banget buat cemilan. Teksturnya lembut dan lunak supaya pas dimakan si kecil ngga tersedak. Pudding ini punya kandungan kalsium yang tinggi, inulin, serta 10 vitamin dan 5 mineral. Ada 3 rasa yang bisa dipilih; coklat, vanila, dan stroberi. 

  • (Yang Terbaru dan akan segera dilaunching) Milna Nature Delight Fruit Puree. Produk paling baru dari Milna ini adalah pure buah siap saji yang bisa langusng dinikmati oleh si kecil. Kemasannya juga simple dan mudah dibawa kemana-mana. 


Milna 1st Bite Day 

Sebagai ahlinya makanan bayi, tentunya Milna selalu berinovasi demi kebutuhan nutrisi anak-anak bayi di Indonesia. For your information, Milna hadir di Indonesia sejak 1987, means usianya Milna saat ini sudah 30 tahun. Perjalanan panjang Milna selama 30 tahun ini sudah menghasilkan banyak prestasi, salah satunya  penghargaan Top Brand for Kids yang sudah berturut-turut diraih.

Una Versi Udah Gede :)
Dalam rangka merayakan 30 tahun perjalanan sebagai ahlinya makanan bayi, Milna mengadakan kampanye yang diberi nama Milna 1st Bite Day. Kampanye ini dihadirkan untuk merayakan Momen Makan Pertama Si Kecil. Seperti yang kita tahu ya bu kalau momen makan pertama si kecil ini adalah momen yang sangat penting. Bayi ngga lagi hanya minum ASI, tapi juga bisa merasakan makanan lain yang penting juga bagi pertumbuhannya. Kandungan MPASI ngga cuma berperan penting buat pertumbuhan fisiknya, tapi juga penting bagi pertumbuhan otak, perkembangan perilakuu, motorik, dan kecerdasan si kecil.

Pada acara ini, sekaligus diluncurkan juga produk terbaru dari Milna yaitu Bubur Bayi Organik varian Pisang. Kenapa yang dikeluarkan adalah varian pisang? Karena, seperti yang kita tahu ya kalau pisang itu sering banget diberikan pada bayi yang baru mulai makan. Saya termasuk yang kasih pisang ketika anak-anak baru mulai makan. Sebagai MPASI, pisang punya banyak sekali kebaikan, diantaranya :
  • Kaya akan kandungan kalium, serat, kalsium, magnesium, fosfor, selenium, dan zat besi
  • Memiliki kandungan vitamin A, B2, B6, C, E, B3, B9, dan B5 yang baik buat tumbuh kembag bayi
  • Buah yang sangat mudah dicerna
  • Buah yang direkomendasikan dokter anak mengalami diare dan masa penyembuhan pasca diare. 



Kampanye Milna 1st Bite Day diadakan di 3 kota besar diantaranya Jakarta, Jogja, dan Bandung. Nah, untuk di Jakarta sendiri sudah diadakan pada tanggal 9 september 2017 lalu di The Hall, Senayan City.

Ada banyak banget aktivitas yang diadakan oleh Milna. Untuk ibu dan ayah, ada interactive talkshow oleh dokter anak dan ahli gizi. Dihadiri juga oleh Brand Ambassador Milna 2017, Tya Ariestya serta anaknya yang gemes, Tanaka. Sedangkan untuk para bayi lucu dan bikin gemas, ada booth-booth yang bisa dicoba. Semua booth yang disediakaan akan memberikan experience yang seru bagi si bayi.
  • Baby Playland dimana si bayi bisa melatih fungsi motoriknya dengan mainan-maianan edukatif yang disediakan. 
  • Baby Spa yang akan manjain si kecil dengan pijatan-pijatan lembut dari para ahli. 
  • Baby School yang mengajak si kecil belajar tapi sambil main. 
  • Baby Consultation bersama para dokter dari KlikDokter dimana orangtua bisa konsultasikan seputar kesehatan dan tumbuh kembang bayi. 
  • Baby Cafe ini akan memberikan si kecil makanan yang kita ngga perlu ragu soal nutrisinya. 
  • Baby Photo yang bakal jadiin si kecil model kemasan Milna yang lucu banget. 
Itu rangkaian  acara buat si bayi, sedangkan buat orangtua ada talkshow dari Dr. dr. Conny Tanjung , Sp A (K) yang memabahas soal pentingnya asupan gizi di 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Mungkin kita sudah banyak yang tahu ya kalau 1000 HPK adalah periode emas yang akan menentukan masa depan si kecil. Makanya, penting sekali bagi kita untuk aware dan memerhatikan asupan yang bergizi.


Selain dr. Conny, ada dr. Muliaman yang memberikan pengetahuan soal MPASI. Tentang betapa pentingnya kita memberikan MPASI yang tepat pada pada bayi. Momen makan pertama adalah momen yang penting karena awal dari pemenuhan nutrisi awal pendamping ASI. Pemberian MPASI juga untuk memstimulasi 5 kemampuan dasar si kecil yang diantaranya penglihatan, pendengaran, perasa, pembau, dan perabaan.
APA, KAPAN, dan DIMANA Anak harus makan, adalah TERGANTUNG ANAK. Sedangkan KEMAUAN MAKAN dan SEBANYAK APA yang harus dimakan adalah TERGANTUNG ORANG TUA (dr. Muliaman)
Sesi talkshow makin lengkap dengan hadirnya cooking demo dari Hindah Muaris, seorang pakar gizi kuliner bayi dan anak. Ada 2 resep yang dimasak oleh Ibu Hindah. Cooking demo ini bikin para ibu yang hadir penasaran dan akhirnya pada ngumpul di depan panggung.


Sesi terakhir dari rangkaian talkshow adalah 1st Bite Celebrate. Ini seru dan lucu banget deh. Jadi ada 10 bayi yang didudukan di atas feeding chair. Masing-masing dipegangi satu keping Biskuit Milna. Dengan hitungan mundur dari MC, si kecil secara bersama-sama makan biskuit yang ada di genggaman mereka. Ah..lucu banget. Ada yang biskuitnya malah dihancurin, dibuang, sampai ada yang ngambek ngga mau duduk di feeding chair. Tingkah laku bayi emang selalu bikin gemess. Seheboh apapun mereka, tetap aja lucu.


Talkshow Milna 1st Bite Day ditutup dengan pelepasan ratusan balon warna-warni yang jadi rebutan anak-anak. Setelah itu ada acara hiburan berupa tarian dari anak-anak dan fashion show ibu dan anak. Rangkaian acara Milna 1st Bite Day pastinya bermanfaat bagi orangtua yang hadir. Ngga cuma membuat bayi-bayi happy, tapi orangtua juga dapat ilmu soal tumbuh kembang bayi yang pastinya bermanfaat ya. 

Bagi yang ngga ikutan hadir, semoga rangkaian Milna 1st Bite Day ini akan singgah di kota-kota lain. Kalau nanti ada di kota buibu, jangan lupa hadir yaa. Bareng-bareng kita rayakan Momen Makan Pertama si Kecil. Karena, momen ini adalah penentu masa depan mereka nantinya. 




For More Information

Facebook: Milna
Twitter: @BundaMilna
Instagram: @MilnaID
YouTube: MilnaID


47 komentar:

  1. Balasan
    1. Iyaa, kayanya ini MPASI sejuta bayi ya

      Hapus
  2. Balasan
    1. Gemes yaa, jadi pengen balik ke bayi lagi :)

      Hapus
  3. Milna udah jadi sahabat turun temurun. :D

    BalasHapus
  4. Wah serunya. Mau dong diadain di Semarang juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga dibaca sama tim Milna yaa bu guru.:)

      Hapus
  5. Udah 5 tahun gak ngasuh bayi jadi lupa-lupa ingat bikin MPASI dan tahapan perkembangan. thabks for sharing mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebentar lagii ngasuh bayi lagi deh.

      Hapus
  6. Milna terkenal sejak lama ya, waktu aku kecil bubur ini kayaknya sudah ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Milna udah 30 tahun, jadi pas kita kecil memang udah ada yaa. Ketauan deh umurnya :)

      Hapus
  7. Ya allah Una lucu banget pas baby yaaa gemes.
    Btw, Milna ini enak. Aku aja sering nyeduh hahaha apalagi yg beras merah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, putri juga suka yaa. Rasanya enak sih ya.

      Hapus
  8. kayama suka banget sama milna organik dan aku cicip memang rasanya beda meski harganya mayan jugabuat satu box kicik hehe

    BalasHapus
  9. Jadi inget dl waktu anak2 baru MPASI semua peralatan masak di keluarin demi masak sendiri hehehe....

    BalasHapus
  10. Pas anak pertama saya kasih milna juga mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang banyak dikonsumsi sama bayi yaa

      Hapus
  11. Anak pertama saya kasih milna juga :)

    BalasHapus
  12. Aku dulu bikinin bubur dari beras dan kacang ijo. :)

    BalasHapus
  13. Wah, ada pure buahnya sekarang....cocok nih, bentar lagi shanum MPASI. Butuh yang praktis-praktis khususnya pas lagi travelling.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yess,puree ini nih yg trbaru dari Milna. Siap-siapp yaa shanum :)

      Hapus
  14. Keren sangat terobosan Milna yaa! Dulu anak-anak juga sempat konsumsi Milna terutama untuk menaikkan berat badan. Setahu aku cuma Milna aja yang punya varian untuk bantu naikin BB. Hihihihi. Terus nih, sampai saat ini aku masih suka beli biskuitnya Milna. Bukan untuk anak-anak (karena mereka udah bukan batita lagi) tetapi buat aku cemilin. Enak sih!. Hihihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaha.. Bu guru ketahuan deh cemilannya biskuit milna :) enak sih yaa

      Hapus
  15. Milna Biskuit Toddler rasa cokelat favorit akuu bangetsss

    BalasHapus
  16. Ah aku merindukan Caraka yang masih hap hap makan bubur, sekarang udah loyal sama rasa nih jadi pilih2 huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting masih semangat makan ya caraka :)

      Hapus
  17. Ingat milna ingat anak-anak waktu bayi, sukanya biskuit Milna

    BalasHapus
  18. Dulu juga anakku makan milna mba, alhamdulillah mereka suka, jadi aku ga repot kasih makannya hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena rasanya enak ya jadi anak-anak pun suka.

      Hapus
  19. Dlu pas Ade aku kecil jg makan biscuit milna, dan aku suka ikut ngerecokin soalny enak sih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Xixixi... Jadi cepet abis dong biskuitnya :)

      Hapus
  20. wah milna sekarang macem-macem ya... jaman anak ku baby dulu mah adanya cuman milna model biskuit itu

    BalasHapus
  21. Ya ampuuunn, una baby mbulet banget. Klo anak2ku dulu mulai mpasi pake buah mba. Dan bener deh, nyiapin mpasi awal itu harareboh tapi menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selalu salut sama buibu yang selalu masak buat baby nya

      Hapus
  22. Anak kedua nih yang sering konsumsi bubur milna :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kakak sama abangnya una juga sukaa makan milna, padahal umurnya udah 7 sama 10 tahun :)

      Hapus
  23. Una montok ya pas masih bayi gemesin, pasti karena doyan makan, pakai milna ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, montok banget. Minum ASInya pinter terus makannya juga ngga susah :)

      Hapus

Silakan Tinggalkan Komentarnya. Maaf, link hidup dan spam akan otomatis terhapus ya.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...